1
district
Karawaci
184
2

Karawaci

Jual Rumah di Karawaci

Bagi sebagian orang, tinggal di ibu kota bukanlah pilihan utama. Lingkungannya yang padat dan kemacetan dimana-mana menjadi beberapa faktor yang membuat mereka enggan tinggal di sana. Akhirnya kota penyangga muncul sebagai alternatif, yang menawarkan hunian dengan privasi tinggi dan jauh dari keramaian.

Salah satu lokasi yang banyak diminati saat ini adalah Karawaci. Karawaci merupakan salah satu kecamatan di Kota Tangerang, Banten dengan luas 14,98 km2. Kecamatan ini berjarak 30 km dari ibu kota Jakarta. Meskipun jauh dari Jakarta, jual rumah Karawaci nyatanya tidak pernah sepi.

Terlebih setelah PT. Lippo Karawaci Tbk, salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia, turut mengembangkan wilayah ini. Mereka membangun proyek kota mandiri bernama Lippo Village pada tahun 1992. Kota ini, sebagaimana kota-kota pada umumnya, merupakan pusat keramaian di Karawaci. Di dalamnya terdapat mall, perkantoran sampai kondominium.

Selain itu, Lippo Village juga terdiri dari beberapa cluster perumahan. Jumlah rumah yang ada di sini mencapai 500 unit. Lingkungan perumahan pun sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, mulai dari area ruko sampai jalur sepeda yang disinyalir sebagai yang terbaik di Indonesia.

Rumah dijual di Lippo Village lebih diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas. Jika Anda ingin mendapat jual rumah Karawaci dengan harga yang lebih terjangkau, Anda dapat menuju Karawaci bagian barat. Di sana merupakan perkampungan, dengan stok-stok rumah yang lebih affordable.

Harga Jual Rumah Karawaci

Jika dibandingkan dengan harga jual rumah di Jakarta, jual rumah Karawaci mematok harga yang jauh lebih terjangkau. Rata-rata harga jual rumah di kecamatan ini, mengutip dari laman Lamudi.com, adalah Rp11.300.000/m2. Angkanya mengalami penurunan, jika dibanding enam bulan lalu yang mencapai Rp12.700.000/m2.

Ketika Anda menelusuri secara online, Anda tentu akan menemukan rumah Karawaci dengan harga jual di atas atau di bawah rata-rata. Rumah-rumah di Lippo Village biasanya mematok harga di atas rata-rata. Sedangkan rumah-rumah di perkampungan barat harganya lebih murah. Berikut adalah hasil penelusuran saya terhadap harga jual rumah di Karawaci berdasarkan listing di rumah.com.

Harga Jual Rumah di Kecamatan Karawaci

  • Harga Jual Terendah: Rp240 Juta (70 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp120 Miliar (2000 m2)

Harga Jual Rumah di Lippo Karawaci

  • Harga Jual Terendah: Rp450 Juta (50 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp127 Miliar (817 m2)

Fasilitas Penunjang di Karawaci

Walaupun jauh dari ibu kota, bukan berarti Karawaci tidak didukung dengan fasilitas-fasilitas yang memadai. Semenjak dipegang oleh Lippo Karawaci, fasilitas publik di kecamatan ini menjadi semakin semarak. Apa saja yang bisa Anda temukan? Berikut adalah daftarnya.

Infrastruktur

Warga Karawaci bisa dengan bebas bepergian ke Jakarta dan sekitarnya karena kecamatan ini dilalui oleh Jalan Tol Merak-Jakarta. Jalan tol ini sudah beroperasi sejak tahun 1984 lalu. Fungsi utamanya menghubungkan Jakarta dengan Pelabuhan Merak.

Jalan Tol Jakarta-Merak memiliki panjang 98 km dan terbagi dalam dua bagian, yaitu Jalan Tol Jakarta-Tangerang dan Tol Tangerang-Merak. Lokasi Karawaci seakan-akan ada di antara kedua tol ini. Sehingga warga Karawaci bisa dengan mudah mengunjungi Banten di sisi barat, atau Jakarta di sisi timur.

Bagian jalan tol yang mengarah ke Jakarta juga melalui kawasan-kawasan bisnis lain di Tangerang, seperti Serpong dan Alam Sutera. Selain lewat Jalan Tol Jakarta-Merak, warga Jakarta yang ingin ke Karawaci juga bisa menggunakan beberapa jalan alternatif, misalnya Jalan Daan Mogot dan Jalan Raya Pantura.

Transportasi Umum

Karawaci merupakan kecamatan yang paling dekat dengan terminus barat KRL Commuter Line. Stasiun Tangerang bahkan masih berada satu kawasan dengan Lippo Village. Hal ini membuat semakin banyak orang tertarik untuk beli atau jual rumah Karawaci. Pasalnya, mereka yang bekerja di Jakarta pun masih dapat tinggal di Karawaci, karena transportasinya dibantu oleh kereta api.

Stasiun Tangerang adalah pemberhentian akhir dari rute KRL Duri-Tangerang. Sebelum stasiun ini, penumpang akan melalui Stasiun Tanah Tinggi, Batu Ceper, Poris, Kali Deres, Rawa Buaya, Bojong Indah, Taman Kota, Pesing, Grogol dan Duri. Stasiun Duri adalah stasiun transit. Dari sini bisa berlanjut ke Tanah Abang, atau Kampung Bandan. Bagi yang bekerja di area CBD Sudirman, bisa langsung naik dari Duri dan turun di Stasiun Sudirman atau Karet.

Selain kereta api, Karawaci juga dilalui oleh angkutan-angkutan umum dengan berbagai rute. Keberangkatan biasanya berawal dari Lippo Village, dengan destinasi ke Asia Tower Sudirman, FX Sudirman, Citraland, Taman Anggrek, Gajah Mada Plaza, Mangga Dua, Lippo Mall Puri, dll. Sementara untuk yang ingin ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta bisa menumpang DAMRI jurusan Supermall Karawaci-Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pusat Perbelanjaan

Pusat perbelanjaan unggulan yang ada di Karawaci adalah Supermall Karawaci. Letak mall ini sangat strategis, karena berada di sisi Jalan Tol Jakarta-Merak. Supermall Karawaci merupakan mall satu-satunya di Indonesia yang menghadirkan 3 hypermarket besar sekaligus, yakni Hypermart, Carrefour dan Foodmart Gourmet. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa penyewa besar, misalnya Matahari Department Store, Debenhams, Autobacs, Hias dan H&M.

Untuk hiburan, Supermall Karawaci dilengkapi oleh Timezone, yang disinyalir sebagai yang terbesar se-Asia Tenggara. Di dalamnya terdapat Roller-Coaster dan berbagai wahana lainnya. Tenant-tenant lain yang tidak kalah menarik adalah Ace Hardware, Gramedia, Cinema 21, Cinema XXI and The Premiere, Celebrity Fitness, dsb.

Supermall Karawaci merupakan mall yang high-end di kawasan Tangerang. Jika hanya sekedar belanja kebutuhan sehari-hari, warga Karawaci biasanya mengunjungi City Mall. Mall ini lebih terbuka untuk semua kalangan. Ukurannya tidak terlalu besar, namun ada Super Indo di dalamnya yang menyediakan beragam kebutuhan makanan lengkap. Selain itu, ada juga Toko Buku Gunung Agung dan restoran-restoran cepat saji seperti Hoka-Hoka Bento, Dunkin’ Donuts, Texas Chicken, dsb. Dari segi lokasi, City Mall lebih dekat dengan kecamatan Karawaci dibanding Supermall Karawaci.

Fasilitas Pendidikan

Untuk pendidikan tinggi, rata-rata yang ada di Karawaci adalah universitas swasta ternama. Salah satunya adalah Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Letaknya berada di Jl. Maulana Yusuf no. 10 Babakan dan merupakan yang pertama berdiri di Tangerang. Didirikan pada tahun 1966, universitas ini menyediakan beberapa fakultas, yaitu Fakultas Agama Islam, Ekonomi, Teknik, Hukum, FISIP, FKIP dan Sarjana.

Pilihan universitas lainnya untuk berkuliah di Karawaci adalah Universitas Muhammadiyah Tangerang dan Universitas Buddhi Dharma. Sedangkan untuk pendidikan dasar hingga menengah, berikut adalah pilihannya:

  • SD Darma Putra
  • SDN Karawaci 01
  • SD Tunas Bina Bangsa
  • SMP Voctech
  • SMP Perguruan Buddhi
  • SMPN 6 Tangerang
  • SMA Islamic Centre
  • SMAN 4 Tangerang
  • SMA-SMK PGRI 109

Fasilitas Kesehatan

Tidak perlu jauh-jauh keluar Karawaci jika ingin pergi ke rumah sakit. Di dalam kawasan kecamatan saja sudah ada tiga rumah sakit yang lokasinya berdekatan, yaitu Rumah Sakit Pratiwi, Rumah Sakit Melati dan RSU Sari Asih Karawaci. Dari ketiga rumah sakit tersebut, Rumah Sakit Umum Sari Asih Karawaci adalah rumah sakit dengan pelayanan yang lebih lengkap. Beberapa poliklinik yang tersedia di sini misalnya urologi, ortopedi, paru, poli anak, THT, bedah umum, kebidanan dan kandungan, rehabilitasi medik, gigi, dll.

Alternatif rumah sakit lainnya yang ada di Karawaci adalah RSUP Dr. Sitanala, Rumah Sakit Islam Sari Asih Ar-Rahman, RS Melati dan RS Tiara Tangerang. Jika penyakit yang diderita ringan, warga Karawaci dapat mendatangi Klinik Karawaci Medika dan Klinik Karuna Medika.