Jika Anda membeli apartemen untuk tempat tinggal, Anda juga harus memikirkan manfaat yang datang untuk di masa depan. Mungkin suatu saat nanti Anda berpikir untuk menyewakan atau bahkan menjualnya. Itulah mengapa perlu dipikirkan bagaimana perkembangannya sejak awal untuk membeli apartemen. Investasi merupakan metode yang biasa digunakan.

Melalui investasi, seseorang bisa mendapatkan keuntungan dari bunga atau return. Semakin banyak orang yang menyadari pentingnya investasi, semakin besar juga peluang mereka untuk berhasil mencapai tujuan finansial mereka. Jika Anda tidak memiliki investasi saat ini, masih banyak waktu untuk memulai. Salah satunya adalah melakukan investasi apartemen di Tangerang

Kenapa harus di Tangerang? 

 

Kawasan yang menarik dan relatif dekat dengan Jakarta, serta lingkungannya yang tersusun rapi dan didukung fasilitas modern, hal itu pasti menjamin kenyamanan untuk penghuninya.

Kawasan ini memiliki banyak daerah atau kota mandiri yang dihuni oleh kelas menengah ke atas. Oleh karena tingginya permintaan hunian apartemen di Kota Tangerang, tentu menyebabkan kenaikan harga properti yang mengalami peningkatan.

Hal ini menjadi alasan mengapa investasi apartemen di Tangerang merupakan hal yang menarik untuk dilakukan. Selain digunakan sebagai tempat tinggal, apartemen juga bisa disewa secara bulanan atau tahunan.  Ada beberapa langkah – langkah yang perlu diperhatikan dalam memulai investasi apartemen di Kota Tangerang.

1. Memilih Kawasan Strategis

Seperti yang kita ketahui, bahwa kota Tangerang memiliki fasilitas yang memadai, akses tempuh dari satu titik ke titik lainnya pun juga cukup dekat dan singkat. Hal ini mengacu pada langkah pertama dalam memilih sebuah apartemen yaitu dapat memastikan bahwa apartemen tersebut dibangun di lokasi yang ideal dan strategis. Biasanya apartemen di bangun dekat fasilitas umum, moda transportasi, infrastruktur, perkantoran, dan juga kawasan rumah sakit.

Branz BSD

Seperti Branz BSD, Apartemen ini berlokasi dekat dengan beberapa pusat hiburan dan perbelanjaan di Tangerang seperti AEON Mall BSD City yang bisa diakses dalam waktu singkat dan tentunya cocok untuk para eksekutif muda. Selain itu, tidak terlalu jauh dari gerbang tol yang mengarah ke jalan tol Jakarta-Serpong. Ada juga Terminal BSD yang memiliki bus yang dapat membawa Anda ke daerah lain di Tangerang serta pusat kota Jakarta.

Kawasan apartemen lainya seperti Serpong, Cikokol, Alam Sutera, dan Karawaci juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk menjadikan aset investasi. Daerah ini pasti memiliki permintaan yang tinggi, sehingga apartemen milikmu dapat disewa dengan cepat dan menghasilkan keuntungan yang tidak ‘main – main’.

Ada beberapa rekomendasi list Apartemen ‘hot’ lainya di Kota Tangerang yang cocok dijadikan aset investasi seperti Casa De Parco (BSD), M Town Residence (Serpong), M Town Signature (Serpong), Scientia Residence (Cikokol), Skandinavia TangCity (Cikokol), Kota Ayodhya (Cikokol), Yukata Suites (Alam Sutera), Elevee Penthouse Residence (Alam Sutera), dan U Residence (Karawaci).

2. Tentukan Fasilitas yang Memadai

Berbicara soal ‘memadai’,  tentunya Apartemen di Kota Tangerang memiliki banyak fasilitas untuk memenuhi kebutuhan penghuninya.

M Town Residance

Kita ambil contohnya seperti M Town Residence yang terletak di Serpong, Tangerang. Apartemen ini memiliki fasilitas umum yang lengkap seperti keamanan, fitness center, kolam renang, hingga taman dan playground yang dapat membuat penghuni semakin betah untuk berlama lama.

