Banyak lokasi menarik sebagai spot foto di Jakarta yang bisa anda temukan. Mulai dari yang bernuansa kuno hingga yang memiliki desain futuristik. Berburu lokasi foto merupakan salah satu kegiatan populer bagi masyarakat urban di Jakarta. Lebih dari sekedar hobi akan fotografi, berburu foto sekarang digunakan sebagai ajang eksis di media sosial. 

Berburu lokasi foto menarik biasanya juga dibutuhkan untuk agenda berfoto untuk kebutuhan khusus. Mulai dari untuk foto kelulusan dengan konsep menarik, foto prewedding, foto keluarga, dan masih banyak lagi. 

Jika anda sedang bingung mencari lokasi menarik untuk berfoto di Ibu Kota, berikut beberapa spot foto di Jakarta yang direkomendasikan.

1. Rumah Akar

spot foto di Jakarta

Rumah Akar merupakan salah satu spot foto di Jakarta yang terkenal sebagai lokasi foto prewedding. Sesuai dengan namanya, rumah kuno bergaya kolonial ini memiliki arsitektur alami yang natural dengan tumbuhnya akar menyelimuti hampir sebagian besar tembok dalam rumah. Rumah Akar berlokasi di Kota Tua yang memang memiliki banyak spot foto menarik bernuansa kuno.

Dari luar, penampakan akarnya tidak akan terlihat, namun, ketika anda memasuki rumah, akar menghiasi tembok dan memberikan kesan artistik. Lokasi ini cocok untuk foto dengan konsep vintage hingga gothic yang kelam. 

2. Museum MoJA

Berikutnya ada lokasi foto dengan tema futuristik dan unik yang instagenic yaitu Museum MoJA. Museum MoJA berlokasi di Pondok Indah Mall 2. Museum ini memiliki berbagai ruangan dan seni instalasi yang beraneka ragam. Mulai dari ruangan yang dipenuhi dengan lampu neon, ruangan pelangi dengan ayunan warna-warni, ruangan yang dihiasi oleh doodle, dan masih banyak lagi. 

Anda bisa hunting foto dengan berbagai pose sepuasnya di Museum MoJA. Setelah puas mengambil foto, ada toko souvenir yang bisa anda kunjungi untuk belanja. 

  • Alamat: Jl. Metro Pondok Indah Blok Tb No.27 9, Pondok Pinang, Kemayoran Lama, Jakarta Selatan
  • Apartemen Terdekat: Pondok Indah Golf Apartment

Baca juga: 6 Museum Instagramable di Jakarta Ini Bisa Menjadi Sumber Inspirasimu

3. House of Sweets

Spot foto di Jakarta yang tak kalah seru adalah House of Sweets Jakarta. Buat anda yang ingin memiliki foto dengan konsep warna-warni dan lucu, banyak instalasi bertema makan dan minuman manis di lokasi satu ini. Anda bisa berpose dengan donat raksasa, cangkir teh dan kopi, hingga ruangan dengan tema permen yang colorfull

House of Sweets didirikan oleh artis ibu kota, Chacha Frederica yang melihat kegemaran masyarakat jaman sekarang untuk berburu spot untuk berfoto yang unik. Spot foto satu ini memiliki total 20 ruangan dengan desain makanan manis yang berlokasi di Mall Pacific Place Jakarta. 

4. Museum MACAN

Museum MACAN merupakan sebuah museum seni dengan berbagai karya seni instalasi bernuansa modern kontemporer yang unik. Lokasi satu ini memiliki banyak ruangan yang tak hanya indah untuk dipandang, namun bisa menjadi latar foto menarik untuk diunggah di media sosial Anda. 

Salah satu ruangan yang ikonik dan sering dijadikan spot foto adalah ruangan ribuan bola lampu dan kaca tak terbatas, memberikan kesan ruangan yang sangat luas. Adapun ruangan polkadot kuning hitam yang lucu, serta ruangan putih dengan cipratan car warna-warni yang abstrak.

  • Alamat: AKR Tower level M, Jl. Perjuangan No.5, Jeruk, Jakarta Barat
  • Apartemen Terdekat: Kedoya Elok Apartemen

5. Haluu World Jakarta

Satu lagi lokasi dengan seni instalasi unik yaitu Haluu World Jakarta. Di lokasi ini, anda bisa berpose dan berburu foto sepuasnya dengan berbagai jenis konsep. Mulai dari kolam bunga serba merah muda yang feminin, tema makanan dengan kaleng kerupuk dan mangkuk mie, ruangan yang penuh dengan balon, dan masih banyak lagi. Lokasi ini memiliki total 13 spot dengan berbagai instalasi unik. 

  • Alamat: The Warehouse, Plaza Indonesia Level 5, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat
  • Apartemen Terdekat: The Apartment Jakarta Residence

Baca juga: Mau Jalan-jalan di Jakarta? Ada 21+ Spot Menarik Untuk Dikunjungi Lho!

6. JPO Gelora Bung Karno

spot foto di Jakarta

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Gelora Bung Karno tidak hanya berfungsi sebagai jembatan semata, lokasi ini juga bisa menjadi spot foto yang menarik. Salah satu jembatan termewah di Jakarta ini akan membuat kita terasa memasuki lorong waktu ke masa depan.

Desain jembatan memiliki tema urban futuristik dengan hiasan lampu warna-warni. Jika ingin mengabadikan foto keren di lokasi ini, berkunjunglah pada malam hari ketika lampu jembatan mulai menyala. 

  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No.52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Apartemen Terdekat: Sudirman Mansion

7. Taman Lapangan Banteng

Bagi anda yang mencari spot foto yang menonjolkan pemandangan kota Jakarta, taman Lapangan Banteng bisa menjadi lokasi yang menarik. Taman kota satu ini merupakan salah satu yang terbesar di Jakarta dengan berbagai spot yang bagus sebagai latar foto bernuansa urban.

Mulai dari lapangan beton yang luas, area monumen, hingga air mancur yang indah di malam hari. Lokasi ini bisa menjadi spot sempurna jika sedang sepi dan minim pengunjung. 

  • Alamat: Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat
  • Apartemen Terdekat: Allson Residence

8. Stasiun MRT Thamrin

Satu lagi spot foto di Jakarta bernuansa urban yang modern adalah Stasiun MRT yang berlokasi di kawasan Sudirman-MH Thamrin. Stasiun MRT terbaru di Jakarta satu ini bisa menjadi tempat foto yang menarik sambil menunggu MRT Anda. Mengambil foto saat berada di dalam MRT juga bisa memberikan latar foto yang natural dengan konsep candid yang keren. Foto yang diambil akan tampak seperti di luar negeri jika diambil waktu stasiun sedang sepi. 

9. Hutan Kota Gelora Bung Karno

spot foto di Jakarta

Hutan Kota Gelora Bung Karno merupakan salah satu lokasi yang juga kerap dijadikan sebagai lokasi foto. Sambil jalan-jalan santai menikmati kawasan hijau di Jakarta, anda bisa mengambil banyak foto menarik. Mulai dari fotografi kenampakan kota Jakarta, hingga sebagai latar foto yang natural. 

Lokasi ini memiliki area kolam dengan jembatan kayu, serta hamparan lapangan rumput hijau yang luas. Ada pula beberapa model patung tokoh-tokoh Indonesia untuk properti foto yang menarik. 

  • Alamat: Foundry No.8, Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Apartemen Terdekat: Sudirman Suite

Baca juga: 8 Spot Pilihan Wisata Malam Seru di Jakarta

10. Kali Besar Timur

spot foto di Jakarta

Kunjungi Kali Besar Timur di Taman Fatahillah, Kota Tua yang bisa menjadi lokasi foto menarik dan natural. Tak hanya berfoto di pinggiran kali dan jembatan, bagian tengah kali terdapat spot yang bisa dijadikan latar foto yang memperlihatkan keindahan Kota Tua. 

Tak hanya sebagai foto casual atau street photography, lokasi ini juga bisa menjadi lokasi prewedding yang menarik. 

Itu tadi berbagai spot foto di Jakarta untuk berbagai konsep foto yang anda butuhkan. Banyak lokasi foto menarik yang bisa anda temukan di Jakarta. Mulai dari yang bernuansa natural hingga tempat khusus dengan instalasi menarik. 

Banyak dari lokasi ini juga cukup dekat dengan apartemen-apartemen terbaik di Jakarta. Untuk informasi lengkap tentang apartemen di Jakarta, kunjungi Jendela360.com.

Penulis & Editor: Bernadetta Yucki & Prajodi Daris Andaru

Lihat juga apartemen mewah di kota-kota besar lainnya: