PANDUAN PENYEWA

Mulai dari mencari apartemen yang disewakan hingga tinggal diapartemen idaman.

Apakah Anda sudah siap untuk memulai proses pencarian apartemen idaman Anda?

Tapi Anda tidak yakin apa yang perlu Anda lakukan dan apa yang harus Anda ketahui?

Jangan takut.

Panduan penyewa apartemen ada disini untuk memandu Anda mengatasi masalah-masalah yang mungkin akan Anda hadapi dalam proses pencarian apartemen.

Juga, kami akan membantu semua proses ini serta memberikan tips-tips prakits untuk membuat proses pencarian Anda menjadi lebih mudah dari apa yang Anda bayangkan.

Semua proses ini dapat Anda selesaikan hanya dalam hitungan hari.

Tapi, pertama-tama saya ingin menanyakan kepada Anda satu pertanyaan penting yang dapat mempermudah proses pencarian apartemen ini.

Sebenarnya, apartemen seperti apa yang Anda butuhkan dan inginkan?

Sebelum Anda memulai proses pencarian apartemen idaman, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu tentang apartemen seperti apa yang Anda cari.

Anda bisa mulai dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut agar Anda mendapatkan ide tentang apartemen seperti apa yang Anda butuhkan dan inginkan.

Jika Anda berencana menyewa apartemen dengan pasangan Anda, teman atau keluarga, Anda dapat mendiskusikannya terlebih dahulu.

  • Berapa banyak kamar yang Anda butuhkan?
  • Berapa budget yang mau Anda keluarkan untuk biaya sewa apartemen?
  • Di daerah mana Anda ingin tinggal? Misalnya daerah Kemayoran, Gandaria, Puri Indah, Sunter, Sudirman.
  • Apakah Anda memerlukan apartemen yang sudah fully furnished, semi furnished atau non furnished? Jika furnished, apa saja fitur atau kelengkapan yang Anda inginkan ada didalam unit apartemen?
  • Apakah Anda perlu tinggal di apartemen yang memerbolehkan membawa hewan peliharaan?
  • Apa saja fasilitas yang Anda butuhkan di apartemen?
    • Fasilitas kolam renang
    • Fitness center / gym
    • Parkir khusus penghuni
    • Taman bermain anak
    • Lapangan tennis, lapangan basket atau jogging track
  • Apa saja kemudahan yang Anda inginkan?
    • Dekat dengan kantor, seperti jarak dengan kantor tidak lebih dari 30 menit
    • Dekat dengan pusat hiburan, pusat perbelanjaan dan sekolah
    • Transportasi sangat mudah kemana-mana

Jika Anda sudah tahu apa yang Anda butuhkan dan inginkan, selanjutnya adalah mencari apartemen yang sesuai dengan keinginan Anda tersebut.

#1 Menggunakan Jendela360.com untuk mencari apartemen disewakan di Jakarta

Kami tahu, mencari apartemen yang disewakan masih merupakan tugas yang ribet di Jakarta, dan kami menyadari bahwa menemukan apartemen bukan hanya tentang melihat daftar apartemen yang tersedia di internet saja, tetapi ini tentang menemukan yang terbaik dan yang Anda idam-idamkan. Ini tentang kualitas, bukan kuantitas.

Untuk itulah kami menciptakan Jendela360.com, sebuah situs yang mudah dinavigasi, responsif dan menawarkan apartemen-apartemen terbaik dengan lebih mengedepankan kualitas.

Dan kami juga tahu bahwa Anda tentu tidak ingin melihat daftar apartemen dengan foto unit yang standar dan tidak detail, atau agen yang tidak responsif melayani Anda.

Jadi, tidak seperti situs lainnya, Jendela360 menawarkan Anda pengalaman yang menyenangkan dengan menampilkan foto unit yang detail dan dilengkapi virtual tour 360 sehingga Anda dapat melihat dan mengunjungi unit apartemen secara online, bahkan didukung oleh tim customer service yang professional.

Karena itu kami percaya bahwa Jendela360.com adalah alat yang hebat untuk mencari apartemen disewakan di Jakarta.

 

Bagaimana cara menggunakan fitur cari unit apartemen di Jendela360?

Untuk memulai proses pencarian apartemen Anda, silahkan pertama-tama kunjungi halaman cari apartemen Jendela360.com ini.

Cari Unit

Agar memudahkan pencarian Anda, kami telah menyediakan fitur “filter” pada halaman pencarian kami.

