Jika membahas tentang gudang, maka yang ada di benak kita adalah sebuah tempat atau ruangan yang digunakan untuk meletakkan sesuatu.

Memang fungsi utama gudang adalah untuk menyimpan barang-barang, baik yang masih digunakan atau sudah jarang dan bahkan tidak pernah digunakan lagi.

Sementara untuk fungsi gudang bagi perusahaan adalah sebagai tempat penyimpanan berbagai barang, baik bahan baku, setengah jadi, atau barang yang sudah jadi.

Dikarenakan fungsi gudang sangat penting bagi perusahaan, maka perlu adanya cara merapikan gudang yang baik agar tampak rapi dan memudahkan kita dalam mencari dan menemuka barang yang diinginkan.

Cara Merapikan Gudang yang Baik

Bagi sebuah perusahaan yang menyewa atau yang memiliki gudang, pasti ingin agar gudangnya tersebut selalu tertata dengan rapi.

Meskipun gudang tersebut memiliki banyak barang di dalamnya, namun tetapa diperlukan pengelolaan gudang yang efisien agar barang-barang tersebut bisa tidak membuat kira kerepotan mencarinya.

1. Letakkan barang di rak susun

cara merapikan gudang yang baik dan benar

Cara penyimpanan barang di gudang yang pertama kali akan kami jelaskan adalah bagaimana cara anda meletakkan barang-barang ke dalam gudang.

Untuk membuat gudang anda terlihat rapi, anda bisa meletakkan barang-barang tersebut di rak susun.

Namun pastikan rak susun tersebut kokoh karena barang yang anda letakkan jumlahnya pasti tidak sedikit.

Tujuannya untuk melindungi barang dari resiko ambruk maupun rusak karena terlalu lama terumpuk-tumpuk.

Selain itu, dengan meletakkan barang-barang di rak susun maka anda bisa menghemat banyak ruang.

Susunlah barang-barang tersebut secara vertikal. Mengenai ketinggiannya bisa anda sesuaikan dengan ketinggian dan ukuran gedung anda.

Jadi sistem peletakannya adalah tidak berdasarkan barang yang paling kuat yang harus ada di bawah.

2. Memperhatikan penyimpanan barang masuk dan barang keluar

Cara kedua yang juga harus anda perhatikan yaitu dengan memperhatikan tempat penyimpanan antara barang masuk dan barang keluar.

Anda harus menguraikan secara jelas tentang teknis flow barang dimana barang yang akan dikeluarkan terlebih dahulu harus anda letakkan di tempat yang mudah terjangkau.

Jadi, ketika anda ingin mengeluarkannya, anda tidak kesulitan.

Dengan menerapkan sistem seperti ini, maka anda akan lebih mudah di dalam menemukan mana barang-barang yang akan anda keluarkan maupun yang anda masukkan.

Sistem inilah yang akan membuat gudang anda terlihat lebih rapi dan terstruktur.

3. Membuat ventilasi udara

Pengelolaan gudang yang efisien juga harus mempertimbangkan ventilasi udara. Jangan sampai gudang anda pengap yang membuat karyawan atau bahkan anda sendiri tidak bisa berlama-lama karena panas.

Anda harus membuat ventilasi udara atau exhaust. Selain itu, kami sarankan anda membuka jendela gudang minimal 2 sampai 3 kali sehari.

Hal ini bertujuan untuk membuat gudang tidak pengap serta tidak lembab. Selain itu, memiliki ventilasi udara di gudang juga akan menjadi salah satu faktor kenyamanan.

Terlebih lagi barang-barang yang ada di dalam gudang tidak akan mudah rusak karena biasanya gudang yang tidak mempunyai ventilasi udara akan rawan terkena jamur.

Baca juga: 10 Macam Jenis Gudang dan Fungsinya, Bos Pabrik Wajib Tahu

4. Menggunakan rak minimalis

Bagi anda yang memiliki gudang kecil minimalis dengan barang yang cukup banyak, maka anda bisa menggunakan rak minimalis.

Gudang yang tidak terlalu luas tentunya akan berpengaruh terhadap pemilihan rak. Anda tidak bisa memilih rak untuk gudang secara sembarangan karena dikhawtirkan hanya akan membuat gudang anda semakin sempit.

Jadi, solusinya adalah pastikan anda memilih rak minimalis sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang anda.

Pastikan anda memilih rak dengan kualitas terbaik serta mampu menopang beban berat agar mampu digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Biasanya, ukuran rak gudang minimalis kualitas bagus adalah yang mampu menahan beban hingga 240 kg per ambalan.

Jika anda membeli rak yang sudah berstandar nasional atau internasional, maka jangan ragu untuk membelinya.

Selain itu, kami sarankan agar anda memilih rak yang dapat dibongkar atau istilahnya rak slotted angel.

Rak jenis ini penyusunannya tidak menggunakan baut sehingga bisa anda sesuaikan dengan ruangan di dalam gudang.

5. Perhatikan kebersihan gudang

Cara merapikan gudang yang juga tidak kalah penting adalah pastikan gudang anda selalu dalam kondisi bersih. Memang kebersihan gudang cukup sulit dilaksanakan karena di tempat inilah aktivitas tidak pernah berhenti.

Akan tetapi, bukan berarti anda membiarkan gudang anda kotor terlebih sampai berbau.
Bersihkanlah gudang secara rutin, minimal beberapa hari sekali. Anda bisa membersihkan gudang anda dari rayap, kecoa, tikus, dan lain sebagainya.

Membersihkan gudang secara rutin juga bermanfaat untuk melindungi barang-barang anda dari serangan hewan-hewan yang bisa merusak barang-barang yang anda simpan di sana.

Selain itu, pastikan gudang anda tidak sampai mengeluarkan bau yang tidak sedap yang mengganggu kenyamanan orang yang berada di dalam gudang tersebut.

Baca juga: Punya Lahan Luas? Coba Bisnis Sewa Gudang Aja

6.Pisahkan antara barang lama dan baru

cara merapikan gudang yang baik

Pengelolaan gudang yang efisien juga bisa anda lakukan dengan memisahkan antara barang lama dan barang baru. Jika anda mencampur kedua jenis barang ini, anda nanti pasti kebingungan jika harus mencari barang-barang terbaru.

Maka dari itu, anda harus memisahkannya sehingga anda juga lebih mudah dalam proses pengecekan barang untuk mengetahui seperti apa kualitas dari barang yang baru disimpan atau sudah lama ada di dalam gudang.

7.Membuat data akurat

Penting untuk memiliki data akurat yang akan memberikan informasi seputar periode penjualan yang lama, periode baru, dan juga target pemasaran maupun forecast pada periode selanjutnya. Dengan membuat data secara akurat, maka anda bisa mengetahui rencana pemasaran terhadap target anda.