Review Apartemen Aspen Residence Fatmawati

by | Nov 18, 2019 | Review Apartemen

Aspen Residence adalah apartemen untuk kalangan menengah ke atas yang terletak di Cilandak, Jakarta Selatan. Apartemen ini menjadi bagian dari kompleks yang bernama Megatown Fatmawati, karya Harmasland Group (PT. Harmas Jalesveva). Mereka juga mengembangkan mega proyek lain di Jakarta Selatan, seperti Millenium Sirih Hotel dan Kemang Sovereign. 

Setiap tower di Aspen Residence terdiri dari 28 lantai dengan total unit 414. Di setiap lantainya terdapat 11 unit. Beberapa hari lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi unit 2BR di lantai 25 tower B Aspen Residence. Jika Anda penasaran dengan kondisi unit, suasana, lingkungan serta fasilitas yang disedisakan Aspen Residence, berikut adalah review jujur saya. 

Note: Anda dapat langsung menuju bagian konten yang ingin Anda ketahui dengan klik link berikut, atau mulailah untuk membaca review apartemen Aspen Residence ini dari bagian awal jika Anda ingin mengetahuinya secara penuh. 

LOKASI APARTEMEN ASPEN RESIDENCE

Aspen Residence terletak di Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia 12450

1. Dekat dengan berbagai pusat perbelanjaan seperti

  • 4,7 km ke ITC Fatmawati
  • 3,3 km ke Cilandak Townsquare
  • 3,4 km ke Cinere Mall
  • 5,2 km ke Poin Square
  • 230 meter ke One Belpark Mall

2. Hanya beberapa km ke sekolah-sekolah negeri dan swasta ternama di Jakarta Selatan, misalnya.

  • 750 meter ke SDN 16 Pondok Labu
  • 1 km ke SMP PGRI 12
  • 1,1 km ke SMA PGRI 3
  • 1,1 km ke TK Al-Izhar
  • 1,5 km ke SD Al-Izhar
  • 1,2 km ke SDN Pondok Labu 03

3. Dekat dengan stasiun MRT di Jakarta Selatan, yaitu:

  • 2,8 km ke stasiun MRT Fatmawati
  • 4,9 km ke stasiun MRT Lebak Bulus

4. Terdapat dua rumah sakit di dekat apartemen, seperti:

  • 2 km ke Mayapada Hospital
  • 800 meter ke Rumah Sakit Fatmawati

FASILITAS DI APARTEMEN ASPEN RESIDENCE

Sejujurnya, tidak banyak fasilitas yang ditawarkan oleh Aspen Residence, bahkan bisa dikatakan sangat minim jika dibandingkan apartemen lainnya di Jakarta Selatan. Ini mungkin disebabkan karena apartemen masih dalam masa pembangunan dan fasilitas belum dibangun seluruhnya. Berikut adalah fasilitas-fasilitas dasar yang dapat dimanfaatkan penghuni. 

1. Kolam Renang Orang Dewasa

Kolam renang orang dewasa di Aspen Residence memiliki kedalaman hingga 1,5 meter. Di sekelilingnya dilapisi oleh lantai dari papan kayu yang disusun dengan sedikit celah, sehingga air dari kolam renang tidak akan menggenang. Lantai yang tidak licin juga membuat keamanan penghuni lebih terjaga. 

Meski terletak di luar ruangan, kondisi kolam renang tetap sejuk karena ada pepohonan dan beberapa tanaman hias yang ditanam di sekeliling kolam. Selain itu, penghuni juga bisa menikmati angin sepoi-sepoi dari kursi-kursi santai hingga meja berkanopi yang diletakan di pinggiran kolam

Kelemahannya, ukuran kolam renang terlalu kecil, jadi kemungkinan akan terlihat sangat penuh jika hari-hari libur tiba. Sedikitnya kursi dan meja yang disediakan di sekitar kolam juga menjadi nilai minus dari fasilitas ini. 

2. Kolam Renang Anak

Kolam renang anak di Aspen Residence lokasinya dekat dengan kolam renang orang dewasa. Oleh karena itu, orang tua bisa dengan leluasa mengawasi anak mereka dari kolam orang dewasa. Ukuran kolam berenang anak lebih kecil dari kolam orang dewasa, dengan kedalaman 0,5 meter. 

3. Kolam Pasir

Saya memang tidak dapat menemukan taman bermain anak yang ada di Aspen Residence, yang saya temukan justru kolam pasir yang letaknya tidak jauh dari kolam renang. Agak aneh untuk menemukan kolam pasir di sini, apalagi tidak ada seorang anak pun yang main di sana saat saya berkunjung ke Aspen Residence. Kemungkinan kolam pasir ini akan menjadi dasar untuk wahana permainan yang akan segera di bangun. 

4. Club House

Club house berada di sisi kolam renang orang dewasa di apartemen Aspen Residence. Tempat ini cocok digunakan oleh penghuni yang ingin bersantai atau mengobrol bersama penghuni lainnya. Ruangannya sejuk dan nyaman karena dilengkapi dengan AC. Sayangnya, hanya terdapat satu sofa di tempat ini. Club house terdiri dari dua lantai. Di lantai dua Anda dapat menemukan gym dan gudang. 

5. Gym

Aspen Residence memiliki gym yang ukurannya terbilang minimalis. Gym ini hanya mampu menampung lima orang. Perlengkapannya juga tidak banyak, hanya ada empat. Saya sempat merasa kegerahan ketika berada di dalam gym, karena gym ini tidak dilengkapi AC. 

LINGKUNGAN SEKITAR APARTEMEN

Meski terletak di daerah sibuk di Fatmawati, apartemen Aspen Residence memiliki suasana yang terbilang asri dan segar. Kebisingan suara juga sama sekali tidak terdengar dari sini, kecuali suara-suara konstruksi dari tower apartemen sedang dibangun. Di beberapa sisi apartemen berbatasan langsung dengan rumah warga. Anda dapat melihat atap-atap rumah warga dari lantai dasar yang dibatasi oleh tembok terluar apartemen.  

Lobby tower B di apartemen Aspen Residence terbilang sederhana. Meskipun begitu, saya tetap merasa nyaman berada di sana. Apalagi petugas keamanan hingga kebersihan di apartemen ini ramah-ramah. Mereka sigap dalam membantu penghuni, bahkan driver online yang ingin menjemput penghuni sekalipun. 

Tower B apartemen Aspen Residence tidak menyajikan pemandangan yang begitu menarik. Yang nampak dari sini sebagian besar adalah perumahan dengan beberapa kali deselingi oleh gedung-gedung tinggi. Keuntungan yang diperoleh penghuni tower B mungkin adalah mereka tidak perlu menyaksikan kemacetan yang ada di jalan sebelah apartemen, karena dari atas sini, jalanan nyaris tidak terlihat. 

 

KONDISI UNIT

Ada tiga unit yang disewakan di Aspen Residence, yaitu 1BR, 2BR dan 3BR. Sebagian besar disewakan dalam kondisi full-furnished, jadi penghuni tidak perlu repot lagi membawa furnitur lama mereka ke apartemen baru. Fasilitas yang tersedia di unit 1BR apartemen Aspen Residence yaitu, AC, dapur, kulkas, mesin cuci, TV, access card, dining set, listrik dan kasur. Sedangkan unit 2BR dan 3BR, fasilitasnya mirip dengan unit 1BR, perbedaannya di unit ini terdapat pemanas air.

 Unit memiliki ukuran yang bervariasi dengan kisaran antara 47 m2 hingga 102 m2. Unit 1BR ukurannya adalah 47 m2 dengan harga sewa per bulan mulai dari Rp 6.700.000 per bulan. Lain halnya dengan unit 2BR yang berukuran 54 m2, harga sewa per bulannya mencapai Rp 9.000.000 per bulan. Sedangkan unit 3BR yang terbesar, ukurannya mencapai 102 m2 dan harga per bulannya yaitu Rp 12.000.000.  

