Jakarta Timur adalah gudangnya properti murah. Harga tanah yang masih murah, membuat rumah-rumah di Jakarta Timur dijual dengan harga terjangkau. Menemukan rumah dijual di Jakarta Timur 200 juta juga bukan perkara sulit.

Dimana seharusnya Anda mulai mencari rumah dijual di Jakarta Timur 200 juta? Luas total Jakarta Timur adalah 188 km2 yang meliputi 10 kecamatan dan 65 kelurahan. Tidak semua wilayah di Jakarta Timur memiliki rumah murah yang dijual Rp200 jutaan. Untuk menemukannya, Anda bisa mulai mencari di lokasi-lokasi berikut.

Ciracas

Ciracas adalah lokasi pertama yang perlu Anda survei jike ingin mencari rumah murah di Jakarta Timur. Rumah dijual di Ciracas harga Rp200 jutaan terbilang cukup banyak. Ciracas sendiri merupakan salah satu kecamatan di Jakarta Timur yang berada di ujung selatan, berbatasan dengan Depok.

Infrastruktur yang tersedia di sini berupa Jalan Tol Jagorawi di sisi barat dan Jalan Tol Lingkar Luar di sisi utara. Ciracas akan semakin terhubung dengan wilayah lain, karena pemerintah telah membangun sejumlah stasiun LRT di wilayah ini. Salah satunya yang terkenal adalah Stasiun LRT Ciracas, yang termasuk ke dalam Daerah Operasi I Jakarta.

Dengan adanya proyek-proyek ini, rumah murah di Ciracas bukan hanya strategis untuk dihuni, tetapi juga potensial untuk dijadikan investasi. Jika tertarik untuk mencari rumah murah di Ciracas, Anda bisa mulai menyisir daerah Jalan Raya Centex.

1. Rumah di Jalan Raya Centex

rumah dijual di Jakarta Timur 200 jutaHarga Jual: Rp200.000.000

Jalan Raya Centex merupakan jalan yang sangat strategis di Ciracas. Lokasinya dekat dengan Pasar Ciracas, dan hanya beberapa meter dari proyek LRT Ciracas. Salah satu rumah di sini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp200 juta pas.

Rumah berukuran 35 m2 dengan 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Tidak memiliki perabot (unfurnished), namun rumah sudah terjamin Sertifikat Hak Milik (SHM)-nya. Listrik yang digunakan adalah 1.300 watt.

Kalisari

Kalisari sebenarnya bukanlah kecamatan, tetapi kelurahan di Jakarta Timur. Lokasi Kalisari berada di ujung selatan Jakarta Timur, dan berbatasan langsung dengan Depok. Letaknya cukup strategis, karena berada tidak jauh dari Jl. Akses UI di sisi selatan, dan Jl. Lenteng Agung beserta sejumlah stasiun di sisi barat.

Di mesin pencari, rumah dijual di Kalisari lebih populer dibanding Pasar Rebo. Volume pencariannya mencapai 70 per bulan. Jika

2. Rumah di Jalan Kenanga

Harga Jual: Rp297.000.000

Jalan Kenanga adalah salah satu jalan di selatan Kalisari yang dikelilingi oleh perumahan penduduk. Salah satu rumah disini dijual dengan harga Rp200 jutaan.

Rumah dijual dengan harga Rp297 juta per unit. Luasnya 30 m2 dan dilengkapi dengan 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi.  Spesifikasinya, rumah ini menggunakan rangka atap baja ringan, plafon gypsum rangka holo, lantai keramik 40 x 40, dan kusen dari alumunium.

Listriknya berdaya 1.300 watt. Instalasi antena TV terpasang. Sumber air menggunakan sumur bor. Rumah juga sudah dilengkapi water torn 300 ltr / 500 ltr.

Baca juga: Cari Sewa Rumah 1 Juta per Bulan di Jakarta? Cek 8 Unit Rumah Ini

Condet

Condet adalah sebuah nama daerah di Jakarta Timur yang wilayahnya mencangkup kelurahan Batuampar dan Balekambang, Kramat Jati. Lingkungan Condet sangat kental dengan budaya Betawi.

Ali Sadikin bahkan pernah menjadikan Condet sebagai cagar budaya masyarakat Betawi. Akan tetapi, karena banyak pendatang, proporsi masyarakat Betawi semakin berkurang.

Condet adalah lokasi yang strategis untuk mencari hunian murah. Lokasinya sangat dekat dengan Pasar Minggu dan Tanjung Barat. Jika ingin mencari rumah seharga Rp200 jutaan di Condet, Anda bisa mulai menyusuri daerah Balekambang.

3. Rumah di Balekambang

Harga Jual: Rp225.000.000

Balekambang adalah kelurahan di Jakarta Timur yang terletak di sisi barat Jl. Raya Condet. Ada sejumlah rumah murah yang dijual di sini. Salah satunya dijual dengan harga yang sangat murah, yakni Rp225 juta.

Rumah seluas 30 m2 ini dijual dalam wujud unfurnished. Sertifikatnya adalah tanah girik, dan memiliki daya listrik 1.300 watt. Rumah memiliki dua lantai, dengan tangga yang terbuat dari beton.

