Ada nilai lebih dari sebuah balkon selain sebagai area tambahan dari sebuah unit apartemen. Dengan adanya balkon, membuka area tinggal Anda ke area outdoor, baik berupa kondisi lalu lintas yang sibuk atau pemandangan yang indah. Area balkon juga membuat Anda merasa nyaman mengamati suasana di sekitar.

Berikut ini bisa jadi alasan kenapa Anda memilih apartemen yang dilengkapi balkon:

Area makan outdoor

Anda tak perlu merencanakan camping atau hiking untuk bisa menikmati makan di area outdoor. Anda bisa menurunkan tingkat stres dan mengembalikan mood dengan melangkah ke balkon.

Anda tak perlu punya area balkon yang luas untuk menciptakan area kumpul-kumpul kecil atau bahkan Anda hanya perlu sediakan beberapa kursi dan meja lipat. Anda bisa menikmati cahaya matahari dan hembusan angin sambil menikmati hidangan.

Photo credit: Google

Bangun lebih cepat di pagi hari

Bila Anda ingin lebih cepat bangun di pagi hari, sinar matahari dari balkon bisa membangunkan Anda. Pemandangan pagi hari dari balkon tidak terkalahkan. Anda bisa menikmati udara segar, melihat matahari terbit, dan menikmati sarapan.

Mengecek cuaca

Tiap hari Anda perlu membuat keputusan tentang pakaian yang akan dikenakan atau perlukah membawa payung. Sebelum itu, akan lebih baik kalau Anda tahu lebih dulu seperti apa cuaca di luar.

Memang, Anda bisa mengecek cuaca dari handphone, TV, atau radio, tapi yang Anda dapat hanya suhu, kelembaban, dan kemungkinan hujan. Bila Anda ingin tahu seperti apa rasanya cuaca di luar, Anda harus keluar. Tak perlu menggunakan lift atau menuruni tangga untuk keluar, Anda cukup melangkah ke balkon.

Area hijau untuk berkebun

chatii.co

Meski balkon ukurannya relatif kecil, Anda bisa buat kebun mini dan menanam tanaman sendiri. Anda bisa mulai dengan beberapa tanaman kecil, bila berhasil, perlahan tambahkan tanaman outdoor di balkon.

Tanaman tidak hanya menambah kenyamanan di balkon, tapi juga membantu membawa suasana outdoor ke dalam hunian. Tapi sebelum Anda mengubah balkon menjadi kebun, pastikan pemilik apartemen membolehkannya.

Spot hangout

Tiap orang membutuhkan tempat untuk hangout. Anda bisa sediakan kursi dan sofa nyaman dan mengubah balkon apartemen menjadi area relaksasi pribadi. Tambahkan beberapa bantal dan selimut saat cuaca dingin, dan Anda bisa punya spot untuk bermalas-malasan, membaca buku, atau memandangi bintang di langit.

Baca artikel lainnya tentang pilihan keramik untuk dinding apartemen.

Area untuk menjemur

Fungsi berikutnya untuk balkon adalah sebagai area tambahan untuk mengeringkan pakaian, atau sebagai tempat untuk menyimpan item yang tidak Anda gunakan di musim tertentu. Balkon juga cara untuk memperluas pandangan, atau tempat untuk melakukan aktivitas fotografi.

Photo credit: Google

Area baca

youtube.com

Jangan hanya berpikir balkon sebagai area penyimpanan, Anda bisa ciptakan area baca yang nyaman di balkon. Anda bisa menikmati bacaan favorit di sini.

Menikmati pemandangan

Yang terakhir tapi juga penting untuk fungsi balkon adalah sebagai tempat untuk menikmati pemandangan. Pemandangan dari balkon sangat spesial karena memberi suguhan pemandangan sekitar dari ketinggian. Anda tidak perlu berada di area pegunungan atau air terjun di danau, tapi ada hal unik yang bisa dinikmati dari sudut pandang balkon. Anda bisa melihat kejauhan dan menjadi pengamat, bukan sebagai peserta dari pemandangan yang Anda lihat.

Sediakan furniture yang dibutuhkan atau bila ukuran balkon sangat kecil, Anda bisa gunakan beberapa bantal. Untuk mendekorasinya Anda bisa gunakan beberapa aksesoris.

Demikianlah, balkon punya banyak fungsi yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa makan dan minum di area outdoor, membangun area hangout dan relaksasi, mengecek cuaca atau sekedar menikmati pemandangan dari ketinggian.

 

Anda sedang mencari apartemen yang dilengkapi balkon? Di Jendela360 Anda bisa temukan apartemen yang Anda inginkan dengan cepat dan mudah.