1
district
Pejaten
35
2

Pejaten

Jual Rumah di Pejaten

Pejaten adalah salah satu wilayah yang terletak di Kecamatan Pasar Minggu. Wilayah ini memiliki letak yang strategis karena dilalui oleh beberapa jalan penting seperti Jalan Raya Pasar Minggu, Jalan Warung Jati Barat dan Jalan Ampera.

Jalan Warung Jati Barat menghubungkan Pejaten dengan Mampang di sisi utara. Sementara Jalan Raya Pasar Minggu akan berlanjut ke kawasan bisnis Kalibata dan berakhir di Jalan Tol Cawang Grogol. Lokasi menjadi lebih strategis karena kedua jalan ini akan bermuara di Jalan TB Simatupang di sisi selatan.

Letak Pejaten yang begitu strategis menjadi sorotan end-user dan para investor properti. Mereka juga melirik model-model rumah dijual di Pejaten yang lebih banyak menyasar kalangan menengah ke atas. Rumah tipe townhouse adalah pemandangan umum di sini dan banyak pemilik yang jual rumah Pejaten karena nilai investasinya yang tinggi.

Walaupun sebagian besar rumah di Pejaten memiliki halaman luas dan bangunan bertingkat, tidak semuanya dijual dengan harga selangit. Ada juga pemilik yang jual rumah Pejaten di bawah Rp1 miliar. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Pejaten yang tidak boleh dilewatkan.

Lokasi Favorit Jual Rumah Pejaten

Wilayah Pejaten terbagi menjadi dua kelurahan, yaitu Kelurahan Pejaten Barat seluas 290 hektar dan Kelurahan Pejaten Timur seluas 288 hektar. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda terkait pasar hunian tapak.

Pejaten Barat

Jika Anda mencari hunian townhouse atau hunian bergaya villa, Pejaten Barat adalah pilihan yang tepat. Kebanyakan rumah-rumah di Pejaten Barat menyajikan nuansa hunian yang berbeda. Lingkungannya hijau, privasi terjaga, namun masih di dalam kawasan perkotaan.

Sebagian kawasan Kemang masuk dalam teritori Pejaten Barat. Tidak heran jika rumah-rumah premium juga umum ditemukan di sini. Hal inilah yang membuat Pejaten Barat begitu diminati para pemburu properti. Tercatat ada 40 pencarian per bulan untuk kata kunci rumah dijual di Pejaten Barat dan 20 pencarian untuk jual rumah Pejaten Barat.

Apa yang membuat Pejaten Barat begitu istimewa? Pertama kelurahan ini dibelah oleh jalan dua arah Jl. Warung Jati Barat yang terhubung dengan Jl. TB Simatupang di sisi selatan. Setelah itu, kelurahan ini juga dilalui oleh Jalan Ampera yang terhubung dengan jalan-jalan kecil di Kemang. Terakhir fasilitas publik di Pejaten Barat terbilang lengkap. Ada Rumah Sakit Jakarta Medical Center di utara, Mal Pejaten Village di selatan dan Universitas Nasional di tenggara.

Pejaten Timur

Berbeda dengan Pejaten Barat, Anda tidak perlu menyiapkan budget lebih jika ingin beli rumah di Pejaten Timur. Pasalnya harga rumah dijual di Pejaten Timur jauh lebih terjangkau dibanding Pejaten Barat. Rumah seharga Rp300 juta masih ada di sini, bahkan townhouse dengan dua lantai seharga Rp700 jutaan masih dikembangkan developer.

Walaupun terjangkau, Pejaten Timur tetap menjanjikan lokasi yang strategis untuk mencari hunian. Di kawasan inilah Stasiun Pasar Minggu dan Stasiun Pasar Minggu berada. Selain itu, kantor Badan Intelijen Negara juga berlokasi di sini.

Tidak diketahui secara pasti berapa orang yang mencari rumah dijual di Pejaten Timur. Yang pasti selalu ada orang yang mencari hunian tapak di kelurahan ini setiap bulan.

Harga Jual Rumah Pejaten

Sebenarnya rata-rata harga jual rumah Pejaten Barat dan Timur tidak jauh berbeda. Melansir laman Lamudi.com, harga jual rumah di Pejaten Barat setahun lalu mencapai Rp23.100.000 per m2 dan Rp 21.600.000 untuk harga jual rumah di Pejaten Timur. Yang membedakan adalah range harga properti di kedua kelurahan. Data berikut diambil dari Lamudi.com.

Pejaten Barat

  • Harga Jual Terendah: Rp800 Juta (67 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp75 Miliar (300 m2)

Pejaten Timur

  • Harga Jual Terendah: Rp745 Juta (45 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp20 Miliar (800 m2)
  • Fasilitas Penunjang di Pejaten

    Salah satu keunggulan Pejaten yang tidak dimiliki wilayah lain di Jakarta Selatan adalah lokasinya yang privat, sehingga cocok bagi Anda yang ingin tinggal di hunian yang tenang. Meskipun terkesan jauh dari keramaian, Pejaten tetap didukung oleh fasilitas-fasilitas penunjang yang mumpuni.

    Infrastruktur

    Infrastruktur di Pejaten memang bukan yang terbaik di Jakarta Selatan. Kelurahan ini tidak dilalui secara langsung oleh jalan tol besar. Namun di sinilah letak pesona Pejaten. Lingkungannya cenderung tenang, karena tidak banyak volume kendaraan yang lewat. Jalan dua lajur di kelurahan ini pun dapat dihitung dengan jari. Yang terbesar adalah Jalan Warung Jati Barat.

    Beberapa landmark Pejaten ada di tepi jalan ini, salah satunya Pejaten Village. Jalan Warung Jati Barat terhubung dengan Jalan TB Simatupang di sisi selatan dan Jalan Mampang Prapatan Raya di sebelah utara. Jalan ini adalah akses yang strategis bagi Anda yang bekerja di perkantoran TB Simatupang, termasuk perkantoran Antam dan Cilandak.

    Yang tidak kalah penting, Pejaten Timur juga dilalui oleh Jalan Raya Pasar Minggu dan Jalan Tanjung Barat. Di sisi utara Jalan Raya Pasar Minggu adalah kawasan bisnis Kalibata. Jika melanjutkan perjalanan ke utara lagi Anda akan bertemu dengan Jalan M.T Haryono. Sedangkan Jalan Tanjung Barat adalah salah satu akses utama menuju Depok dari Jakarta.

    Pusat Perbelanjaan

    Pejaten Village adalah pusat gaya hidup utama yang ada di Pejaten. Letaknya berada di sisi Jalan Warung Jati Barat. Dahulu mall ini dikenal dengan nama Pejaten Mall pada tahun 2008. Yang menonjol dari Pejaten Village adalah konsep al fresco deck seating and dining di lantai satu bangunan. Cocok menjadi tempat hangout bersama teman atau gathering bersama keluarga.

    Pejaten Village banyak diisi oleh tenant terkemuka yang dapat memenuhi gaya hidup ataupun selera Anda. Di lantai dasar terdapat Hypermart, Body & Face Lab, Rice Bowl, A&w, Matahari Department Store, Yongki Komaladi, The Face Shop, Crocs, dsb. Lantai satu adalah tempat untuk Gramedia, Solaria dan Hanamasa. Lantai dua Imperial Kitchen, Electronic Solution, Home Solution, dsb. Sedangkan lantai tiga adalah tempat Pejaten Village XXI, Fitness First, Kemiri Restaurant, Naughty Accessories, IBK, dsb.

    Alternatif pusat gaya hidup lainnya yang dekat dengan Pejaten adalah Cilandak Town Square. Warga Pejaten perlu berkendara kurang lebih setengah jam jika ingin ke tempat ini. Citos adalah mall yang tidak kalah menarik dari Pejaten Village. Mall ini sudah didirikan pada tahun 2002. Citos juga menawarkan tenant-tenant menarik yang dapat memenuhi kebutuhan kaum urban, misalnya Caribou Coffee, Foodmart Gourmet, J.CO Donuts & Coffee, Books & Beyond, dsb.

    Fasilitas Pendidikan

    Sebelum jual rumah Pejaten, biasanya orang akan mempertimbangkan keberadaan fasilitas pendidikan di sekitar kawasan ini. Sebagian besar fasilitas pendidikan yang ada di Pejaten adalah sekolah dari tingkat dasar hingga menengah atas. Sejauh ini hanya Universitas Nasional dan SAE Institut Jakarta saja yang menyediakan pendidikan tinggi di Pejaten.

    Sisanya diisi oleh sekolah-sekolah swasta dan negeri terkemuka, seperti:

    • SMP Islam Al Azhar 2
    • SMKN 8 Jakarta
    • SDN 05 Pejaten Barat
    • SDIT Insan Mandiri
    • SDN Pejaten Timur 20 Pagi
    • MTSN 23 Jakarta
    • SMA Bunda Kandung
    • Dsb.

    Fasilitas Kesehatan

    Untuk kelurahan Pejaten sendiri sebenarnya tidak ada rumah sakit besar. Yang ada adalah Rumah Sakit Jakarta Medical Center (JMC) yang terletak di Kecamatan Pancoran. Walaupun berada di kecamatan tetangga, waktu tempuhnya hanya beberapa menit dari Pejaten Barat.

    Ada beberapa poliklinik yang menyediakan layanan kepada pasien. Poliklinik tersebut adalah poliklinik bedah, jantung dan pembuluh darah; penyakit kulit dan kelamin; pulmonologi dan kedokteran respirasi; saraf; dokter umum; gigi umum; gigi spesialis; anak; mata; penyakit dalam; jiwa atau psikiatri; kedokteran fisik dan rehabilitasi; dsb.

    Alternatif lainya untuk layanan kesehatan bagi warga Pejaten adalah dari Rumah Sakit Fatmawati. Waktu tempuhnya adalah 21 menit dari Pejaten Barat, dengan anggapan jalanan lancar. Jika sakitnya ringan, masih ada klinik dan puskesmas yang beroperasi di Pejaten, contohnya Puskesmas Pejaten Timur dan Klinik Dr. Siska Ralisa.