Cakung

Cakung adalah salah satu kawasan tersibuk di Jakarta Timur. Sebabnya Cakung menjadi perantara antara Bekasi Barat dan Jakarta. Kawasan ini juga memiliki konektivitas yang baik, karena Cakung sudah dilengkapi dengan berbagai infrastruktur seperti Jalan Raya Bekasi, Jalan Lingkar Luar Jakarta, dan Jalan I Gusti Ngurah Rai yang terhubung dengan Duren Sawit, Jatinegara dan Matraman.

Cakung semakin ramai dihuni, sejak adanya Kawasan Industri Pulogadung yang tertua di Indonesia. Tidak heran jika permintaan akan hunian murah cukup tinggi di sini. Untungnya, Cakung memiliki banyak stok rumah dijual murah yang bisa Anda survei, seperti:

4. Rumah Jalan Sawo Kecik

rumah dijual di Jakarta Timur 200 jutaHarga Jual: Rp130.000.000

Jalan Sawo Kecik terletak hanya beberapa langkah dari Stasiun Cakung, sehingga sangat strategis untuk menjadi lokasi hunian. Salah satu rumah di jalan ini dijual dengan harga Rp130 juta saja.

Rumah dijual dalam kondisi unfurnished dengan luas 42 m2. Rumah telah mengalami renovasi di bagian dapurnya. Adapun kelengkapannya berupa AJB, daya listrik 900 watt, dan enam ruangan (teras, ruang tamu, kamar tidur, ruang makan, dapur dan kamar mandi).

Cibubur

Cibubur adalah salah satu kelurahan kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Keistimewaan kawasan ini adalah banyak dipenuhi oleh pusat perbelanjaan besar Jakarta Timur, seperti Cibubur Junction dan Cibubur Square.

Sejumlah lokasi wisata, seperti Bumi Perkemahan Cibubur, Taman Bunga Wiladatika, Kebun Bibit Agro Cibubur dan hutan kota Cibubur juga berlokasi di kawasan ini. Bahkan, Trans Studio sebagai taman bermain kelas dunia juga membuka cabangnya di Cibubur.

Tidak heran jika Cibubur dipenuhi oleh banyak perumahan kelas atas. Akan tetapi, Anda tetap bisa menemukan rumah dijual murah di Cibubur. Salah satunya adalah rumah di Jalan Sapi Perah.

Baca juga: 9 Tips Cara Membeli Rumah dengan Gaji Kecil Setara UMR

5. Rumah di Jalan Sapi Perah

rumah dijual di Jakarta Timur 200 jutaHarga Jual: Rp150.000.000

Jalan Sapi Perah berada tidak jauh dari Jl. Tol Jagorawi. Salah satu rumah di jalan ini dijual dengan harga yang sangat murah, yaitu Rp150 juta. Rumah ini dilengkapi 2 kamar tidur, 1 lahan parkir dan 1 kamar mandi. Luasnya adalah 45 m2.

Rumah ini berada di lingkungan cluster Green Lake Cibubur. Jadi lingkungannya sangat asri dan tertata. Lebar jalan mencapai 7 meter. Dari sini, hanya perlu menempuh jarak 1 km jika ingin ke Trans Studio Cibubur.

Pondok Kopi

Pondok Kopi merupakan kelurahan di Jakarta Timur yang menjadi bagian kecamatan Duren Sawit. Kelurahan ini cukup strategis untuk dihuni, karena terdapat dua stasiun kereta api di dalamnya, yaitu Stasiun Klender Baru dan Stasiun Cakung.

Jika Anda bekerja di Bekasi, Pondok Kopi bisa menjadi pilihan lokasi hunian yang menarik. Sebab, letak Pondok Kopi bersinggungan langsung dengan Bekasi Barat. Rumah Rp200 jutaan di Pondok Kopi dapat Anda temukan di Jl. Sawo Kecik.

6. Rumah di Jalan Sawo Kecik

Harga Jual: Rp140.000.000

Jalan Sawo Kecik berada tidak jauh dari Jl. Tol Lingkar Luar Jakarta. Jika tertarik membeli rumah murah di sini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp140 juta. Dengan harga ini, Anda sudah mendapatkan satu rumah berukuran 30 m2, dengan 1 kamar tidur, 1 kamar mandi dan 1 lahan parkir.

Rumah dijual dengan kondisi unfurnished, dengan daya listrik 900 watt. Halamannya muat untuk satu unit mobil.

Baca juga: 10 Perumahan Syariah di Bekasi dengan Harga Mulai dari Rp160 Juta

Nah itu tadi beberapa rumah dijual di Jakarta Timur 200 juta. Masih banyak rumah-rumah murah di Jakarta Timur yang belum masuk daftar ini. Sebagai alternatif, Anda bisa mulai mencari-cari rumah subsidi di Jakarta Timur yang harganya tidak kalah murah.

Belum menemukan rumah idaman Anda? Anda bisa menelusuri ribuan listing di Jendela360, lewat link-link berikut: