Titipkan Apartemen Anda Gratis & Paling Cepat Tersewa!

logo
Disewakan
Dijual

Tipe Properti

Jangka Waktu

Filter

Terbaru

Duren Sawit

Jual Rumah di Duren Sawit

Cari Jual Rumah Duren Sawit yang Murah? Jendela360 punya Segudang Unit Rumah Dijual

Duren Sawit adalah salah satu kecamatan di Jakarta Timur. Dahulu, Duren Sawit merupakan bagian dari Kecamatan Jatinegara. Pada tahun 1993, kecamatan ini akhirnya mekar dan berdiri sendiri. Wilayahnya mencangkup wilayah-wilayah yang dahulu termasuk Kecamatan Jatinegara, seperti Kelurahan Klender, Pondok Bambu, Duren Sawit, Malaka Jaya, Malaka Sari, Pondok Kopi dan Pondok Kelapa.

Meskipun jarang terdengar di telinga warga Jakarta pada umumnya, Duren Sawit ternyata cukup populer di kalangan pencari hunian. Sebanyak 150 pencarian untuk jual rumah Duren Sawit muncul setiap bulan.

Alasan orang-orang tertarik untuk mencari rumah dijual di Duren Sawit karena selain harganya yang murah, lokasi yang ditawarkan juga strategis. Kawasan ini berbatasan dengan tiga wilayah penting, yaitu Cakung di sebelah utara, Jatinegara di sisi barat dan Bekasi Barat di sisi timur.

Konsumen atau end-user bukanlah satu-satunya kalangan yang mengincar properti rumah tapak di Duren Sawit. Banyak juga investor yang mencari jual rumah Duren Sawit untuk kemudian diputar kembali.

Menurut data dari UrbanIndo.com, Jakarta Timur menempati posisi kedua dalam hal kenaikan harga properti tertinggi di Indonesia, sebesar 22,81%. Duren Sawit termasuk dalam wilayah tersebut, bersama dengan Cakung, Ciracas, Cipayung, Ciracas, Pulo Gadung, Jatinegara, Pasar Rebo dan Kramat Jati. Ini tentu menjadi sinyal baik bagi investor untuk membeli rumah di Duren Sawit.

Lokasi Terpopuler untuk Jual Rumah Duren Sawit

Rumah tapak adalah pilihan properti paling populer di Duren Sawit. Permintaan akan rumah tapak berbeda-beda di setiap kecamatan. Melihat dari mesin pencari, berikut adalah kecamatan-kecamatan di Duren Sawit dengan permintaan tertinggi.

1. Pondok Kelapa

Pondok Kelapa adalah salah satu kelurahan di Duren Sawit yang berbatasan dengan Bekasi Barat di sebelah timur dan Pondok Gede di sebelah selatan. Keunggulan wilayah ini adalah dilalui oleh Jalan Casablanca, yang menghubungkan Jakarta Timur dengan Jakarta Selatan.

Keberadaan jalan ini membuat pertumbuhan penduduk di kelurahan Pondok Kelapa melaju pesat. Akhirnya banyak kompleks perumahan yang dibangun di Pondok Kelapa, seperti Pondok Kelapa Permai, Pondok Kelapa Indah, Billy Moon, Kavling DKI, Komplek DKI, Taman Malaka, hingga yang terbaru Palem Indah dan Harris Regency. Sebanyak 200 orang mencari jual rumah di Pondok Kelapa setiap bulannya.

2. Pondok Bambu

Hal menarik dari Pondok Bambu adalah wilayah ini mencangkup jalan Kalimalang, yang menghubungkan Jakarta Timur dengan Bekasi. Kondisi ini tentu membuat Pondok Bambu ideal untuk mencari hunian. Untuk volume pencarian terkait jual rumah di Pondok Bambu, jumlahnya mencapai 60 pencarian per bulan.

3. Klender

Klender adalah salah satu kelurahan di Duren Sawit dengan sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Ada Mall Klender yang menjadi pusat perbelanjaan di kawasan ini. Disamping itu, Klender juga dihuni oleh banyak showroom mobil bekas, tempat pembeli bisa mendapatkan mobil berkualitas dengan harga terjangkau. Bisnis mebel juga banyak ditemukan di Klender, dan telah menjadi trademark bagi kawasan ini.

Untuk sarana transportasinya, Klender dilengkapi dengan Stasiun Buaran dan Stasiun Klender, yang terhubung dengan jalur KRL Jatinegara menuju Bekasi. Sarana dan prasarana yang lengkap membuat Klender menjadi lokasi favorit untuk mencari rumah dijual di Klender. Volume pencariannya mencapai 40 per bulan.

Harga Jual Rumah Duren Sawit

Duren Sawit termasuk salah satu daerah di Jakarta Timur dengan harga jual yang kompetitif. Bahkan, mengutip dari data Lamudi.com, tren harga jual rumah di Duren Sawit cenderung naik dari tahun lalu. Tahun lalu, harga jual rumah Duren Sawit mencapai Rp12.400.000 per meter persegi. Kini harganya naik 7.26% menjadi Rp13.300.000.

Angka tersebut adalah rata-rata harga jual rumah di kecamatan Duren Sawit. Tentu angka yang berbeda akan ditunjukkan rumah-rumah yang dijual di kelurahan di dalam Duren Sawit. Berdasarkan listing dari rumah.com, berikut adalah range harga jualnya.

1. Duren Sawit

  • Harga Terendah: Rp225.000.000 (25 m2)
  • Harga Tertinggi: Rp25.000.000.000 (350 m2)

2. Pondok Kelapa

  • Harga Terendah: Rp325.000.000 (30 m2)
  • Harga Tertinggi: Rp17.000.000.000 (900 m2)
  • 3. Pondok Kopi

    • Harga Terendah: Rp325.000.000 (30 m2)
    • Harga Tertinggi: Rp12.000.000.000 (1.000 m2)

    4. Klender

    • Harga Terendah: Rp168.000.000 (30 m2)
    • Harga Tertinggi: Rp11.000.000.000 (450 m2)

    Sarana dan Prasarana Penunjang di Duren Sawit

    Ada sejumlah alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan Duren Sawit sebagai lokasi hunian. Alasan utama adalah karena kelengkapan sarana dan prasarana di wilayah ini. Apa saja sarana dan prasarana yang bisa dimanfaatkan ketika Anda tinggal di Duren Sawit? Berikut adalah beberapa daftarnya.

    1. Jalan Kalimalang

    Jalan Kalimalang adalah salah satu jalan strategis yang menghubungkan Jakarta Timur dengan Bekasi. Nama jalan ini merujuk pada saluran Kalimalang, kali buatan yang dibangun untuk memasok air ke PDAM di sisi jalan.

    Jalan Kalimalang memiliki panjang 20 km yang mencangkup 6 kecamatan. Jalan ini juga melewati Pondok Kelapa dan Pondok Bambu di kecamatan Duren Sawit. Lokasi lain yang dilewati oleh jalan Kalimalang yaitu Cawang Baru - Pondok Bambu - Cipinang Melayu - Lampiri - Transito - Sumber Arta - Jakapermai - Galaxi - Bumi Satria Kencana dan berakhir di Mall Metropolitan Bekasi.

    2. Tol Becakayu (Bekasi - Cawang - Kampung Melayu)

    Kelemahan Jalan Kalimalang adalah lalu lintasnya yang macet. Bagi warga Duren Sawit, jalan alternatif lain untuk menjangkau Bekasi dan sekitarnya adalah dengan jalan Tol Becakayu. Jalan ini dibangun dengan konstruksi layang, di atas sungai Kalimalang. Fungsinya untuk mengurai kemacetan di daerah ini.

    Jalan Tol Becakayu sudah dibangun sejak tahun 1996. Pada tahun 2017, jalan Tol Becakayu Seksi IB dan IC yang melayani rute Cipinang Melayu - Jakasampuran diresmikan oleh presiden Joko Widodo. Sebelumnya juga sudah diresmikan seksi IA sepanjang 3,19 km dengan rute Casablanca - Cipinang Melayu. Sedangkan seksi III rute Jakasampuran - Duren Raya masih dalam tahap pembangunan.

    3. Mall Cipinang Indah

    Mall Cipinang Indah adalah pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Duren Sawit. Letaknya berada di Jalan Raya Kalimalang Kav. 88, Pondok Bambu, Duren Sawit. Mall Cipinang Indah menempati lahan seluas 5 hektar, dengan total luas bangunan mencapai 50.000 m2.

    Ada 5 lantai di Mall Cipinang Indah. Lantai-lantai di mall ini diisi oleh tenant-tenant besar seperti Carrefour, Ace Hardware, Bata, Alexis, Berrybenka, Century Healthcare sampai Cinema XXI. Untuk food and beverage, di Mall Cipinang Indah tersedia A&W, Chatime, Gokana, Breadtalk, Ichiban Sushi, J.Co Donut dan masih banyak lagi.

    4. Rumah Sakit Duren Sawit

    Untuk layanan kesehatan, di Duren Sawit juga terdapat rumah sakit yang terletak di Jalan Duren Sawit Baru No. 2, Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Rumah sakit ini menyediakan layanan Gawat Darurat (UGD) 24 jam dan Poliklinik, yang beroperasi pada hari Senin - Jumat, jam 07.30 - 12.00 WIB dan Sabtu jam 07.30 - 11.00 WIB.

    Beberapa poli spesialis yang dapat Anda akses di Rumah Sakit Duren Sawit adalah:

    • Klinik Psikiatri Tumbuh Kembang Anak dan Remaja
    • Klinik Jiwa Dewasa dan Lansia
    • Klinik VCT
    • Spesialis Penyakit Dalam
    • Spesialis Syaraf
    • Spesialis THT
    • Spesialis Paru
    • Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin
    • Spesialis Orthodonti
    • Spesialis Kandungan
    • Spesialis Rehabilitasi Medik
    • Spesialis Gizi Klinis
    • Spesialis Anak
    • Spesialis Mata
    • Psikologi Klinis, dan
    • Medical Check Up (MCU)

    5. Stasiun Klender dan Stasiun Buaran

    Stasiun Klender merupakan stasiun kereta api kelas II yang terletak di Jatinegara Kaum, atau di sebelah utara Kelurahan Klender. Stasiun ini adalah yang paling pertama dilewati jika Anda berangkat dari Stasiun Jatinegara menuju Bekasi. Selanjutnya Anda akan melewati Stasiun Buaran, stasiun kereta api kelas III yang berada di Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur.

    Bagi warga Duren Sawit yang bekerja di Jakarta dan Bekasi, keberadaan dua stasiun ini adalah penolong. Pasalnya hanya melewati satu stasiun saja menuju stasiun transit Manggarai dari sini dan untuk mencapai Stasiun Bekasi hanya melewati tiga stasiun.

    © 2020 Jendela360. All rights reserved.