Sebuah hunian yang ideal adalah hal yang ingin dimiliki oleh semua orang.Terlebih lagi jika kamu sedang memasuki usia produktif, yang biasanya sudah memiliki pekerjaan sehingga dapat menabung untuk membeli sebuah hunian yang kamu inginkan.

Ada banyak jenis dan tipe rumah yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu, mulai dari perumahan biasa hingga berbagai cluster dari tingkat menengah hingga mewah.

Nah, dalam pemilihan rumah ini, seringkali para pembeli menemui mitos-mitos yang sudah ada sejak zaman dulu, salah satunya adalah tentang rumah tusuk sate.

Banyak anggapan dari masyarakat kita bahwa rumah tusuk sate adalah rumah yang beraura buruk bahkan dapat menjadi pembawa sial bagi keluarga yang tinggal di sana.

Mitos-mitos ini biasanya diturunkan oleh para orang tua yang menganjurkan untuk memilih rumah dan lokasi yang diinginkan sebelum membelinya.

Namun apakah semua kisah tentang rumah tusuk sate itu benar? Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat beberapa fakta menarik rumah tusuk sate berikut ini.

Baca juga: Kenapa Lantai 4 Dan Lantai 13 Tidak Ada Di Apartemen?

1. Definisi

rumah tusuk sate

Memang ada benarnya, bahwa ketika kamu ingin membeli sebuah rumah, maka kamu harus memperhatikan berbagai faktor yang dimiliki oleh unit tersebut.

Tidak terlepas dari harga yang harus sesuai dengan anggaran yang kamu miliki, hingga letak dan lokasi rumah yang ideal, misalnya bebas banjir dan lingkungan yang aman.

Beberapa faktor seperti di atas sangat penting untuk diperhatikan karena akan berdampak jangka panjang terhadap kenyamanan penghuni rumah.

Nah, karena faktor penting inilah kamu mungkin pernah mendengar dari orang tua atau orang-orang disekitarmu untuk jangan membeli rumah tusuk sate, kan?

Tetapi apa yang dimaksud dengan rumah tusuk sate?

Rumah tusuk sate sebenarnya adalah rumah yang berlokasi tepat di ujung jalan, persimpangan, atau di tengah-tengah pertigaan.

Karena lokasinya ini, banyak ahli fengshui yang mengatakan bahwa lokasi di sudut tajam ini merupakan Panah Beracun.

Sehingga, menurut ahli fengshui seandainya kamu adalah orang yang sensitif kepada perubahan energi, maka bisa saja kamu merasakan adanya energi negatif yang tajam masuk ke dalam rumah.

Sedangkan untuk orang-orang yang tidak memiliki sensitifitas ini, biasanya hanya akan merasakan gejala mudah lelah.

Terdengar tidak masuk akal bukan?

Akan tetapi meskipun kamu menganggap semua itu hanya mitos, nyatanya rumah tusuk sate memang memiliki beberapa kekurangan yang wajib kamu perhatikan seandainya ingin membelinya, selain kesehatan, kenyamanan, dan keamanan penghuninya.

2. Mitos

Fakta menarik mengenai rumah tusuk sate adalah ketenarannya tentang berbagai mitos-mitos yang beredar terutama di Indonesia, dan seperti mitos pada umumnya, kebanyakan yang beredar di masyarakat memang sukar dijelaskan, belum tentu benar dan belum tentu semuanya dapat dibuktikan. Beberapa diantaranya seperti di bawah ini:

1. Mudah Sakit

Rumah tusuk sate memiliki mitos yang paling sering didengar dan beredar di masyarakat Indonesia, salah satunya adalah penghuni rumah yang mudah sakit.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa rumah tusuk sate memiliki tekanan energi negatif yang cukup besar karena berada di ujung jalan tanpa ada penghalang atau pembatasnya sama sekali.

2. Pembawa Sial

Mitos rumah tusuk sate yang paling sering terdengar selanjutnya adalah bisa membawa kesialan atau nasib buruk bagi para penghuninya.

Dikatakan bahwa keluarga yang berada dirumah tusuk sate biasanya akan kesulitan dalam hal rezeki, sulit menjalankan usaha, atau kebangkrutan, serta berbagai hal negatif lainnya.

3. Keluarga Tidak Harmonis

Mitos selanjutnya yang paling terkenal dari rumah tusuk sate adalah sebagai penyebab keluarga menjadi tidak rukun dan harmonis.

Mitos ini dikatakan berdasarkan energi negatif yang terus-menerus masuk ke dalam rumah sehingga membuat semua penghuninya merasa tidak nyaman, mudah marah dan emosi, serta merasakan berbagai perasaan negatif lainnya.

Pertengkaran juga kerap terjadi untuk kepada anggota keluarga yang tinggal di rumah tusuk sate, dan mitos inilah yang juga menjadi salah satu momok menakutkan bagi orang-orang yang ingin mencari hunian.

Baca juga: 16 Tips Dekorasi Rumah Minimalis Sebagai Panduan Anda

3. Fakta Menarik Rumah Tusuk Sate

Mitos-mitos diatas tentunya belum tentu terjadi dan tidak dapat dibuktikan dengan pasti sehingga kamu sebaiknya tidak mengambil suatu kesimpulan dari sudut pandang tersebut.

Karena selain mengetahui mitosnya, kamu juga harus mengetahui beberapa fakta menarik mengenai rumah tusuk sate agar kamu dapat lebih bijak dalam memilih hunian impianmu.

1. Aliran Angin Kuat

Berbeda dengan rumah yang saling berhadapan, rumah tusuk sate memiliki posisi yang berada di ujung jalan sehingga tanpa adanya penghalang yang secara langsung menghalangi rumah, maka angin yang mengalir ke dalam rumah terbilang cukup kuat. Tetapi hal ini dapat kamu atasai dengan beberapa cara yang mudah.

Pertama, kamu bisa membuat pintu utama yang menghadap ke samping dan tidak langsung menghadap jalan utama, atau kamu bisa memasang jendela yang berada di kiri dan kanan rumah agar aliran udara dapat dibuat lebih teratur.

2. Kemungkinan Kecelakaan

Fakta rumah tusuk sate selanjutnya adalah bahwa rumah di lokasi ini sangat rentan dan beresiko tinggi terhadap kecelakaan.

Posisinya yang berada di ujung jalan, dapat menjadi sasaran empuk oleh kendaraan yang mengalami masalah di jalan tersebut. Inilah salah satu alasa mengapa rumah tusuk sate atau yang berada di ujung jalan kerap dihindari.

Namun, jika kamu terpaksa untuk membeli rumah tusuk sate tapi takut akan faktor ini, maka kamu bisa mengatasinya dengan meletakkan beberapa pot besar dengan warna-warna cerah di depan rumah.

Ini berguna untuk memberikan perhatian untuk pengendara terhadap rumahmu agar mereka bisa lebih hati-hati saat melewati persimpangan jalan.

3. Rumah Terasa Lebih Panas

Meskipun rumah tusuk sate akan mendapatkan aliran angin yang lebih kuat, akan tetapi karena tidak adanya penghalang bangunan lain di depan rumah, maka sinar matahari bisa langsung mengenai rumah sehingga membuat udara di dalam lebih gerah dan panas, hal ini juga yang menjadi penyebab ketidaknyamanan penghuni rumah nantinya.

Untuk mengatasinya kamu membutuhkan pendingin udara dengan ukuran PK yang lebih besar agar dapat menyejukan udara di dalam rumah, tetapi cara ini akan membuatmu mengeluarkan anggaran yang lebih besar terutama untuk biaya listrik.

Alternatif lain untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan kanopi berukuran besar yang terbuat dari bahan yang tepat untuk memantulkan sinar panas matahari.

Berbagai tanaman hias di halaman rumah juga dapat menjadi solusi untuk menyejukan suasana.

4. Harga yang Relatif Lebih Murah

Fakta menarik rumah tusuk sate selanjutnya adalah harga yang jauh lebih murah daripada harga rumah dengan tipe yang sama lainnya.

Hal inilah yang menjadi pertimbangan sebagian orang untuk membeli rumah tusuk sate, karena dengan harga rumah yang murah kamu bisa menggunakan anggaran untuk keperluan lainnya yang juga tidak kalah penting.