LSaya berkesempatan untuk mengunjungi unit 2BR di tower B apartemen Aspen Rasuna. Unit ini memiliki ukuran yang minimalis, tetapi tetap nyaman dan terlihat lega untuk dihuni oleh keluarga satu anak. Suami istri dapat menempati kamar yang memiliki kasur double-bed, sedangkan sang anak dapat tidur di kamar kasur single bed. 

Ruang tengahnya terdiri dari sofa, TV, dapur, serta meja makan minimalis. Ukuran ruang tengah tidak terlalu luas dan kira-kira dapat dilalui oleh dua orang sekaligus. Meskipun begitu, ruangan ini menampakan kesan lega, karena tidak ada sekat pembatas antara meja makan, dapur dan ruang TV. Kaca yang dipasang di belakang sofa juga membuat kesan ruangan menjadi lebih luas. Jarak antara TV dan sofa cukup ideal dan tidak merusak mata jika ingin menonton TV. 

Pencahayaan di unit ini terbilang sangat baik. Hal itu karena terdapat jendela besar yang mengarah ke balkon. Dari balkon lantai 25, angin yang berhembus terasa sangat kencang. Terkait kondisi bising, dari sini tidak terdengar suara mengganggu sama sekali. Penghuni bisa istirahat dengan tenang tanpa harus diganggu oleh suara-suara kendaraan yang melintas. 

ANDA AKAN SUKA DENGAN

Meskipun tidak menawarkan fasilitas terbaik, Aspen Residence tetap layak menjadi pertimbangan Anda untuk mencari hunian, karena lokasinya dekat dengan pusat-pusat perbelanjaan dan fasilitas publik lainnya. Adapun tempat-tempat yang dimaksud adalah sebagai berikut. 

1. One Belpark Mall

One Belpark Mall adalah mall terdekat dari apartemen Aspen Residence. Jaraknya hanya 230 meter dan dapat dicapai dengan jalan kaki. Tempat ini merupakan mall yang terintegrasi dengan gedung kantor. Baik pegawai kantor maupun penghuni apartemen bisa bebas menikmati segala fasilitas yang ada di mall ini.

Banyak tenant-tenant makanan enak yang bertempat di One Belpark, misalnya Mama Malaka, Mokka cafe, Trafford Cafe, Lekko, Bakso Lapangan Tembak, Mie Jakarta dan lainnya. Tidak hanya itu, event-event besar di Jakarta juga sering di adakan di atrium mall yang memiliki luas 1.000 m2 ini, sebut saja Hijaber Festival, Dreamers Festival, Java Jazz on The Move, Kemilau Emas Pegadaian, World Cup Live Streaming, dsb. Jika Anda ingin berbelanja bulanan, di mall ini tersedia Farmer’s Market yang akan memenuhi segala kebutuhan Anda.¬†

2. Cilandak Townsquare

Alternatif lain bagi penghuni Aspen Residence yang ingin mencari tempat hangout menarik bisa mengunjungi Cilandak Townsquare. CITOS (singkatan dari Cilandak Townsquare) terdiri dari bangunan utama 2 lantai. Matahari Departemen Store terletak di ujung kanan bangunan.

Selain itu, di sini Anda dapat menemukan restoran yang menyediakan makanan enak, misalnya di ground street ada Burger King, Wendy’s, Mc Donald, Solaria, Caribou Coffee dan di broadway street terdapat Pizza Hut,¬† Baskin Robbins, Lotteria, Pepper Lunch, Marugame Udon.

Toko-toko elektronik, Gramedia hingga Cinema XXI terletak di townhall extended dan townhall walk.  

