1
district
Kebayoran Lama
19
2

Kebayoran Lama

Jual Rumah di Kebayoran Lama

Kebayoran Lama merupakan salah satu kecamatan di Jakarta Selatan yang terletak di sisi barat kota. Kecamatan ini dahulu menyatu dengan Kecamatan Pesanggrahan. Baru pada tahun 1990 an, Kebayoran Lama mengalami pemekaran dan terpisah dari Kecamatan pesanggrahan.

Sampai saat ini, Kebayoran Lama masih menjadi incaran pencari hunian di Jakarta Selatan. Letaknya yang strategis dan lengkapnya fasilitas menjadi daya tarik jual rumah Kebayoran Lama.

Kecamatan Kebayoran Lama dibelah oleh tiga jalan utama, yaitu Jalan Tentara Pelajar, Jalan Iskandar Muda dan Jalan Metro Pondok Indah. Jalan-jalan ini bermuara di Jalan Tol S. Parman, jalan yang menjadi penyambung pusat-pusat bisnis di Segitiga Emas Jakarta. Sedangkan di sisi selatan, jalan ini tersambung dengan jalan Tol Pondok Pinang - TMII dan Jl. Jakarta - Bogor.

Selain strategis, stok properti yang ada di Kebayoran Lama juga sangat melimpah. Melansir data statistik tahun 2004, sekitar 70% lahan atau 1.346 hektar dari 1.932 hektar lahan di Kebayoran Lama dimanfaatkan untuk perumahan. Sisanya, 154 hektar dimanfaatkan untuk industri; 357 hektar untuk kantor dan gudang; 90 hektar untuk taman dan 47 hektar untuk warung serba ada.

Lokasi Favorit Jual Rumah Kebayoran Lama

Kecamatan Kebayoran Lama terbagi menjadi enam kelurahan. Yang terbesar adalah Kelurahan Pondok Pinang (684 hektar). Disusul dengan Kelurahan Grogol Utara (333 hektar), Grogol Selatan (285 hektar), Kebayoran Lama Selatan (257 hektar), Cipulir (195 Hektar) dan Kebayoran Lama Utara (178 hektar).

Dari keenam kelurahan tersebut, muncul dua kelurahan dengan volume pencarian terbanyak untuk jual rumah Kebayoran Lama. Dua kelurahan tersebut adalah:

Pondok Pinang

Pondok Pinang adalah kelurahan di Kebayoran Lama dengan volume pencarian tertinggi untuk kata kunci jual rumah. Jumlahnya mencapai 40 pencarian per bulan. Kelurahan Pondok Pinang dianggap strategis karena di dalamnya terdapat pusat gaya hidup Mal Pondok Indah.

Pondok Indah Mall (PIM) merupakan pusat perbelanjaan di Pondok Pinang yang terletak di persilangan antara Jalan Metro Pondok Indah dan Jalan Haji Nawi.

Di dekat mall ini terdapat perumahan Pondok Indah, pemukiman mewah yang banyak didiami konglomerat, ekspatriat hingga artis ibu kota. Karena kepopulerannya ini, tidak heran jika volume pencarian untuk kata kunci jual rumah Pondok Indah bisa mencapai 300 per bulan.

Cipulir

Cipulir menjadi tempat mencari hunian terpopuler kedua setelah Pondok Pinang. Volume pencarian untuk jual dijual di Cipulir mencapai 20 per bulan. Berbeda dengan Pondok Indah, perumahan di Cipulir lebih ditujukan untuk semua kalangan. Wilayah ini dahulu didominasi oleh perumahan gaya Betawi dan Belanda.

Saat ini, beberapa rumah jadul tersebut masih bertahan. Sisanya dibongkar dan diganti dengan bangunan baru. Etnis-etnis yang beragam mulai memenuhi Cipulir modern. Anda dapat menemukan etnis Betawi, Jawa, Sunda, Tionghoa, Padang, Batak dan Ambon di sini. Orang India, Eropa dan Arab juga banyak yang bermukim di Cipulir.

Cipulir sendiri memiliki beberapa kompleks perumahan yang bisa Anda jadikan pilihan. Contohnya seperti:

  • Komplek Lemigas di Jalan Panjang Cipulir
  • Perumahan Cipulir Permai
  • Komplek Sekolah Staf Komando TNI AL di Ciledug Raya.

Cidodol

Cidodol adalah salah satu jalan di Grogol Selatan yang di sisi-sisinya terdapat banyak rumah yang dijual. Kepopuleran Cidodol di mesin pencari mengungguli Kelurahan Grogol Selatan itu sendiri, dengan volume pencarian 40 per bulan. Terkait lokasinya, keunggulan Jalan Cidodol adalah dekat dengan Jalan Raya Kebayoran Lama.

Jalan Seha

Tidak jauh berbeda dengan Cidodol, Jalan Seha adalah nama jalan di Grogol Selatan yang cukup populer di kalangan pencari hunian. Ada 40 pencarian untuk kata kunci rumah dijual di jalan Seha Kebayoran Lama setiap bulannya. Agaknya kawasan ini cukup populer di kalangan mahasiswa, karena terletak di dekat Universitas Pertamina.

Harga Jual Rumah Kebayoran Lama

Rata-rata harga jual rumah Kebayoran Lama menurut laman Lamudi.com adalah Rp25.000.000 per m2. Angka ini sempat mengalami penurunan pada 3 bulan lalu, yaitu Rp23.200.000 per m2. Jika dibandingkan dengan wilayah tetangga, harga rumah dijual di Kebayoran Lama sedikit lebih mahal. Harganya mengungguli Bintaro yang berada di angka Rp17 juta per m2 dan Kembangan di angka Rp22.100.000 per m2.

