1
district
Sunter
52
2

Sunter

Jual Rumah di Sunter

Seluk Beluk Sunter, Kawasan Elit Baru di Utara Jakarta

Bagi sebagian orang mungkin belum tahu wilayah Sunter itu dimana, jadi Sunter merupakan sebuah kawasan yang cukup strategis dan cukup elit di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Seperti yang kita tahu Jakarta merupakan kota metropolitan yang terkenal dengan perkembangan ekonominya yang cukup pesat. Sunter adalah salah satu wilayah strategis di dalam kota favorit bagi semua investor ini. Wilayah Sunter tak jauh dari jalan by pass Jalan Suprapto.

Sejarah Wilayah Sunter dan Perannya Bagi Ibukota

Daerah Sunter ini memiliki berbagai peran penting bagi Kota Jakarta. Sebagai contohnya adalah menjadi salah satu kawasan yang dikembangkan dengan sistem otorita. Daerah SUnter ini juga dijadikan dan ditetapkan sebagai pusat pergudangan untuk kota Jakarta karena letaknya sangat strategis dan dekat dari Pelabuhan Samudra sehingga banyak warga asli yang menyewakan rumahnya sebagai gudang barang dagangan untuk pusat kota Jakarta.

Nama Sunter ini berasal dari nama sungai Sunter yang alirannya melewati wilayah tersebut. Hal ini sudah dijelaskan secara rinci oleh narasumber Zaenuddin HM di bukunya 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe. Buku ini menjelaskan bagaimana sejarah kota Jakarta hingga menjadi seperti ini. Buku ini memiliki Halaman yang cukup tebal yaitu sebanyak 377 halaman dan diterbitkan oleh Ufuk Press pada tahun 2012.

Kembali ke topic sungai sebelumnya, sungai ini alirannya sangat deras. Itulah kenapa dinamakan Sunter atau sinonim dari kata deras yaitu santer atau banter yang berarti cepat. Kawasan yang cukup rendah menyebabkan wilayah ini sering terjadi banjir ketika musim hujan. Di wilayah Sunter ini juga ada sebuah kali yang diberi nama Kali Sunter juga. Kali Sunter mengalir di timur kota Jakarta Timur serta memiliki panjang aliran sungai utama 37 km. Aliran yang cukup panjang untuk sungai wilayah metropolitan. Sungai ini memiliki luas mencapai 73.184.092 m2 di daerah SUnter. Debit airnya cukup tinggi hingga 83.8 mm5 saat hujan turun deras. Tak heran jika Kali Sunter menjadi faktor pendukung terjadinya banjir di wilayah Sunter.

Sunter mulai menarik perhatian saat hari digelarnya Festival Danau Sunter di Jakarta Utara. Saat Festival berlangsung, ada mata acara yang sangat menarik masyarakat yaitu duel renang antara Menteri kelautan Susi Pudjiastuti melawan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Selain ini, ada beberapa hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan di wilayah Sunter.

Danau Sunter merupakan danau buatan yang dibangun pada tahun 1970 an. Danau ini memiliki luas sebesar 33 hektar dan berapa di Kelurahan Sunter Agung yang juga bisa dikenal sebagai nama lain yang cukup populer, Sunter Podomoro. Danau ini dibangun dengan tujuan sebagai danau pengendali banjir, namun seiring berjalannya waktu danau Sunter menjadi salah satu arena rekreasi yang wajib dikunjungi ketika ke Jakarta Utara.

Pemerintah Kota Jakarta Utara mengukuhkan Danau Sunter sebagai objek wisata dan menjadi salah satu bagian dari Program 12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir. Namun di sisi negatifnya karena karena ini dijadikan sebagai tempat rekreasi, fungsi Danau Sunter sebagai Danau pengendali banjir pun tidak bisa berjalan secara maksimal. Wilayah rekreasi sudah tidak asing dengan sampah bertumpuk dan berserakan. Jadi Anda sudah bisa bayangkan seperti apa keadaan Danau Sunter sekarang.

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan hal diatas karena Pemerintah Daerah sudah mendapatkan solusinya. Danau Sunter kini terbagi menjadi dua bagian, Danau Sunter 2 di bagian barat dan Danau Sunter 2 di bagian Timur. Pembagian ini bermaksud untuk menjaga fungsi awal danau agar tidak terganggu dengan arena rekreasi. Untuk Danau Sunter 1 di bagian barat, berfungsi sebagai tempat penampungan air.

Danau Sunter 1 kondisinya sudah dipasang sheet pile. Sedangkan pada Danau Sunter 2 di bagian Timur, Danau ini juga disebut dengan Danau Sunter Agung. Kawasan ini dijadikan sebagai tempat rekreasi warga sekitar dan menjadi salah satu destinasi wisata di Jakarta Utara. Juga menjadi arena untuk peminat olahraga air. Disini mulai ada aktivitas memancing yang cukup seru untuk kegiatan menghabiskan liburan keluarga.

Sebagai Danau ikonik di Jakarta Utara, Danau Sunter menjadi danau kesayangan pemerintah daerah hingga ada tiga instansi pemerintah yang bertanggung jawab mengurus Danau Sunter. Mereka adalah Suku Dinas Tata Air, Suku Dinas Olahraga dan Suku DInas Lingkungan Hidup.

Padahal menurut Zainudin penulis buku tentang Jakarta menjelaskan kalau dahulu daerah Sunter digunakan untuk tujuan mistis apalagi didukung dengan suasana gelap sehingga kesan yang didapat hanyalah seram saja. Berbeda dengan sekarang sudah enak, lebih terang dan banyak orang berkunjung.

Investasi Beli Properti dan Jual Rumah Sunter

Kota metropolitan memiliki banyak keuntungan bagi para investor sehingga tak jarang investor berlomba-lomba membangun perumahan elit di kota metropolitan seperti Jakarta. Daerah Sunter kini terkenal karena menjadi salah satu kawasan yang banyak dibangun perumahan mewah dan premium. Perkantoran yang ada di wilayah ini kini berubah mencari keuntungan bisnis lainnya dengan menjadikan perkantoran tersebut menjadi tempat perakitan dan showroom mobil.

Hal ini tentu didukung oleh Jual rumah Sunter yang makin merajalela. Siapa yang tidak mau mengambil keuntungan di saat banyak kesempatan seperti ini Dibandingkan menyewakan bangunan Anda sebagai perkantoran akan lebih baik jika Anda jual rumah Sunter Anda dan membangun rumah lain karena harga akan semakin melambung naik.

Bagi yang berada di luar wilayah Sunter pun Anda tentu akan berebut mencari posisi jual rumah Sunter yang akan Anda jadikan sebagai simpanan investasi properti yang menjanjikan.

Daftar Perumahan dan Rumah dijual di Sunter

Perumahan yang akan dibahas pertama kali ini untuk menjelaskan mengenai perumahan Sunter Metro. Rumah ini bertemakan minimalis dengan desain yang cukup modern dan menarik hati. Rumah ini memiliki luas sebesar 6 meter kali 18 meter. Rumah ini memiliki 3 kamar tidur, 4 kamar mandi dan memiliki 2 lantai. Luas bangunan total sebesar 108 m2 namun luas tanahnya cukup berjarak yaitu 270 m2. Bangunan ini menghadap ke Barat dan Anda bisa memilikinya dengan harga 3,6 M.

Perumahan yang selanjutnya akan dibahas adalah perumahan Brand New Sunter Garden. Apabila Anda sempat mencari jual rumah Sunter maka Anda akan sering menemukan informasi perumahan ini. Perumahan ini berada di lokasi strategis. Spesifikasi rumah ini diantaranya terdapat 3 kamar tidur, 3 kamar mandi, 1 kamar tidur pembantu, 1 buah garasi. Rumah ini memiliki luas tanah sebesar 90 m2 atau setara 6 x 15 meter.

Sementara Luas Bangunannya adalah 145 m2 dan memiliki 2.5 lantai. Banguan ini menghadap kea rah selatan. Listrik yang digunakan sebesar 2200 watt dan sumber airnya adalah PAM. Tersedia fasilitas wifi dan mobil bisa masuk dengan aman. Perumahan ini termasuk wilayah yang bebas banjir sehingga Anda tak perlu takut dengan harus angkut barang ke lantai atas agar tidak mengalami kerugian dan kecemasan.