Tinggal di satu ruangan saja, tanpa sekat untuk membagi area tidur serta area masak atau area living room, bukan hal mudah. Apalagi bila ukuran ruangan ini tidak besar, akan terasa lebih menyulitkan. Tapi jangan pesimis dulu, ada inspirasi desain apartemen studio kecil yang bisa kita intip. Meski unit apartemen Anda berukuran kecil, ada cara cerdas dan cantik untuk menciptakan pembagian visual antara area fungsional dari hunian satu ruang ini.

Desain apartemen studio kecil yang paling baik adalah yang bisa menyeimbangkan antara penggunaan area yang terbatas, area penyimpanan yang cerdas, dan furniture fungsional, dengan solusi pencahayaan yang kreatif. Nah, berikut ini kompilasi desain apartemen studio kecil untuk membantu Anda menentukan desain terbaik untuk unit studio Anda:

Penggunaan rak buku sebagai pembagi ruangan

Image result for bookshelf studio apartment

thespruce.com

Apartemen studio biasanya terkesan “terbuka”. Kadang sulit untuk memisahkan area pada ruang studio. Cara tepat melakukannya adalah dengan memanfaatkan satu furniture besar, misalnya rak buku. Pada contoh di gambar, pemilik menggunakan rak tinggi untuk membagi ruangan agar bisa difungsikan sebagai area kerja.

Mengubah tempat tidur menjadi daybed

Image result for daybed in studio apartment

architecturaldigest.com

Bila ruangan ukurannya tidak cukup luas, Anda bisa ubah tempat tidur menjadi daybed. Ini memungkinkan Anda menggunakan tempat tidur sebagai sofa selama siang hari untuk menciptakan area duduk optional di apartemen studio.

Anda bisa buat daybed seperti pada gambar, dengan menempatkan tempat tidur rapat pada dinding dan menggunakan bantal besar untuk menciptakan tampilan yang mirip sofa.

Tentukan sebuah dinding aksen

Image result for wall pattern in studio apartment

hgtv.com

Menciptakan dinding aksen di apartemen studio kecil jadi cara tepat untuk menciptakan visual yang menarik. Di gambar, pemilik menggunakan wallpaper abstrak dan bold untuk mempertegas area di kamar tidur. Aksen pada dinding seolah menjadi pajangan seni raksasa di dalam ruangan.

Penggunaan loft

Image result for loft studio apartment

youtube.com

Bila Anda memiliki plafon yang tinggi, menciptakan area loft jadi cara cerdas untuk menambah luas ruangan hunian. Di contoh ini, pemilik menciptakan area tidur di loft dan menggunakan ruang di bawahnya sebagai ruang tamu..

Berkreasi dengan penggunaan rak

Photo credit: Google

Salah satu cara yang kreatif dalam mendesain apartemen studio kecil adalah menciptakan area rak yang unik. Anda bisa dapatkan area penyimpanan tambahan di area dapur seperti contoh gambar, dengan menggunakan unit rak dari kayu dan desain custom. Anda bisa menata gelas dengan apik tapi juga masih tetap dapat dengan mudah mengaksesnya.

Jangan takut menggunakan pajangan besar

Photo credit: Google

Jangan ragu menggunakan pajangan seni berukuran besar, meski di apartemen studio yang kecil. Gambar di atas adalah contoh cantik penggunaan pajangan seni berukuran besar di ruangan kecil. Anda bisa juga gunakan pajangan besar seperti ini di atas tempat tidur sebagai headboard.

Baca artikel lainnya tentang tips mencegah DBD di apartemen.

Menggunakan tirai untuk membagi ruangan

Photo credit: Google

Cara mudah untuk membagi ruangan adalah dengan menggunakan tirai. Anda bisa gunakan tirai untuk menciptakan area tidur pribadi di apartemen studio.

Memanfaatkan tiap sudut ruangan

Photo credit: Google

Area duduk yang cantik di sudut ruangan membantu menciptakan kesan homey di apartemen studio. Anda perlu pastikan Anda memanfaatkan tiap inci ruangan dengan baik. Area duduk seperti ini jadi pilihan yang tepat bila Anda membutuhkan area duduk tambahan atau bila Anda hanya punya area kecil untuk menciptakan area dining room.

Rak pada dinding

Related image

mnmliving,com

Rak dinding jadi cara tepat berikutnya untuk membagi area dan menciptakan area penyimpanan tambahan. Karena tersedia di banyak ukuran, Anda bisa ciptakan penataan rak dinding seperti ini, yang tidak merata, tapi bermanfaat di area terbatas di atas sofa.

Rak dinding yang simpel juga solusi tepat di sebelah pintu bila Anda tidak punya cukup ruang untuk furniture besar.

Menggunakan furniture multi fungsi

Image result for bed with compartments

contemporist.com

Di apartemen studio, cukup masuk akal bila Anda menggunakan furniture multi fungsi sebanyak mungkin. Jangan salah memilih tempat tidur, pilih tempat tidur yang memiliki area penyimpanan di bawahnya.Bila Anda tidak punya ruang untuk meja makan, pilih coffee table yang cukup besar agar bisa Anda gunakan saat makan. Dan bila Anda menggunakan bench, pastikan ada area penyimpanan di dalamnya.

Anda sedang mencari apartemen studio? Di Jendela360 ada banyak pilihan apartemen, salah satunya pasti jadi incaran Anda.