Kenali konsep homestay dan bedanya dengan jenis penginapan lain. Secara umum pengertian homestay adalah rumah warga lokal yang disewakan untuk tempat menginap para turis.

Turis-turis dapat menginap dengan jangka waktu yang sudah disepakati, dapat harian, mingguan atau bahkan bulanan. Fasilitas yang ditawarkanpun biasanya tidak semewah hotel.

Cukup dengan perlengkapan tidur lengkap dan tempat mandi. Ada juga homestay yang memberikan fasilitas air minum dan sarapan.

Kenali Konsep Homestay dan Bedanya dengan Jenis Penginapan lain Bandingkan Fungsinya

Kenali konsep homestay dan bedanya dengan jenis penginapan lain bandingkan fungsinya. Sejauh ini pengertian homestay memang mulai mengalami perubahan dari kualitas pelayanan, bangunan, lokasi dan fasilitas. Umumnya homestay adalah milik perorangan, yang bahkan tidak memiliki manajemen bisnis.

Rumah tinggal yang disewakan bukan lagi sekedar rumah warga lokal biasa. Melainkan menjadi salah satu bentuk bisnis penginapan, yang tentunya berorientasi pada menghasilkan uang. Oleh karena itu turis tidak akan melihat pengertian homestay dengan cara yang sama lagi.

homestay in japan
Sumber: youtube.com

Sebab sektor ini sengaja dibuat semenarik dan selengkap mungkin, layaknya penginapan berbintang. Pembangunan usaha rumah tinggal memiliki konsep marketing yang matang.

Namun penginapan rumah tinggal dengan bentuk layaknya hotel, sebenarnya melanggar ketentuan yang berlaku tentang penginapan.

Perbedaan Pengertian Homestay, Guesthouse, Hostel, dan Losmen

Ketika melakukan perjalanan wisata atau bisnis antar kota lebih dari satu malam. Tentunya penginapan menjadi hal utama yang diperlukan.

Pilihan untuk akomodasi penginapan tidak hanya hotel. Ada beberapa tempat menginap yang layak untuk di coba.

Sebelum terlanjur melakukan pemesanan, sebaiknya ketahui pengertian homestay, guesthouse, hotel dan losmen.

1. Guesthouse

Pengertian homestay dengan guesthouse secara garis besar tidak terlihat berbeda, karena kedua tempat ini memang difungsikan sebagai penginapan. Guesthouse bisa dikelola juga dengan perusahaan selain di miliki oleh perorangan.

Fasilitas mencolok yang berbeda dengan homestay diantaranya dari segi pelayanan pesan makanan. Tamu dapat melakukan pemesanan makanan, pada pihak manajemen guesthouse kapan saja.

Selain itu memang guesthouse umumnya memiliki daftar menu sederhana yang ditawarkan oleh pengurus.

Jika dalam pengertian homestay tamu hanya datang untuk beristirahat, serta bisa berinteraksi dengan warga lokal. Pada guesthouse tamu mendapatkan pelayanan dasar mirip hotel. Karenanya masyarakat luas kerap menyebut guethouse sebagai wisma atau asrama.

Guesthouse kebanyakan memang dikelola oleh pihak keluarga dan pemilik dalam manajemennya. Bahkan tidak jarang pemilik juga merangkap tugas kebersihan, pada beberapa penginapan yang berharga menengah kebawah.

Sementara untuk wisma dengan tingkat kelas menengah ke atas, umumnya memiliki sejumlah staff meski tidak sebanyak hotel.

Tamu yang datang menginap berada di bangunan yang terpisah dengan pemilik. Walau biasanya pemilik tinggal tidak jauh dari lokasi penginapan.

Bila dalam pengertian homestay jarang memiliki penjaga rumah. Lain halnya dengan guesthouse yang sudah pasti memiliki penjaga rumah.

Fungsi dari penjaga rumah diantaranya menyiapkan aneka pesanan tamu, menjaga kebersihan baik penginapan kosong atau terisi.

2. Hostel

Hostel dan pengertian homestay tidaklah sama. Sebab hostel memiliki manajemen yang profesional. Penginapan ini disebut sebagi hotel budget, yang lebih mengutamakan kepentingan tamu dengan tujuan traveling.

Umumnya kamar yang disediakan akan sharing dengan tamu lainnya. Meski disediakan juga kamar untuk private.Untuk fasilitas seperti kamar mandi, para tamu harus berbagi dengan tamu lainnya.

Meskipun berbagi kamar dan fasilitas umum, barang-barang pribadi tamu tetap aman. Pihak pengelola hostel biasanya menyediakan loker, dimana para tamu mendapatkan lokernya sendiri.

3. Losmen

Losmen biasa disebut sebagai kost-kostan para turis backpaker yang tidak memiliki budget menyewa hotel dan sebagainya.

