Jika Anda sedang mencari tips – tips lolos CPNS, mungkin menjadi pegawai negeri sipil adalah impian terbesar Anda.

Banyak orang mempersiapkan banyak hal demi lolos tes CPNS. Fenomena ini bukanlah hal yang asing di Indonesia, sehingga jangan heran jika banyak ditemukan program-program pelatihan tes CPNS oleh pihak swasta.

Namun, jika Anda masih ragu dan tidak tahu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum tes CPNS, artikel ini menjadi jawaban tepat untuk Anda!

8 Tips lolos CPNS, mudah dan ampuh!

tips lolos cpns

1. Riset Lowongan CPNS yang Potensial

CPNS merupakan salah satu lowongan kerja dengan peminat tinggi di Indonesia. Hampir seluruh masyarakat Indonesia di seluruh Indonesia memiliki keinginan untuk tes CPNS.

Hal ini menyebabkan tingginya tingkat persaingan di antara para peserta tes CPNS. Maka, diperlukan strategi khusus agar dapat lolos tes CPNS.

Salah satunya adalah dengan melakukan riset lowongan yang tersedia sebelum mengikuti tes CPNS. 

Perlu diperhatikan, apakah lowongan yang Anda inginkan merupakan lowongan yang sepi peminat?

Jika iya, maka Anda tidak perlu khawatir dan bisa fokus belajar. Namun, jika lowongan yang Anda inginkan ramai peminat, Anda memerlukan strategi khusus dalam belajar maupun mengerjakan soal nanti. 

2. Riset Passing Grade dan Target Belajar

Ini merupakan salah satu kisi-kisi dalam menentukan lowongan. Cari tahu dan pahami passing grade yang biasanya ada setelah tes CPNS sebelumnya.

Jika sudah, Anda bisa mulai merancang jadwal dan target belajar Anda. Apakah Anda perlu mempelajari lebih dalam SKD atau SKB? Hal itu bisa ditentukan jika sudah mengetahui passing grade di tes sebelumnya. 

3. Cari Bahan Belajar

Di era digital seperti ini, ada banyak cara untuk mempelajari hal baru. Khusus untuk tes CPNS, biasanya para pelamar akan membeli buku kumpulan soal yang dijual bebas di toko buku.

Cara itu pastinya dilakukan hampir seluruh peserta tes CPNS. Namun, tidak ada salahnya untuk mencari bahan ajar dari platform lain.

Anda bisa mencari kisi-kisi soal di internet maupun komunitas – komunitas tes CPNS. Atau jika Anda memiliki sedikit waktu luang, Anda bisa mengikuti course atau kelas tes CPNS secara online maupun offline yang diadakan pihak swasta.

Jika Anda lebih suka belajar mandiri, silahkan buka platform sosial media seperti Youtube untuk mendapatkan informasi mengenai materi-materi CPNS atau bahkan pengalaman yang telah dirasakan oleh peserta tes sebelumnya. 

4. Konsisten Latihan Soal

Dari seluruh persiapan, mungkin ini adalah tips terberat. Konsistensi bukan sekedar sebanyak dan sesering apa Anda mengerjakan soal, namun juga soal seberapa Anda berkomitmen untuk belajar dan melakukan latihan soal.

Banyak orang gagal dalam belajar karena tidak menjaga konsistensi dalam melakukan persiapan.

Konsistensi berarti Anda perlu yakin dan mengikuti jadwal dalam latihan. Jika Anda mulai mempersiapkan dengan berlatih soal sepanjang malam, maka Anda benar-benar harus melakukan latihan dan belajar sepanjang malam sampai waktu tes tiba.

Tentunya tidak semua orang cocok dengan sistem terjadwal, namun sebisa mungkin untuk menjaga konsistensi walaupun tidak sesuai dengan jadwal. Poin ini merupakan tips lolos CPNS yang paling penting dan berpengaruh bagi kemampuan tes Anda. 

Baca juga : 8 Apartemen Menengah di Jakarta yang Worth It Banget!

5. Cek Informasi CPNS Berkala

Memiliki informasi yang akurat mengenai tes CPNS adalah tiket masuk paling penting. Sebelum Anda melakukan riset dan segala perencanaan, pastikan Anda mengetahui informasi tes yang akurat dan terbaru. Jangan sampai Anda lupa atau tidak mendapatkan informasi sama sekali mengenai tes.

Jangan lupa untuk terus mengecek website resmi BKN atau website pemerintah lainnya untuk mendapatkan kabar dan berita terbaru mengenai tes. Sehingga, hasil jerih payah Anda belajar dan latihan tidak akan sia-sia. 

6. Teliti

Menjadi orang yang teliti bukan hanya ketika bekerja, namun di situasi lainnya. Anda perlu teliti mulai dari awal pendaftaran, persiapan dokumen, riset, sampai dengan ketika Anda melakukan tes. 

Pastikan semua hal tertata, tersusun dan lengkap selama proses Anda persiapan hingga tes. Hal ini mungkin terdengar merepotkan terutama bagi Anda yang tidak terbiasa dan sering lupa banyak hal. 

Jika memang tidak terbiasa, mulai biasakan diri untuk teliti dengan menulis semua hal penting di notes dan lakukan hal yang harus dilakukan, jangan ditunda! Ini menjadi tips lolos CPNS lainnya yang terdengar teoritis namun akan sangat berguna untuk Anda. 

7. Persiapkan Dokumen

Banyak dari peserta tes yang menyepelekan poin ini. Padahal, poin ini adalah langkah awal agar Anda untuk bisa masuk dan mengerjakan tes.

Hindari menunda-nunda urusan dokumen. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti foto, ktp dan dokumen yang dibutuhkan lainnya. 

Fotocopy setiap dokumen minimal 2 rangkap, sehingga Anda tidak perlu mencari tempat fotokopi di luar tempat tes.

Siapkan tas, map, atau papan jalan untuk melindungi dokumen Anda. Pastikan dokumen Anda tidak basah, lusuh atau robek. Jangan lupa untuk membawa dokumen asli dan copy secara bersamaan. 

8. Survei Lokasi Tes

Jika Anda tidak cukup paham dengan peta atau lokasi tes, lebih baik untuk melakukan survey ke lokasi tes beberapa hari sebelum tes.

Hal ini selain untuk memudahkan Anda, tapi juga sebagai tindakan preventif jika sewaktu-waktu Anda mengalami hambatan saat di jalan menuju lokasi tes di hari tes. 

Hal ini juga membantu Anda untuk lebih tenang ketika hari tes. Ada banyak orang yang merasa khawatir ketika mengunjungi tempat baru.

Kekhawatiran tersebut tentunya akan berpengaruh pada performa Anda nantinya. Selain itu, Anda juga bisa memperkirakan waktu, transportasi serta biaya yang dikeluarkan untuk sampai ke lokasi tes. 

Anda juga bisa mencari apartemen dekat lokasi tes lewat situs Jendela360, seperti Grand Kamala Lagoon dan The Springlake Summarecon yang berlokasi di Bekasi. Apartemen ini cocok untuk Anda yang akan mengikuti tes cpns di area Bekasi dan sekitarnya.

Selain dapat mencari apartemen, Anda juga bisa berkonsultasi mengenai properti dengan pakar terpercaya kami. Kunjungi Jendela360 dan temukan hunian idaman Anda!