Anda dapat memfilter pencarian dengan mengklik tombol biru bertuliskan “TAMPILKAN SEMUA FILTER”, sehingga Anda dapat mempersempit pencarian apartemen Anda dengan memilih kondisi apartemen (fully furnished, semi atau non furnished), letak lantai, kelengkapan unit, dan lain-lain seperti pada gambar dibawah ini:

cari unit apartemen 2

 

Fitur Virtual Tour 360

Virtual tour 360 adalah fitur andalan kami dimana Anda dapat melihat dan mengunjungi calon apartemen Anda, seluruhnya secara online.

Virtual tour 360 memungkinkan Anda untuk melihat unit apartemen secara 360 derajat, Anda juga dapat berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya dengan mengklik logo atau icon Jendela360 berwarna biru seperti pada gambar dibawah ini.

Fitur virtual tour 360 dari Jendela360

Pastikan Anda membaca deskripsi unit terlebih dahulu, juga informasi lainnya seperti letak lantai, kelengkapan unit dan fasilitas apartemen – apakah sudah sesuai dengan keinginan Anda atau belum.

Jika sudah sesuai, maka Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya, atau jika belum, Anda bisa mencari unit apartemen lainnya yang tersedia.

Sebagai informasi, saat ini kami memiliki jumlah listing lebih dari 1.100 unit dan akan terus bertambah setiap harinya.

Ngomong-ngomong, jika Anda kesulitan mencari apartemen yang sesuai keinginan Anda, Anda benar-benar tidak perlu khawatir.

Disini kami siap membantu Anda mencarikan hingga dapat. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungi tim customer service Jendela360 di nomor handphone:  0812-9777-9360 (Senin-Jumat, 09.00-17.00).

 

#2 Menghubungi Tim Customer Service Jendela360

Jika Anda sudah merasa yakin bahwa Anda telah menemukan apartemen yang sesuai keinginan, maka silahkan hubungi tim customer service Jendela360 untuk meminta ditemani melihat unit secara langsung.

Cara menghubungi kami sangat mudah, dapat dilakukan melalui live chat, telephone, WhtasApp atau mengisi form kunjungan online yang ada disetiap halaman unit seperti pada gambar dibawah ini:

Cara Jadwalkan Kunjungan Unit Jendela360

1. Anda dapat menghubungi kami via telephone atau WhatsApp ke nomor 0812-9777-9360.

2. Atau Mengisi form jadwalkan kunjungan dengan mengklik tombol “Jadwalkan Kunjungan”, sehingga akan muncul form yang harus Anda isi seperti dibawah ini:

Anda dapat menyesuaikan jadwal kunjungan semau Anda dan tim Jendela360 siap menemani.

Form Jadwalkan Kunjungan

Jika Anda memilih opsi mengisi form jadwalkan kunjungan, maka kami akan menelfon Anda untuk menkonfirmasi tentang jadwal kunjungan yang telah Anda isi.

Ini adalah salah satu kelebihan kami di Jendela360 bahwa Anda tidak perlu repot-repot menghubungi banyak agen untuk menanyakan dan melihat beberapa pilihan apartemen idaman Anda, yang terkadang prosesnya agak menjemukkan dan memakan waktu. Disini kami siap membantu Anda dari A sampai Z (all in one service).

#3 Melihat Unit Apartemen

Wohoo! Inilah saatnya Anda melihat dan mengunjungi unit apartemen idaman Anda secara langsung.

Apakah Anda excited? 🙂

Pada kunjungan langsung ini, kami akan menemani dan Anda dapat menanyakan banyak hal seputar unit apartemen yang akan Anda tempati.

Pastikan juga Anda ingat atau Anda sudah membuat daftar checklist sebelumnya tentang apa saja yang menjadi keinginan dan kebutuhan Anda, seperti letak lantai, kelengkapan unit (TV, AC, dining set, kulkas, dan lain-lain).

Selain itu, saya pikir Anda juga harus menanyakan hal-hal penting lainnya, seperti aturan-aturan tinggal di apartemen, soal keamanan, lahan parkir dan lain-lain. Agar Anda tidak bingung, kami telah merangkumnya kedalam “10 pertanyaan yang perlu Anda tanyakan ketika melihat unit apartemen“.

Melihat unit apartemen

 

#4 Kesepakatan Unit

Jika Anda sudah merasa yakin bahwa unit apartemen sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, maka selanjutnya adalah kita perlu melakukan kesepakatan unit.

Kesepatakan unit disini mencakup harga sewa, masa sewa, pajak, kondisi furniture dan lain-lain yang akan disepakati oleh kedua belah pihak, baik pemilik dan penyewa apartemen.

Setelah terjadi kesepakatan unit, maka Anda sebagai penyewa harus membayar uang tanda jadi atau DP (down payment) sebagai tanda keseriusan ingin menyewa unit apartemen tersebut, dan kami akan memberikan Anda kwitansi sebagai bukti pembayarannya.

