Ingin melangsungkan pernikahan dengan si dia di Jakarta? Memilih venue wedding yang tepat bisa dibilang susah-susah gampang – atau malah gampang-gampang susah. Bila punya properti pribadi (seperti rumah keluarga), mungkin Anda tidak perlu terlalu khawatir. Izin lebih mudah didapat dan seluruh keluarga bisa berkumpul.

Namun, bila membutuhkan rekomendasi venue wedding di Jakarta, beberapa tempat di bawah ini mungkin bisa dicoba:

1. Segarra

venue wedding Jakarta

Ingin menikah di Bali atau venue yang berlokasi di pantai? Sebenarnya tidak perlu sampai harus ke Bali juga, sih. Di Segarra, Ancol, Jakarta Utara, kamu bisa mengikat janji dengan si dia. Di Pantai Karnaval Ancol, resepsi pernikahan berlatar pemandangan pantai yang cantik dapat terwujud.

Agar resepsi pernikahan berlangsung lancar di sini, jangan lupa perhatikan kondisi cuaca. Sediakan lebih banyak payung bila cuaca sedang panas-panasnya. Bila ingin menggelar resepsi di malam hari, sediakan pencahayaan yang cukup agar tidak terlalu gelap. Tidak mau ‘kan, ada yang sampai tersandung karena tidak bisa melihat jalan dengan jelas?

2. Rumah Sarwono

Rumah siapa? Rumah Sarwono? Ini juga salah satu rekomendasi venue wedding di Jakarta yang ngehits di Jakarta. Adanya di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Di sini, Anda bisa menggelar resepsi pernikahan dengan konsep tradisional Jawa. Beberapa setting yang mereka tawarkan termasuk pendopo Solo hingga rumah joglo. Tinggal memilih, lho.

Mau resepsinya di dalam ruangan (indoor) atau di luar (outdoor), pilihannya sama-sama oke. Jika Anda tinggal di apartemen Nifarro Park, mengurus resepsi pernikahan akan sangat mudah, karena letaknya dekat dengan Rumah Sarwono.

3. Omah Sendok

Mengadakan akad dan resepsi pernikahan di Jakarta biasanya mengundang banyak orang. Untuk itu, butuh venue wedding Jakarta yang memadai. Salah satunya adalah Omah Sendok, yang bisa menampung sekitar 300 hingga 500 orang tamu undangan, termasuk pengantin dan keluarga masing-masing. Lokasinya dekat dengan The Capital Residence.

Di Omah Sendok, Anda bisa memilih konsep pernikahan tradisional, baik indoor maupun outdoor. Untuk outdoor, Anda bisa menggunakan taman gazebo atau taman yang ada kolam renangnya.

4. Rumah Ranadi

Buat yang ingin melangsungkan resepsi pernikahan bergaya rustic, Rumah Ranadi bisa jadi pilihan yang tepat. Wedding venue ini punya dua pendopo yang bernuansa Jawa. Pas banget bila konsep tradisional menjadi bagian dari acara pernikahan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Paket Wedding di Jakarta, Nomor 3 Harganya Fantastis!

5. Taman Kajoe

Meskipun pernikahan di Indonesia identik dengan mengundang banyak tamu, Anda boleh kok, mengadakan resepsi yang lebih privat. Taman Kajoe merupakan venue wedding Jakarta yang pas bila tidak ingin mengundang terlalu banyak orang, asal acara berjalan lancar, khidmat, dan lebih fokus pada keluarga dan teman-teman dekat.

Bertempat di Cilandak, Jakarta Selatan, Anda bisa menggelar resepsi pernikahan yang simpel dan kekinian. Resepsi pernikahan outdoor di sini benar-benar akan meninggalkan kesan yang mendalam.

6. Azila Villa

venue wedding Jakarta

Ingin menikah secara semi outdoor, dengan venue wedding mirip di Bali? Tidak usah jauh-jauh ke sana. Cukup ke Cipayung, Jakarta Timur. Di sana ada Azila Villa, venue yang sekilas bernuansa mirip-mirip dengan Bali.

Di sini ada enam kamar tidur yang kualitasnya sama dengan hotel atau resor. Jika ingin mengundang keluarga dan kerabat dari luar kota, Anda bisa mengajak mereka menginap di sini. Anda bisa mengundang 400 hingga 600 orang tamu.

7. The Dharmawangsa

venue wedding Jakarta

Dharmawangsa menawarkan venue wedding berdesain mewah dan arsitektur bernuansa klasik. Ada kolam renang di taman yang tampak menyegarkan mata. Pepohonan dan tanaman-tanaman hijau juga menambah asri suasana pernikahan bergaya outdoor di sini. Anda tidak akan mengiranya bila hanya melihat dari luar The Dharmawangsa.

Jika ini jadi venue wedding pilihan di Jakarta, silakan datang ke Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, dekat apartemen Brawijaya,

8. Gedung Arsip Nasional

Haaah, menikah kok di Gedung Arsip Nasional? Tidak usah heran, karena ini termasuk rekomendasi venue wedding di Jakarta. Dengan gedung bersejarah gaya Eropa, Anda bisa menggelar resepsi pernikahan dengan dekorasi sederhana nan klasik. Yang penting, acara tetap berjalan lancar dan khidmat – serta yang pasti juga sah.

Baja juga: 10 Tips Penting Dilakukan Jelang Persiapan Pernikahan

9. Omah Ndoro Cibubur

venue wedding Jakarta

Selain warga Cibubur, mungkin belum banyak yang mengetahui venue wedding ini. Omah Ndoro terletak tidak begitu jauh dari exit toll Cibubur. Kelebihan venue semi outdoor ini adalah lokasinya yang sangat strategis. Omah Ndoro juga punya lapangan parkir yang sangat luas dan mampu menampung 500 hingga 1000 tamu pernikahan.

10. AYANA MidPlaza Jakarta

Jimbaran Garden adalah salah satu konsep venue wedding yang juga diminati banyak orang. Anda salah satu yang juga menyukainya? Sekarang Anda bisa merayakan pernikahan dengan lokasi yang mirip di Jimbaran, yaitu di AYANA MidPlaza, Jakarta. Merupakan bagian dari AYANA Grand Ballroom, venue wedding di Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat ini patut jadi pilihan.

Bayangkan, menemukan Jimbaran di tengah kota Jakarta. Selain itu, AYANA berada di lokasi yang strategis di Jakarta Selatan. Dekat dengan Sahid Sudirman Residence dan tempat-tempat penting lainnya di kawasan Sudirman.

11. Omah Pawon

venue wedding Jakarta

Ada lagi satu tempat yang kaya akan nuansa Jawa. Letaknya di Ampera, Jakarta Selatan, dan bernama Omah Pawon. Dengan area kolam renang dan taman belakang super luas, Anda bisa menggelar resepsi pernikahan adat Jawa di luar ruangan.

12. Bumi Apsari

venue wedding Jakarta

Bumi Apsari juga menawarkan venue wedding di Jakarta dengan konsep tradisional Jawa. Ini terlihat dari rumah joglo yang terletak di tengah-tengah lahan properti mereka. Berhubung hanya cukup untuk sekitar 400 tamu, Bumi Apsari yang di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, jadi pilihan mereka yang tidak mau menggelar resepsi pernikahan terlalu ramai.

Berhubung rumah joglo-nya ada di tengah, Anda bisa mengkombinasikan konsep indoor dan outdoor untuk acara pernikahan. Misalnya: pelaminan tetap di dalam, namun tamu boleh berjalan-jalan di luar, di sekitar lahan properti. Jadi, mereka juga tidak mudah bosan.

Baca juga: 5 Ide Kado Pernikahan Memorable dengan Budget Friendly

13. Hotel Borobudur

Borobudur Hotel sudah sangat terkenal sebagai hotel mewah sekaligus venue wedding keren di Jakarta. Dengan 23 hektar taman tropis di dalamnya, Anda sudah bisa menggelar pesta pernikahan bertema garden party. Banyak pilihan di luar ruangan, seperti dekat kolam atau di tengah taman.

Terletak di Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Borobudur Hotel sangat mudah untuk ditemukan. Hotel ini juga salah satu yang sudah cukup lama berdiri di Jakarta.

14. Plataran (Cilandak dan Dharmawangsa)

Garden party termasuk tema resepsi pernikahan yang lebih kekinian. Makanya, banyak rekomendasi venue wedding di Jakarta yang punya taman terbuka. Plataran bahkan sampai ada dua, yaitu di daerah Jagakarsa, Cilandak, dan Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Dengan kombinasi area hijau yang segar dan nyaman serta konsep tradisional, pernikahanmu bisa berlangsung lebih intim dan hangat.

15. Financial Club

venue wedding Jakarta

Menggelar pernikahan di Financial Club? Emang bisa? Meskipun namanya jauh dari kesan venue wedding, Financial Club yang berada di Graha CIMB Niaga ini juga masuk daftar rekomendasi venue wedding Jakarta. Ada area indoor maupun outdoor untuk menggelar akad maupun resepsi pernikahan. Mau yang semi-outdoor juga bisa, apalagi jika cuaca sedang sulit diprediksi.

Jangan lupa ya, lokasinya ada di Graha CIMB Niaga, Sudirman, Jakarta Selatan. Persisnya berada di dekat Stadion Gelora Bung Karno, FX Sudirman hingga FX Residence.

Nah, ternyata ada sampai 15 rekomendasi venue wedding di Jakarta. Mau pilih yang mana?