1
district
Pondok Pinang
147
2

Pondok Pinang

Jual Rumah di Pondok Pinang

Pondok Pinang merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Kebayoran Lama yang letaknya berada di sisi paling selatan. Batas-batasnya meliputi Tanah Kusir di sisi utara, Sungai Pesanggrahan di sisi barat, Jalan Arteri Pondok Indah di timur dan terminal Lebak Bulus di sebelah selatan.

Dahulu, Pondok Pinang dikenal sebagai tempat bermukim sementara para tentara Hindia Belanda dan budak-budak yang bekerja untuk VOC. Kawasan ini juga didominasi oleh vegetasi Pohon Pinang, jenis pohon Palem yang buahnya bisa dimakan dan berkhasiat untuk pencernaan. Oleh karena itu, wilayah ini menurut buku “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe” karya Zaenuddin HM disebut dengan Pondok Pinang.

Sekarang, Pondok Pinang telah bertransformasi menjadi kawasan yang nyaman untuk dihuni. Apalagi setelah ada mall Pondok Indah yang dibangun pada tahun 1991, wilayah Pondok Pinang menjadi semakin ramai. Permintaan akan jual rumah Pondok Pinang pun ikut meningkat.

Biasanya yang tertarik untuk mencari rumah dijual di Pondok Pinang adalah kalangan high-end. Mereka mengincar perumahan-perumahan mewah yang ada di Pondok Indah. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan juga kalangan menengah ke bawah menemukan rumah dijual murah di Pondok Pinang.

Lokasi Populer Jual Rumah Pondok Pinang

Jika melihat Jakarta Selatan secara keseluruhan, Pondok Pinang adalah bagian yang kecil. Meskipun begitu, Pondok Pinang tetap menyediakan stok properti yang populer di kalangan pemburu properti, baik end-user maupun investor. Daerah-daerah mana saja? Berikut adalah contohnya.

Pondok Indah

Pondok Indah merupakan daerah di Pondok Pinang yang terkenal dengan perumahan-perumahan kelas atasnya. Daerah ini bahkan lebih populer dari Kelurahan Pondok Pinang itu sendiri. Total ada 300 pencarian per bulan untuk kata kunci jual rumah Pondok Indah. Jumlah ini jauh lebih besar ketimbang jual rumah Pondok Pinang yang hanya mencapai 40 volume per bulan.

Pondok Indah menjadi tempat ideal bagi kalangan berduit untuk bermukim, termasuk artis ibu kota. Tercatat beberapa artis sudah memiliki rumah di Pondok Indah. Sebut saja Inul Daratista, Ruben Onsu, Ahmad Dhani sampai keluarga Halilintar yang memiliki rumah di Pondok Indah senilai Rp25 Miliar.

Jalan Deplu Raya

Selain Pondok Indah, perumahan di sepanjang Jalan Deplu Raya juga tidak kalah favorit. Sebenarnya belum diketahui jelas berapa volume pencarian rumah dijual di kawasan ini, yang pasti, stok rumah dijual di Jalan Deplu Raya sangatlah melimpah.

Rumah-rumah yang dijual pun tidak kalah mewah dari rumah-rumah yang dijual di Pondok Indah. Anda dapat menemukan rumah seharga Rp26 miliar seluas 350 m2 di Jalan Deplu. Selain mewah, perumahan di Jalan Deplu juga dianggap strategis karena dekat dengan dua jalan protokol, yakni Jalan Metro Pondok Indah dan Jalan Tol Pondok Pinang-TMII. Kantor Imigrasi tempat layanan membuat paspor juga berlokasi di jalan ini.

Jalan Ciputat Raya

Jalan Ciputat Raya juga memiliki stok rumah tapak yang cukup banyak. Jalan ini terbentang dari Pondok Pinang sisi utara ke sisi selatan dan tersambung dengan tiga jalan, yaitu Jalan Deplu Raya, Jalan Tol Pondok Pinang-TMII dan Jalan Jakarta-Bogor.

Berbeda dengan rumah di Pondok Indah dan Jalan Deplu Raya, rumah di Jalan Ciputat Raya lebih terjangkau bagi kalangan menengah. Kisaran harga rumah di kawasan ini berada di angka Rp650 juta.

Harga Jual Rumah Pondok Pinang

Menurut data dari laman Lamudi.com, harga jual rumah di Pondok Pinang berada di angka Rp24 juta per m2. Harga mengalami kenaikan tiga bulan lalu menjadi Rp24.500.000 per m2. Pondok Pinang bisa menjadi pilihan tepat untuk investor, karena harga jualnya yang lebih mahal jika dibandingkan wilayah tetangganya, seperti Bintaro dan Cilandak. Rumah di Bintaro dibandrol dengan harga Rp16.900.000 per m2-nya dan di Cilandak, rata-rata rumah dibandrol dengan harga Rp22.400.000 per m2.

Menariknya, setiap platform jual beli properti di internet memiliki range harga yang berbeda untuk jual rumah Pondok Pinang. Anda mungkin dapat menemukan rumah dengan harga miliaran di Pondok Pinang, namun tidak menutup kemungkinan rumah-rumah seharga ratusan juta bertebaran di kelurahan ini. Berikut adalah batas tertinggi dan terendah harga rumah dijual di Pondok Pinang yang berhasil saya himpun.

