Akhir pekan bisa dikatakan merupakan waktu yang paling kita nantikan. Di akhir pekan, kita dapat beristirahat dan bersantai setelah menjalani kesibukan sehari-hari seperti bekerja ataupun bersekolah. Selain beristirahat di rumah, akhir pekan juga dapat diisi dengan pergi ke mall, berkumpul bersama teman, ataupun pergi ke tempat wisata. 

Bagi kalian yang ingin berwisata untuk mengisi akhir pekan, tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota tetangga, seperti Bandung dan Sukabumi. Walaupun Jakarta merupakan kota yang dikenal dengan kegiatan ekonominya, masih terdapat banyak tempat wisata yang dapat kita kunjungi. Salah satu tempat wisata tersebut adalah tempat Outbound.

Berikut merupakan beberapa rekomendasi tempat Outbound di Jakarta dan sekitarnya untuk mengisi libur akhir pekan kalian.

Bumi Perkemahan Ragunan

Alamat: Jl. RM. Harsono No.1, Ragunan, Pasar Minggu, Rt9/Rw4, Kota Jakarta Selatan

Tempat outbound di Jakarta yang pertama adalah Buperta Ragunan. Lokasinya mudah dijangkau. Lokasi Bumi Perkemahan Ragunan ini juga masih berada di kompleks yang sama dengan Kebun Binatang Ragunan. Oleh karena itu, selain melakukan kegiatan outbound, kalian juga bisa berkunjung ke kebun binatang yang lokasinya tidak jauh.

Lokasi outbound ini banyak digunakan oleh berbagai kantor dan instansi pendidikan sebagai tempat untuk beraktivitas ataupun melakukan kegiatan outbound. Lokasinya yang dikelilingi pepohonan ini merupakan tempat yang pas untuk berwisata ataupun berkemah.

Harga untuk setiap paket outboundnya pun cukup terjangkau. Tersedia paket outbound normal dan custom, dimana harga paket outbound normal berkisar Rp280.000. Sementara harga untuk paket custom disesuaikan tergantung kegiatan apa saja yang diinginkan.

Bumi Perkemahan Cibubur

Tempat Outbound di Jakarta

Alamat: Jl. Flora Indonesia No.5 RW.5, Cibubur, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13860

Bumi Perkemahan Cibubur merupakan lokasi outbound dengan luas 200 hektar. Lokasinya yang luas ini menjadikan Bumi Perkemahan Cibubur sebagai tempat yang cocok sebagai kegiatan outbound.

Tidak kalah dengan Bumi Perkemahan Ragunan, Bumi Perkemahan Cibubur juga banyak menjadi tujuan wisata oleh berbagai kantor, sekolah dan keluarga. Lokasinya yang luas dengan pepohonan yang rindang menjadikan tempat ini cocok digunakan untuk outbound dan berkemah. Bahkan, acara seperti pramuka dan pelantikan sering dilakukan di Bumi Perkemahan Cibubur.

Biaya yang dikeluarkan untuk berwisata di sini juga tidak jauh berbeda dengan Bumi Perkemahan Ragunan. Tersedia juga paket normal dan custom yang dapat dipilih sesuai dengan selera pengunjung.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Tangerang untuk Liburan Anda

Kampung Main Cipulir

tempat outbound di Jakarta

Alamat: Jl. Masjid Nurul Yaqin, Gang H. Sairi No.1A, RT.5/RW.12, Grogol Selatan, Kec Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12220

Kampung Main Cipulir merupakan tempat outbound yang berlokasi di kawasan Jakarta Selatan. Tempat ini menyediakan berbagai macam kegiatan yang dapat kalian coba. Namun, yang paling populer adalah kegiatan flying fox-nya.

Tempat ini tidak hanya diperuntukan untuk kalangan remaja dan dewasa saja, melainkan juga untuk anak-anak. Berbagai wahana di Kampung Main Cipulir dibuat dengan konsep menciptakan keseruan sambil belajar, sehingga tempat ini sangat cocok untuk anak-anak. Bahkan, kegiatan outbound di tempat ini memiliki tujuan khusus, yaitu untuk merangsang fisik psikomotorik, merangsang kemampuan berpikir dan kerjasama tim.

Biaya yang dikeluarkan untuk dapat mengunjungi tempat wisata ini cukup terjangkau dan tidak berbeda jauh dari lokasi outbound lainnya. Selain itu, terdapat penginapan yang lokasinya tidak jauh dari tempat outbound di Jakarta ini, sehingga kalian dapat bermain lebih lama di Kampung Main Cipulir.

Putri Duyung Cottage Ancol

tempat outbound di Jakarta

Alamat: Jl. Lodan Timur no.7 Taman Impian Jaya area Putri Duyung Resort, RW1O, Ancol, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta 14410

Bosan dengan tempat outbound yang lokasinya di lahan luas dengan pepohonan saja? Kalian dapat mencoba untuk berkunjung ke Putri Duyung Cottage Ancol. 

Putri Duyung Cottage Ancol berlokasi dekat dengan pantai, sehingga kalian dapat merasakan sensasi outbound yang berbeda dari tempat lainnya. Kalian dapat melakukan outbound atau hanya sekedar berkumpul bersama keluarga ditemani dengan panorama alam indah pantai ancol serta hembusan angin laut yang sejuk. Menarik, bukan?

Selain menyediakan kegiatan outbound, tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat kalian gunakan. Fasilitas tersebut berupa jogging trek, penginapan yang bersih dan nyaman, halaman yang luas serta restoran yang menyediakan makanan lengkap khas nusantara.

Baca juga: 15 Resort di Bandung yang Cocok untuk Liburan dan Honeymoon

BSD Xtreme Park

Alamat: BSD City, Jalan Damai Foresta, Desa Sampora, Kecamatan Cisauk, Sampora, Kec. Cisauk, Tangerang, Banten 15345

BSD Xtreme Park merupakan wahana yang dibangun oleh Sinarmas Land khusus untuk kalian yang menyukai olahraga ekstrim yang memacu adrenalin. Tersedia berbagai wahana yang dapat kalian coba di tempat ini, mulai dari Bike Park, Skate Park, Paint Ball, Soccer Ball, Roller Park, Rock&Rope dan bahkan Archery.

Tempat ini juga diperuntukan untuk berbagai rentang usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Oleh karena itu, tempat ini merupakan lokasi wisata yang tepat untuk kalian yang ingin mengisi akhir pekan dengan teman maupun keluarga. 

Kalian juga tidak perlu khawatir dengan keamanan dari wahana di BSD Xtreme Park ini. Dari informasi yang tersedia di situs resminya, BSD Xtreme Park memiliki sistem keamanan bertaraf internasional untuk semua wahananya. Oleh karena itu, wahana-wahana di tempat ini aman untuk dicoba oleh seluruh kalangan maupun anak-anak di bawah 13 tahun.

Demikian merupakan beberapa tempat outbound di Jakarta dan sekitarnya yang dapat menjadi alternatif untuk mengisi libur akhir pekan kalian. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat. Terima kasih!