1
district
Cilandak
6
2

Cilandak

Jual Rumah di Cilandak

Sudah menjadi rahasia umum jika Jakarta Selatan menjadi wilayah favorit untuk mencari hunian. Penyebabnya tidak lain adalah banyak pusat bisnis ibu kota yang berlokasi di sini, contohnya perkantoran di Sudirman, Kuningan sampai TB Simatupang. Selain itu, Jakarta Selatan juga memiliki jaringan jalan yang baik, dapat menghubungkan wilayah Jakarta Selatan dengan kotamadya lainnya, bahkan daerah penyangga di sekitar Jakarta.

Salah satu wilayah di Jakarta Selatan dengan tingkat konektivitas yang baik adalah Cilandak. Cilandak merupakan kecamatan di Jakarta Selatan yang luasnya 1.820.280 km2. Kecamatan ini dianggap memiliki konektivitas yang baik, bahkan yang terbaik di Jakarta Selatan karena letaknya bersinggungan dengan dua wilayah penyangga sekaligus, yakni Tangerang Selatan dan Depok.

Tidak hanya itu, infrastruktur dan fasilitas transportasi di Cilandak juga sangat mendukung mobilitas warga. Kecamatan dilalui oleh Jalan Lingkar Luar Jakarta (JORR), Jalan Jakarta-Bogor yang melewati TangSel dan Jalan Tol Depok-Antasari. Belum lagi terdapat empat stasiun MRT di sini dan salah satunya, Lebak Bulus Grab, merupakan Stasiun MRT terminus selatan yang terintegrasi dengan halte busway koridor 8.

Dengan segala keunggulannya ini, tidak mengherankan jika perkembangan pasar properti di Cilandak sangat baik. Siapapun yang jual rumah Cilandak akan mendulang keuntungan besar. Terlebih setelah rampungnya Stasiun Lebak Bulus Grab, Cilandak diperkirakan akan memiliki pusat niaga baru yang mampu menarik pendatang. Pencari rumah dijual di Cilandak akan bertambah semakin banyak.

Lokasi Favorit Jual Rumah Cilandak

Kepopuleran Cilandak untuk mencari hunian terlihat pada mesin pencari seperti Google. Setiap bulannya, ada 150 pencarian untuk rumah tapak di wilayah ini. Para pengguna mencari dengan beberapa kata kunci, seperti jual rumah Cilandak atau rumah dijual di Cilandak.

Ada juga dari mereka yang mencari lokasi hunian spesifik, berdasarkan kelurahan yang ada di Kecamatan Cilandak. Akhirnya memunculkan lokasi-lokasi favorit untuk jual rumah Cilandak. Dimana saja lokasi-lokasi tersebut? Berikut adalah daftarnya.

Lebak Bulus

Lebak Bulus adalah wilayah paling populer di Cilandak dalam hal mencari hunian. Setidaknya itulah yang terlihat pada mesin pencari. Ada sekitar 100 pencarian per bulan untuk rumah dijual di Lebak Bulus.

Kepopuleran Lebak Bulus di kalangan pemburu hunian bukanlah tanpa sebab. Jika ditilik dari lokasinya, Lebak Bulus berada di pertengahan antara Jakarta Selatan, Tangerang Selatan dan Cinere. Akses untuk menuju wilayah-wilayah tersebut juga tersedia lengkap di sini, misalnya Jalan Lebak Bulus Pd. yang terhubung ke TangSel dan Jalan Karang Tengah Raya yang berlanjut ke Cinere. Selain itu, faktor lain yang membuat orang-orang tertarik dengan properti di Lebak Bulus adalah keberadaan Lebak Bulus Grab sebagai stasiun MRT terminus selatan yang sangat ramai.

Pondok Labu

Pondok Labu adalah lokasi favorit kedua di Cilandak untuk mencari hunian, setelah Lebak Bulus. Kelebihan kelurahan ini adalah lokasinya yang dekat dengan Depok, yang dapat diakses melalui Tol Desari. Selain itu, stok properti di Pondok Labu juga cukup melimpah, mulai dari hunian vertikal sampai rumah tapak. Tidak heran banyak orang tertarik untuk beli atau jual rumah Pondok Labu. Jumlahnya mencapai 50 pencarian di Google.

Cilandak Barat

Cilandak Barat adalah kelurahan terbesar di Kecamatan Cilandak yang mengambil porsi 33% luas kecamatan. Kelurahan ini sangat strategis, karena dilalui oleh Jalan Lingkar Luar Jakarta yang bersilangan dengan Jalan Tol Desari. Selain itu, akses menuju perkantoran TB Simatupang juga sangat mudah dari sini dan perjalanan dapat ditempuh dalam beberapa menit.

Untuk fasilitas publiknya terdapat Stasiun MRT Fatmawati, RSUP Fatmawati dan Cilandak Townsquare. Di internet, ada 20 pencarian setiap bulan untuk rumah di Cilandak Barat.

Harga Jual Rumah Cilandak

Harga jual rumah Cilandak tidak berbeda jauh dengan harga rata-rata rumah di Jakarta Selatan. Melansir dari laman Lamudi.com, kisaran harga jual rumah di Cilandak berada di angka Rp22.500.000/m2. Harganya cenderung stagnan pada satu tahun terakhir. Sementara untuk rata-rata harga jual rumah di Jakarta Selatan sendiri berada di kisaran Rp21.000.000/m2.

