1
district
Cibubur
206
2

Cibubur

Jual Rumah di Cibubur

Ingin Cari Informasi Jual Rumah Cibubur? Berikut Informasi Lengkapnya

Sedang mencari hunian rumah tapak di timur Jakarta? Rumah di Cibubur bisa menjadi pilihan Anda. Kawasan ini mulai mengalami perkembangan pesat sejak tahun 1997. Saat itu, ada wacana pemindahan ibu kota ke Jonggol.

Prasarana jalan dibangun untuk mempermudah akses dari ibu kota lama ke ibu kota baru. Hal ini menyebabkan properti di sekitarnya, seperti di sepanjang jalur alternatif Cibubur (jalan Transyogi) semakin berkembang hingga sekarang.

Apalagi pertumbuhan area komersial di koridor Cibubur hingga saat ini tidak pernah lesu. Mall, hotel, ruko, pusat perbelanjaan, pusat kuliner sampai showroom mobil terus digenjot pembangunannya dan akhirnya menjadi penggerak roda perekonomian di kawasan ini.

Menurut Ali Tranghanda, pengamat properti dari Indonesia Property Watch, pertumbuhan area komersial yang besar-besaran ini menunjukkan bahwa kawasan Cibubur sedang memasuki fase sunrise kedua. Hal ini tentu menggembirakan bagi investor yang tertarik untuk jual rumah Cibubur. Terlebih, nilai investasi atau capital gain jual rumah di Cibubur bisa mencapai 10% hingga 15%.

Membeli rumah di Cibubur tidak hanya menguntungkan bagi investor, tetapi juga end-user atau konsumen. Selain karena fasilitasnya yang lengkap, Cibubur juga dinilai sebagai kawasan penyangga yang dekat dengan Jakarta.

Pilihan rumahnya pun beragam, mulai dari segmen menengah ke atas, hingga menengah ke bawah tersedia di Cibubur. Khusus untuk segmen pasar menengah ke bawah, bisa membeli rumah subsidi yang menjamur di kawasan Cileungsi.

Lokasi Terfavorit Mencari Rumah Dijual di Cibubur

Sebagian besar perumahan yang dibangun di kawasan Cibubur memiliki desain yang ramah lingkungan dan modern contohnya,Raffles Hills, Kota Legenda dan Wisata dan lainnya. Sebagian cukup populer di mesin pencari. Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Cibubur Country

Cibubur Country adalah perumahan yang terletak di Jalan Letda Nasir No. 8, Cikeas, Gunung Putri, Jawa Barat. Perumahan ini adalah hasil karya dari PT. Agung Sedayu Group. Mengusung konsep “Come Home to Nature” Cibubur Country memiliki keunggulan berupa letaknya yang dekat dengan pintu tol Cibubur, Cimanggis dan Jatiwarna.

Rumah-rumah di Cibubur Country dijual dengan ukuran yang luas. Rata-rata memiliki 3+1 kamar tidur dan ukuran paling besar adalah 8 x 15 meter. Jika Anda mencari rumah dijual di Cibubur Country, Anda akan bersaing dengan 70 orang lainnya setiap bulan.

2. Cibubur Residence

Cibubur Residence dikembangkan oleh Group Permata, yang sudah berpengalaman dalam membangun proyek perumahan dan properti besar seperti Taman Laguna, Permata Cimanggis, Permata Arcadia, dan Permata Kranggan. Lokasi perumahan ini berada di Jalan Raya Alternatif Cibubur-Cileungsi Km. 2 No. 22 tepatnya di depan Rumah Sakit Permata Cibubur.

Rumah di Cibubur Residence dijual dengan tipe yang beragam. Ukuran terkecil adalah rumah tipe 53/92 dan yang terbesar ada di Cluster Brasswood dengan tipe 150/213. Hunian asri ini bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp 800 jutaan. Adapun volume pencariannya untuk jual rumah Cibubur Residence mencapai 40 pencarian per bulan.