U Residance Apartment

Contoh lainya yaitu U Residence Apartment yang terletak di karawaci. Fasilitas yang ditawarkan yaitu gym, kolam renang, jogging track, taman bermain anak, ruang serba guna, ATM & bank center, jalan penghubung ke Supermal Karawaci, keamanan, serta dilengkapi dengan Garden House dan Sky Garden.

Fasilitas lengkap dalam unit yang memenuhi kebutuhan penyewa juga akan menjadikan nilai bagus untuk meningkatkan harga sewa apartemen itu sendiri. Semakin tinggi modalnya, maka semakin banyak juga fasilitas yang di dapat. Satu hal yang perlu diingat, yaitu Anda harus bisa menyesuaikan target pasar apakah unitnya memang cocok untuk keluarga, pelajar, mahasiswa ataupun karyawan. Kamu pun juga bisa memulai dengan tipe unit studio terlebih dahulu.

Baca juga : Investasi Apartemen Studio: Keuntungan dan Prospeknya

3. Pintar dalam Mengatur Masa Sewa

Sama seperti flow bisnis pada umumnya. Kita harus cerdik dalam mengatur biaya modal dan return yang didapat. Penyewaan dalam waktu sekitar tiga hingga lima tahun lebih menguntungkan karena tidak perlu pusing dalam mengeluarkan biaya tambahan (perbaikan dan maintenance) setiap bulan. Namun, saat ini kebanyakan penyewa hanya melakukan sewa bulanan. Tetapi hal tersebut dapat mendatangkan keuntungan juga dengan menaikan harga bulanan yang lebih besar dari pada sewa tahunan.

4. Cermati Pengembang Apartemen dan Teliti dalam Status Legalitas

Di balik fasilitas yang sempurna dan lokasi yang strategis, Anda juga bisa mendapatkan pilihan apartemen yang tepat sebagai investasi dari reputasi developer-nya. Pilih developer yang sudah memiliki track record yang baik. Developer yang tepat bisa dipercaya dan terjamin, tentunya tidak perlu diragukan lagi. Informasi tersebut dapat diperoleh melalui berbagai sumber sehingga kita dapat mengetahui apakah apartemen tersebut dapat dijadikan target investasi yang aman untuk jangka menengah ataupun panjang.

Bagian penting lainnya adalah Anda harus memahami kondisi tanahnya secermat mungkin. Terkadang, penjual atau agen tertentu tidak transparan dalam memberikan informasi properti yang hendak ditawarkan. Oleh karena itu, saya menyarankan agar Anda menghindari transaksi langsung ke rekening pribadi.

5. Konsultasikan dengan konsultan properti yang profesional

Dalam mengawali investasi apartemen, tentu perlu kehati-hatian dalam memilih keputusan. Sangat disarankan agar berkonsultasi dengan property advisor yang sudah handal di bidangnya. Berkonsultasi dengan konsultan properti terpercaya seperti Jendela360 akan sangat bermanfaat bagi Anda yang baru memulai investasi apartemen khususnya di Kota Tangerang.

Kamu juga dapat memanfaatkan situs pencarian apartemen seperti Jendela360.com yang bukan hanya bisa mencari ribuan apartemen di Kota Tangerang, tetapi Anda juga bisa melakukan perbandingan fasilitas serta harga yang sesuai dengan keinginanmu. Kamu bisa menemukan berbagai pilihan apartemen menarik untuk dijadikan pertimbangan.

===

Bagi Anda yang ingin membeli apartemen sebaiknya belilah secepatnya, namun bukan berarti harus terburu – buru. Alasannya adalah semakin awal Anda membeli apartemen, maka akan semakin menguntungkan.

Harga apartemen terus meningkat, jadi yang terbaik adalah membeli apartemen sesegera mungkin selagi Anda masih mampu untuk membayar harga apartemen tersebut. Langkah dalam membeli apartemen tetap perlu memperhatikan tips di atas seperti fasilitas, lokasi, dan reputasi developer dan status legalitas. Hal ini untuk menghindari kerugian di masa depan.

Sudah memiliki gambaran investasi apartemen di Kota Tangerang? saatnya untuk mulai mencari properti yang Anda inginkan. Jendela360 bisa menjadi langkah awal yang tepat untuk memulai, karena portal properti ini menyediakan ribuan listing properti yang dapat membantu keputusan terbaikmu dalam mengawali investasi. Berikut adalah beberapa apartemen di Tangerang yang cocok untuk diinvesitasikan:

outbound lin