1
district
Kemanggisan
1763
2

Kemanggisan

Jual Rumah di Kemanggisan

Kemanggisan merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Menurut data tahun 2016, kelurahan ini dihuni oleh 37.037 orang, dengan kepadatan 13.180 jiwa/km2. Kemanggisan menjadi semakin ramai sejak dibukanya Universitas Bina Nusantara Kampus Kijang pada tahun 1995.

Dari segi lokasi, Kemanggisan cukup strategis, karena bersinggungan dengan dua jalan penting di ibu kota, yaitu Jalan Tol S. Parman di sisi timur dan Jalan Tol Jakarta-Tangerang di sisi utara. Selanjutnya beberapa ratus meter ke utara terdapat pusat bisnis dan kompleks apartemen Taman Anggrek. Sedangkan batas selatan kelurahan berada tidak jauh dari Stasiun Palmerah dan Istora Senayan.

Lokasi Kemanggisan yang strategis menjadi daya tarik untuk para pencari hunian. Banyak yang akhirnya berminat untuk beli atau jual rumah Kemanggisan karena prospek yang menjanjikan ini. Apalagi pilihan rumah dijual di Kemanggisan juga terbilang lengkap. Anda dapat menemukan townhouse, rumah mewah hingga rumah tipe 40 di sini.

Lokasi Favorit Jual Rumah Kemanggisan

Wilayah Kemanggisan cukup populer di kalangan peminat properti. Hal ini terbukti dari banyaknya volume pencarian untuk kawasan ini. Ada 40 pencarian per bulan untuk kata kunci jual rumah Kemanggisan. Kata kunci lainnya seperti rumah dijual di Kemanggisan memiliki volume pencarian 100 per bulan.

Disamping itu, ada lokasi-lokasi tertentu di Kemanggisan yang diincar banyak orang. Apa saja lokasi-lokasi tersebut? Berikut adalah pemaparannya.

Kemanggisan Ilir

Kemanggisan Ilir adalah salah satu jalan di Kemanggisan yang diisi oleh perumahan mewah. Model rumah yang ada di jalan ini terlihat sangat berbeda dengan landskap perumahan di sekitarnya. Rumah-rumah di Kemanggisan Ilir rata-rata memiliki halaman yang luas, disertai dengan garasi. Rata-rata rumah yang dijual di Kemanggisan Ilir dibandrol dengan harga di atas Rp5 miliar.

Dari segi lokasinya, perumahan di Kemanggisan Ilir sangatlah strategis. Jalan ini bermuara di Jalan Arjuna Selatan, jalan yang bersinggungan langsung dengan Jalan Tol Jakarta-Tangerang. Selain itu, dari jalan ini juga sangat mudah untuk mencapai kompleks Taman Anggrek yang berisi pusat perbelanjaan, apartemen dan perkantoran. Tidak heran banyak orang tertarik untuk memiliki hunian di sepanjang jalan ini. Ada 20 volume pencarian untuk kata kunci jual rumah Kemanggisan Ilir.

Binus Kijang

Masyarakat lebih mengenal Binus Kijang dengan sebutan Binus Kemanggisan. Kampus binus ini luasnya 4.785 m2 dan berdiri di atas lahan seluas 13.220 m2. Binus Kijang termasuk kampus yang ramai oleh Mahasiswa. Oleh karena itu, permintaan akan kost-kostan di sekitar wilayah ini juga membludak.

Pencarian untuk kost dekat Binus Kemanggisan angkanya mencapai 80 per bulan. Sementara itu untuk jual rumah di dekat Binus Kemanggisan memiliki volume 1-10 per bulan. Rumah-rumah yang dijual di dekat Binus Kijang rata-rata adalah rumah untuk kalangan menengah dengan satu atau dua tingkat. Jarak antar rumah cukup rapat dan terletak langsung di sisi jalan.

Kemanggisan Utama

Kemanggisan Utama adalah jalan yang membagi kelurahan Kemanggisan menjadi wilayah utara dan selatan. Jalan ini bersilangan dengan Jalan Tol S. Parman. Jalan Kemanggisan Utama menjadi akses utama warga Kemanggisan yang ingin menjangkau Stasiun Tanah Abang di sisi timur.

