Sekarang ini, permintaan properti dan tempat tinggal yang meningkat tidak dibarengi oleh ketersediaan lahan membuat orang kesulitan mencari tempat tinggal. Sehingga, banyak orang mulai memilih tinggal di rumah vertikal.

Namun, rumah vertikal tidak membuat penghuni leluasa untuk melakukan kegiatan, termasuk berkebun. Sebagai alternatifnya, Anda dapat melakukan kegiatan berkebun di balkon Anda dengan menanam tanaman pot gantung. Berikut ulasan ragam tanaman pot gantung untuk mempercantik balkon rumah Anda. 

9 Ragam Tanaman Pot Yang Cocok Untuk Digantung :

1. Begonia

Begonia adalah tanaman berbunga yang masuk ke dalam ragam jenis tanaman hias yang biasa digunakan sebagai tanaman pot gantung. Tanaman ini berasal dari family Begoniaceae yang usulnya ditemukan oleh Michael Begon.

Tanaman Begonia kebanyakan ditemukan di daratan tropis menuju sub-tropis seperti daratan Asia, Amerika Tengah, Asia Tenggara dan Selatan. Spesies ini termasuk spesies bunga yang banyak dijumpai di hutan hujan tropis yang beriklim basah. 

Di Indonesia sendiri, tanaman Begonia memiliki 200 jenis spesies. Dikarenakan tanaman ini dapat hidup di alam bebas, maka perawatan dari tanaman ini cukup mudah. Cukup letakkan di tempat yang bercahaya, penyiraman rutin, pemberian pupuk hingga mencabut daun atau bunga yang telah mati. 

2. Dischidia 

Dischidia merupakan tanaman gantung atau tanaman yang merambat dari family Apocynaceae. Tanaman ini berasal dari dataran China dan india. Dilihat dari bentuknya, tanaman ini termasuk ke dalam tanaman liar yang masih minim penelitian. Spesies dari Dischidia yang diketahui sampai saat ini kurang lebih ada 125 spesies.

Cara perawatan Dischidia cukup mudah. Letakkan tanaman di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik namun jaga agar tetap lembab. Tidak perlu menyiram terlalu sering dan hanya perlu tambahkan pupuk yang bernutrisi.

3. Petunia

Petunia merupakan tanaman bunga dari famili Solanaceae yang identik dengan bentuk bunga yang menyerupai terompet. Bunga ini tumbuh di dataran Amerika Selatan dan memiliki 20 spesies.

Tanaman hias Petunia tumbuh di tempat yang cukup air dan penyinaran matahari. Tidak ada perlakuan khusus untuk bunga Petunia, karena tanaman ini sama seperti tanaman hias lainnya yang berumur pendek. Tidak perlu khawatir, jika tanaman sudah selesai berbunga Anda hanya perlu menyemai biji untuk mendapatkan tanaman baru. 

4. Lobelia

Tidak kalah cantik dari Petunia, Lobelia adalah tanaman bunga yang memiliki banyak bunga berbentuk kuncup mekar. Bunga ini tumbuh di tempat yang hangat dan beriklim tropis. 

Tanaman Lobelia memiliki banyak bentuk tergantung dari asal spesies dan genus. Namun biasanya yang banyak dipelihara adalah Cardinal Lobelia.

Perawatan dari tanaman Lobelia juga cukup mudah. Tanaman Lobelia membutuhkan sedikit maintenance seperti tempat yang cukup sinar matahari dan mengatur penempatan tanaman jika suhu udara sudah terlalu panas. Lalu jika ingin menanam lobelia di pot, harus perhatikan kapasitas dan kuantitas Lobelia. Pasalnya, Lobelia biasa tinggal di tempat yang cukup luas. Jadi yang perlu diperhatikan adalah rasio pot dan bakal tanaman yang ditanam.

5. Wisteria

Wisteria merupakan tanaman berbunga dari famili Fabaceae. Tanaman Wisteria berbentuk memanjang vertikal dan biasa ditemukan di China, Jepang Korea, Kanada, Vietnam dan Timur Amerika. 

Tanaman Wisteria merupakan salah satu tanaman pot gantung tercantik yang sering digunakan masyarakat Jepang sebagai salah satu bunga kebudayaan. Perawatan bunga Wisteria cukup mudah. Tanam di media tanah yang bagus dan subur, cukup pencahayaan, pastikan ada penyangga seperti tembok atau kayu untuk dirambati, dan luangkan waktu untuk memangkas Wisteria yang tumbuh cepat. 

6. Pilea Depressa

Pilea Depressa atau yang sering disebut Greenfall merupakan tanaman gantung yang tidak berbunga. Tanaman Pilea Depressa memiliki tampilan rangkaian dahan yang panjang dan ditumbuhi daun-daun hijau muda. Sering sekali ditemukan di Eropa utara dan Skandinavia.

Merawat tanaman Greenfall cukup mudah. Yang perlu dipersiapkan adalah pot atau wadah yang berpori, pupuk dan tanah subur, suhu ruangan yang lembab, cahaya matahari yang cukup dan batang atau stick untuk dirambati. 

Baca Juga : Cari Apartemen Dekat Tangcity Mall? Ini Rekomendasinya!

7. Callisia

Callisia Rainbow atau disebut tanaman kribo ungu adalah tanaman berbunga yang daunnya berwarna pink atau ungu. Berasal dari Mexico, India dan Amerika Selatan, tanaman ini terbiasa hidup di iklim hangat. 

Tanaman Callisia memiliki bunga kecil berwarna putih yang mekar dengan cepat. Bunga mekar sekitar musim semi dan musim gugur. 

Perawatan tanaman pot gantung ini cukup mudah. Tanam di media tanah yang lembab, rajin menyirami, jaga suhu tetap hangat, dan pastikan terkena cahaya matahari yang cukup.

8. Wijaya Kusuma

Bunga Wijaya Kusuma merupakan salah satu tanaman primadona masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan masa tumbuh dari bunga Wijaya Kusuma yang singkat dan cepat. Selain itu wangi dari bunga yang semerbak hingga bentuk bunga yang mempesona membuat banyak masyarakat memburu tanaman Wijaya Kusuma.

Walaupun Wijaya Kusuma termasuk tanaman kaktus, tanaman ini membutuhkan pengairan yang lebih untuk menjaga kelembaban tanah. Tidak seperti tanaman lainnya, jauhkan tanaman ini dari sinar matahari. Jangan lupa untuk selalu memberi pupuk agar ternutrisi. 

9. Lee Kwan Yew

Tanaman ini memiliki nama asli Veronica Elliptica. Bentuknya seperti dahan memanjang yang merambat ke objek yang kokoh. Bentuk dari tanaman ini seperti tanaman rambat yang menjuntai berdaun zaitun. Tanaman pot gantung ini sangat populer di Asia Tenggara karena daun yang menjuntai terlihat sangat estetik dan rindang. 

Lebih simpel daripada tanaman hias lainnya, tanaman Lee Kwan Yew hanya memerlukan tanah yang mudah menyerap air. Suhu panas dan iklim tidak terlalu berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman ini. Namun tetap, tanaman ini akan tumbuh efektif jika berada di bawah sinar matahari. 

Inspirasi tanaman pot gantung di atas akan sangat cocok diaplikasikan di apartemen idaman Anda. Temukan apartemen dengan balkon yang nyaman di Jendela360. Anda tidak perlu menghabiskan waktu keluar rumah, dan dapatkan informasi detail mengenai apartemen impian Anda di Jendela360