Dalam berwirausaha, lokasi adalah salah satu penentu keberhasilan bisnis. Usahakan memilih lokasi yang menjadi pusat keramaian, atau menjadi tempat orang berlalu lalang. Tempat seperti itu makin sulit ditemukan saat ini. Jikapun ada, harga sewanya pasti mahal.

Oleh karena itu Anda perlu mempertimbangkan untuk sewa tempat usaha di Indomaret. Toko-toko Indomaret selalu ramai dikunjungi, karena toko ini menyediakan kebutuhan pokok. Meskipun ramai, harga sewa tempat usaha di depan Indomaret tetap terjangkau, bahkan bagi yang baru memulai usaha. Berapa harga sewa teras di Indomaret? Berikut adalah penjelasannya.

Harga Sewa Teras di Indomaret

Dalam satu toko Indomaret, paling tidak ada dua lapak yang disewakan. Ukurannya adalah 1 x 2 m2 untuk setiap lapak. Terkait dengan harga sewa tempat usaha di depan Indomaret berikut adalah daftarnya:

 HargaKeterangan
Sewa TerasRp250.000 - Rp350.000/bulanTergantung lokasi
Sewa Teras + Biaya ListrikRp500.000/bulanTergantung lokasi
Sewa GerobakRp100.000/bulanFormat gerobak seragam

Harga sewa teras di Indomaret memang berbeda dari satu toko dengan toko lainnya. Akan tetapi kisarannya tidak akan jauh-jauh dari angka Rp500.000/bulan. Selain menyewa teras, bagi wirausahawan yang belum memiliki gerobak juga bisa menyewa gerobak di Indomaret dengan harga Rp100.000/bulan. Harga yang jauh lebih murah dibanding membuat gerobak sendiri yang biasanya menghabisakan biaya Rp3-5 juta.

Hingga artikel ini ditulis, sudah ada 6.575 penyewa teras Indomaret yang tersebar di beberapa kota. Jumlah ini belum termasuk pebisnis yang masuk dalam daftar waiting list. Ke depannya, Indomaret akan membangun 800 gerai lagi, sehingga lapak teras yang disewakan pun akan makin bertambah.

Baca juga: 7 Faktor Tempat Usaha yang Bagus dan Diinginkan Konsumen

Syarat Menyewa Teras di Indomaret

harga sewa tempat usaha di depan Indomaret

Setiap pelaku usaha berkesempatan untuk menyewa teras di Indomaret. Asalkan produk yang dijual tidak sama dengan yang ada di Indomaret dan barang dagangan juga tidak bertentangan dengan UU. Adapun persyaratan lainnya adalah sebagai berikut:

Syarat Administratif

  • Mengisi formulir pendaftaran, bisa secara online di sini, atau isi langsung di toko Indomaret yang diincar.
  • Menyerahkan fotokopi KTP

Syarat Lainnya

  • Luas tempat usaha 1 x 2 m2
  • Produk yang dijual tidak ada di Indomaret
  • Jika termasuk usaha kuliner, tidak menyediakan tempat makan.

Ketentuan Sewa Teras

  • Periode sewa dimulai dari tanggal 1 (awal bulan)
  • Penggunaan lahan dan listrik harus sesuai dengan perjanjian sewa
  • Jika sewa sudah tidak diperpanjang, etalase atau gerobak perlengkapan harus dibenahi oleh penyewa maksimum 1 minggu setelah tanggal berakhirnya sewa. Pihak Indomaret akan menyingkirkannya dari toko bila hal tersebut tidak dilakukan. (kehilangan bukan tanggung jawab Indomaret).
  • Pembayaran perpanjangan sewa tahap ke-2 dan seterusnya diserahkan secara tunai ke toko maksimal tanggal 6.

Baca juga: 8 Tips Jitu Memilih Tempat Usaha Strategis

Usaha yang Cocok di Depan Teras Indomaret

Meskipun hanya menempati lapak seluas 1 x 2 m2 dan tidak memiliki tempat makan, bukan berarti usaha Anda tidak bisa berkembang lho. Agus Supriyadhi, salah satu pelaku UMKM yang bermitra dengan Indomaret membuktikan hal itu.

Pria berusia 32 tahun ini sukses berdagang bakso di teras Indomaret dengan omset Rp60 juta sebulan. Saat ini, ia sudah membuka dua cabang di dua toko Indomaret yang berbeda.

Kisah Slamet Harjito juga patut menjadi inspirasi Anda dalam memulai bisnis di teras Indomaret. Beliau mulanya menyewa lapak dagangan di Indomaret daerah Balung, Jawa Timur dan menjual aksesoris di sana. Dua tahun berlalu, bisnisnya berkembang dan saat ini ia sudah memiliki 30 gerai yang tersebar di Jawa Timur.

Agus Supriyadhi dan Slamet Harjito hanyalah segelintir orang yang berhasil menorehkan tinta kesuksesannya di teras Indomaret. Anda pun bisa mengikuti jejak mereka dengan bisnis Anda sendiri. Masih bingung dengan usaha apa yang cocok di teras Indomaret? Berikut adalah rekomendasinya untuk Anda.

Baca juga: 20 Usaha yang Cocok di Tempat Sepi Ini Jarang Terpikirkan

1. Milk Shake

Tidak jarang setelah berbelanja di Indomaret, pelanggan menginginkan minuman segar untuk melepas dahaga. Saat itulah Anda bisa menjual milk shake kepada mereka. Cara membuatnya mudah dan ongkos produksinya juga tidak mahal.

Anda bisa membuat beberapa varian rasa agar lebih menarik perhatian. Tambahkan boba agar lebih kekinian. Buat kemasannya menarik dan instagrammable, agar millenial dengan senang hati ikut mempromosikan milk shake Anda.

2. Burger

Masyarakat kita begitu menggemari burger sebagai pilihan jajanan. Biasanya burger dapat berisi daging, berbagai macam sayuran, saus dan mayonaise. Jangan terpaku pada yang sudah baku saja.

Kreasikan burger Anda agar lebih menarik. Anda dapat menambahkan telur sebagai topping tambahan. Atau menggunakan roti dengan warna berbeda untuk menarik perhatian.

3. Gorengan

Coba ingat, sudah berapa kali kita mampir ke penjual gorengan setelah dari Indomaret? Rasanya sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia untuk jajan gorengan. Tidak heran dagangan ini selalu laris di pasaran.

Harganya yang murah membuat konsumen tidak segan-segan untuk membeli dalam jumlah banyak. Apalagi pembeli gorengan juga berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pelanggan Indomaret, driver ojek online yang kebetulan melintas, bahkan supir angkot sekalipun.

4. Martabak

harga sewa tempat usaha di depan Indomaret

Menjual martabak di teras Indomaret juga masih digemari hingga saat ini. Panganan ini bisa menjadi oleh-oleh yang praktis jika Anda mengunjungi kerabat atau saudara. Pilihannya ada martabak manis dan martabak asin. Pastikan tidak ada penjual martabak lain di sekitar Indomaret jika Anda tertarik untuk mencoba ide ini.

5. Kebab Turki

harga sewa tempat usaha di depan Indomaret

Kebab Turki saat ini sudah punya nama di Indonesia. Masyarakat sepertinya sudah kepincut dengan makanan yang satu ini. Jadi, tidak perlu khawatir dagangan Anda tidak laku.

Asalkan kebab Anda menggunakan bahan-bahan yang segar dan lezat di lidah, mereka kemungkinan besar akan datang lagi. Biasanya pedagang kebab di teras Indomaret menambahkan menu lain pada dagangan mereka untuk variasi, seperti burger dan hot dog.

6. Jagung Bakar dan Jagung Rebus

Pedagang jagung bakar dan jagung rebus akhir-akhir ini cukup sulit ditemukan. Jika di sekitar Indomaret tempat Anda berbisnis tidak ada yang menjual jagung rebus atau bakar, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjualnya.

Ongkos produksinya yang rendah dan cara membuatnya yang mudah adalah alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan ide ini. Anda bisa berkreasi dengan membuat jagung pipil manis atau pedas yang digemari anak-anak.

7. Es Krim Goreng

Jika Anda butuh ide yang anti-mainstream, coba jual es krim goreng di teras Indomaret. Kuliner ini mendapat tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Sejauh ini juga belum banyak yang berfikir untuk menggeluti bidang usaha ini di teras Indomaret.

Disamping menjual es krim goreng, Anda juga bisa menjual varian es krim lainnya, seperti es krim cone, es krim Singapore, es krim waffle dan lainnya.

Masih banyak lagi peluang usaha yang bisa Anda lakukan di teras Indomaret. Anda juga bisa melakukan ekspansi bisnis ke sini. Mumpung harga sewa tempat usaha di depan Indomaret masih murah, tunggu apalagi? Segera daftarkan usaha Anda.