1
district
Kebon Jeruk
20
2

Kebon Jeruk

Jual Rumah di Kebon Jeruk

Mengenal Kebon Jeruk, Gerbang Bisnis Baru di Barat Jakarta

Dalam rancangan pembangunan wilayah DKI Jakarta, pemerintah menempatkan Jakarta Barat sebagai daerah bisnis baru, atau new CBD. Pertumbuhan Jakarta Barat diharapkan mampu mengimbangi pusat bisnis Jakarta Selatan yang sudah ada sebelumnya. Akhirnya, Jakarta Barat tumbuh menjadi lokasi yang dipenuhi oleh area komersial dan hunian.

Kebon Jeruk memainkan peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Jakarta Barat. Kecamatan seluas 17,98 km ini menampung perusahaan-perusahaan media yang populer di Indonesia, seperti RCTI, MNCTV, GTV, MNC Studios International, Metro TV dan divisi Gramedia Majalah Kompas Gramedia. Akibatnya, mobilitas pekerja di perusahaan-perusahaan tersebut terjadi, dan pencarian akan jual rumah Kebon Jeruk pun mengalami peningkatan.

Lokasi Kebon Jeruk yang mudah dijangkau dan kemudahan akses ke sudut-sudut ibu kota juga menjadi alasan mengapa banyak orang mencari rumah dijual di Kebon Jeruk. Penduduk dapat dengan mudah mengakses Jalan Tol Jakarta Merak yang menjadi penghubung ibu kota dengan wilayah penyangga di sisi barat. Selain itu, Kebon Jeruk juga tidak jauh dari Tol JORR West 1, jalan bebas hambatan yang terbentang dari Jakarta Barat, Jakarta Selatan hingga Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Lokasi strategis ditambah dengan tingginya permintaan hunian di Kebon Jeruk membuat harga properti di kawasan ini semakin bersaing. Namun jangan khawatir, meski rumah di Kebon Jeruk sebagian dijual dengan harga tinggi, hunian-hunian terjangkau masih tersedia di kawasan ini.

Lokasi Favorit Jual Rumah Kebon Jeruk

Kecamatan Kebon Jeruk dibagi ke dalam 7 kelurahan, yaitu kelurahan Duri Kepa, Kedoya Selatan, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Sukabumi Utara, Kelapa Dua dan Sukabumi Selatan. Rata-rata pengguna internet tidak memasukkan nama kelurahan ketika ingin mencari hunian di Kebon Jeruk. Mereka langsung mengetik nama perumahan di kolom pencarian.

Oleh sebab itu, volume pencarian untuk jual rumah Kebon Jeruk lebih banyak terdapat pada nama perumahannya. Apa saja nama perumahan yang banyak dicari di Kebon Jeruk? Berikut adalah daftarnya.

Sunrise Garden

Sunrise Garden merupakan salah satu perumahan lama di Kebon Jeruk. Lokasinya berada di Jalan Panjang, tepatnya 2,7 km dari pintu tol Kebon Jeruk. Perumahan ini mudah dijangkau dengan TransJakarta, karena dilewati oleh TransJakarta koridor 8 rute Lebak Bulus - Harmoni.

Sunrise Garden adalah perumahan yang strategis untuk dihuni. Selain karena dekat dengan pintu tol, Sunrise Garden juga berada di sekitar gedung perkantoran, restoran, showroom mobil dan pertokoan yang ada di sepanjang Jl. Panjang.

Belum lagi pusat perbelanjaan bergengsi Mall Taman Anggrek yang hanya berjarak 3,8 km dari sini. Tidak heran jika volume pencarian untuk rumah dijual di Sunrise Garden mencapai 600 setiap bulannya. Jauh mengungguli volume pencarian rumah dijual di Kebon Jeruk pada umumnya yang hanya 60 pencarian per bulan.

Green Garden

Selanjutnya ada Green Garden, hunian mewah yang juga terletak di Jalan Panjang. Kemewahan hunian bisa terlihat dari desainnya yang mengusung gaya klasik dan mewah. Rumah terdiri dari dua lantai dengan ukuran lantai dasar yang luas. Bagian dalam tetap terlihat lega meskipun per satuan rumah sudah dilengkapi 4-5 kamar tidur.

Sama halnya dengan Sunrise Garden, penghuni Green Garden juga memperoleh kemudahan dalam mengakses jalan tol Kebon Jeruk. Kawasan perumahan ini juga berada tidak jauh dari universitas ternama di Jakarta Barat, seperti Universitas Esa Unggul dan UKRIDA. Untuk volume pencarian, sebanyak 50 orang mencari hunian di kawasan ini dengan kata kunci rumah dijual di Green Garden.

Taman Kebon Jeruk Intercon

Taman Kebon Jeruk Intercon dikembangkan oleh PT. Intercon Taman Kebon Jeruk. Lokasi perumahan ini berada di Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat dan sudah berdiri sejak tahun 90an. Pengembang menerapkan konsep one gate system untuk menjamin keamanan penghuni.

Keunggulan Taman Kebon Jeruk Intercon adalah lokasinya yang mudah dijangkau. Anda bisa menuju tempat ini dengan KRL Commuter Line atau melalui jalan tol. Jika menggunakan KRL, Anda bisa turun di Stasiun Taman Kota dengan menumpang kereta rute Tangerang. Dari stasiun ini, Anda bisa memesan ojek online dengan harga terjangkau. Disamping itu, Anda juga bisa mencapai perumahan ini lewat Gerbang Tol Joglo 2 yang terhubung dengan Tol JORR W2, Tol Jakarta-Merak dan Tol Jakarta-Serpong.

Kemudahan yang ditawarkan Taman Kebon Jeruk Intercon menarik perhatian banyak pencari hunian. Di Google, volume pencarian untuk kata kunci rumah dijual di Intercon Kebon Jeruk bisa mencapai 40 per bulan.

Harga Jual Rumah Kebon Jeruk

Mengutip laman Lamudi.com, harga jual rumah Kebon Jeruk berada pada angka Rp20.000.000 per m2. Angka ini naik dibanding tahun lalu yang hanya Rp18.500.000 per m2. Sedangkan untuk satuan rumah, harga rumah terendah di Kebon Jeruk menurut listing Lamudi.com adalah Rp475.000.000 dengan luas 60 m2. Yang termahal, rumah di Kebon Jeruk bisa mencapai Rp60 miliar (luas 1.570 m2).

Tentunya di setiap kawasan di Kebon Jeruk harga rumahnya berbeda-beda. Melansir dari rumah.com dan lamudi.com, berikut adalah beberapa harga jual rumah di beberapa wilayah Kebon Jeruk.

Kedoya

  • Harga Terendah: Rp168 Juta (35 m2)
  • Harga Tertinggi: Rp 34 Miliar (198 m2)

Sukabumi Utara

  • Harga Terendah: Rp785 Juta (67 m2)
  • Harga Tertinggi: Rp3,5 Miliar (150 m2)

Sukabumi Selatan

  • Harga Terendah: Rp1,3 Miliar (136 m2)
  • Harga Tertinggi: Rp10 Miliar (700 m2)

Kelapa Dua

  • Harga Terendah: Rp310 Juta (45 m2)
  • Harga Tertinggi: Rp7,7 Miliar (400 m2)

Perumahan-Perumahan di Kebon Jeruk

  • Sunrise Garden: Rp1,8 Miliar - Rp17 Miliar
  • Green Garden: Rp650 Juta - Rp25 Miliar
  • Taman Kebon Jeruk Intercon: Rp550 Juta - Rp90 Miliar

Fasilitas Penunjang di Kebon Jeruk

Lokasi hunian yang baik adalah lokasi yang ditunjang dengan fasilitas publik dan infrastruktur. Keberadaan fasilitas dan infrastruktur tidak hanya berguna bagi end-user properti, tetapi juga investor yang ingin memutar uangnya di sektor ini. Lantas, apakah fasilitas di Kebon Jeruk cukup mumpuni untuk konsumen maupun investor properti? Anda bisa menilainya dengan keberadaan fasilitas-fasilitas berikut.

Jalan Tol

Jalan tol adalah inti dari infrastruktur, yang menghubungkan satu daerah dengan yang lainnya. Suatu daerah akan mudah dijangkau jika sudah dilalui oleh jalan tol. Kebon Jeruk sendiri lokasinya berdekatan dengan beberapa ruas jalan tol strategis di Jakarta. Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) adalah salah satunya.

Sesuai namanya, JORR adalah jalan tol yang membingkai bagian luar Jakarta. Jalan ini terbagi menjadi empat bagian besar, yakni Pondok Pinang - Pasar Rebo, Pasar Rebo - Rorotan, Kembangan - Ulujami dan yang paling dekat dengan Kebon Jeruk yaitu Kembangan - Penjaringan.

Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta merupakan akses favorit bagi warga Tangerang atau Jakarta yang ingin menuju Bekasi, Bogor, Depok dan kota-kota lain di Pantura.

Tol JORR berlanjut menjadi Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta W2 (JORR W2) yang panjangnya mencapai 7,87 km. Tol JORR W2 beroperasi dalam dua ruas, yakni ruas Kebon Jeruk - Ciledug dan ruas Ciledug - Ulujami.

Transportasi Umum

Transportasi umum di Jakarta Barat dapat dikatakan melimpah. Hal ini disebabkan karena lokasinya yang berada di antara Tangerang dan pusat Jakarta. Banyak kendaraan berlalu lalang di kawasan ini, termasuk di Kebon Jeruk. Beberapa rute bus melewati Kebon Jeruk sebelum sampai ke destinasi akhirnya, seperti:

  • Mayasari Bakti jurusan Kota-Poris Plawad
  • Mayasari Bakti jurusan Blok M-Poris Plawad
  • Mayasari Bakti jurusan Senen-Poris Plawad
  • AJAP AC119 jurusan Kampung Melayu-Poris Plawad
  • PPD P45 jurusan Blok M-Poris Plawad
  • APTB 13 jurusan Pulo Gadung-Poris Plawad
  • Dll.

Selain bus, warga Kebon Jeruk juga bisa memanfaatkan moda transportasi massal berbasis rel untuk bepergian. Stasiun Palmerah adalah yang terdekat, dengan jarak 5,2 km dari Kebon Jeruk. Lebih jauh sedikit adalah Stasiun Kebayoran yang jaraknya 6 km. Kedua stasiun tersebut mengarah ke Stasiun Serpong dan Parung Panjang.

Sementara itu, pemerintah juga telah mencanangkan pembangunan LRT koridor 4 dengan rute Puri Kembangan-Tanah Abang. Koridor ini akan menjadi yang terdekat dari Kebon Jeruk.

Pusat Perbelanjaan

Tidak sulit menemukan tempat berbelanja kebutuhan primer atau sekunder di Kebon Jeruk. Jika ingin berbelanja secara ekonomis, Anda dapat mengunjungi pasar tradisional di Kebon Jeruk. Pilihannya ada Pasar Tradisional Musyawarah Kebon Jeruk, Pasar Pagi dan Pasar Green Garden. Sedangkan untuk pilihan belanja yang lebih modern, Anda bisa mengunjungi pusat gaya hidup di dekat Kebon Jeruk, misalnya:

  • Mall Taman Anggrek (5,1 km)
  • Mall Central Park (5,3 km)
  • Puri Indah Mall (5,9 km)

Layanan Kesehatan

Salah satu hal yang sering luput dari pertimbangan ketika memilih hunian adalah keberadaan fasilitas kesehatan. Untungnya Kebon Jeruk sudah dilengkapi dengan fasilitas kesehatan yang memadai. Mulai dari apotek, puskesmas hingga rumah sakit yang sudah berpengalaman menangani penyakit serius ada di sini. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Siloam Hospital Kebon Jeruk
  • Medika Permata Hijau Hospital
  • Pertamina Central Hospital
  • Klinik Taman Anggrek Srengseng Junction
  • Rumah Sakit Cendana
  • Apotek Kimia Farma Pengumben

Institusi Pendidikan

Apakah Kebon Jeruk bisa menjadi tempat ideal untuk tumbuh kembang anak Anda? Tentu saja, Anda dapat menemukan sekolah-sekolah negeri hingga yang bertaraf internasional di sini. Contohnya adalah:

  • SD Negeri Sukabumi Selatan 05
  • SMP Negeri 271 Jakarta
  • SMA Negeri 45 Jakarta
  • Bukit Sion High School
  • Dll

Banyak juga universitas-universitas swasta ternama yang berdiri di Kebon Jeruk dan sekitarnya. Ini tentu merupakan kabar baik bagi investor, karena usaha kost-kostan di Kebon Jeruk akan selalu ada permintaannya. Universitas-universitas yang ada di kawasan ini yaitu:

  • Universitas Mercu Buana
  • Binus University
  • Universitas Esa Unggul
  • Universitas Tarumanegara
  • Universitas Trisakti