3. Cibubur Villa 2

Cibubur Villa 2 adalah perumahan yang terletak di Cimanggis, tepatnya di Kranggan, Harjamukti, Cimanggis. Konsep huniannya adalah modern living in harmony yang menggabungkan hunian modern dengan keintiman hidup bertetangga. Jarak antar rumah berdekatan dan tidak dibatasi pagar, agar tetangga bisa saling berinteraksi.

Perumahan Cibubur Villa 2 terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah. Sebab, harga satu unitnya dijual dengan harga dibawah Rp1 Miliar. Untuk unit termurahnya dijual dengan harga Rp450 jutaan. Cibubur Villa 2 dicari sebanyak 20 kali sebulan oleh pengguna Google, melalui kata kunci “jual rumah Cibubur Villa 2”.

4. Legenda Kota Wisata Cibubur

Legenda Kota Wisata Cibubur adalah lokasi yang paling populer di kawasan ini. Bahkan, Legenda Kota Wisata sudah dianggap sebagai ikon kawasan Cibubur oleh masyarakat sekitar. Volume pencariannya di mesin pencari bisa mencapai 600 pencarian per bulan untuk kata kunci “perumahan Kota Wisata Cibubur”.

Kota Wisata dikembangkan oleh Sinar Mas Land. Lokasi kawasan ini sangat strategis, karena berdekatan dengan tiga wilayah penyangga sekaligus, yaitu Bekasi, Bogor dan Depok. Jaraknya hanya 6 km dari gerbang tol Cibubur.

5. Citra Gran Cibubur

Group Ciputra berinovasi mengembangkan Citra Gran Cibubur, perumahan yang memadukan konsep rumah modern klasik dengan fasad yang stylish. Selain desainnya, perumahan ini juga memiliki keunggulan terkait lokasinya yang premium, dekat dengan Mall, hotel dan family park.

Karya Group Ciputra ini terbukti telah menjadi magnet baru bagi pencari hunian di Cibubur. Bahkan, Citra Gran Cibubur juga berpotensi menjadi ikon hunian premium di kalangan investor. Popularitasnya mencapai 600 volume pencarian di mesin pencari setiap bulan.

Harga Jual Rumah di Cibubur

Rumah di Cibubur dijual dengan harga yang cukup beragam. Mengutip laman Lamudi.com, harga rata-rata rumah di Cibubur pada tahun 2019 lalu berada di angka Rp12.000.000 per m2. Tentu akan ada rumah di Cibubur yang harga jualnya di atas atau di bawah rata-rata.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar harga jual rumah di Cibubur yang diambil dari listing Rumah.com dan OLX:

1. Cibubur Country

  • Harga Terendah: Rp595.000.000 (60 m2)
  • Harga Tertinggi: Rp3.500.000.000 (200 m2)

2. Cibubur Residence

  • Harga Terendah: Rp950.000.000 (63 m2)
  • Harga Tertinggi: Rp1.800.000.000 (120 m2)

3. Cibubur Villa 2

  • Harga Terendah: Rp485.000.000 (72 m2)
  • Harga Tertinggi: Rp495.000.000 (72 m2)

4. Kota Wisata Cibubur

  • Harga Terendah: Rp300.000.000 (30 m2)
  • Harga Tertinggi: Rp12.500.000.000 (600 m2)

5. Citra Gran Cibubur

  • Harga Terendah: Rp700.000.000 (90 m2)
  • Harga Tertinggi: Rp3.900.000.000 (250 m2)

Infrastruktur Pendukung Investasi Rumah di Cibubur

Konektivitas adalah indikator utama suatu kawasan dapat berkembang. Pertumbuhan infrastruktur akan berbanding lurus dengan tingkat konektivitas di suatu wilayah. Hal inilah yang terlihat di Cibubur. Saat ini, Cibubur menjadi semakin mudah dijangkau karena banyak proyek infrastruktur yang dibangun dekat dan menuju kawasan ini.

Sebelumnya sudah ada Tol JORR 2 dengan rute melewati kawasan Cibubur. Setelah itu, ada Jalan Tol Cimanggis-Cibitung yang masih menjadi bagian dari Jalan Tol JORR 2. Jalan ini nantinya akan menyambung dengan Tol Cijago (Cinere-Jagorawi) di selatan dan Tol Jakarta-Cikampek di bagian utara.

Ditambah lagi, pemerintah juga sedang menggenjot pembangunan ruas Jalan Tol Cimaci (Cimanggis-Cibitung) dengan total 26,4 km. Ruas tol ini rencananya akan dihubungkan dengan tol strategis lainnya di Simpang Susun Cimanggis, seperti Jalan Tol Jagorawi dan Tol Cijago.

Tidak ketinggalan, proyek LRT dengan rute Cawang-Bekasi-Cibubur juga masih dikerjakan hingga sekarang. Pada bulan November tahun 2019 lalu, progresnya sudah mencapai 67,3% dan rencananya akan resmi beroperasi pada tahun 2021. Selain pembangunan jalur LRT tahap I ini, pemerintah juga akan membangun jalur LRT Cibubur tahap II dengan rute Cibubur-Sentul-Bogor. Lajur tahap II akan membentang sepanjang 25 km, dari Cibubur hingga Bogor.

Yang tidak kalah menggembirakan, pertumbuhan ritel di kawasan Cibubur juga menunjukkan tren yang positif. Ferry Salanto, selaku pengamat properti dari Colliers Indonesia mengatakan, pertumbuhan di sektor ritel ini akan mendorong tingkat serapan pasar di Cibubur.

Adanya mall besar seperti Cibubur Junction dan Citra Grand Mall, dapat menjadi indikator positif soal pertumbuhan pasar properti di kawasan ini.

Selain kedua mall tersebut, bangunan ritel lain yang juga eksis di Cibubur adalah Cibubur Square, Plaza Cibubur, Mall Ciputra Cibubur, Metropolitan Mall Cileungsi, Cibubur Point, Ruko Kranggan Permai, Cibubur Times Square dan yang terbaru Trans Studio Mall.

Peluang Investasi Rumah di Cibubur

Tidak cukup membahas infrastruktur saja jika kita ingin tahu seberapa besar peluang untuk berinvestasi rumah di Cibubur. Informasi terkait pertumbuhan harga jual properti di kawasan ini juga penting untuk diketahui.

Menurut Mery Harun, Direktur Utama ERA Elite, secara umum, nilai capital gain untuk properti-properti yang ada di Cibubur berkisar di angka 10% sampai 15%. Sedangkan untuk properti ruko, nilainya lebih tinggi, yaitu 15% sampai 20%.

Angka peningkatan berbeda ditunjukkan oleh OLX, platform iklan baris terbesar di Indonesia yang juga menampung iklan properti. Menurut data OLX, harga jual rumah di Cibubur mengalami kenaikan sebesar 9,5% dari tahun sebelumnya. Atau dari harga jual rata-rata Rp1,19 miliar menjadi Rp1,3 miliar.

Peningkatan harga jual properti di Cibubur juga diikuti dengan peningkatan permintaan hunian di kawasan ini, terutama di wilayah sepanjang proyek LRT. Tidak tanggung-tanggung, masuk menurut OLX, lonjakan pencari hunian di kawasan Cibubur bisa meningkat 44% dibanding tahun lalu.

Lonjakan ini nampaknya dapat dipahami, sebab Cibubur menyediakan pilihan hunian dengan range harga yang sangat bervariasi. Rumah paling mahal di Cibubur ada di kawasan Kota Wisata, menyentuh angka Rp 14 miliar. Ini juga yang menyebabkan Kota Wisata prospektif untuk investor yang menyasar kalangan ekonomi atas. Apalagi kawasan ini sudah menjadi trademark-nya Cibubur.

Sementara itu, untuk perumahan menengah ke bawah, lebih banyak di wilayah Cileungsi. Anda masih dapat menemukan tanah dengan harga Rp1 per m2 di Cileungsi. Perumahan subsidi seperti Grand Mutiara 2 Cileungsi dan Griya Cibucil yang menawarkan rumah tapak seharga Rp 140 jutaan juga terdapat di sana. Harga yang murah bukan berarti membuat kawasan Cileungsi sepi peminat. Permintaan akan hunian di kawasan ini juga ikut naik, setelah banyak pabrik dibangun di sana.