Tangerang merupakan salah satu kota dekat Jakarta yang sudah menjadi kota metropolitan. Hal ini ditandai dengan berdirinya berbagai pusat bisnis maupun hiburan di wilayah ini. Namun, di tengah kepadatannya, Tangerang masih memiliki berbagai taman hijau yang jauh dari polusi.

Mengunjungi taman tentunya bisa menjadi ajang relaksasi diri di tengah penatnya pekerjaan. Udara segar yang jauh dari polusi dapat membuat pernafasan lebih lega dan sehat. Jika anda ingin mengunjungi taman yang ada di Tangerang, berikut 8 taman di Tangerang yang bisa anda kunjungi.

1.Taman Bambu

  • Alamat : RT.007/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118
  • Jam buka : 07.00-22.00
  • Harga tiket : Gratis

Taman Bambu merupakan salah satu taman yang ada di Tangerang. Tempat ini mengusung konsep natural, dimana hampir keseluruhan properti terbuat dari bambu. Berdirinya taman bambu yang unik ini merupakan hasil kerja sama Pemerintahan Tangerang dengan Komunitas Bambu Nusantara, dimana komunitas ini menyediakan bambu dan mendesain sedemikian rupa.

Selain sebagai tempat rekreasi, Taman Bambu juga bisa dijadikan tempat edukasi. Berbagai jenis tumbuhan bambu ditanam untuk diperkenalkan kepada masyarakat. Apalagi tempat ini sangat instagramable, sehingga masyarakat tentunya akan sangat senang untuk berkunjung ke Taman Bambu. 

Kabar baiknya, Pemerintah Tangerang sedang dalam tahap pelaksanaan membangun rumah oksigen dengan bahan dasar bambu. Hal ini tentunya akan semakin membuat taman ini ramah lingkungan dan jauh dari polusi.

2. Taman Kota BSD

taman yang ada di tangerang

  • Alamat¬† : ¬†Jl. Letnan Sutopo, Lengkong Gudang Timur., Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan
  • Jam buka : 06.00-18.00
  • Harga tiket : Gratis

Jika anda ingin mengunjungi taman dengan nuansa hutan yang sangat sejuk, Taman Kota BSD bisa menjadi rekomendasi untuk anda. Taman Kota BSD memiliki 3 lokasi, yaitu di Jalan Letnan Sutopo, kawasan Tekno, dan di Sampora, Cisauk. Ketiga taman ini sangat menarik untuk dikunjungi. Hal ini tentunya karena suasananya yang rindang serta pepohonan hijau yang menyejukkan mata.

Di taman ini, terdapat berbagai jenis tumbuhan yang bisa menjadi sarana edukasi, seperti beringin, bintaro, meranti, serta kurang lebih 60 jenis tanaman hias yang mempercantik kawasan taman. Selain itu, Taman Kota BSD menyediakan berbagai fasilitas, seperti jogging track, taman bermain anak, dan berbagai fasilitas lainnya. Taman ini

3. Taman Potret Cikokol

  • Alamat : RT.001/RW.005, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118
  • Jam buka : Buka 24 jam
  • Harga tiket : Gratis

Ingin pergi ke taman yang hijau serta banyak spot foto? Taman Potret Cikokol bisa menjadi rekomendasi tempat yang bisa anda kunjungi. Tempat ini menyediakan berbagai spot foto menarik, seperti patung wanita menari,replika kapal Pinisi, jembatan klasik, tugu berbentuk anak catur, hingga pendopo khas betawi.

Selain memiliki banyak spot foto, Taman Potret Cikokol juga menyediakan arena playground untuk tempat bermain si kecil. Tersedia juga fasilitas Wifi yang bisa diakses. Hal ini tentunya akan semakin menambah kenyamanan para pengunjung Taman Potret Cikokol.

Baca juga : 13 Daftar Mall di Depok Ter-update yang Cocok Jadi Destinasi Liburan

4. Arumdalu Farm

taman yang ada di tangerang

  • Alamat : Scientia Square Park, Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang
  • Jam buka : 10.00-17.00 (Weekdays), 07.00-19.00 (Weekend)
  • Harga tiket : Rp20.000

Salah satu taman yang membudidayakan bunga matahari adalah  Arumdalu Farm. Ketika bunga matahari mekar, taman ini menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi untuk berfoto maupun menikmati keindahan bunga matahari. Selain keindahan bunganya, Arumdalu Farm juga terkenal  sebagai wilayah edukasi pertanian urban untuk belajar dan mengenal pertanian.

Selain bunga matahari, taman ini juga menanam berbagai tanaman siap panen, seperti cabai, bayam, selada, dan masih banyak lagi. Tanaman tersebut tentunya sangat segar dan aman untuk dikonsumsi. Harga pertanamannya dijual sekitar Rp10.000 untuk satu ikat tanaman.