3. Mall Cinere

Mall Cinere merupakan pusat perbelanjaan yang terletak di area Cinere, Depok, Jawa Barat. Penghuni dapat mencapainya hanya dalam waktu beberapa menit berkendara. Tenant-tenant yang sudah bergabung dengan mall ini diantaranya adalah Super Indo, Pojok Busana, KFCm A&W, Dunkin’ Donuts, Bread Talk, Cinema21, dll.

4. Rumah Sakit Fatmawati

Rumah Sakit Fatmawati adalah rumah sakit terdekat dari apartemen Aspen Residence. Di sini, layanan kesehatan yang tersedia meliputi IGD, pelayanan hermodialisa, klinik tumbuh kembang, layanan rawat jalan, pelayanan tulang belakang terpadu, pelayanan sentra vaksinasi umroh, pelayanan ortopedi dan rehabilitasi medik, pelayanan patologi, pelayanan radiologi, pelayanan diagnosis khusus, endometriosi center, dan lainnya. 

Informasi Selengkapnya:

5. Stasiun MRT Fatmawati

Dari semua stasiun MRT yang ada di Jakarta, stasiun MRT Fatmawati adalah yang terdekat dari apartemen Aspen Residence. Di selatan stasiun MRT Fatmawati hanya terdapat stasiun MRT Lebak Bulus, sedangkan di utaranya terdapat stasiun MRT Cipete Raya, Haji  Nawi, Blok A, Blok M, Sisingamangaraja, Senayan, Istora, Benhill, Setiabudi, Dukuh Atas dan Bundaran HI. 

Integrasi Antar Moda dari Stasiun MRT Fatmawati

  • Metromini: S76, S79, S610, S619
  • PPD: P21
  • Kopaja: P06 dan S605
  • Maya Sari Bakti: P15A dan P18B
  • Bianglala AC143
  • Steady Safe: AC20, AC150 DAN AC151

INFORMASI LAINNYA YANG PERLU ANDA KETAHUI

  • Biaya Maintenance: Hubungi nomor 021 – 2765 0918 untuk informasi lebih lanjut.
  • Tipe Unit: 1BR, 2BR, 3BR
  • Tower: 1, A, B, C
  • Pengembang: PT Harmas Jalesveva
  • Cocok dihuni¬†oleh karyawan, pebisnis, eksekutif, maupun keluarga yang sudah atau belum memiliki anak.¬†
Review: Aspen Residence Fatmawati
  • Location
  • Facilities
  • Building Quality
  • Neighborhood
  • Value For Money
3.6

Kesimpulan

Aspen Residence menyajikan hunian yang nyaman dan tenang di tengah kawasan sibuk Fatmawati. Meskipun fasilitasnya terbilang masih dasar dan tidak cukup istimewa, kebutuhan penghuni bisa tetap terpenuhi karena di dekat apartemen terdapat One Belpark Mall dengan fasilitas dan tenant-tenant yang super lengkap. Tidak hanya itu, keunggulan lain dari Aspen Residence adalah unit-unit yang mereka tawarkan, minimalis namun tetap nyaman. Dari apartemen maupun unit tidak terdengar kebisingan sama sekali, jadi penghuni bisa beristirahat dengan lebih optimal. Terkait pemandangan yang disajikan, dari lantai atas apartemen yang terlihat sebagian adalah perumahan yang diselingi beberapa gedung-gedung tinggi.

BEBERAPA CONTOH UNIT YANG DISEWAKAN DI ASPEN RESIDENCE:

Aspen Residence FatmawatiAspen Residence – Unit ASPC013
Unit ASPD001 Aspen ResidenceAspen Residence- Unit ASPD001
Aspen Residence FatmawatiAspen Residence – Unit ASPD004

1 Comment

  1. Widodo

    Thanks Jendela..saya puas sewa aprtmnt dengan jendela,staff nya sangat responsif..dan pelayanan nya sangat ramah…Thanks jendela

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *