Banyak pemilik apartemen khawatir akan mengalami kerugian ketika berencana jual apartemen meski telah melakukan perbaikan atau renovasi pada dapur atau kamar mandi. Menambahkan nilai pada apartemen untuk dijual kembali kadang gampang-gampang susah. Tapi ada tips untuk memaksimalkan keuntungan Anda pada investasi ini.

Banyak pemilik apartemen merenovasi dapur dan kamar mandi serta memasang peralatan yang mahal, tapi yang lain tidak berpikir tentang lingkup yang lebih besar seperti kondisi gedung dan tanah secara keseluruhan.

Kadang maintenance gedung yang buruk bisa berdampak buruk pada penjualan apartemen, seperti menurunkan nilai jual dari pembeli yang prospektif.

Bila blok apartemen Anda tidak di-maintain dengan baik, mungkin sekarang waktunya untuk menemui manajemen gedung dan mencari tahu rencana maintenance gedung yang teratur dilakukan. Setidaknya harus ada beberapa maintenance dasar seperti pembersihan beberapa area dan taman yang membuat perbedaan besar bagi calon pembeli.

Berikut ini beberapa tips untuk menambahkan nilai pada apartemen Anda untuk membantu Anda menjual apartemen lebih cepat:

Cari tahu kondisi manajemen gedung

Cari tahu data manajemen gedung agar Anda tahu bagaimana kondisi keuangan dan masalah lain yang mereka hadapi. Dengan begitu Anda bisa memberi respon positif ketika menanggapi pertanyaan calon pembeli berkaitan dengan kesehatan keuangan dan fisik gedung.

Baca artikel lainnya tentang tips membersihkan karpet di apartemen.

Ketahui apa yang Anda jual

Identifikasi untuk mengetahui dan memastikan area parkir kendaraan serta unit yang Anda jual. Identifikasi ini bertujuan agar pembeli prospektif yakin dengan apa yang Anda jual.

Apakah apartemen Anda pet friendly?

Cari tahu apakah menajemen gedung membolehkan kucing atau anjing di apartemen dan bila ya apa saja syarat dan ketentuannya. Jangan hanya menerima informasi dari tetangga. Ini bisa membuat Anda memperluas pasar untuk apartemen yang Anda jual serta mendapat harga lebih tinggi.

7 Tips Jual Apartemen Dengan Cepat

Photo credit: sadecor.co.za

Bersikap aktif

Aktif mengikuti pertemuan rutin bersama pengelola apartemen agar suara Anda didengar dan dianggap menjadi bagian dari manajemen gedung. Dorong mereka menyiapkan anggaran untuk perbaikan dan maintenance gedung agar apartemen selalu terlihat menarik, terutama bagi calon pembeli.

Bersih-bersih dan renovasi apartemen yang akan dijual

Bergantung kondisi apartemen Anda, Anda mungkin perlu mengecat atau melakukan renovasi kecil seperti mengganti bak cuci tangan atau meja dapur serta merapikan lantai. Agen properti Anda mungkin merekomendasikan Anda menata perabot untuk memaksimalkan nilai estetika dari apartemen Anda.

Tentukan harga jual apartemen yang tepat

Betapapun baiknya Anda merenovasi apartemen, tetap penting untuk mematok harga jual yang sesuai. Konsultasikan dengan agen properti atau kunjungsi situs real estate online untuk melihat perbandingan harga di area Anda.

Jangan pasang harga paling rendah, terutama bila perbaikan estetika dan hal penting lain telah dilakukan. Tapi penting untuk memperhatikan persaingan harga apartemen. Coba posisikan diri Anda sebagai penjual dan tentukan harga pasar yang tepat. Anda bisa meminta teman atau profesional di bidang properti untuk menilai harga apartemen Anda.

7 Tips Jual Apartemen Dengan Cepat

Photo credit: encrypted-tbn0.gstatic.com

Waktu yang tepat untuk menjual apartemen adalah ketika Anda siap menjualnya

Banyak pemilik apartemen tidak merasa yakin apakah mereka siap untuk menjual apartemen, atau apakah waktunya tepat, dan kondisi ini normal bagi pemula. Hal paling penting yang perlu disadari adalah Anda siap untuk menjual apartemen, dan waktu ketika Anda merasa siap adalah waktu yang tepat. Konsultasikan ke agen properti meski bila Anda merasa tidak yakin. Agen properti dengan reputasi baik bisa memberi saran dan tidak menekan Anda untuk menjual apartemen.

Jual apartemen bukan proses yang cepat. Lakukan yang Anda bisa untuk menampilkan unit apartemen terbaik. Dengan mengikuti tips di atas, akan meningkatkan kemungkinan apartemen Anda terjual.

Lihat juga apartemen yang dijual di kota-kota besar lainnya:

Anda berencana untuk jual apartemen?  Jendela360 bisa jadi solusi untuk membantu Anda menjual apartemen dengan cepat dan mudah.