Last Updated on

PANDUAN LENGKAP MENGENAI BIAYA DEPOSIT APARTEMEN

Mulai dari apa itu deposit hingga besaran biaya deposit apartemen.

Hampir semua pemilik apartemen yang menyewakan unitnya meminta uang deposit sebagai jaminan kepada penyewa. Bukan hanya apartemen, bahkan kontrak rumah dan kos-kosan juga sudah banyak yang meminta deposit sebelum penyewa masuk dan tinggal. Bisa dibilang deposit menjadi hal wajib yang dibayarkan penyewa dalam proses sewa tempat tinggal dalam bentuk apapun.

sebelum bayar deposit liat-liat dulu ya, siapa tau udah ada yang rusak via GIPHY

Baru pertama kali ingin menyewa apartemen dan masih kurang mengerti dengan konsep uang deposit apartemen? Mari kita bahas di bawah ini.

Definisi Deposit Apartemen

Apa itu deposit? Deposit merupakan uang jaminan dengan jumlah sesuai dengan kesepakatan yang dibayarkan oleh penyewa kepada pemilik sebelum memulai masa sewa. Apabila terjadi kerusakan di unit akibat penyewa, maka uang deposit tersebut akan dipakai untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Jika tidak ada kerusakan hingga masa sewa berakhir, maka uang deposit akan dikembalikan utuh kepada penyewa.

waduh, pelan-pelan ya kalau mau nutup pintu via GIPHY

Mengapa Ada Deposit Apartemen?

Tentu saja fungsi utama dari keberadaan deposit ini untuk melindungi pemilik unit dari kerugian akibat kerusakan yang ditimbulkan penyewa. Dari sisi pemilik, tentu pemilik tidak bisa berharap unit akan ditempati oleh penyewa yang selalu rapi dan selalu aman dari kerusakan, selain adanya faktor eksternal seperti saluran air yang bocor atau musibah lain di luar kendali.

Terlebih lagi bagi penyewa yang membawa anak kecil, besar kemungkinan terjadi kerusakan yang tidak disengaja akibat ulah anak-anak.

Baca juga: 4 Tips Penting Hindari Kerusakan Di Apartemen Bagi Penyewa

Jika ada penyewa nakal yang kabur begitu saja setelah menimbulkan kerusakan di unit, maka uang deposit apartemen yang telah dibayarkan penyewa di awal setidaknya akan membantu menutup atau mengurangi beban biaya perbaikan yang harus dikeluarkan pemilik unit.

Dari segi penyewa, dengan adanya uang deposit yang telah dibayarkan di awal maka tidak akan terasa terlalu berat mengeluarkan biaya perbaikan karena biayanya langsung dipotong dari deposit atau hanya menambah sedikit lagi jika ternyata biaya perbaikan lebih besar dari deposit yang tersedia.

Kapan Deposit Apartemen Dibayar?

Nilai deposit apartemen biasanya ikut tercantum di kontrak perjanjian sewa unit dan akan dibayarkan oleh penyewa bersama dengan uang sewa. Sebagai pemilik unit ataupun penyewa, saling mengetahui bagaimana peraturan penggunaan uang deposit apartemen menjadi salah satu poin penting dalam perjanjian sewa.

Komunikasikan dengan baik apa saja kondisi yang sekiranya akan membuat uang deposit tidak dikembalikan seluruhnya atau hanya sebagian agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari nanti.

Hal apa saja yang akan mengakibatkan uang deposit apartemen tidak dikembalikan lagi? Hal standar yang biasanya dijadikan acuan adalah kerusakan pintu, jendela, kitchen set, TV, AC, tempat tidur, water heater, atau barang-barang lain yang merupakan kepunyaan pemilik unit.

kesel sih kesel, tapi barang pemilik gak diancurin gitu juga kalii.. via GIPHY

Beberapa pemilik unit juga memiliki ketentuan tambahan seperti melarang penyewa untuk memasang paku, mengganti cat dinding, memasang wallpaper, atau hal lainnya di unit sewaan.

Ada juga pemilik yang lebih fleksibel dengan mengizinkan penyewa untuk memasang wallpaper atau mengecat dinding dengan warna lain namun mewajibkan penyewa untuk mengembalikan cat dan hal lain dalam unit sewaan ke kondisi semula begitu masa sewa berakhir nanti.

Apabila terjadi kerusakan seperti pintu rusak atau hal lain, biasanya uang deposit apartemen akan dikurangi sesuai dengan jumlah biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Jika ternyata biaya perbaikan lebih besar daripada uang deposit yang tersedia, maka penyewa diharuskan membayar lagi kelebihan biayanya untuk mengganti kerusakan yang terjadi.

Sebelum mulai masuk dan tinggal di unit apartemen, ada baiknya penyewa dan pemilik unit sama-sama berkeliling unit untuk mencatat apakah ada kerusakan kecil seperti retakan, lubang, atau goresan yang sudah ada dari sebelum penyewa tinggal.

Begitu masa sewa berakhir dan pemilik datang mengecek unit lagi, bisa diketahui mana saja kerusakan akibat penyewa dan mana saja yang sudah ada dari sebelum penyewa tinggal sehingga bukan terjadi karena penyewa.

Berapa Kali Deposit Dibayarkan?

Deposit biasanya cukup dibayarkan satu kali saja di awal masa sewa. Jika terjadi kerusakan dan uang deposit telah terpakai habis untuk memperbaiki kerusakan tersebut sementara masa sewa unit belum berakhir, maka biasanya para pemilik akan meminta penyewa untuk membayar uang deposit lagi.

Besarnya uang deposit kali ini tergantung kesepakatan, apakah sama dengan uang deposit apartemen di awal masa sewa atau berkurang mengikuti masa sewa yang tersisa.

Berapa Kisaran Deposit Apartemen di Jakarta?

Untuk kisaran biaya deposit apartemen, biasanya pemilik unit akan menetapkan 10% dari total harga sewa unit per tahun atau seharga satu bulan sewa. Untuk apartemen kelas menengah, biaya deposit apartemen akan berkisar dari Rp 3 juta hingga Rp 5 juta dan tergantung dari tipe unit apartemen juga.

Bagaimana dengan apartemen di kelas premium? Deposit yang dibayarkan tentu ikut premium juga, dimulai dari Rp 7 juta hingga Rp 20 juta. Pastikan Anda sudah memperhitungkan biaya deposit apartemen bersama dengan biaya maintenance, listrik, dan air juga saat akan menyewa apartemen agar tidak melebihi budget yang sudah disediakan.

bayar deposit apartemen

Secara keseluruhan, biaya deposit apartemen berfungsi melindungi kedua belah pihak, yaitu pemilik unit dan penyewa. Dari sisi penyewa sendiri, saat masa sewa sudah selesai dan memang tak ada kerusakan berarti yang harus diperbaiki, uang deposit akan kembali utuh.

Anggap saja uang deposit yang dibayar di muka tersebut adalah tabungan Anda yang akan diambil setelah masa sewa habis.

Masih belum jelas? Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini atau hubungi Call Center kami di nomor 0815-11-360360

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *