1
district
Pasar Minggu
32
2

Pasar Minggu

Jual Rumah di Pasar Minggu

Pasar Minggu merupakan salah satu kecamatan di Jakarta Selatan. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Kramat Jati di sisi timur, Kecamatan Mampang Prapatan di sisi utara, Kecamatan Cilandak di sisi barat dan Kecamatan Jagakarsa di sisi selatan.

Pasar Minggu adalah salah satu kecamatan terluas di Jakarta Selatan. Total luasnya adalah 2.190 hektar, yang mencangkup Kelurahan Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jati Padang, Ragunan, Cilandak Timur, Pejaten Timur dan Kebagusan.

Jika Anda ingin mencari hunian terjangkau di Jakarta Selatan, rumah dijual di Pasar Minggu adalah jawabannya. Harga jual rumah Pasar Minggu dikenal lebih murah dibanding properti-properti lain di Jakarta Selatan. Bahkan, rumah seharga Rp200 jutaan masih bisa ditemukan di Pasar Minggu.

Walaupun stok rumah terjangkau di Pasar Minggu melimpah, bukan berarti Pasar Minggu tidak strategis untuk dihuni. Malahan Pasar Minggu menjadi lokasi ideal untuk penghuni rumah yang memiliki mobilitas tinggi. Kecamatan ini dibelah oleh Jalan Tol Pondok Pinang - TMII dan Lingkar Luar Jakarta (JORR). Selain itu, terdapat empat stasiun KRL yang berada dalam kawasan Pasar Minggu, yaitu Stasiun Kalibata, Stasiun Pasar Minggu Baru, Stasiun Pasar Minggu dan Stasiun Tanjung Barat.

Lokasi Favorit Jual Rumah Pasar Minggu

Kepopuleran Pasar Minggu di kalangan pencari properti terlihat dari banyaknya pengguna internet yang mencari jual rumah Pasar Minggu. Setidaknya ada 100 pencarian per bulan untuk kata kunci jual rumah Pasar Minggu.

Tidak hanya kecamatan secara keseluruhan, beberapa kelurahan di Pasar Minggu juga cukup populer untuk mencari hunian. Beberapa diantaranya yaitu:

Kebagusan

Kebagusan adalah salah satu kelurahan di Pasar Minggu yang mendapat perhatian lebih dari pemburu properti. Letaknya berada di sisi selatan Kecamatan Pasar Minggu. Kelurahan ini hanya mengambil sebagian kecil luas kecamatan, yakni 226 hektar saja. Akan tetapi, potensi pasar properti di kawasan ini tidak main-main. Ada 90 pencarian untuk kata kunci rumah dijual di Kebagusan dan 100 pencarian per bulan untuk jual rumah Kebagusan.

Kebagusan begitu digemari karena lokasinya yang strategis. Kelurahan ini diapit oleh Kebun Binatang Ragunan di sisi barat dan Stasiun Tanjung Barat di sisi timur. Nantinya di dekat Stasiun Tanjung Barat akan dibangun Mal AEON dan kompleks apartemen Southgate yang tentunya akan meningkatkan nilai properti di sekitarnya.

Kebagusan juga memberi akses yang mudah ke Depok, kota penyangga di sisi selatan. Warga tinggal menggunakan Jalan Lenteng Agung Raya yang terletak di sisi timur untuk sampai ke sana. Lokasi strategis, potensi investasi yang menjanjikan dan harga properti yang terjangkau menjadi alasan kuat mengapa orang-orang tertarik untuk memiliki hunian tapak di kawasan ini.

Pejaten Barat

Pejaten Barat adalah salah satu kelurahan di sisi utara Kecamatan Pasar Minggu yang mengambil porsi 290 hektar dari keseluruhan lahan. Potensi kelurahan ini terletak pada lokasinya yang berdekatan dengan kawasan bisnis Kalibata dan kompleks permukiman mewah di Kemang. Selain itu, Pejaten Barat juga memiliki pusat perbelanjaannya sendiri, yaitu Pejaten Village.

Tidak heran jika Kelurahan Pejaten Barat begitu diincar oleh pencari properti di internet. Terbukti ada 40 pencarian per bulan untuk kata kunci rumah dijual di Pejaten Barat dan 20 pencarian per bulan untuk kata kunci jual rumah Pejaten Barat.

Jati Padang

Jati Pada memiliki luas 250 hektar dan lokasinya bersinggungan dengan Kelurahan Pasar Minggu. Sudah pasti letak kelurahan ini sangat dekat dengan Stasiun Pasar Minggu. Selain itu, Pejaten Village juga berada di kelurahan ini.

Jumlah orang yang mencari rumah dijual di Jati Padang ada 20 setiap bulannya. Mereka juga memasukkan kata kunci jual rumah Jati Padang untuk mencari hunian di kawasan ini.

Ragunan

Ragunan mengambil porsi terbesar dari Kecamatan Pasar Minggu. Kelurahan seluas 506 hektar ini bentuknya memanjang. Sisi selatan dibatasi oleh Kebun Binatang Ragunan dan di sisi utara bersinggungan dengan Pejaten Village serta Gedung Arsip Nasional. Yang menjadi daya tarik Kelurahan Ragunan adalah lokasinya yang banyak dihuni landmark penting di Pasar Minggu.

Di selatan kelurahan terdapat Kebun Binatang Ragunan, kebun binatang terbesar di Jakarta. Selanjutnya ada gedung Kementerian Pertanian yang berdekatan dengan RSUD Pasar Minggu dan Jalan Tol Pondok Pinang - TMII. Berlanjut ke utara terdapat Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan SMA Kolase Gonzaga.

Orang-orang tertarik untuk mencari rumah dijual di Ragunan karena alasan-alasan ini. Volume pencariannya untuk jual rumah Ragunan mencapai 20 per bulan.

Harga Jual Rumah Pasar Minggu

Seberapa terjangkau harga jual rumah Pasar Minggu? Mengutip dari laman Lamudi.com, harga rumah dijual di Pasar Minggu pada dasarnya berada di angka Rp18 juta per m2. Harga ini sempat mengalami fluktuasi, namun tidak banyak berubah. Pada enam bulan lalu, harga jual rumah di Pasar Minggu turun menjadi Rp17.400.000 per m2, sebelum akhirnya naik lagi pada tiga bulan lalu menjadi Rp18.000.000 per m2.

Beberapa wilayah di Pasar Minggu menawarkan rumah tapak di bawah harga rata-rata. Ada juga wilayah yang membandrol harga di atas Rp18 juta per m2. Untuk mengetahui gambaran lengkapnya, berikut adalah range harga jual rumah di beberapa wilayah Pasar Minggu, dari listing rumah.com.

Kebagusan

  • Harga Jual Terendah: Rp239 Juta (30 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp35 Miliar (200 m2)

Pejaten Barat

  • Harga Jual Terendah: Rp650 Juta (75 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp175 Miliar (5.000 m2)

Jati Padang

  • Harga Jual Terendah: Rp360 Juta (45 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp35 Miliar (700 m2)

Ragunan

  • Harga Jual Terendah: Rp168 Juta (35 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp38 Miliar (1000 m2)

Fasilitas Penunjang di Pasar Minggu

Fasilitas penunjang sering menjadi pertimbangan warga ibu kota dalam mencari hunian. Suatu tempat juga dapat dikatakan strategis bila sudah didukung oleh fasilitas-fasilitas publik yang memadai. Tidak hanya memadai, fasilitas-fasilitas ini juga harus dekat dengan permukiman.

Pasar Minggu bisa dibilang memenuhi hal ini. Sejumlah fasilitas publik dapat ditemukan di sini dan jaraknya tidak jauh dari perumahan warga. Fasilitas apa saja yang dapat ditemukan? Berikut adalah daftarnya.

Infrastruktur

Salah satu alasan mengapa Pasar Minggu cocok dihuni oleh orang dengan mobilitas tinggi adalah karena Pasar Minggu dilintasi oleh Jalan Tol Pondok Pinang - TMII. Ruas jalan sepanjang 13 km ini termasuk dalam rangkaian Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR). Sebanyak 2.224.831 kendaraan melintasi ruas ini setiap harinya. Maka dari itu, tol ruas Pondok Pinang - TMII dianggap sebagai ruas paling produktif yang mengambil porsi 40% dari keseluruhan volume kendaraan yang melintasi JORR.

Ruas Pondok Pinang - TMII begitu ramai dilintasi karena jalan ini menghubungkan beberapa sentra perekonomian di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, seperti kawasan perkantoran TB Simatupang, Cilandak Townsquare, Kebon Binatang Ragunan dan Taman Mini Indonesia Indah.

Sementara itu, untuk warga Pasar Minggu yang ingin pergi ke Depok, ada dua alternatif jalan, yaitu Jalan Tol Depok - Antasari di sisi barat dan Jalan Lenteng Agung Raya di sisi timur. Jalan Lenteng Agung Raya terus berlanjut hingga Universitas Indonesia. Karena ramai dilalui pengguna, jalan ini seringkali macet, terutama di jam-jam sibuk.

Alternatif lainnya adalah dengan melewati Jalan Tol Depok - Antasari (Desari) di sisi barat. Jalan ini menjadi penghubung antara Jakarta Selatan dengan Depok dan sudah diresmikan pada tahun 2018 lalu. Salah satu rute yang dilewati Jalan Tol Desari adalah Pondok Labu.

Transportasi Publik

Pasar Minggu adalah salah satu kecamatan dengan konektivitas terbaik di Jakarta Selatan. Warga dapat memanfaatkan beberapa moda transportasi publik untuk menjangkau area sekitar, bahkan di luar Jakarta. Bagi yang terbiasa naik KRL bisa menumpang dari Stasiun Pasar Minggu atau Stasiun Pasar Minggu Baru, dengan rute Bogor - Jakarta Kota, Bogor - Tanah Abang, Duri atau Angke.

Selain KRL, tersedia juga Stasiun MRT Fatmawati dan Cipete Raya yang letaknya sangat dekat dengan kecamatan. Lebih nyaman naik bus kota? Armada Kopaja, Metromini, Mayasari Bakti dan DAMRI juga banyak yang melewati Pasar Minggu.

Sedangkan untuk jalur udara, Bandara Halim Perdana Kusuma terletak tidak jauh dari kecamatan. Anda dapat menjangkaunya hanya dalam beberapa menit berkendara.

Pusat Perbelanjaan

Sebagian besar transaksi yang terjadi di Kecamatan Pasar Minggu berasal dari pasar yang terletak di dekat Stasiun Pasar Minggu. Pasar inilah yang menjadi asal muasal nama Kecamatan Pasar Minggu. Pedagang dari Condet, Depok dan Bogor berbondong-bondong datang ke Pasar Minggu untuk menjalankan roda perekonomian.

Beragam kebutuhan pokok tersedia di Pasar Minggu, mulai dari sayur-mayur, aneka daging, bumbu dapur, perabotan rumah tangga, pakaian dan lain sebagainya. Tentunya Anda dapat barang-barang ini dengan harga miring.

Untuk pusat gaya hidup, di Pasar Minggu terdapat Pejaten Village yang terletak di Jalan Warung Jati Barat, Jati Padang, Pasar Minggu. Mall ini awalnya bernama Pejaten Mall sebelum akhirnya diganti menjadi Pejaten Village pada tahun 2007.

Saat ini Penvill (Pejaten Village) telah memiliki 6 lantai perbelanjaan dan 2 lantai basement dengan total NLA seluas 43.000 m2. Sejumlah tenant pun tercatat sudah menghuni mall ini sejak lama, seperti Hypermart dan Matahari Department Store. Sekarang tenant-nya lebih beragam. Anda bisa menemukan Fitness First, Electronic Solution, Batik Keris, Et Cetera, Bellagio, Swatch, Imperial Kitchen, Solaria dan tenant menarik lainnya di Pejaten Village.

Fasilitas Pendidikan

Unas atau Universitas Nasional adalah institusi pendidikan dengan jenjang tertinggi yang ada di Pasar Minggu. Universitas ini termasuk yang tertua di Jakarta dan didirikan pada tahun 1949. Program studi yang ditawarkan terbagi ke dalam beberapa fakultas, yaitu fakultas sosial, ekonomi dan politik, fakultas biologi, fakultas matematika dan fisika, fakultas sastra Indonesia dan fakultas sastra Inggris.

Untuk jenjang pendidikan yang lebih rendah, sekolah-sekolah yang tersedia di Pasar Minggu diantaranya adalah:

  • SD Yasporbi III
  • SD Al-Azhar 2 Pasar Minggu
  • SMP Suluh
  • SMPN 107 Jakarta
  • SMPN 218 Jakarta
  • SMAN 28 Jakarta
  • SMA Al-Azhar 2 Pejaten
  • SMA Kolese Gonzaga

Fasilitas Kesehatan

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ketika mencari hunian di Pasar Minggu adalah keberadaan fasilitas kesehatan. Salah satu rumah sakit yang sering menjadi rujukan di kawasan ini adalah RSUD Pasar Minggu. Rumah sakit ini memberikan layanan berupa Instalasi Gawat Darurat (IGD) 24 jam, Instalasi Rawat Inap, Rawat Jalan, Rawat Intensif, Bedah Sentral dan yang lainnya.

Alternatif lainya terkait fasilitas kesehatan di Pasar Minggu adalah sebagai berikut:

  • RSUD Jati Padang
  • Klinik Keluarga Mutiara
  • Klinik Mitra Sehat
  • Klinik Syahindah Medika
  • Puskesmas Pasar Minggu