Fengshui adalah ilmu topografi kuno asal Tiongkok yang mempelajari bagaimana manusia dan alam dapat hidup harmonis dengan menyerap energi (Qi) yang positif.

Ilmu ini banyak diterapkan pada tata ruang bangunan. Banyak yang meyakini jika fengshui untuk ruko diterapkan, dampaknya akan membawa hoki.

Manfaat menerapkan fengshui untuk ruko antara lain menarik pelanggan, meningkatkan penjualan, sampai menjaga mood pelanggan ketika berbelanja.

Fengshui pada ruko adalah tentang menjaga energi positif, agar pengalaman belanja pelanggan Anda tetap berkesan. Caranya? Anda bisa mengikuti tips-tips berikut.

1. Buat Ruko Anda Menonjol

fengshui untuk ruko

Lihat sekeliling, apakah ruko Anda terlihat sama saja dengan ruko-ruko lainnya? Jika iya, maka itu merupakan pertanda buruk.

Secara fengshui, jika Anda ingin menarik pelanggan, maka aliran energi menuju pintu masuk harus kuat dan jelas.

Artinya, keberadaan ruko Anda harus disadari oleh orang-orang di sekitar. Coba periksa papan nama ruko Anda, apakah terlihat dari kejauhan?

Jika tidak, Anda dapat membersihkan permukaannya, atau memasang lampu agar papan tetap terlihat di kala gelap.

Hal lain yang dapat membuat ruko Anda terlihat menonjol adalah warna cat yang masih baru. Jika warna cat ruko Anda sudah lusuh, coba lapisi dengan yang baru.

Begitu juga dengan lantai keramik atau vinyl pada ruko Anda. Segera perbaiki jika ada yang rusak.

Selain itu, memasang jendela yang fresh dan pintu yang sesuai dengan warna fengshui juga dipercaya mampu membuat ruko Anda terlihat menonjol.

Di dalam fengshui, setiap warna merepresentasikan elemen-elemen tertentu, seperti:

  • Tanah: dilambangkan dengan kuning cerah dan cokelat terang,
  • Kayu: dilambangkan dengan warna hijau dan cokelat,
  • Api: dilambangkan dengan merah, kuning pekat, jingga, ungu dan merah jambu,
  • Air: dilambangkan dengan warna biru dan hitam,
  • Logam: dilambangkan dengan warna putih dan abu-abu.

Warna apa yang sebaiknya diterapkan pada ruko saya? Tergantung dari tahunnya. Khusus tahun ini (2020), tahun tikus logam putih dalam kalender Tionghoa, warna yang dipercaya membawa keberuntungan adalah warna putih dan biru.

Baca juga: 10 Warna Cat Kios yang Menarik, Cocok untuk Bisnis Anda

2. Periksa Jalan Menuju Ruko Anda

Jangan biarkan rintangan menghalangi energi Qi masuk ke ruko Anda.

Cobalah untuk melakukan observasi di sekitar ruko dan pastikan tidak ada yang menghalangi pelanggan untuk masuk ke ruko Anda.

Beberapa halangan yang mungkin terlihat adalah pohon, tanaman atau kendaraan yang sedang parkir.

Jika memungkinkan, singkirkan halangan-halangan tersebut. Periksa lagi jalanan menuju ruko Anda. Apa ada aspal yang rusak? Seberapa parah kerusakannya? Apakah bisa membuat orang tersandung?

Hal-hal seperti ini yang kelihatannya remeh, namun sangat berpengaruh terhadap aliran Qi menuju ruko Anda.

Baca juga: 13 Tips Menyewa Ruko yang Cocok untuk Bisnis Anda

3. Ruko Berada di Posisi yang Tinggi

Posisi ruko yang tinggi dapat memberi keuntungan dari segi fengshui. Sebabnya, posisi ini mampu menjauhkan ruko dari marabahaya, seperti banjir yang sering menerpa bangunan-bangunan di tanah rendah.

Meskipun begitu, disarankan juga untuk tidak memilih ruko yang kelewat tinggi. Pelanggan bisa kesulitan menjangkau ruko Anda karena harus menanjak terlebih dahulu. Jika mereka datang atau pulang membawa barang, akan lebih merepotkan lagi.

4. Buat Titik Fokus (Focal Points)

Di dalam ruko, paling tidak ada titik fokus yang menonjol dan titik sekunder untuk eksplorasi. Penampakkanya harus jelas terlihat ketika pertama kali pelanggan masuk ke ruko.

Jangan sampai ruko Anda terlalu banyak memiliki titik fokus, sehingga membuat sesak dan seolah-olah tidak tersisa ruang lagi untuk bernafas. Hal ini buruk dalam ranah fengshui, karena mampu menimbulkan kesan yang sangat berisik.

5. Letakkan Kasir di Tempat yang Sesuai

Kasir atau tempat pembayaran sebaiknya diletakkan di titik terkuat dalam fengshui yang disebut commanding position. Untuk fengshui ruko sendiri letaknya berada di garis diagonal dari pintu masuk.

Ketentuan lainnya adalah pastikan ada dinding yang kokoh di belakang kasir, supaya tidak akan ada orang yang tiba-tiba masuk dan melakukan hal yang tidak diinginkan. Jika Anda harus meletakkan kasir di tempat lain ingatlah untuk tidak membelakangi pintu masuk.

6. Pasang Papan Nama di Dalam Ruko

Untuk menciptakan pelanggan yang loyal, Anda perlu memasang papan nama di dalam ruko. Fungsinya agar mereka tahu dimana mereka berada.

Jika tidak dipasang, pelanggan Anda mungkin tidak akan sadar sedang berada dimana mereka sekarang ini. Itu merupakan pengalaman berbelanja yang buruk menurut fengshui.

7. Hindari Kesalahan-Kesalahan yang Umum Terjadi

Beberapa penataan dan kerusakan kecil sangat mungkin mengganggu fengshui ruko Anda. Parahnya lagi, hal ini mungkin tidak Anda sadari.

Fotolah bagian dalam dan luar ruko Anda. Lalu lihat dengan seksama, apakah ada objek yang berpotensi mengganggu fengshui ruko? Beberapa objek tersebut misalnya:

  • tempat sampah di tempat terbuka,
  • kabel-kabel listrik yang dapat dilihat pengunjung,
  • kotak-kotak kosong tidak terpakai,
  • cermin yang menghadap pintu masuk,
  • pintu depan dan belakang berada pada garis sejajar,
  • lampu yang remang-remang,
  • bau menyengat,
  • dll.

Baca juga: 9 Tips Nyaman Tinggal di Ruko yang Bikin Anda Makin Betah

8. Ciptakan Energi Positif

Pelanggan Anda menggunakan emosi atau perasaan mereka ketika berbelanja. Dalam definisi fengsui, emosi adalah energi yang bergerak. Untuk menciptakan energi yang bagus, pastikan Anda:

  • terus menjaga kualitas udara di dalam ruko,
  • memiliki tingkat pencahayaan yang cukup,
  • menyetel musik seperlunya,
  • menggunakan wangi-wangian yang tidak mengganggu, dan
  • secara rutin menata ulang display toko.

9. Biarkan Pelanggan Mengeksplorasi Sendiri

Ruko yang baik adalah ruko yang bisa dijelajahi sendiri oleh pelanggan. Maksudnya, pelanggan bebas kesana-kemari, menemukan apa yang mereka butuhkan.

Oleh karena itu, penggunaan jalur tunggal di dalam ruko harus dihindari.

Anda dapat membagi ruko menjadi bagian-bagian yang independen, dengan energinya sendiri. Energi ini tercipta dari warna, cahaya, wangi-wangian dan bentuk yang berbeda.

10. Letakkan Barang-Barang Pembawa Hoki di Dalam Toko

Pernahkah Anda melihat patung kucing berwarna emas yang ada di sisi kasir ketika sedang berbelanja?

Patung tersebut merupakan salah satu benda yang dipercaya membawa hoki. Dalam fengshui, diyakini ada beberapa benda pemawa hoki di tempat usaha yang mampu mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya.

Benda-benda ini biasanya diletakkan di dekat kasir, yang menjadi arus masuknya kas. Selain patung kucing, Anda juga bisa meletakkan benda lainnya, seperti kapal dengan segudang harta karun di dalamnya.

Ingatlah untuk menghadapkan kapal ini ke arah kasir dan bukan ke luar, untuk menarik rejeki masuk.

Fengshui merupakan bidang ilmu yang sudah ada ribuan tahun lamanya. Namun masih relevan diterapkan hingga saat ini.

Bahkan tidak sedikit pebisnis yang sukses karena menerapkan fengshui untuk ruko. Yang terpenting dalam menerapkan fengshui di tempat-tempat usaha adalah dengan menjaga agar aliran Qi di dalam dan luar toko tetap lancar. Dengan begitu, pelanggan akan dengan senang hati keluar masuk toko Anda.