Gudang merupakan bangunan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan, baik tempat penyimpanan sementara atau selamanya.

Beberapa jenis gudang mempunyai struktur bangunan yang mendukung trukt-truk pemasok yang datang mengirim barang untuk dikirmkan ke pelanggan.

Namun tahukah anda bahwa ada beberapa jenis gudang yang digunakan sebagai tempat penyimpanan barang? Bagi anda yang sekarang menjabat sebagai bos pabrik, maka anda harus tahu apa saja jenis-jenis gudang tersebut.

Gudang Berdasarkan Jenisnya

jenis jenis gudang
Sumber: kargo.tech

1. Gudang Pribadi

Jenis gudang yang pertama adalah gudang yang biasanya digunakan oleh para reseller yang dimanfaatkan untuk memudahkan mereka di dalam mendistribusikan barang.

Misalnya, perusahaan sabun mempunyai gedung utama yang berukuran besar yang merupakan gudang regional. Di dalam gudang tersebut ada beberapa pedagang grosir untuk mengoperasikan stok barang agar sampai ke tempat distribusi mereka.

2. Gudang Umum

Gudang umum merupakan bangunan yang disewa untuk keperluan penyimpanan dan dstribusi dalam jangka pendek.

Jenis gudang yang satu ini kerap dimanfaatkan oleh perushaaan yang telah memiliki gudang sendiri. Jadi, gudang umum ini hanya dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan tambahan saja.

3. Gudang Otomatis

Teknologi sudah berkembang sangat pesat dan menjangkau seluruh aspek kehidupan. Sekarang juga ada gudang yang dinamakan sebagai gudang otomatis di dimana di dalam gudang ini dilengkapi dengan berbagai peralatan canggih berteknologi tinggi.

Salah satunya adalah robot di dalam gudang yang membantu mempermudah manusia di dalam mengoperasikan gudang tersebut.

Selain itu, ada juga alat canggih yang bernama conveyor belt. Alat ini digunakan sebagai pengangkut barang sehingga meminimalisir kebutuhan SDM atau Sumber Daya Manusia.

Baca juga: 10 Rekomendasi CCTV Terbaik untuk Keamanan Hunian Anda

4. Gudang yang Memiliki Pengaturan Suhu

Jenis gudang yang keempat adalah gudang yang dilengkapi dengan pengaturan suhu. Gudang yang satu ini bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan produk khusus, misalnya freezer yang digunakan menyimpan bahan baku.

Lingkungan gudang ini diatur oleh suhu. Tujuannya untuk menjaga agar kelembapan udara tetap sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, anda yang memiliki gedung jenis ini harus mengetahui kira-kira berapa ukuran suku yang terbaik untuk produk anda karena mungkin setiap produk mempunyai standar pengaturan suhu yang berbeda.

5. Gudang Pusat Distribusi

Dari namanya saja mungkin anda sudah tahu bahwa jenis gudang ini difungsikan sebagai tempat distribuisi.

Gudang ini dipakai sebagai tempat penyimpanan barang untuk jangka waktu yang tidak lama. Nanti, berbagai produk yang diperoleh dari semua pemasok akan disimpan terlebih dahulu di sini.

Setelah itu, dari gedung pusat distribusi ini barang-barang tersebut akan dikirim ke pelanggan. Biasanya alurnya, menyimpan produk yang datang di pagi hari dan mendistribusikannya di malam hari.

Gedung Berdasarkan Fungsinya

jenis jenis gudang
Sumber: gamatechno.com

1. Gudang Sebagai Tempat Penyimpanan Bahan Baku

Gudang ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan bahan baku paca proses produksi telah selesai.

Lokasi gudangnya tidak akan jauh dari tempat produksi karena memang selesai produksi, barang-barang tersebut akan dibawa ke gedung penyimpanan bahan baku.

Beberapa bahan baku yang biasanya disimpan di sini antara lain: biji besi, karet, material beton, dan lain sebagainya.

2. Gudang Sebagai Tempat Penyimpanan Barang Setengah Jadi

Jenis gudang yang kedua berdasarkan fungsinya adalah digunakan sebagai tempat penyimpanan untuk barang-barang setengah jadi.

Perlu anda tahu bahwa ketika anda menyewa gudang ini biasanya harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Alasannya karena gedung ini memerlukan tenaga dan waktu yang ekstra dalam pelabelan untuk seluruh produk yang masuk

3. Gudang Sebagai Tempat Penyimpanan Bahan Jadi

Jenis gudang yang ketiga adalah gudang yang digunakan untuk menyimpan barang-barang hasil produksi. Bagi anda yang ingin menyewa gedung ini, biasanya anda harus membayar biaya sewa per bulan atau per minggu tergantung kesepakatan antara pemilik gudang dengan penyewa.

Barang-barang yang sudah siap didistribusikan akan terlebih dahulu disimpan di gedung ini. Kemudian barang-barang tersebut akan dikirimkan berdasarkan kebutuhan konsumen.

4. Gudang Sebagai Pusat Konsolidasi Serta Transit

Gudang yang satu ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk transir serta konsolidasi. Barang-barang yang diperoleh dari pusat kemudian akan digabungkan terlebih dahulu. Selanjutnya barang tersebtu akan diteruskan untuk diberikan kepada para konsumen.

5. Gudang Sebagai Tempat Transhipment

Sebenarnya untuk fungsi gudang ini tidak jauh berbeda dengan gudang yang digunakan sebagai pusat transit atau gudang cross docking.

Gudang ini dipakai sebagia tempat penyimpanan berbagai macam barang yang berukuran besar. Setelah barang tersebut selesai dilakukan pembagian atau proses sortir dengan membaginya ke jumlah yang lebih kecil, maka barang tersebut sudah siap dikirim ke konsumen.

Baca juga: Apa Sih Yang Dimaksud SOHO Itu?

6. Gudang Cross Docking

Sebuah gudang yang digunakan oleh para jasa ekspedisi untuk memindah muatan antara satu truk ke truk yang lainnya, maka gudang tersebut disebut sebagai gudang cross docking.

Sebuah gudang yang lebih efisien serta mampu digunakan dalam proses pemindahan barang secara cepat. Untuk biaya sewa gudang cross docking lebih murah dibandignkan dengan jenis gudang yang lainnya.

7. Gudang Fulfillment

Jika anda mencari jenis gudang yang dipakai sebagai tempat melakukan proses reverse logistics, maka gudang tersebut bernama fulfillment.

Manfaatnya adalah untuk menyimpan barang-barang yang akan di retur. Gudang ini digunakan sebagai tempat untuk melakukan pengecekan kembali terhadap barang-barang retur tersebut.

Kemudian mencari barang-barang yang tidak layak kirim atau rusak untuk dimusnahkan atau digunakan kembali.

8. Gudang untuk Kepentingan Publik

Tidak hanya ada jenis gudang yang disewakan, melainkan ada gudang yang dikelola oleh negara. Salah satunya adalah gudang bulog yang digunakan sebagai tempat penyimpanan beras, baik dari bantuan mencana atau milik tentara.