Harga sewa losmen terbilang murah, mengingat fasilitas yang ditawarkan tidak begitu banyak. Pengurus losmen memiliki kesamaan dengan pengertian homestay, yaitu mengutamakan kenyamanan tamu. Tamu umumnya menginap tidak untuk waktu yang lama.

Baca juga: Perbedaan Apartemen Dengan Hotel, Mana Yang Anda Pilih?

Fungsi Rumah Tinggal Sebagai Tempat Menginap

Pengertian homestay bukanlah sekedar tempat untuk menginap dengan harga murah yang ditawarkan oleh perorangan maupun perusahaan.

Meski fungsi utamanya adalah menjual jasa penginapan bagi wisatawan. Rumah tinggal ini harus memiliki integrasi yang baik dengan tempat wisata yang ada di sekitarnya.

Jika homestay tidak memiliki manajemen resmi selayaknya hotel. Pemilik harus tetap mengedepankan beberapa fungsi yang harus ada dari tempat menginap.

Dengan begitu pengertian homestay dimata wisatawan akan mendapat nilai lebih. Pengelola harus menjaga kualitas dan pelayanan akomodasi rumah tinggal.

Serta mengakomodir wisatawan untuk lebih mengenal potensi kekayaan pariwisata, budaya dan kuliner daerah setempat.

Fungsi-fungsi yang harus ada dalam pengelolaan penginapan seperti homestay. Diantaranya adalah terdapat tenaga kerja yang siap sedia menyambut tamu pada bagian depan.

Tersedia fasilitas untuk makan, setidaknya sarapan. Kebersihan bangunan harus tetap terjaga. Rutin mengadakan promosi dan harga yang ditawarkan bersaing dengan penginapan lain.

Pengelola juga bisa menambahkan penawaran jasa pemandu wisata agar lebih mempromosikan potensi wisata setempat. Sehingga pengertian homestay berkolaborasi dengan sektor wisata daerah.

Dengan semakin maju tempat wisata terdekat, maka besar kemungkinan usaha penginapan disekitarnya pun mengalami peningkatan.

Fasilitas Homestay

Tamu umumnya akan memilih tempat menginap berdasarkan fasilitas dan kebutuhannya. Wisatawan yang bepergian dengan keluarga atau lebih dari dua orang, biasanya lebih nyaman menginap di homestay. Karena jarang bagi penginapan ini menambahkan biaya ekstra untuk tamu lebih dari dua orang.

fasilitas homestay

Selain itu sesuai dengan pengertian homestay yang menjual jasa penginapan. Fasilitas kamarpun lengkap dengan tempat tidur, televisi, kipas atau AC. Bahkan sekarang tidak sedikit rumah tinggal yang memiliki fasilitas lebih bagus dari hotel.

Karena umumnya homestay tidak memiliki begitu banyak unit kamar. Tamupun bisa menikmati fasilitas yang ada dengan lebih nyaman. Dari tahun 2018 hingga 2019 usaha sektor homestay terus mengembangkan kualitasnya, termasuk bekerjasama dengan dinas pariwisata setempat.

Membuka Tempat Penginapan? Pahami Aturannya

Berniat membuka usaha homestay? Selain paham akan fungsi dan pengertian homestay. Para pelaku usaha ini akan dikenakan pajak daerah dengan presentase yang sama seperti hotel. Pengaturan ini diatur dalam KLBI No 55130 tentang Pondok Wisata.

Dimana dijelaskan setiap usaha yang menyediakan jasa pelayanan penginapan untuk umum. Serta menerima pembayaran harian dari perseorangan, memanfaatkan rumah tinggal.

Memiliki keawajiban membayar sebesar 10%, nilai ini masih dalam proses pengajuan untuk dikurangi menjadi 5% saja.

Pengertian homestay memang tidak jauh berbeda denga hotel, karena sama-sama memberikan pelaynan penginapan yang membantu perkembangan sektor wisata.

Hingga saat ini usaha homestay belum memiliki landasan hukumnya sendiri, sehingga masih mengikuti aturan dari hotel.

Baca juga: 9 Rekomendasi Hotel Murah Jakarta yang Cozy dan Mewah

Contoh Kota yang Berkembang Bisnis Penginapannya

Sejumlah kota di tanah air memang terkenal dengan banyaknya usaha homestay disana. Beberapa kota yang terbilang maju dalam sektor penginapan ini adalah Yogyakarta, Bandung, Bali.

Ketiganya menjadi tempat potensial untuk mengembangkan usaha penginapan lokal, melihat majunya sektor pariwisata di sana.

Berkeinginan membuka usaha homestay, setidaknya harus memiliki rumah yang bisa di jual jasanya sebagai tempat menginap. Mengikuti pengertian homestay yang lebih mengedepankan interaksi dengan pemilik dan warga lokal. Saat memulai usaha ini tidak perlu menggunakan modal berlebihan.

Ingin staycation di apartemen? Pilih apartemen dengan fasilitas lengkap dan lokasi terbaik hanya di Jendela360. Ini listingnya: