1
district
Bintaro
74
2

Bintaro

Jual Rumah di Bintaro

Potensi Pasar Properti di Bintaro

Jika membahas soal daerah-daerah di luar Jakarta dengan perkembangan pesat pada sektor propertinya, Bintaro tidak dapat luput dari pembahasan. Alasan kawasan ini begitu berkembang adalah karena lokasinya yang bertetangga dengan pusat-pusat bisnis yang sudah matang, seperti Serpong dan BSD City.

Disamping itu, Bintaro juga telah dilengkapi dengan fasilitas umum yang lengkap, mulai dari pusat perbelanjaan, pendidikan dan perumahan. Tidak heran jika Bintaro sempat menjadi primadona bagi investor properti tiga tahun lalu.

Menurut riset yang diungkapkan oleh Rumah.com, jual rumah Bintaro rata-rata telah mengalami kenaikan 0,72% setiap bulannya sejak tahun 2015. Sedangkan untuk kondisi year on year peningkatan nilainya mencapai 5,71%. Kondisi ini jauh mengungguli Banten yang hanya sebesar 1,35%.

Pencari properti di Tangerang Selatan, termasuk Bintaro, menunjukkan minat yang besar pada hunian seharga 500-700 jutaan. Selain itu, hunian residensial dengan kisaran harga 1-1,5 miliar juga kerap diburu di Bintaro. Disusul dengan hunian seharga 700-900 juta di urutan ketiga.

Daftar Lokasi Hunian dan Rumah di Bintaro yang Paling Banyak Dicari

Bintaro Jaya adalah kota mandiri besutan PT. Jaya Real Property (PT. Bintaro Jaya) yang awalnya hanya berada di Jakarta Selatan. Seiring dengan perkembangan kota ini, wilayah Bintaro mulai mekar ke Tangerang Selatan dan saat ini luasnya mencapai 1000 hektar.

Wilayah-wilayah di Bintaro dibagi ke dalam beberapa sektor yang terdiri dari sektor 1, 2, 3, 3A, 4, 5, 6, 7 (CBD), 8 dan 9. Untuk wilayah-wilayah baru, sistem sektor tidak lagi digunakan, diganti dengan sistem distrik. Distrik-distrik yang ada di Bintaro seperti, Menteng, Permata, Puri, Emerald, Kebayoran dan Discovery.

1. Bintaro Jaya Sektor 1

Sektor 1 di Bintaro Jaya dikenal sebagai surganya distro. Mendapat julukan demikian karena Sektor 1 menjadi tempat bagi banyak toko-toko pakaian yang menjual fashion item khas distro. Beberapa brand distro yang mudah ditemukan di sini seperti Tendencies, Heyho Store, Bloods dan Reclays.

Selain distronya, Sektor 1 Bintaro Jaya juga cukup populer untuk mencari hunian. Terbukti, sebanyak 1.600 orang mencari informasi soal Bintaro Sektor 1 setiap bulannya. Dari jumlah tersebut, volume pencarian untuk rumah dijual di Bintaro Sektor 1 ada sebesar 20 per bulan.

2. Bintaro Jaya Sektor 2

Bintaro Jaya Sektor 2 terletak di Jalan Kenari, Rengas, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan. Jaraknya hanya 1,6 km dari Bintaro XXI. Selain itu, Sektor ini juga berada tidak jauh dari Jalan Tol Jakarta-Serpong.

Untuk popularitasnya di mesin pencari, keyword jual rumah Bintaro Jaya Sektor 2 memiliki volume pencarian yang mirip dengan Sektor 1. Hanya saja, untuk kata kunci rumah dijual di Bintaro Jaya Sektor 2, jumlahnya mencapai 40 pencarian per bulan.

3. Bintaro Jaya Sektor 3

Bintaro Sektor 3 terletak di Pondok Betung, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Lokasinya hanya 1,3 km dari Bintaro Plaza. Selain itu, Sektor 3 juga memberikan kemudahan akses ke Tol Jakarta-Serpong dan wilayah ini menjadi salah satu yang terdekat dari bagian Bintaro yang ada di Jakarta Selatan.

Ada sebanyak 1.900 pencarian di Google yang berkaitan dengan Bintaro Sektor 3. Sekitar 40an volume pencarian ditujukan untuk kata kunci rumah dijual di Bintaro Sektor 3.

4. Bintaro Jaya Sektor 7

Bintaro Sektor 7 masih terbilang baru jika dibanding Bintaro Sektor 1-6. Meskipun masih baru, Bintaro Sektor 7 nyatanya cukup menarik bagi beberapa pengembang untuk membangun propertinya. PT. Jaya Real Property adalah salah satu pengembang yang membangun perumahan elit di kawasan ini.

Kebayoran View, perumahan elit yang dibangun di Bintaro Sektor 7, dapat dicapai lewat jalan Tol JORR - Pondok Pinang - Serpong. Selain elit, Kebayoran View juga punya kelebihan lainnya berupa kelengkapan fasilitas umum. Penghuni rumah bisa berkunjung ke Bintaro Plaza yang berjarak 7 km dari kompleks perumahan. Alternatif lainnya adalah Bintaro Jaya Xchange yang hanya berjarak 3,3 km dari perumahan.

Volume pencarian Bintaro Jaya Sektor 7 mengungguli sektor-sektor lainnya di Bintaro. Sebanyak 3.600 pencarian tentang Bintaro Sektor 7 muncul setiap bulannya. Sedangkan untuk kata kunci spesifik untuk rumah, volume pencariannya 20 per bulan.

5. Bintaro Jaya Sektor 9

Sektor lainnya yang memiliki volume pencarian cukup banyak di Google adalah Bintaro Jaya Sektor 9. Lokasi sektor ini berada cukup jauh dari bagian Bintaro yang ada di Jakarta Selatan. Akan tetapi, tetap dekat dengan Jalan Tol Jakarta-Serpong dan Jalan Tol Kunciran-Serpong. Selain itu, sektor yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Pondok Pucung ini juga dekat dengan Bintaro Entertainment Center.

Sebanyak 2.900 pencarian ditujukan ke Bintaro Jaya Sektor 9 setiap bulannya. Untuk pencarian khusus dengan kata kunci rumah dijual di Bintaro Sektor 9, jumlahnya mencapai 90 pencarian per bulan. Sedangkan untuk pencarian rumah di Serpong, totalnya ada 590 pencarian setiap bulan.

Kisaran Harga Jual Rumah Bintaro

Melansir dari laman Lamudi.com, tren harga properti di Bintaro cenderung fluktuatif dalam satu tahun terakhir. Sekitar 12 bulan lalu, harga jual rumah Bintaro mencapai Rp17.500.000 per meter perseginya. Angka ini turun pada enam bulan lalu, menjadi Rp16.800.000 per m2. Selanjutnya, harga rumah dijual di Bintaro kembali mengalami peningkatan sebesar 8,45% pada 3 bulan, dengan angka Rp17.000.000 per meter perseginya.

Harga jual rumah Bintaro bisa sangat bervariasi. Jika Anda lebih tertarik untuk membeli rumah di Bintaro dengan harga terjangkau, Anda dapat melihat rumah-rumah yang ada di area Pondok Aren, Jalan Raya Ceger. Ada banyak pengembang baru yang membangun rumah di sana. Sebagian besarnya ada di tepi jalan raya.

Salah satunya adalah Elora Residences. Perumahan ini menawarkan rumah minimalis dua lantai berukuran 79 m2 yang dibandrol dengan harga Rp 490 juta per unitnya. Selain Pondok Aren, Jurang Mangu juga menawarkan hunian berkualitas dengan harga terjangkau. Salah satu rumah dijual di Jurang Mangu menawarkan hunian seluas 90 m2 yang dibandrol dengan harga Rp537 juta per unit.

Hunian murah juga tersedia di Bintaro Sektor 9. Anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp700 juta untuk rumah seluas 90 m2 yang dibangun di sektor ini. Tentu harga-harga rumah yang ada di Bintaro juga ditentukan oleh tipe huniannya. Mengutip laman Lamudi.com, rata-rata harga hunian di Bintaro berkisar di angka Rp 170-an juta untuk tipe 21 hingga Rp 900 juta untuk tipe 120. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Tipe 21 : Rp172.095.000
  • Tipe 36 : Rp295.020.000
  • Tipe 45 : Rp368.775.000
  • Tipe 56 : Rp458.920.000
  • Tipe 65 : Rp532.675.000
  • Tipe 70 : Rp573.650.000
  • Tipe 96 : Rp786.720.000
  • Tipe 120 : Rp983.400.000

Infrastruktur Pendukung Investasi Properti di Bintaro

Infrastruktur adalah penyokong pertama bagi usaha properti untuk berkembang. Anda bisa melihat properti-properti yang terletak di dekat fasilitas transportasi massal atau jalan utama, harga jualnya pasti akan naik seiring dengan perkembangan wilayah tersebut. Prinsip ini berlaku untuk semua daerah, termasuk Bintaro.

Ketersediaan infrastruktur di Bintaro telah memberikan sumbangsih yang besar terhadap pertumbuhan pasar properti di kawasan ini. Jalan besar dan fasilitas transportasi publik telah mempermudah mobilitas warga Bintaro ke area-area pusat bisnis di sekitarnya, seperti Serpong hingga TB Simatupang. Apa saja infrastruktur tersebut? Berikut beberapa contohnya;

Tol Ulujami-Serpong

Tol Ulujami-Serpong adalah tol yang menghubungkan Bintaro dengan Pesanggrahan. Tol ini telah dibuka sejak tahun 2004 dan telah terhubung dengan tol Lingkar Luar Jakarta. Oleh karena itu, melalui tol ini, warga Bintaro dapat lebih mudah mengakses kota-kota satelit lainnya, seperti Bogor, Bekasi, Karawang hingga Purwakarta.

Stasiun Sudimara dan Pondok Ranji

Bintaro dilalui oleh lintasan kereta yang berhenti di dua stasiun, yakni Stasiun Sudimara dan Pondok Ranji. Di stasiun Sudimara, ada 2 jalur kereta yang menuju Serpong dan Tanah Abang.

Sedangkan untuk Stasiun Pondok Ranji, jalur keretanya mengarah ke Tangerang dan Jakarta. Stasiun ini terletak di lokasi yang strategis, karena dekat dengan UIN Syarif Hidayatullah dan Politeknik Keuangan STAN.

Transjakarta

Alternatif transportasi publik lainnya di Bintaro adalah Transjakarta. Moda transportasi ini menghubungkan Blok M dengan kawasan-kawasan di Bintaro, seperti Bintaro Sektor 1 dan Polsek Pesanggrahan. Disamping itu, Transjakarta yang ada di Bintaro juga melayani rute ke Pertigaan Kodam, Bendi, Ciputat Raya, Kebayoran Lama, Pakubuwono, Kyai Maja, dll.

Pusat Perbelanjaan Ternama

Bintaro juga memiliki pusat-pusat perbelanjaan ternama yang tidak hanya dikunjungi warga Bintaro, tetapi juga warga Jabodetabek. Adapun mall-mall atau pusat perbelanjaan yang terkenal di kawasan ini seperti:

  • Bintaro XChange Mall (BXc): Mall ini adalah yang terbesar di Bintaro Jaya. Lokasinya berada tepat di samping tol Ulujami-Serpong dan dekat dengan gerbang tol Pondok Ranji. Diresmikan pada tahun 2013, BXc mengusung konsep lifestyle center yang dilengkapi dengan area hijau interaktif.
  • Bintaro Plaza: Bintaro Plaza terletak di sektor 3A dan menjadi mall pertama yang dibangun di kawasan Bintaro, sejak era 90-an. Mall ini tetap ramai dikunjungi hingga sekarang.
  • Lotte Mall: Pusat perbelanjaan ini dibangun di Bintaro Sektor 7. Lokasi persisnya berada di samping CIMB Niaga, menempati lahan bekas Driving Range. Mall dibangun pada tahun 2011.
  • Bintaro Entertainment Center (BEC): Masih berada di Bintaro Sektor 7, BEC adalah salah satu pusat kuliner dan hiburan yang ada di Bintaro. Mall ini telah dibuka sejak tahun 2017.

Prospek Investasi Properti di Bintaro

Tiga tahun lalu, Bintaro memang sempat menjadi surganya investasi properti. Namun akhir-akhir ini, trennya menurun. Investor cenderung menahan diri untuk membeli properti di Bintaro, karena perputarannya yang lambat, ujar Eni Rohaeni Santoso, peraih penghargaan Million Rupiah Club pada ajang Mid Year Award 2016.

Yang dimaksud dengan perputaran lambat adalah investor tidak dapat menjual properti kembali dalam kurun waktu kurang dari enam bulan. Meskipun demikian, Eni berpendapat bahwa pasar properti di Bintaro bisa kembali membaik pada kuartal ke 4 tahun ini dan yang akan datang. Sebabnya, Pemerintah DKI Jakarta menetapkan kenaikan NJOP sebesar 120% hingga 240%.

Selain itu, tren yang ada saat ini juga bergerak ke dominasi end-user. Melansir laman Lamudi.com, jumlah pencarian properti untuk kawasan Bintaro jumlahnya selalu meningkat dari tahun 2015 hingga 2018. Ini menunjukkan kepopuleran Bintaro bagi para pencari properti.

Misalnya saja pada tahun 2015, jumlah pencarian untuk properti di Bintaro hanya 25.200 saja. Angka ini naik di tahun 2016 sebesar 20% menjadi 30.344 pencarian. Sedangkan di tahun 2017, tren kenaikan juga dialami dengan peningkatan sebesar 3% (31.324 pencarian) dan kenaikan 5% di tahun 2018 (32.732 pencarian).

Sedang mencari hunian idaman di Jakarta? Anda bisa lihat dan cari ribuan listing dan informasi terkait jual rumah Jakarta dan jual rumah di Jakarta Selatan hanya di Jendela360!