Arumdalu Farm juga menyediakan cafe bernama Kafe Arumdalu yang menyediakan berbagai jenis minuman dan cemilan, seperti aneka teh dan kopi, burger, dan berbagai makanan lainnya. Jadi anda tidak perlu khawatir kelaparan setelah mengelilingi taman yang sejuk ini.

5. Taman Tebing Koja

  • Alamat : Cireundeu, Cikuya, Kec. Solear, Tangerang
  • Jam buka : 05.00-18.00
  • Harga tiket : Rp 3000

Jika anda ingin mengunjungi taman yang menawarkan wisata alam,  Taman Tebing Koja bisa menjadi rekomendasi untuk anda. Taman ini juga biasa dikenal sebagai Taman Godzilla karena terdapat tebing batuan kapur yang bentuknya menyerupai Godzilla.

Pada awalnya, tempat ini merupakan tempat penambangan pasir. Sisa penambangan inilah yang kemudian menjadi tebing-tebing batu yang tersusun sangat indah. Jika anda mengunjungi Taman Tebing Koja, anda akan menemukan tebing tebing kapur yang indah, sawah, serta kolam yang menambah kesan natural. 

6. Taman Prestasi

taman yang ada di tangerang

  • Alamat : Jl. Jend. Ahmad Yani, RT.002/RW.001, Sukarasa, Kec. Tangerang
  • Jam buka : 05.00-22.00
  • Harga tiket : Gratis

Taman Prestasi merupakan salah satu taman yang ada di Tangerang. Taman ini merupakan lahan terbuka hijau yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi. Terdapat beragam tanaman serta berbagai pepohonan rindang yang tentunya membuat udara sekitar menjadi lebih segar. Lokasinya tidak dekat dengan padatnya ibu kota, sehingga membuat Taman Prestasi dari polusi.

Di tempat ini, tersedia berbagai arena bermain, olahraga, hingga sarana edukasi untuk pelajar maupun masyarakat. Biasanya, banyak anak-anak maupun masyarakat yang berolahraga di Taman Prestasi, seperti bermain kasti, pencak silat, wushu, jogging, dan berbagai aktivitas lainnya. Selain itu, anda juga bisa duduk-duduk santai sambil bercengkrama di sekitar kawasan Taman Prestasi.

Baca juga : 7 Tempat Wisata di Jakarta Selatan Ramah Anak dan Sarat Edukasi

7. Taman Burung Perak

  • Alamat : Jalan Mochammad Yamin, RT.004/RW.004, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten¬†
  • Jam buka : 09.00-15.00
  • Harga tiket : Gratis

Taman yang ada di Tangerang selanjutnya adalah Taman Burung Perak. Sesuai dengan namanya, taman ini menyediakan fasilitas bagi pengunjung untuk bermain dan melihat langsung berbagai spesies burung. Tempat ini juga bisa menjadi sarana edukasi untuk memperkenalkan fauna kepada anak-anak maupun masyarakat sekitar.

Selain untuk sarana edukasi, Taman Burung Perak juga bisa menjadi tempat untuk refreshing. Suasananya yang hijau serta sejuk membuat para pengunjung betah mengunjungi tempat ini. Bagi anda pencinta kuliner, terdapat juga beragam kuliner yang dijual di sepanjang jalan dekat taman.

8. Taman Elektrik

  • Alamat : RT.002/RW.001, Sukaasih, Kec. Tangerang
  • Jam buka : 24 jam¬†
  • Harga tiket : Gratis

Rekomendasi taman yang ada di Tangerang terakhir adalah Taman Elektrik. Taman ini dilengkapi dengan rumput sintetis yang memungkinkan para pengunjung duduk dengan santai. Terdapat juga berbagai spot foto menarik, seperti hobbit village, taman pelangi, taman ekspresi, ubud village ciledug, dan berbagai tempat lain yang bisa anda kunjungi.

Selain itu, anda juga bisa berburu kuliner khas Tangerang di sekitar kawasan Taman Elektrik. Berbagai jajanan hingga makanan berat tersedia di sekitar taman ini. Anda juga bisa bersantai dan bercengkrama bersama di sekitar kawasan Taman Elektrik.

Itulah 8 taman yang ada di Tangerang yang bisa anda kunjungi. Selain taman-taman di atas, masih banyak sekali taman yang bisa anda kunjungi di wilayah Tangerang. Jika anda tertarik untuk tinggal di wilayah Tangerang yang memiliki banyak ruang terbuka hijau, anda bisa temukan hunian impian anda di Jendela360. Di Jendela360, terdapat banyak apartemen Tangerang yang lokasinya strategis dan nyaman untuk ditempati. Beberapa rekomendasi dari kami adalah Marigold Navapark, Serpong M Town dan Serpong Green View