Di lapangan, tentu Anda akan menemukan harga jual rumah yang berada di atas atau di bawah rata-rata harga jual rumah Cilandak. Berikut adalah batas harga terendah dan tertinggi harga rumah di Cilandak, yang dihimpun dari beberapa marketplace properti.

Cilandak

  • Harga Jual Terendah: Rp235 Juta (40 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp99 Miliar (2000 m2)

Lebak Bulus

  • Harga Jual Terendah: Rp168 Juta (35 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp130 Miliar (1000 m2)

Pondok Labu

  • Harga Jual Terendah: Rp258 Juta (30 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp214 Miliar (400 m2)

Cilandak Barat

  • Harga Jual Terendah: Rp830 Juta (30 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp100 Miliar (4535 m2)

Fasilitas Penunjang di Cilandak

Suatu tempat dapat dikatakan strategis jika jaringan infrastrukturnya mendukung dan fasilitas yang ada di sana lengkap. Apakah Cilandak demikian? Anda dapat melihatnya lewat penjelasan berikut:

Infrastruktur

Infrastruktur, terutama jalan protokol di Cilandak bisa dibilang sebagai yang terbaik di Jakarta. Bagaimana tidak, Cilandak dilalui oleh tiga jalan tol sekaligus. Dua jalan menghubungkan Cilandak dengan daerah penyangga dan satu sisanya menyambungkan Cilandak dengan kawasan strategis di Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

Dua jalan yang dimaksud adalah Jalan Tol Jakarta-Bogor dan Jalan Tol Depok-Antasari. Jalan Tol Jakarta-Bogor sesuai namanya, merupakan akses penghubung Jakarta dengan Bogor. Sebelum sampai Bogor, jalan ini akan menuntun Anda menuju Tangerang Selatan dan Parung.

Selanjutnya ada Tol Desari atau Depok-Antasari. Jalan ini menghubungkan Jakarta dengan Depok bagian utara, termasuk Cinere. Jalan Tol Desari merupakan akses eksklusif, karena hanya bisa diakses dari Cilandak.

Penghubung antara Cilandak dengan wilayah lain di Jakarta adalah Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau JORR. Dengan menggunakan ruas jalan ini, warga Cilandak dapat menuju Pasar Minggu, perkantoran ANTAM sampai Taman Mini Indonesia Indah. Sedangkan jika menelusuri Tol JORR dari Cilandak ke arah barat, pengguna jalan dapat menuju Pondok Pinang sampai ke persimpulan antara Jalan Tol JORR dengan Tol Merak.

Transportasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, di Cilandak Anda dapat menemukan empat stasiun MRT dan salah satunya adalah stasiun akhir atau terminus di selatan. Stasiun-stasiun tersebut adalah Stasiun Haji Nawi, Cipete Raya, Fatmawati dan terakhir Stasiun Lebak Bulus Grab. Haji Nawi adalah stasiun MRT yang terletak di sisi paling utara Cilandak. Dari sini, penumpang dapat melanjutkan perjalanan ke Stasiun Blok A, Blok M, ASEAN, Senayan,Istora Mandiri, Bendungan Hilir, Stasiun Setiabudi Astra, Stasiun Dukuh Atas dan berakhir di Bundaran HI.

Sementara itu, di sisi paling selatan merupakan Stasiun Lebak Bulus Grab. Stasiun ini menjadi hub transportasi yang penting di selatan, karena selain menjadi pemberhentian akhir MRT, stasiun ini telah terintegrasi dengan halte Transjakarta. Nantinya pengguna MRT dapat beralih moda transportasi dan menggunakan Transjakarta untuk menuju Harmoni, Kampung Rambutan dan Senen dengan bus koridor 8, 7A dan 8D.

Fasilitas Pendidikan

Ada cukup banyak institusi pendidikan di Cilandak. Sebagian diantaranya adalah perguruan tinggi seperti Universitas Prasetya Mulya. Universitas Prasetya Mulya adalah universitas swasta ternama yang menawarkan program pendidikan dan pelatihan di bidang bisnis dan manajemen.

Berkat adanya universitas ini, beserta universitas-universitas lainnya seperti BSI dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran, permintaan akan jual rumah Cilandak menjadi semakin bertambah. Banyak juga mahasiswa yang mencari sewa rumah Cilandak karena berkuliah di kampus-kampus tersebut.

Disamping perguruan tinggi, institusi pendidikan di tingkat dasar hingga menengah juga banyak di Cilandak. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • SDN Pondok Labu 01 Pagi
  • SDN Pondok Labu 02 Pagi
  • SDN Lebak Bulus 01 Pagi
  • SDN Lebak Bulus 02 Pagi
  • SMPN 37 Jakarta
  • SMP Pangudi Luhur
  • SMP Charitas
  • SMP Lazuardi GIS Jakarta
  • SMA Bhakti Idhata
  • SMA Seruni Don Bosco
  • Dsb.

Fasilitas Kesehatan

Jangan khawatir soal fasilitas kesehatan, jika akhirnya Anda memutuskan untuk beli atau jual rumah Cilandak. Paling tidak ada tiga rumah sakit besar yang ada di Cilandak, yakni Rumah Sakit Siloam TB Simatupang, Mayapada Hospital Jakarta Selatan dan RSUP Fatmawati. Ketiganya terletak dekat dengan ruas Tol Lingkar Luar Jakarta.

Rumah Sakit Siloam dan Mayapada Hospital adalah rumah sakit bonafit dengan fasilitas dan pelayanan premium. Rumah sakit ini cocok dikunjungi oleh kalangan menengah ke atas di Cilandak. Sedangkan RSUP Fatmawati lebih untuk kalangan umum.