PANDUAN TINGGAL DI APARTEMEN

Mulai dari Anda Mendapatkan Kunci Apartemen Sampai Memberikannya Kembali ke Pemilik Apartemen

Mungkin salah satu dari Anda baru saja berhasil mendapatkan apartemen idaman untuk Anda tempati baik sendiri maupun bersama dengan keluarga. Tentu pindah ke lingkungan baru butuh persiapan ataupun menuntut Anda untuk beradaptasi dengan cepat. Terlebih jika Anda tinggal di apartemen.

Sebetulnya, saat ini ada dua tipe orang yang tinggal di apartemen yaitu orang yang membeli apartemen dan menempatinya sendiri dan orang yang tinggal di apartemen dengan cara menyewa.

Namun di artikel ini saya akan lebih fokus memberikan panduan bagi Anda yang tinggal di apartemen dengan cara menyewanya.

Ok, Let’s get started

Saya yakin jika Anda sudah mendapatkan apartemen idaman Anda entah itu dari mana, namun perlu Anda tahu di Jendela360 ada lebih dari 3000+ unit apartemen di Jakarta & sekitarnya yang menawarkan kenyamanan tinggal.

Klik disini untuk cari tahu serunya menyewa apartemen dengan Jendela60!

A. Setelah Anda mendapatkan kunci unit apartemen dari pemilik apartemen atau agen, apa yang harus Anda lakukan?

Setelah Anda menandatangani kontrak dan menerima kunci unit dari pemilik atau agen, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal sebagai berikut;

1. Dokumentasikan segera

Sebenarnya ada beberapa pemilik atau agen property yang tidak mengharuskan Anda untuk mendokumentasikan kondisi unit yang baru saja Anda sewa untuk ditempati. Tapi untuk berjaga-jaga di kemudian hari, tidak ada salahnya jika anda mengabadikan foto seluruh ruangan unit apartemen dan mengisi checklist kelengkapan unit.

2. Bersihkan spot-spot atau sudut ruangan yang nampak kotor

Biasanya pemilik apartemen maupun agen sudah membersihkan unit yang akan Anda tempati jauh-jauh hari tetapi tetap saja ada spot-spot atau sudut di unit apartemen yang luput dari perhatian.

Baca juga: Baru Pindah, Inilah 11 Tempat Yang Harus Dibersihkan Pertama Kali Di Apartemen

3. Menata ulang furniture

Furniture apartemen

Untuk urusan yang satu ini hukumnya tidak wajib. Anda bisa tinggal dengan tata letak furniture yang suda ada (jika sewa full furnished) atau jika Anda merasa kurang sreg Anda bisa menata ulang kembali furniture yang ada di unit yang anda sewa.

Baca: 7 Tips Menata Ulang Furniture di Apartemen Agar Ruangan Terasa Lebih Nyaman ()

4. Atur benda kebutuhan sehari-hari di tempat yang mudah dijangkau

Ada beberapa hal yang akan Anda butuhkan setiap hari. Mulai dari perlengkapan mandi, handuk, hingga persediaan gula, kopi, ataupun teh. Kelompokkan barang-barang yang setiap hari Anda butuhkan dan atur sebaik mungkin. Mencoba membuat atau meletakannya di dalam box bisa jadi solusi Anda tidak akan lupa.

5. Berkenalan dengan tetangga apartemen

Mungkin sebagian orang berpendapat kalau tinggal di apartemen itu orang-orangnya cenderung individualis dan sikap saling cuek antar sesama penghuni. Padahal, tinggal di apartemen juga layaknya tinggal di rumah yang juga mesti berbaur, berbincang, dan berkenalan hingga menjadi teman dekat.

Jika Anda bingung bagaimana memulainya, Anda bisa membaca artikel ini

Baca: 7 Tips Sederhana Menjalin Hubugan Baik dengan Tetangga Apartemen

6. Lengkapi ruangan dengan barang pribadi Anda (jika masih tersedia space)

Sebenarnya jika Anda menempati apartemen full furnished Anda hanya perlu membawa satu tas  koper yang berisikan pakaian saja karena semua perabotan sudah disediakan. Lalu perlukah Anda membawa perlengkapan pribadi Anda? (seperti foto, lukisan, atau gantungan jaket).

Jawabannya adalah tergantung kondisi, jika memang masih ada space kosong yang masih bisa Anda manfaatkan dan Anda sudah mendapatkan izin dari pemilik apartemen, Anda bisa langsung melengkapi space kosong tersebut.