Lamudi.com

  • Harga Jual Terendah: Rp674 Juta (55 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp75 Miliar (693 m2)

Rumah.com

  • Harga Jual Terendah: Rp365 Juta (38 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp59 Miliar (725 m2)

Rumah123.com

  • Harga Jual Terendah: Rp650 Juta (50 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp130 Miliar (580 m2)

Olx.co.id

  • Harga Jual Terendah: Rp375 Juta (34 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp9,6 Miliar (300 m2)

Fasilitas Penunjang di Pondok Pinang

Kelengkapan fasilitas bisa menjamin kenyamanan hidup masyarakat di suatu wilayah. Oleh karena itu, tempat-tempat yang menawarkan fasilitas publik lengkap seringkali menjadi buruan. Fasilitas lengkap juga bisa menjadi sinyal yang baik bagi investor ketika ingin berinvestasi properti.

Lalu, bagaimana dengan fasilitas publik Pondok Pinang? Pondok Pinang boleh saja berada di pinggiran Jakarta Selatan, namun fasilitas publiknya tetap mumpuni untuk mendukung gaya hidup kaum urban. Di sini Anda dapat menemukan fasilitas berupa:

Jalan Utama

Pondok Pinang memiliki empat jalan utama yang saling terhubung, yaitu Jalan Metro Pondok Indah, Jalan Tol Pondok Pinang-TMII, Jalan Ciputat Raya dan Jalan Jakarta-Bogor. Jalan Metro Pondok Indah adalah jalan yang membentang dari utara ke selatan Pondok Pinang dan berakhir di Jalan Tol Pondok Pinang-TMII. Di sisi jalan ini terdapat Mal Pondok Indah. Mall terbesar di Kelurahan Pondok Pinang.

Sedangkan jalan Tol Pondok Pinang-TMII masuk ke dalam rangkaian Jalan Lingkar Luar Jakarta atau JORR. Ruas ini termasuk salah satu yang paling sibuk, dengan volume kendaraan 40% dari total kendaraan yang melintas di Tol JORR setiap harinya. Penyebab padatnya kendaraan yang melewati ruas ini adalah rute Pondok Pinang-TMII juga turut melewati beberapa pusat ekonomi di Jakarta Selatan sampai sebagian Jakarta Timur, contohnya TB Simatupang, Cilandak Townsquare, Kebon Binatang Ragunan dan Taman Mini Indonesia Indah.

Yang tidak kalah penting adalah Jalan Jakarta-Bogor. Jalan ini melewati Kelurahan Pondok Pinang di sisi selatan. Lalu berlanjut ke Tangerang Selatan, Depok dan berakhir di Bogor.

Lebak Bulus Grab

Lebak Bulus Grab adalah stasiun MRT Lebak Bulus yang menjadi terminus selatan dari Jalur Utara-Selatan MRT Jakarta. Stasiun ini sangat krusial bagi warga Pondok Pinang yang menggunakan transportasi umum. Lokasinya berada di perbatasan antara Cilandak dan Pondok Pinang.

Jika berangkat dari Stasiun Lebak Bulus Grab, Anda akan melewati Stasiun Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, Sisingamangaraja, Senayan, Istora, Benhill, Setiabudi, Dukuh Atas dan berakhir di Bundaran HI di terminus utara.

Lebak Bulus Grab juga menjadi moda transportasi raya terpadu, karena sudah terintegrasi dengan halte Transjakarta koridor 8 dengan jurusan Lebak Bulus-Harmoni Sentral.

Mal Pondok Indah

Mall Pondok Indah, atau yang lebih populer dengan sebutan PIM adalah pusat perbelanjaan terbesar di Pondok Pinang yang terletak di kawasan Pondok Indah. Mall ini merupakan salah satu mall yang pertama berdiri di Jakarta, yang dibangun pada tahun 1991. Pada tahun 2005, PIM 2 mulai beroperasi. Kedua mall ini dihubungkan dengan jembatan tingkat dua.

Sampai sekarang pun PIM masih menjadi tempat favorit bagi warga Jakarta Selatan untuk berbelanja dan hangout. Tidak heran jika mall ini selalu dipadati oleh pengunjung. Pada tahun 2013 saja, jumlah pengunjung di Pondok Indah Mall bisa menembus angka 120.000 hingga 150.000 kunjungan. Sebagian besarnya berasal dari kalangan menengah ke atas.

Rumah Sakit Pondok Indah

Rumah Sakit Pondok Indah terletak di Jalan Metro Duta Kav UE, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Rumah sakit ini menyasar kalangan menengah ke atas dan ekspatriat, oleh karenanya harga layanan jasa kesehatan yang ditawarkan sedikit lebih mahal. Soal kualitas tidak perlu ditanyakan lagi, Rumah Sakit Pondok Indah selalu mengutamakan keselamatan pasien dalam operasionalnya.

Layanan kesehatan yang disediakan Rumah Sakit Pondok Indah terdiri dari layanan primer gawat darurat, exclusive health check up, rawat jalan, rawat inap, diagnostic center dan pusat-pusat layanan unggulan.

Pusat Pendidikan

Tidak perlu khawatir dengan pendidikan anak ketika Anda memutuskan untuk tinggal di Pondok Pinang. Pasalnya kawasan ini menyediakan pilihan sekolah swasta dan negeri yang cukup lengkap. Beberapa pusat pendidikan yang dapat Anda temukan seperti:

  • SD Jakarta Intercultural School
  • SD Negeri Pondok Pinang 01
  • SMP Emerald
  • SMP Negeri 87
  • SMA Tirta Marta
  • SMA Raffles Christian School Pondok Indah