1
district
BSD City
181
2

BSD City

Jual Rumah di BSD City

Menelusuri Potensi Pasar Properti di BSD City yang Menggiurkan

Ketika properti di pusat kota semakin sesak dan harga jualnya semakin mahal, investor dan para pencari hunian mulai melirik lokasi-lokasi lain di daerah penyangga. Salah satu lokasi yang menjadi incaran karena potensi-potensinya adalah BSD City.

BSD City atau Bumi Serpong Damai City adalah kota terencana yang sudah diresmikan pada tahun 1984 lalu. Awalnya, kota ini dibangun untuk menjadi kota mandiri dengan fasilitas lengkap di dalamnya. Mulai dari kawasan industri, perkantoran, perdagangan, pendidikan, wisata hingga perumahan ada di kota buatan seluas 6.000 hektar ini.

Sebenarnya ketika Anda berkunjung ke BSD City, fasilitas-fasilitas tersebut sudah tersedia. Untuk fasilitas kesehatan ada Omni Hospital, Eka Cipta Hospital dan Bethsaida Hospital. Anda juga dapat menemukan perguruan tinggi berskala nasional dan internasional di BSD City, misalnya Swiss German University, Sinarmas World Academy hingga Prasetya Mulya. Sedangkan untuk pusat perbelanjaan, di sini tersedia AEON Mall, Summarecon Mall Serpong, BSD Junction dan lainnya.

Fasilitas lengkap di BSD City juga didukung oleh infrastruktur-infrastrukturnya yang mumpuni. Beberapa jalan seperti jalan Tol Lingkar Luar Jakarta dan jalan Tol Serpong - Balaraja menghubungkan BSD City dengan wilayah-wilayah di Jakarta. Selain itu, kereta rute Serpong - Bandara Internasional Soekarno - Hatta juga menjadi salah satu infrastruktur yang sangat membantu warga BSD City dalam mobilitasnya.

Lokasi yang strategis dan fasilitas lengkap tentu menjadi alasan banyak warga Jakarta dan wilayah penyangganya untuk mencari hunian dan jual rumah BSD City. Hal ini terbukti dengan banyaknya permintaan akan hunian di kawasan ini. Apalagi stok hunian di BSD City yang dijual di pasar sekunder terlalu sedikit. Akibatnya kenaikan harga properti di kawasan ini tidak bisa terbendung, ungkap Ignatius Untung, Country General Manager Rumah123.

Daftar Lokasi Hunian di BSD City yang Paling Banyak Dicari

BSD City adalah kota terencana yang lokasinya berada di kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Karena termasuk kota terencana, BSD City tidak dibagi-bagi lagi ke dalam wilayah administrasi tertentu. Yang ada hanyalah kluster-kluster perumahan dengan jumlah sekitar 31 kluster.

BSD City memiliki popularitas yang cukup tinggi di mesin pencari. Terlihat dengan jumlah 12.100 orang yang mencari tahu tentang kawasan ini setiap bulannya. Diantara mereka, sebanyak 110 orang per bulan mencari dengan kata kunci spesifik jual rumah BSD City.

Selain kata kunci BSD City, beberapa cluster perumahan di kota ini juga memiliki volume pencarian yang tinggi. Beberapa diantaranya yaitu.

1. The Green BSD

Sesuai dengan namanya, perumahan The Green BSD mengusung tema hijau pada kompleks huniannya. Hal ini terlihat dari lingkungan sekitar perumahan yang banyak ditumbuhi pohon-pohon ramping. Selain itu, keunggulan perumahan ini adalah lokasinya yang hanya 1,9 km dari Stasiun Rawa Buntu dan 4,9 km dari stasiun Serpong.

Untuk volume pencariannya, The Green BSD menempati posisi teratas dengan total 1.300 pencarian setiap bulannya. Sedangkan untuk kata kunci yang spesifik seperti jual rumah The Green BSD, volumenya mencapai 70 per bulan dan 50 pencarian per bulan untuk kata kunci rumah dijual di The Green BSD.

2. The Icon BSD

The Icon BSD City menawarkan kemudahan akses ke AEON Mall dan ICE (Indonesia Convention Exhibition). Tempat-tempat tersebut dapat dicapai dengan kurang lebih 7 menit berkendara. Selain itu, hunian ini juga berada dekat dengan kompleks perkantoran Green Office Park.

The Icon BSD memiliki volume pencarian yang sama dengan kompleks The Green, yakni 1.300 pencarian setiap bulannya. Untuk kata kunci jual rumah The Icon BSD, volume pencariannya mencapai 40 per bulan.

3. Nusa Loka BSD

Nusa Loka adalah perumahan yang cukup strategis di BSD. Lokasinya tidak jauh dari Jalan Tol Jakarta - Serpong. Selain itu, perumahan ini juga dekat dengan sekolah katolik Santa Ursula BSD dan Eka Hospital BSD.

Ada sekitar 1.000 pencarian di internet terkait Nusa Loka BSD. Sedangkan untuk kata kunci jual rumah Nusa Loka BSD volumenya mencapai 40 per bulan dan untuk pencarian rumah dijual di Nusa Loka BSD, volumenya 70 per bulan.

4. Greenwich Park BSD

Perumahan di Greenwich Park dikelilingi oleh lingkungan hijau yang tertata rapi. Hampir tidak ada bangunan pencakar langit yang berdiri di sekitar kompleks perumahan. Yang ada adalah QBIG BSD City dan Lulu Hypermarket yang menjadi pusat belanja para penghuni cluster. Sebanyak 880 orang mencari tahu tentang Green Park BSD setiap bulannya.

5. Anggrek Loka BSD

Perumahan Anggrek Loka BSD hanya berjarak beberapa langkah dari rumah sakit Eka Hospital BSD. Perumahan ini terletak di lingkungan yang cukup ramai. Penghuni kluster bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan mereka, karena banyak terdapat warung dan toko di sekitar kluster. Disamping itu, cluster perumahan Anggrek Loka juga berlokasi dekat dengan Giant BSD Tangerang.

Ada sebanyak 590 pencarian per bulannya yang ditujukan untuk Anggrek Loka BSD. Pencarian yang lebih spesifik untuk perumahan Anggrek Loka BSD ada sebanyak 40 pencarian per bulan.

Kisaran Harga Jual Rumah BSD City

Harga jual rumah BSD berada dalam kisaran angka Rp 15 juta per meter perseginya. Data ini didapat dari laman Lamudi.com, yang menyatakan bahwa tiga bulan lalu, harga jual rumah Bumi Serpong Damai mencapai Rp15.800.000 per m2-nya. Angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan 12 bulan lalu yang mencapai Rp17.000.000 per meter perseginya.

Lebih lengkapnya, Lamudi juga menambahkan kisaran harga jual rumah di BSD City berdasarkan tipe-tipe rumah. Untuk tipe 21 yang paling kecil, harganya berada di kisaran Rp 346.680.600 per unit. Sedangkan untuk tipe 120 yang paling besar, berada di angka Rp1.981.032.000 per unit.

Sedangkan untuk kluster-kluster perumahan di BSD, harga jual yang ditawarkan juga bervariasi. Untuk memahaminya lebih lanjut, berikut adalah harga-harga jual rumah di cluster BSD City yang didapat dari laman OLX.com.

1. The Green BSD

  • Harga Terendah: Rp440.000.000 per unit
  • Harga Tertinggi: Rp15.000.000.000 per unit

2. The Icon BSD

  • Harga Terendah: Rp621.000.000 per unit
  • Harga Tertinggi: Rp5.850.000.000 per unit

3. Nusa Loka BSD

  • Harga Terendah: Rp700.000.000 per unit
  • Harga Tertinggi: Rp3.900.000.000 per unit

4. Greenwich Park BSD

  • Harga Terendah: Rp1.350.000.000 per unit
  • Harga Tertinggi: Rp7.700.000.000 per unit

5. Anggrek Loka BSD

  • Harga Terendah: Rp334.900.000 per unit
  • Harga Tertinggi: Rp6.200.000.000 per unit

Infrastruktur yang Mendukung Investasi Properti di BSD City

Sebelum berinvestasi properti, hal utama yang perlu diperhatikan adalah melihat daya dukung infrastruktur. Jika infrastruktur berkembang, kemungkinan besar harga jual properti di sekitarnya juga ikut naik. Konektivitas antara properti dengan infrastruktur maupun fasilitas publik lainnya juga sama pentingnya dengan perkembangan infrastruktur itu sendiri.

Untungnya, Sinarmas Land sebagai pengembang BSD City telah memikirkan matang-matang soal hal ini. Saat ini, BSD City telah terhubung dengan lima pintu tol besar, dua diantaranya sudah dibuka sejak tahun 1999. Hal ini tentu berdampak pada peningkatan penduduk di BSD City. Pada tahun 2005 saja, jumlah penduduk di BSD City mencapai 100.000 orang.

Dari Jakarta, BSD City dapat dicapai dengan dua ruas tol, yakni tol Jakarta-Tangerang dan tol Ulujami-Serpong. Jalan tol Jakarta-Tangerang akan melalui simpang susun Tomang dan kemudian keluar di Tangerang pada Km 18. Sedangkan tol Ulujami-Serpong terhubung dengan jalan tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) yang di ujungnya terdapat dua pintu keluar menuju BSD City dan Lingkar Timur BSD.

Selain jalan tanpa hambatan, BSD City juga dilengkapi dengan beberapa moda transportasi massal. Contohnya KRL Commuter Line dengan stasiun pemberhentian di Rawa Buntu, Transjakarta bus dengan rute BSD-Grogol hingga shuttle bus dengan tiga rute keberangkatan, BSD-Pondok Indah-Ratu Plaza, BSD-Kota-Mangga Dua dan BSD-Harmoni-Pasar Baru.

Tambahan lagi, saat ini BSD City terus berupaya dalam mengembangkan kota ke arah integrated smart digital city. Salah satu fitur yang akan dikembangkan adalah digital hub yang menjadi pertama dan satu-satunya di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, Michael Widjaja selaku CEO Sinarmas Land bahkan mengklaim perusahaan raksasa di bidang IT asal Amerika Serikat, Apple, telah mengincar tempat di digital hub sekelas Silicon Valley ini.

Baru-baru ini, BSD City juga sedang mengembangkan aplikasi OneSmile yang dapat diunduh secara massal yang bisa diunduh melalui PlayStore. Fungsi aplikasi ini adalah mendeteksi kondisi lalu lintas terkini di BSD dan mengarahkan pengendara ke rute-rute yang lebih lancar. Aplikasi OneSmile juga akan membantu warga BSD dalam melakukan berbagai transaksi, seperti membayar tagihan listrik, air, IPL (Iuran Pengelolaan Apartemen), membeli makanan, tiket, dan lainnya.

Peluang Investasi Beli Properti dan Jual Rumah BSD City

BSD City menempati peringkat atas mengalahkan wilayah lainnya dalam hal pasar properti, karena lokasinya yang mudah diakses. Tidak hanya kemudahan akses, yang membuat kawasan ini unggul juga karena kenyamanan tingkat tinggi yang ditawarkan. Untuk kegiatan sehari-hari, penghuni BSD City tinggal jalan kaki (walking distance) saja ke kantor maupun pusat perbelanjaan. Alternatif lainnya adalah dengan moda transportasi yang melayani rute di dalam kawasan BSD.

Pernyataan ini didukung oleh Ali Tranghanda, pengamat properti dari Indonesia Property Watch. Menurutnya, lokasi strategis BSD City belum tergeser oleh wilayah manapun. Konsistensi BSD City dalam menciptakan peluang-peluang baru untuk kenyamanan hunian juga menjadi nilai plus bagi kawasan ini. Tidak heran jika BSD City selalu menjadi top of mind di benak investor dan masyarakat, ujarnya.

Ali pun memprediksi, pertumbuhan harga properti di BSD City akan terus berlangsung di masa mendatang, selama pembangunan infrastruktur berbasis jalan dan rel yang sedang dikerjakan saat ini terus dilanjutkan hingga rampung. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan harga landed house sebesar 5% - 10% di BSD City menurut Wanto Ngali, Head of Sales and Marketing Department residential Navapark.

Konsumen properti di BSD City sebagian besarnya adalah end user yang mencari hunian kedua atau second home. Hanya beberapa investor saja yang membeli properti untuk disewakan kepada ekspatriat. Sebabnya, belum banyak ekspatriat yang tinggal di BSD City, hanya 10% saja dan sebagian besarnya adalah ekspatriat asal Asia, ungkap Wanto.

Sedang mencari hunian idaman di Tangerang? Anda bisa lihat dan cari ribuan listing dan informasi terkait jual rumah Tangerang hanya di Jendela360!