Di sepanjang Jalan Kemanggisan Utama, Anda dapat menjumpai usaha-usaha kecil milik warga, mulai dari rumah makan, toko peralatan berkendara, warung dan sebagainya. Beberapa titik pom bensin juga mudah ditemui di sepanjang jalan ini. Begitu masuk ke persilangan dengan Jalan Tol S. Parman, yang terlihat adalah gedung-gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan Slipi Jaya.

Rata-rata rumah dijual Kemanggisan Utama adalah rumah serupa ruko tingkat dua atau tingka tiga. Rumah-rumah tipe ini lebih banyak ditemukan di sisi timur jalan, yang dekat dengan Jalan Tol S. Parman. Sedangkan di sisi barat Jalan Kemanggisan Utama, lebih banyak dihuni oleh rumah-rumah tapak dengan garasi yang cukup luas.

Harga Jual Rumah Kemanggisan

Harga jual rumah di Kemanggisan cenderung fluktuatif dari waktu ke waktu. Rata-rata berada di bawah Rp20 juta per m2. Mengutip laman Lamudi.com, harga jual rumah Kemanggisan pernah berada di angka Rp19.100.000 per m2. Angka ini lalu mengalami penurunan 3 bulan lalu hingga mencapai Rp17.500.000 per m2.

Range harga rumah-rumah di Kemanggisan juga bervariasi. Anda bisa menemukan rumah harga miliaran di sini, begitu juga dengan rumah seharga ratusan juta. Saya telah menghimpun beberapa harga jual rumah di Kemanggisan dari beberapa platform jual beli properti. Berikut adalah hasilnya.

Rumah.com

  • Harga Jual Terendah: Rp199 Juta (35 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp52 Miliar (1000 m2)

Rumah123.com

  • Harga Jual Terendah: Rp450 Juta (24 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp52 Miliar (1000 m2)

Lamudi.com

  • Harga Jual Terendah: Rp800 Juta (42 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp35 Miliar (1000 m2)

Olx.com

  • Harga Jual Terendah: Rp260 Juta (25 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp45 Miliar (700 m2)

Fasilitas Penunjang di Kemanggisan

Kemanggisan bisa menjadi pilihan lokasi hunian Anda yang strategis, apalagi jika Anda memiliki mobilitas tinggi. Pasalnya kawasan ini memiliki infrastruktur dan fasilitas yang lengkap. Fasilitas-fasilitas apa saja yang ada di Kemanggisan? Berikut adalah daftarnya.

Jalan Tol

Kelurahan Kemanggisan bersinggungan dengan dua jalan tol yang sangat berperan dalam menyambungkan Jakarta Barat dengan wilayah lainnya, termasuk daerah penyangga seperti Tangerang. Jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Jakarta Tangerang dan Jalan Tol S. Parman.

Sesuai namanya, Jalan Tol Jakarta-Tangerang adalah jalan bebas hambatan yang menghubungkan Jakarta dengan Kota Tangerang. Jalan sepanjang 26 km ini memiliki beberapa titik gerbang tol, seperti gerbang tol Tomang, Kebon Jeruk, Meruya, Meruya Utara, Kembangan Selatan, Karang Tengah Barat, Kunciran, Tangerang, Karawaci dan Bitung. Jalan ini tersambung lagi dengan Jalan Tol Tangerang-Merak dan menjadi satu rangkaian dengan Jalan Tol Jakarta-Merak.

Infrastruktur penting lain yang ada di Kemanggisan adalah Jalan Tol S. Parman. Jalan ini masih satu rangkaian dengan Jalan Jakarta Inner Ring Road. Melalui jalan ini Anda dapat mencapai kompleks Gelora Bung Karno dan Plaza Semanggi di bagian selatan, lalu berlanjut ke pusat bisnis yang ada di Pancoran sampai Cawang. Sedangkan jika menuju utara, Anda dapat mencapai daerah Pluit dan Penjaringan.

