Ketika tinggal di apartemen, karena kesibukan yang Anda jalani setiap hari membuat Anda berpikir untuk menggunakan jasa ART (Asisten Rumah Tangga). Ada dua jenis ART, yang tinggal di dalam hunian bersama Anda dan yang hanya datang di pagi hari kemudian pulang lagi setelah selesai bekerja. Kebutuhan dan kondisi hunian akan mempengaruhi yang mana di antara dua pilihan ini yang tepat untuk Anda.

Pada akhirnya pilihan Anda akan bergantung pada gaya hidup, tapi sebelum Anda membuat keputusan, pertimbangkan hal berikut:

Gaya hidup

Apa Anda sering bepergian dan meninggalkan apartemen tanpa penghuni untuk waktu lama? Jika ya, maka pertimbangkan untuk menggunakan jasa ART yang tinggal di dalam, karena ia tidak hanya bisa mengerjakan tugas harian, tapi juga menjaga apartemen ketika Anda tidak ada.

Hunian yang ada penghuninya, berarti akan berfungsi sebagai hunian ketika Anda membutuhkannya. Sering kali apartemen yang tidak dihuni menimbulkan masalah seperti kerusakan pipa atau selang. Dengan ada ART, ia akan menjaga agar berbagai masalah tidak terjadi dan segera menanganinya jika ada masalah.

Ini juga membuat Anda merasa tenang karena mengetahui apartemen Anda dijaga 24 jam saat Anda keluar kota atau ke luar negeri.

Photo credit: Google

Luas hunian

Bila ada area di apartemen untuk jadi area tinggal yang layak untuk ART, maka ART yang tinggal di dalam jadi pilihan tepat. Bila Anda tidak punya tempat, Anda tidak bisa menawarkan akomodasi ini.

Bila Anda tinggal di apartemen 2 kamar tidur, ART yang tinggal bersama Anda bisa menggunakan salah satu kamar sebagai area pribadinya.

Jam kerja

Berapa lama Anda membutuhkan ART? Bila Anda membutuhkan ART sepanjang waktu, maka Anda membutuhkan ART yang tinggal di dalam. Bila Anda hanya membutuhkan ART yang bekerja kurang dari 40 jam seminggu, akan lebih bijak memilih ART yang tinggal di luar. Jadi Anda tidak perlu menawarkan akomodasi tambahan untuk ART.

Kondisi ART

Sering kali, ART akan punya pilihan sendiri, baik untuk tinggal di dalam atau di luar. ART yang tinggal di luar biasanya sudah menikah atau punya keluarga yang juga perlu diurus. ART yang tinggal di dalam mungkin punya keluarga tapi tinggal di kota lain, statusnya single, atau tanpa pasangan. Ini berarti mereka lebih fleksibel untuk tinggal di dalam.

ART yang masih single biasanya lebih terbuka untuk pilihan tinggal di dalam karena ini berarti mereka tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk sewa kos menggunakan gaji mereka.

Baca artikel lainnya tentang cara membasmi rayap di apartemen.

Fasilitas yang Anda tawarkan

ART yang tinggal di dalam biasanya gajinya juga disesuaikan, selain dilengkapi fasilitas tambahan seperti makan, uang jajan, dan sebagainya.

Karenanya kadang orang yang punya hunian besar dan bisa menawarkan fasilitas ini membayar ART sedikit lebih rendah karena ia bisa menawarkan fasilitas tambahan. Tapi perlu diingat, ART yang sudah berpengalaman tetap akan mengharapkan gaji tinggi meski Anda menyediakan fasilitas tinggal yang memadai.

Photo credit: Google

Fleksibilitas

Baik ART tinggal di dalam maupun di luar, ia harus punya fleksibilitas tinggi.  Tapi ART yang tinggal di dalam biasanya lebih fleksibel dibanding yang tinggal di luar, karena mereka memang tinggal di apartemen bersama Anda. Ini berarti jika Anda membutuhkan mereka bekerja lebih lama karena alasan tertentu, mereka bisa memenuhinya.

ART yang tinggal di luar perlu menggunakan transportasi untuk datang ke apartemen Anda atau kurang fleksibel bila ia harus pulang ke keluarga. ART yang tinggal di dalam tidak perlu menggunakan transportasi, dan bisa bekerja tepat waktu. ART yang tinggal di luar juga bisa mengalami masalah dengan transportasi umum atau cuaca buruk yang membuatnya datang terlambat.

Pada akhirnya, keputusan ada di tangan Anda untuk memilih antara ART yang tinggal di dalam atau yang tinggal di luar. Pikirkan baik-baik mana yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Anda sedang mencari apartemen yang dekat dengan tempat kerja? Jendela360 bisa membantu Anda temukan apartemen yang tepat.