Last Updated on

Apakah Anda suka dengan unit apartemen Anda yang sekarang?

Anda memiliki tetangga yang baik? Atau Anda suka dengan lingkungan apartemen Anda?

Lalu Mengapa tidak menetap agak lebih lama lagi?

Tahukah Anda bahwa memperbarui kontak sewa apartemen akan mengurangi beban ekonomi, karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak (baca: pindahan itu mahal).

Maksudnya, saya sedang membicarakan biaya untuk apartemen baru, tentu Anda perlu membayar biaya deposit/setoran jaminan lagi, menyewa mobil pick up, PLUS Anda akan kehilangan banyak waktu dan tenaga ketika pindahan apartemen.

Baca: 7 Tanda Anda Harus Pindah dan Mencari Apartemen Baru

Nah, apabila pada akhirnya Anda berencana untuk tinggal lebih lama lagi di unit apartemen Anda yang sekarang, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan tentang memperbarui kontrak sewa apartemen.

Bagaimana caranya memperbarui kontrak sewa apartemen

Biasanya beberapa bulan atau satu bulan sebelum masa sewa apartemen akan berakhir, pemilik atau agen apartemen Anda akan menanyakan apakah Anda ingin memperpanjang masa sewa atau tidak.

Terutama sekali jika Anda adalah penyewa baru yang belum pernah melakukan perpanjangan kontrak sewa apartemen sebelumnya, inilah yang perlu Anda lakukan:

 

1. Tandai tanggal habisnya kontrak sewa di kalender satu bulan atau beberapa bulan sebelumnya

Pertama dan yang terpenting adalah tandai tanggal habisnya masa kontrak sewa apartemen Anda.

Jika Anda terbiasa melihat kalender di kamar, maka tandailah sedini mungkin atau Anda bisa memasang alarm dikalender smartphone Anda satu bulan atau beberapa bulan sebelum masa sewa berakhir.

Saran saya jangan tunggu sampai menit terakhir, karena jika mendadak dan tidak dipersiapkan sebelumnya, biasanya Anda akan didatangi dengan sebuah penyakit ‘sejuta umat’ bernama stress 😀

PLUS dengan mengetahuinya lebih awal, Anda bisa mendiskusikan lagi soal perpanjian-perjanjian dalam kontrak sewa in case ada hal-hal yang mungkin menggangu atau hanya karena Anda merasa ada hal yang perlu diperbaiki sebelum menandatanganinya lagi.

 

2.  Bicarakan dengan agen atau pemilik apartemen Anda

Sebelum deadline atau batas waktu untuk memperbarui atau mengakhiri masa sewa, bicaralah terlebih dahulu kepada agen atau pemilik apartemen tentang pilihan Anda.

Bila sebelumnya Anda diurus oleh seorang agen ketika menempati unit apartemen Anda yang sekarang, maka bicarakan hal ini langsung kepada agen Anda.

 

Menurut saya yang paling penting adalah jika ada kenaikan harga sewa. Maka wanti-wantilah agen atau pemilik apartemen Anda bahwa Anda harus diinformasikan jauh-jauh hari jika ada perubahan harga sewa.

Jika ternyata Anda tidak diinformasikan dan tiba-tiba harga sewa mengalami kenaikan, jangan takut untuk menegoisasikannya.

Jika Anda adalah penyewa yang baik, tidak suka ribut, tidak pernah membuat masalah selama tinggal diapartemen dan pemilik apartemen menyukai Anda, saya yakin dia mau memberikan harga ‘special’ untuk Anda.

 

3. Ambil keputusan

Ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan sebelum memutuskan untuk pindah atau menetap.

Maksud saya, Anda perlu meyakinkan diri Anda lagi bahwa keputusan untuk memperpanjang adalah pilihan yang tepat, seperti apakah lokasi apartemen sudah bagus (mungkin dekat dengan kantor), apakah lingkungannya bagus, bersih dan membuat Anda nyaman sehingga Anda betah dan ingin tinggal lebih lama lagi.

Jika semua informasi yang Anda butuhkan telah terkumpul, maka ambillah keputusan!

 

4. Baca dengan teliti kontrak sewa baru Anda

Jika Anda telah memutuskan untuk memperbarui masa sewa, kemungkinan besar Anda akan diminta untuk menandatangani kontrak baru.

Biasanya tidak banyak perubahan, seperti hanya perubahan tanggal masa sewa.

Tapi sekali lagi, jangan diremehkan, baca dengan seksama dan pastikan Anda merasa nyaman dengan isi perjanjian kontraknya.

 

5.  Tandatangani kontrak sewa baru Anda

Terakhir, setelah Anda membaca isi kontrak sewa apartemen baru Anda, maka Anda harus menandatanganinya agar terlihat resmi.

Jangan lupa untuk membuat kopian kontrak sewanya buat jaga-jaga saja kalau hilang.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai proses sewa menyewa apartemen? Atau Anda sedang kesulitan mencari apartemen idaman  di Jakarta? Silahkan, jangan segan-segan meghubungi kami akan dengan senang membantu Anda 🙂