Meskipun mahal, Anda tetap bisa menemukan hunian-hunian terjangkau di Kebayoran Lama. Berapa kisaran harganya? Daftar harganya adalah sebagai berikut:

Pondok Pinang

  • Harga Jual Terendah: Rp365 Juta (38 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp59 Miliar (795 m2)

Pondok Indah

  • Harga Jual Terendah: Rp350 Juta (600 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp1.200 Miliar (4.000 m2)

Cipulir

  • Harga Jual Terendah: Rp211 Juta (66 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp20 Miliar (700 m2)

Cidodol

  • Harga Jual Terendah: Rp350 Juta (60 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp29 Miliar (1.000 m2)

Jalan Seha

  • Harga Jual Terendah: -
  • Harga Jual Tertinggi: Rp20 Miliar (350 m2)

Fasilitas Penunjang di Kebayoran Lama

Properti bernilai tinggi akan didukung oleh sarana penunjang yang memadai. Begitu juga dengan Kebayoran Lama. Penyebab harga jual rumah tapak di lokasi ini melambung karena keberadaan sarana dan prasarana di sekitarnya. Apa saja sarana dan prasarana yang dimaksud? Berikut adalah daftarnya.

Gandaria City

Gandaria City adalah pusat perbelanjaan 7 lantai yang berada di Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Mall ini merupakan satu kesatuan dari kompleks Gandaria City, yang terdiri dari apartemen (Gandaria Height) dan perkantoran. Warga Kebayoran Lama dapat mengakses mall ini lewat Jalan Iskandar Muda, jalan strategis yang menghubungkan Kebayoran Lama dengan Jalan Tol S. Parman.

Mall Gandaria City menempati lahan seluas 336,279 hektar. Di dalamnya terdapat tenant-tenant besar yang sudah tidak asing di telinga kita, seperti Metro Department Store, Lotte Mart, Watch Studio, Electronic Studio, Gramedia, Cinema XXI, Ace Hardware, dll.

Mall Pondok Indah

Mall Pondok Indah adalah mall bergengsi yang terkenal di kalangan anak muda. PIM (sebutan bagi mall ini) terletak di persilangan antara Jalan Metro Pondok Indah dan Jalan Haji Nawi. Tidak sembarangan tenant dapat mengisi Mall Pondok Indah. Karena harga sewa tempatnya yang terbilang mahal, hanya tenant-tenant papan atas saja yang bisa menghuni PIM.

PIM adalah pelopor mall-mall modern yang dibangun setelah tahun 1991. Pusat perbelanjaan ini juga menjadi salah satu yang paling ramai dikunjungi. Pada tahun 2013 saja pengunjung PIM bisa menembus angka 120.000 hingga 150.000 orang.

Gerbang Tol Pondok Pinang

Gerbang Tol Pondok Pinang adalah pintu masuk dan keluarnya warga Kebayoran Lama ke beberapa wilayah. Gerbang ini menjadi bagian dari tol JORR untuk ruas Pondok Pinang-Pasar Rebo dan Pondok Pinang-Lenteng Agung. Disamping itu, dari gerbang tol ini, warga juga bisa menuju Jalan Metro Pondok Indah hingga Ciputat. Dari Ciputat bisa berlanjut terus ke TMII, Jakarta Timur. Tidak lupa juga ruas Ulujami-Pondok Pinang yang termasuk dalam seksi JORR W2S.

Universitas Pertamina

Universitas Pertamina merupakan universitas swasta terkemuka yang berdiri di kawasan Simprug, Jakarta Selatan. Universitas ini dikelola oleh Yayasan Pertamina (Pertamina Foundation). Tahun ajaran baru sudah dimulai tahun 2016 lalu, untuk program studi S1:

  • Prodi Teknik Perminyakan
  • Prodi Teknik Geofisika
  • Prodi Teknik Geologi
  • Prodi Teknik Mesin
  • Prodi Teknik Elektro
  • Prodi Teknik Kimia
  • Prodi Teknik Logistik
  • Prodi Teknik Sipil
  • Prodi Teknik Lingkungan
  • Prodi Teknik Komputer
  • Prodi Ilmu Kimia
  • Prodi Ilmu Komunikasi
  • Prodi Hubungan Internasional
  • Prodi Ekonomi, dan
  • Prodi Manajemen

Lokasi Universitas Pertamina berdekatan dengan salah satu jalan populer di Kebayoran Lama untuk mencari hunian, yakni Jalan Seha.

Rumah Sakit Medika Permata Hijau

Rumah Sakit Medika Permata Hijau adalah salah satu rumah sakit yang memberikan pelayanan terbaik di Kebayoran Lama. Rumah sakit ini terletak di Jl. Kebayoran Lama No. 64 (Dekat ITC Permata Hijau). RS Medika Permata Hijau saat ini memiliki 23 poliklinik yang terbagi menjadi poliklinik umum dan spesialis.

Untuk rawat inap, kapasitas tempat tidur di RS Medika Permata Hijau ada 100 buah. Sedangkan untuk pelayanan kesehatan lainnya tersedia pelayanan diagnostik, kuratif, rehabilitasi, radiologi, bedah dan lainnya.

Transjakarta

Kebayoran Lama termasuk kecamatan yang memiliki banyak halte Transjakarta. Salah satunya ada halte Permata Hijau RS Medika yang terletak tepat di depan rumah sakit tersebut. Halte ini melayani Transjakarta koridor 8 yang membentang dari Lebak Bulus menuju Harmoni dan sebaliknya.

Stasiun Kebayoran

Stasiun Kebayoran, atau Stasiun Kebayoran Lama adalah stasiun kereta api kelas II yang berlokasi di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Dari stasiun ini, penumpang dapat menuju Tanah Abang, Serpong, Parung Panjang, Maja, hingga Rangkas Bitung.