Saat ini, banyak ide-ide untuk berkencan dengan pasangan agar tidak itu-itu saja tempat yang dikunjungi. Ada ide aquarium date, zoo date, sushi date, gacoan date, swimming pool date, museum date, dan Ikea date. Museum date termasuk yang amat ramai diperbincangkan akhir-akhir ini.  

Jika Anda dan pasangan suka dengan tempat yang menyajikan objek yang artistik, tentunya museum adalah salah satu tempat yang wajib ada di list where to go Anda. 

Selain sekadar membuat quality time dengan pasangan untuk kencan romantis, museum juga kaya akan pengetahuan sejarah dan karya seni yang yang menarik untuk diulik dan bisa menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Jadi, istilahnya seperti Anda dan pasangan bisa bermain sambil belajar dengan seru. 

Beberapa museum yang ada di Jakarta, belakangan ini menjadi sorotan publik karena pameran karya seninya yang selalu baru, unik, dan eksentrik. Artikel ini akan membahas mengenai 7 pilihan terbaik museum yang cocok untuk kencan romantis! Yuk, simak rekomendasinya berikut ini.

Mana yang ingin Anda kunjungi pertama?

1. Moja Museum

museum date

Sumber: wisataoke.com

Lokasi: GBK Sport Complex, Main Stadium, Jakarta Pusat.

Museum of Jakarta atau yang biasa dikenal dengan Moja Museum ini menyuguhkan ruang instalasi seni yang yang unik dan abstrak. Selain itu, ada juga workshop artsy dan arena bermain roller skate yang instagenic dan menarik untuk Anda coba.

Moja mengusung konsep Cinema Art yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Mayoritas pengunjungnya adalah muda-mudi yang ingin berfoto ria. 

Spot-spot dengan atmosfer unik yang colorful dan instagramable juga dapat Anda temukan dengan mudah. Museum ini cocok bagi Anda yang ingin pergi ke museum sekaligus ingin berolahraga. Anti-mainstream dan eksentrik sekali bukan tempat ini?

2. Museum Macan

museum date

Sumber: time.com

Lokasi: Jalan Perjuangan No. 5, Jakarta Barat.

Tahukan Anda? Museum Macan itu singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Koleksi karya seninya sangat beragam, mulai dari yang bergaya kontemporer hingga modern. 

Ada lukisan, ruang instalasi seni, dan berbagai pahatan yang indah. Selain itu, ada juga infinity spot yang berisi lampu-lampu kecil yang indah. Tentunya di Museum ini banyak sekali spot yang instagramable.

3. Isa Art and Design

museum date

Sumber: isaartanddesign.com

Lokasi: Jalan Wijaya Timur Raya No. 12, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pecinta seni dan segala hal yang aesthetic wajib mampir ke museum ini karena tempat ini terdapat banyak objek seni yang memanjakan mata. Galeri ini mengusung konsep temporary sehingga pamerannya selalu berubah-ubah. Tempat yang sangat cocok untuk museum date dengan pasangan Anda!

4. Museum Layang-layang

museum data

Sumber: review.bukalapak.com

Lokasi: Jalan Haji Kamang No. 38, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan

Buat Anda dan pasangan yang masa kecilnya hobi bermain layangan, museum ini adalah tempat yang cocok untuk Anda mengenang kembali masa-masa indah itu. Anda dan pasangan bisa melihat dan memperhatikan detail koleksi layangan dari berbagai penjuru di Indonesia, model, dan ukuran yang beragam. 

Selain itu, Anda juga bisa melihat proses pembuatan dan bahkan bisa ikut belajar membuat layang-layang. Seru sekali, bukan?

5. Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia

Sumber: republika.co.id

Lokasi: Jalan Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Jakarta Pusat

Sesuai namanya, tempat ini adalah galeri dan museum yang terletak di jantung kota Jakarta. Galeri ini sangat rutin menggelar pameran dan kerap kali menyelenggarakan acara bedah film atau buku, seminar, dan loka karya pada waktu tertentu. 

Terdapat bermacam-macam karya seni yang dipamerkan di galeri ini, seperti lukisan, sketsa, fotografi, patung, keramik, seni kriya, dan seni instalasi. Total karya seninya mencapai 1.898 yang rutin dipamerkan, baik melalui pameran tetap, temporer, maupun keliling.

Galeri Nasional Indonesia merupakan barometer mutu perkembangan karya seni di Indonesia.

6. Salihara Arts Center

Salihara Art Center

Sumber: sewa.salihara.org

Lokasi: Jalan Salihara No. 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Tujuan didirikannya museum ini adalah agar masyarakat dapat mengenal lebih dekat tentang seni melalui teater, anjung, dan beragam fasilitas mempesona lainnya yang disediakan oleh tempat ini. 

Beragam kesenian terkini ditampilkan dengan tujuan untuk edukasi maupun pertunjukan dalam lingkungan kreatif Jakarta. Pada setiap tahunnya, Salihara Arts Center menyajikan berbagai acara seni.

7. Art:1 New Museum

art:1 museum

Sumber: jajkpiknik.com

Lokasi : Jalan Rajawali Selatan Raya No. 3, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Art:1 New Museum sangat cocok untuk dijadikan pilihan tempat kencan romantis dan artistik. Bangunannya lebih terlihat seperti bangunan yang modern ketimbang museum pada umumnya. Desain interiornya pun sangat kekinian dengan warna putih yang mendominasi sehingga terkesan luas dan tenang. 

Museum yang sangat melegenda ini telah menyabet pengahargaan “The Best Gallery of The Year” pada tahun 2010. Museum ini menyajikan lebih dari 2.500 karya seni dari seniman legenda Indonesia yang spektakuler. Bahkan, di museum ini juga terdapat karya seni bergaya kontemporer dari seniman internasional. 

Galeri ini juga bisa Anda kunjungi untuk belajar melalui kelas seru tentang seni, seperti kelas menulis tentang lakon, kelas yang mempelajari filsafat, kelas menulis, dan kelas koreografi Gumarang Sakti yang keren.

Itulah daftar 7 museum terbaik yang cocok untuk ngedate bersama pasangan di Jakarta. 

Jangan lupa untuk memperhatikan etika, sopan santun, dan aturan yang ada di museum dengan menjaga karya seni tersebut dan tidak sembarang memegang atau merusak, ya! 

Yuk, segera agendakan museum date dengan pasangan Anda! 

Jika Anda dan pasangan sedang mencari apartemen yang berkualitas premium dengan harga terjangkau, Anda bisa mengunjungi situs Jendela360.  Lebih dari 8.000 unit apartemen siap huni yang bisa Anda temukan tanpa harus keluar rumah. Dapatkan harga dan pilihan unit terbaik di Jendela360.