Rumah type 36 saat ini sedang menjadi buruan. Sebenarnya dalam satu dekade terakhir, rumah dengan type 36 memang lebih digemari daripada lainnya.

Salah satu alasannya, rumah dengan type 36 dianggap paling pas untuk suasana perkotaan. Ukuran yang tidak terlalu besar ataupun kecil juga menjadikan rumah dengan type 36 ini tepat bagi keluarga muda.

Selain alasan dari segi ukuran, rumah tipe 36 juga dicari karena memiliki harga yang tergolong rendah. Sering kali rumah dengan tipe 36 memiliki ukuran luas tanah yang tidak begitu besar.

Sehingga tak perlu juga merogoh kantong dalam-dalam untuk membeli rumah dengan tipe ini. Meningkatnya ketertarikan konsumen akan rumah dengan type 36 juga membuat banyak developer perumahan yang menyediakan hunian dengan ukuran serta tipe tersebut.

Baca juga: 10 Rumah Subsidi di Jakarta dan Sekitarnya Mulai Rp145 Jutaan

Ukuran luas dari rumah dengan type 36 memang tak begitu besar. Tipe rumah ini dinilai pas untuk keluarga kecil yang tinggal di perkotaan. Sedangkan untuk desainnya, rumah dengan tipe 36 sangat pas dengan penataan minimalis.

Desain penataan minimalis untuk rumah dengan tipe 36 bisa menjadi begitu cantik. Tentunya tanpa perlu mengeluarkan budget yang sangat besar pula.

Daftar di bawah ini merupakan sederet inspirasi desain minimalis untuk rumah tipe 36. Desain minimalis yang cantik, sangat pas untuk ruangan terbatas seperti pada rumah dengan type 36.

6 Desain Rumah Type 36 60 Minimalis, Cantik Tapi Low Budget

1. Pengaturan ruangan efektif

desain rumah type 36

Luas dari rumah dengan type 36 memang tak terlalu besar. Untuk itu penataan ruang juga harus diakali seefektif mungkin.

Penataan ruangan yang efektif ini bisa diatur sejalan dengan konsep minimalis yang diusung untuk desain rumah.

Salah satu contoh penataan ruangan yang efektif ini misalnya dapur yang langsung tanpa penyekat ke arah ruang makan. Sedangkan penyekat sementara menjadi pembatas antara ruang makan dan ruang keluarga.

Pengaturan ruangan yang efektif ini bukan hanya tak memakan tempat dengan adanya penyekat. Melainkan juga memberikan kesan rumah yang lebih luas.

2. Penggunaan jendela

Rumah dengan type 36 memiliki ukuran yang terbilang tak terlalu luas. Tantangan terbesar dari ini adalah rumah akan terkesan pengap.

Kesan pengap ini memang bisa diatasi dengan penggunaan furniture minimalis sesuai desain tema. Selain itu juga bisa dengan menggunakan jendela berukuran besar serta banyak di rumah dengan tipe 36.

Penggunaan jendela berukuran besar membantu sirkulasi udara lebih baik di dalam rumah. Selain itu juga, adanya jendela yang besar memberikan kesan lebih lega pada ruangan sempit.

Jendela berukuran besar ini juga akan memberikan cahaya matahari alami masuk ke dalam ruangan. Sehingga bisa lebih hemat energi. Penggunaan gorden yang cantik serta minimalis dapat menjadi ornamen tersendiri nantinya.

3. Desain langit-langit yang tinggi

langit langit rumah type 36

Untuk rumah dengan type 36, mengatur ruangan agar terkesan lapang dan lega menjadi sangat penting. Selain dengan cara pengaturan ruangan yang lebih efektif dan penggunaan jendela berukuran besar, cara lain ialah dengan langit-langit yang tinggi.

Langit-langit yang tinggi memberikan kesan lebih lega pada ruangan. Sehingga menjadikan rumah dengan type 36 terlihat lebih besar.

Selain itu, langit-langit yang tinggi juga membantu sirkulasi udara. Memudahkan untuk cahaya matahari masuk ke dalam ruangan pula.

Untuk rumah dengan type 36 berdesain minimalis, langit-langit tinggi ini akan sangat membantu pada penataan di ruangan. Jadi sepertinya tak ada alasan untuk tidak meninggikan langit-langit rumah, bukan?

4. Pemilihan warna

Untuk tampilan minimalis dan juga cantik di rumah dengan tipe 36, warna memiliki peranan besar. Desain dan penataan ruang untuk minimalis memang cenderung menggunakan warna-warna netral atau monokrom.

Seperti putih atau hitam. Di sisi lain, penggunaan warna-warna monokrom ini tak akan memberikan kesan homey atau nyaman.

Warna lain yang bisa dipilih untuk menampilkan desain minimalis di rumah dengan type 36 seperti beige, sampai cokelat. Kedua warna ini akan terlihat natural dan tetap mengesankan desain minimalis yang diusung.

Selain itu, pemilihan warna netral seperti beige juga memberikan kesan ruangan yang lebih bersih dan besar.

5. Pemilihan material

Pemilihan material juga sangat penting. Untuk desain minimalis, material yang kerap kali digunakan untuk rumah seperti kayu atau bambu.

Penggunaan kedua jenis material ini dianggap paling tepat untuk menunjukan estetika desain minimalis itu sendiri untuk rumah dengan type 36.

Sedangkan material lain yang bisa digunakan untuk tampilan minimalis pada rumah dengan type 36 merupakan besi.

Penggunaan material ini akan sangat pas bila rumah tipe 36 akan mengusung inspirasi desain industrial minimalis. Perpaduan antara besi dengan open wall atau wall yang tak sepenuhnya selesai menegaskan kesan estetika dari desain tersebut.

Baca juga: 7 Macam Hiasan dan Ornamen Dinding Rumah Cantik

6. Pemilihan furniture

Selain desain dan penataan dari bangunan, untuk rumah tipe 36 cantik pemilihan furnitur juga akan sangat penting. Tak perlu memilih furnitur mahal dan dari merk terkenal.

Sebaliknya, fokuskan pemilihan merek sesuai kebutuhan serta inspirasi desain yang diinginkan. Akan lebih baik lagi bila furnitur yang dipilih memiliki beberapa fungsi berbeda demi menghemat ruang di rumah dengan type 36.

Memilih furnitur cantik serta ornamen penghias rumah menjadi bagian penting untuk menampil rumah idaman.

Desain minimalis untuk rumah tipe 36 di atas akan sangat pas diaplikasikan di perkotaan. Rumah dengan tipe 36 minimalis dengan desain cantik yang pastinya akan membuat betah.