Access card – atau kartu akses – adalah kunci elektronik berbentuk kartu. Selain lazim digunakan untuk masuk ke kantor atau area lain yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi, access card juga banyak diterapkan di apartemen. Bila Anda termasuk salah satu penghuni, Anda otomatis mendapatkan kartu akses untuk masuk ke gedung tempat Anda tinggal.

Beberapa access card apartemen berbentuk persis seperti kartu ATM atau e-money. Penggunaannya juga praktis. Anda tinggal menempelkan kartu tersebut ke platform magnet yang berfungsi sebagai pengunci pagar atau pintu masuk utama menuju unit apartemen.

Namun, bagaimana bila access card Anda mendadak hilang? Apa yang harus dilakukan?

Baca juga: 3 Jenis Sistem Keamanan yang Harus Ada di Apartemen Anda

Hal-hal yang Harus Dilakukan Bila Kehilangan Access Card:

Pastinya, Anda tidak ingin hal ini terjadi. Bagi yang sangat berhati-hati, Anda mungkin biasa menyimpan kartu akses di dalam dompet. Kadang tempatnya juga berbarengan dengan kartu ATM, e-money, dan kartu-kartu lainnya.

Ada juga yang menyimpan access card di tempat tersendiri. Anda juga bisa membuat gantungan khusus untuk menyimpan kartu akses apartemen.

Bila kehilangan kartu akses, ada beberapa langkah awal yang bisa dilakukan:

1. Jangan panik

Tidak bisa menemukan access card Anda? Jangan panik. Memang kesannya lebih mudah diucapkan daripada dipraktikkan. Namun, merasa panik tidak akan banyak membantu dan malah memperburuk situasi.

Tarik napas dalam-dalam, lalu lihat sekeliling. Bila kebetulan Anda masih di dalam apartemen, kemungkinan besar Anda hanya lupa dengan letak kartu akses.

Pelan-pelan, mulailah mencari di setiap sudut apartemen. Bila tidak tinggal sendirian, minta tolonglah teman sekamar (atau anggota keluarga) untuk membantu mencari.

Namun bila ternyata Anda sedang di luar apartemen (misalnya: di parkiran atau tempat lain), segeralah mulai mencari. Lanjutkan usaha ke langkah berikutnya.

2. Cobalah mencari di tempat-tempat terakhir Anda berada

Cobalah mengingat-ingat lokasi terakhir Anda berada begitu sadar kehilangan access card menuju apartemen. Ke mana saja Anda selama setidaknya 12 hingga 24 jam terakhir? Datangi kembali semua lokasi tersebut.

Tanyakan pada orang, siapa tahu mereka kebetulan melihat atau menemukan kartu akses yang Anda cari.

3. Laporkan pada pihak manajemen gedung apartemen

Tidak berhasil menemukan access card sesudah mencari? Saatnya melaporkan pada pihak manajemen gedung apartemen. Bahkan, saat menyadari bahwa ada kemungkinan kartu itu hilang, segeralah melaporkannya pada mereka.

Namun, tetaplah berusaha mencari, berjaga-jaga bila ternyata hanya tercecer tanpa sengaja.

Proses Mengurus Access Card yang Hilang

Saat melaporkan kehilangan kartu akses menuju apartemen, Anda akan diminta mengisi laporan kehilangan. Secara detail, jelaskan semua kronologi kejadiannya, seperti: waktu Anda sadar kehilangan, lokasi terakhir, hingga penyebab kehilangan. (Bahkan, bila dompet kecopetan dan kartu akses ada di dalamnya, Anda wajib melapor dengan segera.)

Pihak manajemen apartemen biasanya akan langsung memanfaatkan jaringan CCTV dan personel keamanan mereka untuk menyisiri gedung. Siapa tahu, access card milik Anda hanya jatuh tercecer tanpa Anda sadari.

acces card apartment
Access card di Tamansari Prospero Apartment – Sumber: tamansariprospero.com

Bila tidak ditemukan juga, saatnya melakukan proses penggantian. Tentu saja, Anda akan dikenakan denda yang cukup mahal. Denda tersebut digunakan pihak manajemen untuk memblokir access card yang hilang dan menggantinya dengan kartu baru.

Kartu akses baru akan jadi dalam waktu sesuai ketentuan pihak manajemen apartemen. Sementara itu, Anda bisa memikirkan cara yang lebih efektif untuk memastikan access card Anda tidak mudah hilang lagi. Proses yang ribet dan denda yang besar bisa menjadi pelajaran di sini.

Baca juga: 9 Tips Menjaga Apartemen Agar Tetap Aman Meski Bepergian

Bolehkah Access Card Diduplikasi?

Sayangnya, hal ini tidak mungkin dilakukan. Dilansir dari Kompas.com, Yunus, Supervisor Customer Service untuk Apartemen Kalibata City, pernah menjelaskan mengenai jaminan keamanan kartu akses dari duplikasi. Hal ini untuk menjawab rumor penjualan access card ilegal yang pernah merebak.

Menurut penuturan Yunus, adanya kode sistem membuat duplikasi kartu – apalagi tanpa sepengetahuan pihak manajemen apartemen – tidak mungkin dilakukan. Jumlah kartu akses unit apartemen yang dibagi-bagikan kepada penghuni juga terbatas.

access card duplikatBolehkah access card digandakan?

Contoh: yang tinggal di unit dengan satu kamar hanya mendapatkan dua kartu, sementara yang tinggal di unit dengan dua kamar mendapatkan tiga. Setelah itu, tentu saja tidak boleh ada permintaan untuk menambah jumlah kartu akses masuk ke apartemen per unit.

Mengapa tidak boleh meminta lebih dari jumlah total kartu yang sudah ditentukan? Hal ini untuk mencegah terlalu banyak orang yang tidak berkepentingan untuk keluar-masuk gedung apartemen sesuka mereka. Hal ini juga akan berpengaruh buruk bagi keamanan gedung apartemen.

Ada yang Otomatis Langsung Diblokir

Tergantung kebijakan setiap pihak manajemen apartemen, ada juga yang langsung memblokir access card yang hilang. Untuk Kalibata City, kartu akses yang dilaporkan hilang oleh penghuninya secara otomatis langsung diblokir. (Tentu saja, ini akan menyulitkan penghuni bila ternyata kartu mereka hanya tercecer dan ditemukan sesudah laporan dibuat.)

Ada juga kartu akses yang hanya untuk satu gedung atau lantai tertentu. Misalnya: Anda tinggal di lantai satu gedung A apartemen. Access card yang Anda gunakan hanya berlaku untuk gedung A dan tidak bisa untuk gedung B dan seterusnya. Bila ingin berkunjung ke gedung lain, pastikan ada kenalan di sana yang dapat membantu Anda masuk.

Baca juga: 10 Rekomendasi CCTV Terbaik untuk Keamanan Hunian Anda

Cara Mencegah Kehilangan Access Card Masuk ke Unit Apartemen

Tidak ada penghuni apartemen mana pun yang ingin mengalami musibah semacam ini. Namun, bila sudah terlanjur terjadi, Anda bisa langsung mengikuti prosedur pelaporan sesuai ketentuan pihak manajemen apartemen tempat tinggal Anda.

Setelah mendapatkan kartu akses pengganti, pastinya Anda tidak mau mengalami hal yang sama lagi, bukan? Untuk itu, inilah beberapa tindakan pengamanan yang bisa dilakukan:

  1. Bagi yang tinggal sendirian.
  • Bagi yang tinggal sendirian di apartemen, Anda tidak punya siapa-siapa untuk mengingatkan Anda letak kartu akses terakhir kali disimpan. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa kartu disimpan di tempat yang mudah terjangkau sekaligus diingat.
  • Anda bisa menyimpan access card ke dalam plastic casing, seperti halnya kartu akses untuk masuk ke dalam gedung perkantoran atau tempat lain yang membutuhkan keamanan ekstra. Pastikan casing punya strap yang bagus dan kuat, agar bisa dikalungkan di leher. Dengan begitu, kartu Anda tidak akan ke mana-mana.

 

  1. Bagi yang tinggal bersama orang lain (seperti: keluarga, pasangan, atau teman sekamar).
  • Inilah keuntungan dari tinggal bersama orang lain, baik anggota keluarga, pasangan, maupun teman sekamar. Kalian bisa saling mengingatkan soal kartu akses ke apartemen.
  • Misalnya: kalian tinggal di unit apartemen dengan dua kamar. Access card yang diberikan ada tiga. Simpanlah salah satunya di tempat paling aman dan mudah diingat untuk berjaga-jaga.
  • Sesuaikan jadwal kegiatan masing-masing anggota keluarga. Misalnya: bila Anda tidak sedang tidak punya rencana bepergian, biarkan mereka yang memegang kartu aksesnya.
  • Saat berenang atau menggunakan fasilitas gym, jangan pernah biarkan kartu akses tercecer di tempat terbuka. Masukkan ke dalam dompet, tas, atau loker gym

Access card menuju apartemen adalah kunci keamanan yang sangat penting. Jangan sampai hilang, ya!

Cek Jendela360.com untuk mengetahui informasi harga sewa apartemen di Jakarta Selatan maupun cari informasi sewa apartemen di Bandung terlengkap se-Indonesia!