B. Sudah tinggal di apartemen, lalu aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan?

Setelah seharian mempersiapkan unit apartemen Anda, kini Anda sudah bisa beraktivitas seperti sedia kala. Anda bisa berkeliling lingkungan apartemen, berkenalan dengan tetangga sekitar, ataupun mencoba beberapa fasilitas yang disediakan.

Umumnya, di apartemen terdapat kolam renang yang bisa digunakan oleh penghuni. Selain untuk berenang, kolam renang juga bisa menjadi tempat kumpul-kumpul atau berbincang santai antara penghuni apartemen. Ataupun bisa menjadi sarana cari jodoh bagi Anda yang masih single :).

Bagi Anda yang telah berkeluarga dan memiliki anak, mengajak serta buah hati Anda ke kolam renang juga menjadi pilihan kegiatan outdoor yang dapat menjadi stimulus tumbuh kembang anak

Anda tak hobi berenang? Anda ingin berolahraga ringan di pagi hari? Anda bisa mencoba menjejakkan kaki Anda di jogging track yang ada di sekitar apartemen. Jogging track ini menjadi favorit karena di sekitarnya ditanami tumbuh-tumbuhan dan pepohonan rindang, kadang pengelola apartemen juga membuatkan taman refleksi di sekitar jalur jogging track.

Fasilitas olahraga lainnya di apartemen juga ada lapangan basket, lapangan tennis, lapangan futsal, dan squash arena.

C. Mau makan atau cari tempat hangout di sekitar apartemen juga bisa!

Siapa bilang tinggal di apartemen nggak bisa hangout? Jangan salah, justru ada banyak tempat hangout seru (café, restoran, mall, game arena) di sekitar apartemen. Misalnya apartemen yang ada di kompleks Podomoro City (Mediterania Garden Residence 1, Mediterania Garden Residence 2, Royal Mediterania Garden Residence), penghuni apartemen-apartemen ini bisa dengan mudah mendatangi tempat-tempat menarik di sekitar seperti Central Park Mall, Shopping Arcade, dan juga salah satu theme park ikonik di Jakarta yakni Tribeca Park. Untuk tempat terakhir saya sangat merekomendasikan bagi siapapun Anda tak terkecuali penghuni apartemen di kompleks Podomoro City.

Boleh dibilang keunikan kompleks Podomoro City ada di Tribeca Park, memiliki luas hampir 1,5 hektare, taman ini merupakan ruang hijau di tengah-tengah belantara mall dan bangunan-bangunan tinggi di sekelilingnya. Benar-benar hidden gem di tengah-tengah keramaian.

Nah, kalau mau cari di sekitar apartemen ada gak sih yang recommended? Salah satu tempat makan di sekitar apartemen khususnya bagi penghuni Mediterania Garden Residence bisa nih untuk datang ke restoran Restu. Restoran ini menyajikan berbagai macam makanan dengan gaya yang cukup unik yakni prasmanan. Anda bisa menikmati menu-menu seperti mie goreng, lumpia goreng, ayam katsu, ayam kecap, otak-otak cabai hijau, bistik ayam, puyunghai, aneka masakan sayur, ikan goreng, sate daging, berbagai macam gorengan dan masih banyak lagi.

Tempat makan Restu di Apartemen Medit 2

Selain di Restu, Anda bisa menikmati Open Door yang menyediakan berbagai jenis makanan mulai dari dessert, main course, dan appertizer ini berada tidak jauh dari apartemen RMGR. Lokasinya tepat berada di depan lobi utama apartemen RMGR. Fasilitas pendukungnya juga lengkap, Anda bisa menemukan wifi, charger ponsel di meja, area merokok, dan tentunya suasana yang cozy juga jadi andalan tempat makan ini.

D. Kenali hak dan kewajiban Anda sebagai penyewa apartemen

Tinggal di apartemen apalagi jika Anda menyewa tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Bagi Anda yang sebelumnya tinggal di rumah, 4 (empat) poin dibawah ini bisa Anda perhartikan agar di kemudian hari tidak terjadi kesalahpahaman antara Anda sebagai penyewa, pemilik apartemen, dan pengelola apartemen.

