Membuat dan merawat aquarium terbilang cukup sulit. Anda perlu menciptakan lingkungan yang sesuai untuk ikan sebelum memasukkan ikan tersebut. Perawatannya pun tidak bisa dibilang mudah. Solusinya? Anda bisa mulai dengan mengetahui cara membuat aquarium mini.

Aquarium mini dapat menjadi hiasan yang bagus untuk ruang kantor atau kamar Anda dan Anda tidak perlu repot dengan perawatannya. Jika Anda penasaran dengan bagaimana cara membuat aquarium mini, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Siapkan Wadah

cara membuat aquarium mini

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengumpulkan semua bahan yang diperlukan. Bahan yang paling utama tentunya adalah wadah atau tempat yang akan Anda jadikan aquarium. Anda bisa menggunakan wadah dari plastik atau kaca sesuai selera. Namun, pastikan ukurannya tidak boleh terlalu besar agar bisa lebih mudah untuk dibawa atau dipindahkan.

Wadah ini bisa berupa toples, kotak kaca, mason jar atau bahkan bola lampu bekas dan jenis wadah lainnya yang menurut Anda cocok untuk membuat aquarium mini. Anda juga bisa membeli wadah khusus untuk aquarium mini yang sudah banyak dijual dipasaran.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Cocok Untuk Indoor dan Tips Merawatnya

2. Menentukan Jenis Ikan

Setelah menentukan wadah yang akan digunakan, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memilih replika ikan yang Anda inginkan.

Anda bisa mencari replika ikan yang mirip dengan ikan aslinya agar aquarium Anda bisa nampak seperti aquarium sungguhan. Dengan menggunakan ikan replika, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli pakan ikan. Itulah kenapa aquarium mini juga bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis.

Akan tetapi perlu diingat, bahwa yang Anda buat adalah aquarium mini, jadi jumlah replika ikan yang bisa Anda masukan juga terbatas. Pilihlah replika dari jenis ikan favorit Anda terlebih dahulu, baru jenis ikan lainnya.

Jumlah dari replika ikannya pun sebaiknya jangan terlalu banyak supaya nanti Anda masih memiliki ruang yang cukup untuk memasukkan bahan lain yang dapat memperindah aquarium mini Anda.

3. Memilih Hiasan

cara membuat aquarium mini

Walaupun aquarium mini berukuran kecil, aquarium ini juga dapat dibuat menarik seperti halnya aquarium dengan ukuran normal. Untuk membuat aquarium mini terlihat lebih cantik, Anda bisa menambahkan hiasan seperti yang biasanya digunakan untuk menghias aquarium pada umumnya.

Anda bisa menambahkan batu aquarium warna-warni, batuan alam berukuran kecil, batu coral, cangkang kerang, rumput laut plastik atau hiasan aquarium lainnya yang Anda sukai.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Yang Cocok Ditanam di Apartemen

Tentu ukuran dan jumlah hiasan juga harus disesuaikan dengan ukuran aquarium agar nantinya tidak terlihat terlalu penuh karena bisa membuat aquarium mini Anda nampak kurang cantik.

Jika Anda sudah menentukan hiasan apa saja yang Anda inginkan, Anda bisa langsung menata semua hiasan tersebut di dalam aquarium. Anda bisa memulainya dengan meletakan batu-batuan di dasar aquarium. Setelah itu, Anda bisa menambahkan hiasan lain diatasnya.

4. Memilih Jenis Air

Berikutnya, setelah Anda merasa puas dengan tampilan aquarium mini tersebut, Anda bisa langsung memasukkan air ke dalamnya. Biasanya, untuk memelihara ikan di aquarium, Anda harus menyesuaikan jenis air dengan jenis ikan yang ingin Anda rawat. Karena, jika jenis ikan dan jenis air tidak sesuai, ikan Anda tidak akan bisa bertahan hidup.

Ada dua jenis air yang digunakan yaitu air asin dan air tawar. Jika ikan yang Anda sukai adalah jenis ikan laut, Anda harus menggunakan jenis air asin. Sedangkan air tawar cocok untuk jenis ikan darat. Pemeliharaan dan perawatan aquarium pun juga harus disesuaikan dengan jenis ikannya.

Meskipun dalam cara membuat aquarium mini ini Anda menggunakan ikan replika, bukan berarti Anda tidak bisa memilih jenis air yang ingin Anda gunakan. Bedanya, Anda bisa menggunakan jenis air apapun sesuai dengan keinginan Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang kecocokan antara air dan ikan yang Anda pilih.

5. Aksesoris Tambahan (Opsional)

cara membuat aquarium mini

Satu hal yang berbeda dari membuat aquarium sungguhan, Anda tidak perlu menambahkan aksesoris tambahan yang biasa digunakan untuk memelihara ikan hidup dalam aquarium, seperti mesin filter contohnya. Itu karena Anda tidak harus membersihkan aquarium tersebut ataupun memberi perawatan kepada ikan yang ada di dalamnya.

Jika Anda memang ingin menambahkan aksesoris tambahan agar aquarium Anda bisa lebih mirip lagi dengan aquarium sungguhan, Anda dapat menambahkan lampu untuk memberi efek cahaya yang bisa membuat aquarium terlihat lebih cantik dan dinamis.

6. Perawatan

cara membuat aquarium mini

Sebenarnya, Anda cukup sekali saja membuat aquarium mini ini tanpa harus mengeluarkan atau membongkar kembali semua isinya. Anda mungkin hanya perlu mengganti air yang ada jika sudah terlihat sedikit kotor karena debu dari luar atau kotoran lainnya.

Namun, tentu saja Anda tetap bisa merubah hiasan dan jenis ikan dalam aquarium tersebut jika Anda sudah merasa bosan dengan yang lama dan ingin menggantinya dengan yang baru.

Setelah Anda menentukan jenis air dan memasukannya ke dalam aquarium, Anda bisa memasukan replika ikan yang sudah Anda pilih sebelumnya. Proses membuat aquarium mini pun selesai. Anda bisa melihatnya sendiri bahwa aquarium mini tidak kalah cantik dengan aquarium sungguhan.

Baca Juga: Tutorial: Perindah Hunian Anda dengan Aquascape Buatan Sendiri, Mudah dan Simpel

Walaupun bukan ikan hidup, Anda tetap bisa melihat dan menikmati keindahan ikan kesukaan Anda di manapun Anda meletakan aquarium mini ini, baik di rumah, kantor atau tempat lainnya.

Nah, itulah beberapa cara aquarium mini. Aquarium mini dapat menjadi dekorasi yang unik untuk meja kantor atau kamar Anda. Hiasan ini menjadi favorit banyak orang, karena cara membuatnya yang simple dan perawatannya yang tidak rumit. Terlebih bagi pencinta ikan, rasanya wajib untuk memiliki aquarium ini