Setiap orang yang terjun ke dunia bisnis pasti ingin agar usaha yang dimilikinya selalu lancar dan dapat memberikan keuntungan yang banyak.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan keinginanya tersebut adalah memiliki tempat usaha. Tempat usaha yang harus dimiliki tidak bisa ditentukan secara sembarangan.

Salah satu tempat terbaik untuk menjalankan usaha adalah ruko. Ruko atau rumah toko memiliki banyak kelebihan.

Salah satunya yaitu anda bisa menjadikannya sebagai lokasi usaha anda dan juga sebagai tempat tinggal. Dengan begitu, anda tidak harus berangkat ke tempat usaha anda dengan menempuh jarak yang jauh.

Bagaimana Cara Beli Ruko dengan KPR?

Untuk mendapatkan ruko yang anda inginkan, anda tidak perlu langsung membelinya secara tunai. Anda bisa memanfaatkan KPR ruko dimana anda bisa membayarnya secara kredit. Adapun untuk cara atau simulasi kredit ruko yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut.

1. Tentukan ruko yang akan anda beli

cara membeli ruko dengan kpr

Cara beli ruko dengan KPR yang harus anda lakukan pertama kali adalah menentukan dimana ruko yang akan anda beli.

Seperti yang sudah kami singgung di awal bahwa salah satu cara terbaik untuk membuat usaha anda maju dan banyak dikenal adalah dengan mengetahui lokasi terbaik.

Maka dari itu, anda harus memastikan bahwa ruko yang akan anda beli berada di tempat yang strategis.

Untuk mendapatkan informasi seputar ruko-ruko tersebut, anda bisa datang ke bank dengan menanyakan informasi seputar ruko mana saja yang bisa anda beli melalui KPR.

Namun anda juga bisa mencari ruko tersebut melalui media elektronik atau media cetak.

Baca juga: 13 Tips Menyewa Ruko yang Cocok untuk Bisnis Anda

2. Tanyakan semua hal seputar ruko yang ingin anda beli

Jika anda sudah menemukan ruko terbaik untuk usaha anda, maka cara kedua adalah tanyakan semua hal yang berhubungan dengan ruko yang anda beli tersebut.

Dalam hal ini, beberapa poin penting yang harus anda tanyakan antara lain: cicilan, harga, dan tentunya apakah KPR tersebut menerapkan cara kredit ruko tanpa DP.

Anda juga bisa menayakan hal-hal lainnya sampai anda benar-benar yakin dan setuju dengan semua ketentuan yang berlaku.

Maka dari itu, pastikan anda tidak gegabah dalam hal ini agar nanti anda tidak akan mengalami permasalahan, terutama berkaitan dengan harga atau cicilan yang harus anda bayar setiap bulannya.

3. Membayar tanda jadi

Jika anda sudah melakukan dua langkah di atas, maka cara beli ruko dengan KPR yang ketiga adalah anda harus menyiapkan dana tertentu.

Dana ini akan digunakan sebagai bukti bahwa ruko tersebut sudah anda pesan untuk anda tempati sebagai lokasi bisnis. Dengan begitu, ruko tersebut tidak akan diberikan kepada orang lain karena anda sudah memesannya.

Secara umum, setiap kredit ruko termasuk kredit ruko syariah pasti memiliki ketentuan dan aturannya masing-masing.

Setiap aturan yang diterapkan sudah pasti akan menyesuaikan dengan kebutuhan. Ada developer yang meminta anda agar langsung melakukan pembayaran DP atau uang muka dalam waktu tertentu.

Namun anda juga developer yang membebaskan anda untuk membayar DP dalam beberapa waktu. Selain itu, ada juga developer yang menerapkan uang anda akan hangus jika ternyata anda tidak jadi membeli arau kredit ruko tersebut.

Maka dari itu, penting untuk memahami setiap aturan yang diterapkan oleh KPR, termasuk kredit ruko syariah. Jadi anda tidak kaget ketika nanti anda beberapa ketentuan yang baru anda ketahui.

4. Membayar uang muka

Cara beli ruko dengan KPR yang keempat adalah mulailah melakukan pembayaran uang muka. Untuk cara ini hanya berlaku bagi KPR yang menawarkan simulasi kredit ruko dengan membayar sejumlah uang muka.

Biasanya, uang tanda jadi yang telah anda bayar sebelumnya akan ditotal dengan DP yang harus anda bayarkan.

Dengan kata lain, anda tinggal membayar sisa uang muka tersebut karena sisanya sudah anda bayarkan melalui uang tanda jadi sebelumnya.

Meskipun begitu, sangat penting untuk bertanya seputar berapa nominal uang muka yang harus anda bayar dan bagaimana sistem pembayarannya apakah bisa digabung dengan uang tanda jadi atau tidak.

Baca juga: 6 Bank yang Menerima Agunan AJB, Prosesnya Mudah dan Cepat

5. Mengajukan KPR

membeli ruko dengan kpr
Sumber: 99.co

Jika semua langkah-langkah sudah anda lakukan, maka cara beli ruko dengan KPR yang terakhir yaitu mulailah proses pengajuan KPR ke bank.

Kebanyakan developer akan menuntun anda dalam pembelian ruko sesuai dengan bank yang anda inginkan. Akan tetapi, developer hanya akan membantu anda kepada bank-bank yang sudah menjadi mitra KPR tersebut.

Itu artinya, jika ternyata anda mengajukan pembelian ruko dengan KPR di bank yang tidak menjadi mitra developer, maka mau tidak mau anda harus mengurusnya sendiri.

Untuk dapat mengajukan kredit KPR, terlebih dahulu pastikan anda sudah menyiapkan semua persyaratan yang diperlukan.

Jika sudah anda siapkan, maka pihak bank biasanya akan meminta waktu sekitar satu bulan untuk memproses pengajuan yang anda berikan sekaligus untuk melakukan survei.

Dalam proses survei, pihak bank akan datang ke tempat kerja atau tempat tinggal anda. Kemudian pihak bank juga akan melakukan pengecekan di Bank Indonesia untuk memastikan data diri anda benar-benar sesuai dengan yang anda lampirkan.

Poin yang tidak kalah penting adalah seputar kemampuan finansial anda. Pihak bank juga akan menyesuaikan dengan kemampuan anda apakah benar-benar mampu membayar cicilan ruko setiap bulannya.

Syarat Pengajuan Beli Ruko dengan KPR

  1. Mengisi formulis permohonan pengajuan KPR
  2. Fotokopi identitas
  3. Fotokopi KK
  4. Fotokopi NPWP dan Akta Nikah
  5. Menyeratakan fotokopi sertifikat rumah
  6. Rekening tabungan, dan lain sebagainya

Untuk persyaratan selengkapnya bisa anda kunjungi langsung lokasi jasa kredit ruko dengan KPR tersebut. Tanyakan semua persyaratan dan ketentuan-ketentuan lainnya.