1. Peraturan dan Tata Tertib

Sebagai penyewa artinya Anda dianggap telah diserahkan hak pemilik untuk menggunakan bagian, benda, dan tanah bersama kepada penghuni apartemen lainnya. Umumnya sebelum menandatangani kontrak sewa apartemen, surat perjanjian harus dilaporkan terlebih dahulu ke Badan Pengelola Apartemen. Nah disini Anda sebagai penyewa akan dikenakan biaya administrasi yang besarnya bervariasi.

Untuk peraturan dan tata tertib di setiap apartemen umumnya dibagi menjadi;

    • Peraturan dan Tata tertib Parkir Kendaraan
    • Peraturan dan Tata Tertib Kebersihan dan Keindahan Lingkungan
    • Peraturan dan Tata Tertib Pembuangan Sampah
    • Peraturan dan Tata Tertib Penyimpanan/Penempatan Barang
    • Peraturan dan Tata Tertib Menggunakan Lift

2. Hak dan Kewajiban sebagai penghuni

Selain peraturan dan tata tertib, sebagai penghuni apartemen Anda juga memiliki hak dan kewajiban yang harus dihormati dan dijalankan satu sama lain. Berikut adalah hak Anda sebagai penghuni apartemen sebagaimana yang tercantum di Pasal 61 PP No. 4 Tahun 1988 ayat 1,

  • Memanfaatkan rumah susun dan lingkungannya termasuk bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama secara aman dan tertib;
  • Mendapatkan perlindungan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga;
  • Memilih dan dipilih menjadi Anggota Pengurus Perhimpunan Penghuni.

Adapun kewajiban Anda sebagai penghuni apartemen sebagaimana yang tercantum di Pasal 61 PP No. 4 Tahun 1988 ayat 2 adalah sebagai berikut;

  • Mematuhi dan melaksanakan peraturan tata tertib dalam suatu rumah susun dan lingkungannya sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga;
  • Membayar iuran pengelolaan dan premi asuransi kebakaran;
  • Memelihara apartemen dan lingkungannya termasuk bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

3. Biaya Bulanan

Tinggal di Apartemen itu artinya Anda sudah siap untuk mengeluarkan biaya rutin setiap bulannya. Beberapa biaya rutin yang harus Anda perhatikan adalah;

  • Iuran Pengelola Lingkungan
  • Sinking Fund
  • Biaya Parkir
  • Biaya Listrik
  • Biaya Air
  • Biaya renovasi dan dekorasi
  • Laundry

4. Force Majeur

Force Majeur itu sendiri berarti keadaan yang terjadi diluar kuasa dari para pihak yang bersangkutan, dalam hal ini penyewa dan pemilik apartemen, seperti kebakaran, gempa bumi, atau kecelakaan lain yang menimpa gedung apartemen. Sebagai penyewa Anda tidak dibebankan atas penggantian ganti rugi bukan karena kelalaian Anda (seperti gempa bumi, banjir, kebakaran bukan karena kelalaian dan bencana alam lainnya). Oleh karena itu sebagai penyewa Anda juga perlu menanyakan kepada pemilik apakah apartemen yang Anda tempati sudah diasuransikan atau belum.

E. Masa sewa habis? Lanjut atau sudahi?

Masa sewa Anda sebentar lagi habis? Tapi Anda masih betah tinggal di unit yang Anda tempati sekarang ini? Kenapa tidak memperpanjang masa sewanya saja? Daripada mesti pindah dan beradaptasi dengan lingkungan baru (kecuali kalau harga sewa nya naik dan hal tersebut diluar dari jangkauan budget bulanan Anda, mencoba mencari tempat tinggal atau apartemen baru mungkin bisa jadi pilihan)

Selengkapnya : Mengapa Tidak Menetap Lebih Lama? Bagaimana Cara Memperbarui Kontrak Sewa Apartemen?.

Adapun bagi Anda yang ingin melanjutkan sewa, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut, seperti;

  • Bicara dengan pemilik apartemen atau agen (jika menyewa melalui agen properti)
  • Baca dengan teliti surat kontrak sewa baru
  • Menyimpan dan memperbanyak (copy) surat kontrak supaya tidak hilang
Apakah Anda sedang mencari referensi apartemen untuk tempat tinggal baru Anda? Anda bisa membaca artikel ekslusif kami seperti Review Apartemen Mediterania Garden Residence 2, Review Apartemen Sudirman Park, dan Review Apartemen Bassura City. Atau anda ingin mencari yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda? Silahkan, jangan segan-segan untuk meghubungi kami, kami akan dengan senang hati membantu Anda 🙂

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *