Di era modern ini, bekerja di kantor dengan jam tetap dari pukul 9 pagi hingga 5 sore bukanlah satu-satunya pilihan. Bagi milenial, yang lebih menyukai fleksibilitas dan kenyamanan, rasanya bekerja di kantor konvensional tidak memenuhi hal-hal tersebut. Dari sinilah muncul konsep Coworking Space, cara bekerja baru yang akhir-akhir ini sedang tren di Indonesia.

Apa Itu Coworking Space?

konsep coworking spaceSecara sederhana, konsep Coworking Space dapat dikatakan sebagai shared office space. Jika di kantor konvensional Anda hanya akan bertemu dengan kolega satu perusahaan, di Coworking Space kolega Anda berasal dari macam-macam perusahaan.

Berbagi tempat kerja yang sama artinya sama saja dengan menambah relasi (netowrking). Anda bisa dengan mudah bertemu karyawan dari perusahaan lain. Siapa yang menggunakan Coworking Space? Banyak, mulai dari pengusaha, penggiat start-up, freelancer, influencer, pelaku UMKM, pekerja kreatif bahkan mahasiswa yang sedang mengerjakan project-nya pun bisa menggunakan Coworking Space.

Di Coworking Space Anda tidak hanya dapat menyewa ruang kerja, tetapi juga private office atau satu area Coworking itu sendiri. Untuk kegiatan rapat, Coworking Space menyediakan meeting room yang bisa dipakai seluruh anggotanya. Ingin mengadakan seminar? Coworking Space juga bisa mengakomodasinya dengan menyewakan ruang event.

Keuntungan Bekerja di Coworking Space

Coworking Space memainkan peran penting saat ini dalam pertumbuhan bisnis-bisnis perintis. Apa yang membuat Coworking Space menguntungkan bagi bisnis-bisnis yang baru terbentuk? Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Fleksibilitas dalam Bekerja

Tidak ada aturan ketat yang harus diikuti para anggota Coworking Space atau coworker. Seorang coworker bebas memilih tempat dimana ia bekerja sesuai kehendaknya. Jika tim yang ia pimpin berkembang, ia dapat merubah rencana tanpa harus berbenturan dengan coworker lain.

2. Kesempatan untuk Membangun Relasi

konsep coworking space

Menyewa tempat di Coworking Space jauh lebih menguntungkan dibanding private office. Pasalnya di sini Anda dapat bertemu banyak orang dengan berbagai latar belakang dan bertukar ide dengan mereka. Kemungkinan untuk bertemu pebisnis yang sudah mapan, orang-orang kreatif dan pekerja solutif sangatlah besar dan mungkin, mereka bisa membantu menyelesaikan proyek Anda.

3. Biaya Sewa yang Lebih Murah

Coworking Space memberi kesempatan kepada pengusaha dan penggiat start-up untuk bekerja di kantor berfasilitas lengkap tanpa harus dipusingkan dengan biaya-biaya layaknya memiliki kantor pribadi. Dengan kata lain, perusahaan tetap beroperasi meskipun dana yang dialokasikan untuk perkantoran minim.

Coworking Space juga menyediakan jasa virtual office yang memberikan alamat legal pada perusahaan Anda meski Anda belum sampai pada tahap itu. Alamat inilah yang akan membantu Anda dalam mengirim dan menerima barang.

4. Kesempatan untuk Belajar Kemampuan Baru

Coworking Space sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang ditujukan untuk pengembangan diri para anggotanya. Coworkers dapat ikut kegiatan-kegiatan ini sambil meningkatkan kemampuan mereka atau bahkan belajar hal baru.

Baca juga: 7 Komunitas di Jakarta untuk Menyalurkan Minat Anda

5. Mendapat Dukungan Emosional

Bekerja bisa sangat menguras emosi, bahkan bagi seorang coworker. Selain komunitas profesional, Coworking Space juga berperan sebagai komunitas pertemanan yang bisa membantu menyelesaikan masalah-masalah seperti ini. Teman coworker Anda akan membantu mengembalikan semangat Anda, tujuan Anda dalam berbisnis, hingga mengingatkan kembali mimpi-mimpi yang belum tercapai.

Fasilitas Coworking Space

Untuk memenuhi segala kebutuhan anggota terkait pekerjaannya, Coworking Space menyediakan fasilitas yang lengkap. Fasilitas-fasilitas ini tidak kalah dengan fasilitas di kantor konvensional. Apa saja? berikut daftarnya.

1. Kantor Pribadi

Kantor pribadi biasanya disewakan kepada penggiat start-up untuk ruang kerja ataupun urusan operasional. Salah satu perusahaan Coworking Space seperti CoHive, menyediakan kantor pribadi dengan meja khusus berkapasitas hingga sepuluh orang.

Di kantor pribadi, Anda tidak perlu ragu untuk meletakkan monitor, printer, atau laptop di atas meja, karena hanya Anda dan tim lah yang akan menggunakan kantor tersebut. Beberapa kantor pribadi menggunakan kaca sebagai sekatnya, agar Anda dan tim bisa fokus bekerja, sekaligus bertegur sapa dengan tim lainnya.

2. Ruang Rapat

Rapat dengan tim atau klien pasti akan berjalan dengan lancar jika menggunakan ruangan yang memadai. Maka dari itu, Coworking Space juga menyediakan ruang rapat untuk memfasilitasi hal ini. Di sana, Anda dengan tim dapat membahas proyek-proyek untuk ke depannya dalam suasana yang private namun santai.

3. Area Coworking Space

Di sinilah Anda akan bertemu dengan kolega dari perusahaan lain. Area Coworking Space umumnya dibuat semenarik dan senyaman mungkin, agar anggota-anggota yang bekerja di sana merasa betah. Banyak ide-ide dan inspirasi yang dapat muncul ketika bekerja di area ini.

4. Ruang Acara

konsep coworking space

Untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan berskala besar seperti talkshow, seminar dan workshop, Coworking Space yang sudah berpengalaman menyediakan ruang acara. Tidak hanya pengusaha atau start-up saja yang bisa menggunakan ruangan ini, tetapi juga orang pribadi yang ingin mengadakan acara besar.

5. Ruang Komunal

Bekerja terlalu lama di depan laptop pasti akan membuat jenuh. Anggota yang butuh refreshing dari pekerjaan dapat memanfaatkan ruang komunal untuk memulihkan kembali kinerjanya. Di sana, mereka dapat bertemu koleg lain dan interaksi pun terjadi. Jika ingin beristirahat, ruang komunal juga menyediakan sofa-sofa nyaman dan ayunan empuk yang bisa dimanfaatkan.

6. Cafetaria

Jika di saat makan siang karyawan kantor biasa makan di kantin, di Coworking Space para anggotanya makan di Cafetaria. Tidak perlu keluar area Coworking Space untuk mencari makan, karena biasanya pihak Coworking Space sudah bekerja sama dengan cafe atau restoran setempat. Jadi Anda bisa dengan mudah makan enak setelah bekerja karena gerai-gerai mereka dibuka di Cafetaria ini.

7. Pantry

Layaknya perkantoran pada umumnya, Coworking Space juga memiliki pantry yang bisa Anda manfaatkan untuk sekedar menyeduh kopi atau teh. Bahkan, beberapa Coworking Space juga sudah menyediakan coffee maker atau mesin pembuat kopi sendiri. Hal ini tentu sangat mengakomodasi anggota yang selalu ditemani kopi ketika bekerja.

8. Layanan Resepsionis

Layanan resepsionis sangat berguna ketika perusahaan menerima klien. Selain itu, layanan ini juga bisa menerima paket-paket yang datang ke kantor virtual Anda atau kandidat yang datang untung wawancara kerja.

Baca juga: 9 Bisnis Sampingan Karyawan dengan Modal Rp. 0

Konsep Desain Coworking Space

Dalam hal desain, konsep Coworking Space lebih unggul dibanding kantor-kantor konvensional. Jika kantor konvensional banyak menggunakan sekat dan wana monokrom untuk interiornya, di Coworking Space semua itu nyaris tidak ditemukan.

Desain Coworking Space dibuat lebih terbuka agar anggota-anggotanya dapat berkolaborasi dengan mudah. Interiornya juga dirancang dengan menarik, bahkan hampir tidak terlihat seperti ruang kerja. Tidak heran jika banyak ide-ide kreatif bermunculan di sini.

Penasaran seperti apa konsep desain Coworking Space yang ada di Jakarta? Berikut adalah beberapa contohnya.

Baca juga: 9 Coworking Space di Jakarta Cocok untuk Startup hingga Mahasiswa

1. Desain Gabungan Ruang Kerja dan Cafe – GoWork

Sebagian orang mungkin lebih memilih untuk bekerja di cafe dibanding ruang kantor biasa karena suasana yang ditawarkan. Kini, Anda dapat bekerja di Coworking Space dengan suasana ala cafe dan tetap produktif dalam bekerja. GoWork adalah salah satu Coworking Space yang menggunakan ide ini.

Interior area Coworking yang diusung GoWork menggunakan warna pastel layaknya cafe-cafe di Jakarta. Di dalamnya, terselip nuansa industrial dengan furniture-furniture yang elegan. Sangat cocok dijadikan tempat bertukar ide para milenial yang ingin berinovasi. Di sisi lain, Coworking Space ini juga cocok bagi mereka yang ingin berkonsentrasi pada pekerjaannya.

2. Desain Hijau Layaknya Ruang Terbuka – Greenhouse

Bekerja ditemani dengan tanaman hias yang menyejukkan mata merupakan kesempatan yang jarang ditemui di kota-kota besar seperti Jakarta. Anda bisa mewujudkannya dengan bekerja di Coworking Space Greenhouse yang terletak di lantai 25 gedung Multivision Jakarta.

Nuansa hijau bisa dengan mudah Anda temukan di sini. Mulai dari tanaman gantung dan tanaman indoor semuanya tertata dengan cantik dan rapih di Greenhouse Jakarta. Tentu tanaman yang digunakan adalah tanaman khusus indoor yang bisa bertahan meskipun tidak terkena paparan sinar matahari langsung.

Pencahayaannya juga sangat baik, dengan sinar alami yang masuk melalui kaca-kaca kantor. Jika suntuk bekerja, Anda dapat berkeliling dan menyaksikan pemandangan 360 derajat kota Jakarta dari atas sini.

3. Desain Perpaduan Modern dan Industrial – Base Co-Work Lounge

Base Co-Work Lounge yang ada di lantai 12 Prudential Tower menawarkan pengalaman bekerja yang menarik kepada para anggotanya. Di tempat ini Anda akan menyaksikan interior yang terkesan industrial, dibalut dengan nuansa modern. Desain industrial terlihat dari dinding-dindingnya yang menggunakan bata ter-expose, sedangkan nuansa modernnya dapat dilihat dari kursi dan mejanya.

Tidak ada sekat yang memisahkan coworker di sini. Jika bosan, coworker dapat membaca komik manga di perpustakaan mini Base Co-Work Lounge. Beragam genre dan pilihan tersedia, jadi Anda tidak akan bosan menghabiskan waktu di sini.

4. Internet Cafe – High Grounds

Butuh koneksi internet tinggi saat bekerja? Saatnya ke High Grounds, Coworking Space yang menyediakan fasilitas utama berupa Wi-Fi dan perangkat komputer berspesifikasi tinggi. Coworking Space ini mengusung konsep internet cafe yang populer di Korea Selatan.

Konsep unik ini membuat anggota High Grounds serasa bekerja di game center ketimbang kantor. Tentu ini merupakan kabar baik bagi coworker yang ingin bekerja sambil menyalurkan hobinya di waktu luang. Jika tertarik, Anda dapat mengunjungi High Grounds di bilangan Pantai Indah Kapuk.

5. Desain Interior Minimalis – Concrete

Bagi yang kurang suka keramaian, bisa mencoba bekerja di Concrete yang terletak di Jakarta Utara. Coworking Space ini memiliki konsep yang minimalis dan disertai sentuhan artistik pada interiornya. Jika Anda adalah tipe orang yang biasa bekerja dalam tim kecil (maksimal 6 orang), bekerja di sini adalah pilihan terbaik.

6. Desain Multi Ruang – Co Hive

Co Hive adalah salah satu Coworking Space yang berhasil mengusung tema ini. Area Coworking-nya dibuat dalam beberapa ruang dan dibatasi dengan kaca-kaca transparan. Jadi tim bisa tetap fokus dengan proyeknya, tanpa harus mengabaikan interaksi dengan tim lain.

Co Hive sendiri sudah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Di setiap cabangnya, Co Hive menerapkan konsep desain yang berbeda dan punya ciri khas masing-masing. Start-up ini sudah eksis di Jakarta sejak tahun 2015.

7. Menyatu dengan Alam – Hubud, Bali

Dari semua konsep desain Coworking Space yang dijelaskan di atas, Hubud di Bali rasanya menjadi Coworking Space dengan konsep yang paling unik. Nuansa alam pedesaan Bali sangat kental terasa di sini. Pemilihan materialnya juga sangat ramah lingkungan dan interiornya hanya terdiri dari bambu dan kayu.

Hubud mungkin bisa menjadi pilihan Coworking Space yang ideal bagi mereka yang suka travelling namun tidak dapat meninggalkan pekerjaannya. Apalagi dari sini juga terlihat pesona Ubud yang mempesona.

Coworking Space dapat menjadi jalan keluar bagi Anda yang ingin bekerja secara fleksibel dan banyak relasi. Fasilitas lengkap yang ditawarkan hingga desain unik nan nyaman menjadi beberapa daya tariknya. Konsep Coworking Space juga dinilai ramah dengan penggiat start-up yang masih berada di masa awal pertumbuhannya. Jadi, tertarik untuk bekerja di Coworking Space?