Institusi Pendidikan

Institusi pendidikan utama yang ada di Kemanggisan adalah Kampus Binus Kijang. Kampus ini seakan-akan menjadi landmark tersendiri bagi kelurahan Kemanggisan. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas yang menunjang pelajaran, seperti 30 ruang kelas yang telah dilengkapi dengan LCD proyektor, lapangan basket, lapangan futsal, lapangan bulu tangkis dan unit Pengembangan Pelatihan Bahasa.

Universitas lainnya yang ada di dekat Kemanggisan adalah Universitas Tarumanegara. Sebenarnya universitas ini berada di luar Kelurahan Kemanggisan, namun masih terjangkau, karena jaraknya hanya 4 km dari Kemanggisan.

UNTAR menyediakan beberapa fakultas dengan prospek karir yang menjanjikan, seperti Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Untuk pendidikan tingkat menengah, di Kemanggisan terdapat SMP Negeri 111 dan SMA Negeri 78 Jakarta.

Pusat Perbelanjaan

Slipi Jaya Plaza merupakan pusat perbelanjaan andalan bagi warga Kemanggisan. Lokasi mall ini strategis, karena berada di sisi Jalan S. Parman. Mall Slipi Jaya Plaza menjadi tempat favorit bagi warga Kemanggisan dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu, mulai dari berbelanja, nongkrong hingga nonton bioskop di CGV Cinema. Mall dengan tinggi empat lantai dan dua lantai parkir ini diisi oleh tenant dari brand-brand ternama, seperti Pizza Hut, Giant Supermarket, Johnny Andrean, Bata, dsb.

Untuk pilihan belanja yang lebih ekonomis, warga Kemanggisan dapat berkunjung ke Pasar Slipi Jaya yang terletak persis di depan mall Slipi Jaya Plaza. Pasar ini mengusung konsep one stop shopping yang dipadukan dengan pembangunan Rusunawa. Rusunawa akan dibangun di tingkat atas, sedangkan di tingkat bawah merupakan pasar modern tempat Anda mendapatkan kebutuhan sandang dan pangan dengan harga terjangkau.

Jika ingin lebih fancy sedikit, warga Kemanggisan bisa melipir sedikit ke utara. Di sana terdapat Mall Taman Anggrek, salah satu mall terbesar di Jakarta Barat yang tidak perlu lagi dipertanyakan kualitasnya. Bagian dalam mall diisi oleh tempat makan-tempat makan mewah yang memberikan pengalaman berbeda. Tenant-tenant fesyen yang ada di sana juga tidak kalah menarik. Anda dijamin betah berlama-lama di mall Taman Anggrek.

Fasilitas Kesehatan

Melihat dari peta satelit, Kelurahan Kemanggisan dikelilingi oleh beberapa fasilitas kesehatan berupa rumah sakit. Yang terdekat adalah Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita. Rumah sakit ini berada di sisi timur Jalan S. Parman.

Poliklinik umum di RSAB Harapan Kita mulai beroperasi pada hari Senin-Jum’at jam 07:00 sampai 14:00 WIB. Sedangkan untuk layanan rumah sakit lebih berfokus pada layanan kesehatan ibu dan anak, seperti fetal medicine, neonatal and pediatric cardiology, pediatric bronchoscopy, pediatric urology clinic, anestesi, dsb.

Jika Anda tinggal di bagian selatan Kelurahan Kemanggisan, rumah sakit terdekat adalah Rumah Sakit Bhakti Mulia yang terletak di Jl. Ks. Tubun No.79, Slipi, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat. Layanan medis yang tersedia di sini berupa elektrokardiogram, fisioterapi, konsultasi alergi anak, konsultasi penyakit saraf, konsultasi pernapasan anak, konsultasi stroke, operasi amandel, operasi caesar, operasi usus buntu, dsb.

Alternatif pelayanan kesehatan lainnya yang ada di dekat Kemanggisan adalah Rumah Sakit Pelni. Rumah sakit yang terletak di Jl. Ks. Tubun No. 92 ini termasuk salah satu yang terbaik di Jakarta Barat, karena kelengkapan fasilitas dan layanannya. Layanan yang ada di rumah sakit ini mencangkup medical check up, poliklinik, IGD, rawat inap. Cathlab, ESWL, hemodialisa dan diagnostic center.