Baca: 10 Hal yang perlu Anda ketahui sebelum menandatangani kontrak sewa apartemen

 

#5 Proses Serah Terima Unit

Terakhir adalah melakukan proses serah terima unit. Tapi sebelumnya kita perlu melakukan tanda tangan kontrak terlebih dahulu.

Kontrak atau MOU ini mencakup perjanjian-perjanjian sewa, seperti harga sewa apartemen, masa sewa, besar uang deposit, ketentuan-ketentuan tertentu, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan proses sewa apartemen dari awal mulai sewa hingga berakhirnya masa sewa.

Selain itu, pada saat MOU ini berlangsung, kita juga perlu melakukan pengecekan terhadap unit, mulai dari pengecekan barang-barang yang terdapat didalam unit, cek kondisi unit apakah sudah ada kerusakan atau belum, bahkan kerusakan kecil sekalipun seperti ada goresan ditembok atau tembok yang berlubang.

Tentu dikemudian hari Anda tidak ingin disalahkan ketika ada kerusakan yang bahkan bukan Anda pelakunya, bukan? 🙂

Jika pengecekan unit dan kontrak sudah disepakati, maka penyewa harus membayar full biaya sewa sesuai dengan kesepakatan diawal, selanjutnya pihak penyewa dan pemilik harus menandatangi kontrak perjanjian sewa unit.

Terakhir adalah serah terima unit, pemilik akan memberikan kunci apartemen, kunci kamar dan kartu akses.

Tahukah Anda bahwa di Jendela360 Anda juga bisa membayar sewa apartemen dengan cicilan 0% 12 bulan menggunakan kartu kredit.

 

pembayaran cicilan sewa apartemen di jendela360

#6 Pindahan Apartemen

Mungkin pindahan adalah hal yang paling tidak disukai oleh semua orang, karena selain biayanya cukup mahal (membayar mobil truck/pick up, membayar orang untuk membantu mengangkut barang-barang), juga sangat melelahkan, apalagi bagi calon penguni apartemen baru yang unitnya ada dilantai-lantai atas.

Tapi, mungkin juga tidak.

Sebagian orang juga menganggap bahwa pindahan bukanlah hal yang menyebalkan, karena pindahan itu seperti memulai hubungan baru – Anda mungkin akan merasa gembira, senang dan mungkin sudah membayangkan bagaimana rasanya tinggal di apartemen baru.

Tapi apapun yang Anda rasakan, yang paling penting adalah Anda sudah mengetahui semua hal tentang pindahan ke apartemen, juga tips-tips praktis ketika pindahan agar keseluruhan proses menjadi lebih mudah.

Jika belum tahu, Yuk, baca 8 Tips Pindah Apartemen Tanpa Stress berikut ini.

 

#7 Tinggal di Apartemen

Bagaimana dengan tinggal di apartemen?

Banyak orang menganggap bahwa tinggal diapartemen itu lebih individualistis, penghuni yang satu cuek dengan penghuni lainnya. Sikap lu-lu, gue-gue sudah menjadi hal yang jamak di hampir semua apartemen yang ada.

Padahal, seharusnya tinggal diapartemen bisa seperti tinggal dirumah, Anda juga bisa berbaur, berbincang dan saling berkunjung dengan tetangga hingga menjadi teman dekat.

Saya yakin berteman dengan tetangga, jika tepat akan membuat hidup terasa lebih menyenangkan.

Apakah Anda setuju? 🙂

Jika Anda masih bingung bagaimana caranya, silahkan baca artikel saya tentang 7 Tips Menjalin Hubungan Baik Dengan Tetangga Apartemen ini. Disitu saya membahas tuntas bagaimana caranya membuat tetangga menjadi teman dengan langkah-langkah yang sederhana.

Bacaan penting lainnya: 10 alat pembersih wajib yang harus Anda miliki di apartemen

 

#8 Masa sewa apartemen habis. Pindah atau perpanjang?

Wakatu cepat sekali berlalu ya, masa sewa apartemen Anda mungkin akan segera habis.

Pertanyaan muncul, pindah atau diperpanjang saja?

Well, jawabannya tergantung dari kondisi, keadaan, kebutuhan dan keinginan Anda sendiri.

Jika Anda menyukai unit apartemen Anda yang sekarang, nyaman dengan lingkungannya dan memiliki tetangga yang baik, mengapa tidak menetep agak lebih lama lagi?

Jika memang Anda merasa ini sudah saatnya pindah karena alasan tertentu, maka mungkin Anda harus pindah.

Apapun pilihan yang Anda pilih, Anda tetap harus menghubungi kami Jendela360 sebagai manajer apartemen Anda.

ATAU Jika Anda tidak yakin mau pindah atau perpanjang, saran saya silahkan baca dua artikel praktis saya berikut:

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Shares
Share This