Surabaya memainkan peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kota ini menopang kegiatan perdagangan di Jawa Timur, dan sekitarnya. Kondisi ini memicu perkembangan perusahaan-perusahaan di Surabaya.

Surabaya adalah kota yang ideal untuk meniti karier. Kota ini banyak menawarkan pilihan perusahaan berprospek cerah. Disamping itu, hunian di Surabaya juga sangat terjangkau. Sewa apartemen Surabaya selagi bekerja sangat mungkin dilakukan.

Ingin memulai karier atau sedang memikirkan untuk pindah kerja ke Surabaya? Perusahaan-perusahaan berikut bisa Anda jadikan pilihan.

1. PT. HM Sampoerna Tbk

Alamat: Jl. Rungkut Industri Raya No.18, Kali Rungkut, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60293
Peluang Karier: https://www.sampoernacareer.id/

Siapa yang tidak mengenal PT. Hanjaya Mandala Samopoerna? Sampoerna adalah salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, yang sudah berdiri pada tahun 1930 lalu oleh pelopornya, Liem Seeng Tee.

Pada tahun 1959, pengelolaan perusahaan dialihkan ke generasi kedua, yaitu Aga Sampoerna. Di masa kepemimpinannya, Aga Sampoerna berhasil mengembangkan perusahaan menjadi perusahaan publik, dan sahamnya pun sudah go public.

Philip Morris International Inc, lewat anak perusahaannya PT. Philip Morris Indonesia akhirnya berhasil mengakuisisi sebagian besar saham Sampoerna pada tahun 2005. Sampoerna merajai pasar rokok di Indonesia pada tahun 2017, dengan mengambil porsi pasar 33%.

2. PT. Pakuwon Jati Tbk

perusahaan di Surabaya

Alamat: Jl. Kejawan Putih Mutiara No.17, Pakuwon, Kejawaan Putih Tamba, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60112
Peluang Karier: https://career.pakuwon.com/

PT. Pakuwon Jati Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang properti yang fokusnya membangun pusat perbelanjaan dan perkantoran. Perusahaan ini menjadi pelopor pembangunan superblok di Indonesia, sebuah konsep yang memadukan hunian, mall, kantor, hotel dan kondominium.

Pakuwon Jati sudah banyak menelurkan proyek-proyek besar di Surabaya, diantaranya adalah Ascott Waterplace Residence dan Benson Pakuwon Mall. Mahakarya PT. Pakuwon Jati yang lainnya adalah Tunjungan Plaza I-IV, yang menjadi lokasi belanja favorit warga Surabaya sampai saat ini.

3. Maspion Group

Alamat: Kembang Jepun 38 – 40, Surabaya 60162

Maspion Group didirikan pada tahun 1962 oleh Alim Husin. Awalnya, perusahaan hanya memproduksi lampu teplok yang terbuat dari logam dan alumunium. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 70an, perusahaan mulai memproduksi perabotan rumah tangga dari plastik, seperti ember, baskom, loyang, dan lainnya.

Kata Maspion sendiri adalah singkatan dari “mengajak, Anda, selalu, percaya, industri, olahan, nasional”. Saat ini, Maspion telah mengembangkan bisnisnya ke dalam delapan kategori, yaitu konstruksi dan material bangunan, produk konsumen industri, hotel, layanan produk konsumen, properti komersil dan properti industri, perbankan, perdagangan dan distribusi, infrastruktur dan energi dan yang lainnya.

Baca juga: 11 Mall di Surabaya yang Cocok untuk Belanja Sekaligus Liburan

4. Jawa Pos

Alamat: Graha Pena, Jl. Ahmad Yani No.88, Ketintang, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60234
Peluang Karier: https://recruitment.jawapos.com/
Apartemen Terdekat: Puncak Kertajaya dan Educity Residence

Belum banyak yang tahu bahwa Jawa Pos memiliki kantor pusat di Surabaya. Perusahaan media cetak ini awalnya bernama PT. Perusahaan Penerbitam dan Percetakan Djava Post Concern Limited, yang didirikan oleh The Chung Shen (Soeseno Tedjo) pada tahun 1949.

Kini, Jawa Pos telah merambah bisnis digital, dengan meluncurkan JawaPos.com pada tahun 2014 lalu. Lajunya sukses, bahkan sampai berhasil membuat jaringan media terbesar dengan jumlah 200 media yang tersebar di seluruh Indonesia.

5. IDN Media

perusahaan di Surabaya

Alamat: Jl. Raya Darmo Permai Selatan No. 6-14, Sentra Darmo Villa, Bl. C No.2, Pradahkalikendal, Kec. Dukuhpakis, Kota SBY, Jawa Timur 60226
Peluang Karier: http://www.idn.media/career
Apartemen Terdekat: Ascott Waterplace Residence

IDN Media merupakan perusahaan media multi-platform yang menyasar kalangan generasi milenial dan Gen Z. Pendirinya, Winston Utomo, adalah seorang mantan pekerja di Google Singapura. Bersama-sama dengan saudaranya, William Utomo, Winston mendirikan Start-up IDN Media di Surabaya.

Kini sudah ada empat media digital yang berada di bawah payung IDN Media, yaitu IDN Times, Popbela.com, Yummy dan Popmama.com. Total pengunjung yang mampu digaet oleh media-media ini adalah 13 juta per bulan.

6. Ispat Indo

Alamat: Desa Kedungturi, Taman, Sidoarjo PO BOX 1083, Surabaya, Indonesia
Peluang Karier: http://www.ispatindo.com/?action=article&articleId=64&lang=id

PT. Ispat Indo didirikan oleh Lakshmi Mittal, seorang warga kebangsaan India yang merantau ke Waru, Sidoarjo. Pabrik baja di Kedung Turi miliknya dibangun pada tahun 1976.

Bisnisnya terus berkembang dalam kurun waktu 14 tahun ke depan. Awalnya pabrik hanya mampu memproduksi 65.000 ton per tahun. Sekarang, Ispat Indo sudah bisa memproduksi baja sebanyak 700.000 ton per tahun.

7. PAL Indonesia

perusahaan di Surabaya

Alamat: Ujung, Surabaya 60155, PO BOX 1134 Indonesia
Peluang Karier: https://pal.co.id/category/karir/

Salah satu perusahaan BUMN di Surabaya adalah PT. PAL Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang industri galangan kapal. Produksi utama dari PAL Indonesia adalah kapal perang dan kapal niaga.

PAL Indonesia juga memberikan layanan perbaikan dan perawatan kapal. Soal kualitas tidak perlu ditanyakan lagi. Kapal-kapal yang diproduksi PAL Indonesia telah menembus pasar internasional, dan sejauh ini mampu mengarungi perairan dimanapun. Beberapa contoh kapal yang berhasil mereka produksi adalah Kapal Patroli Cepat 14 Meter, OHBC 45.000 DWT, Cargo Vessel 3.500 DWT dll.

8. Unilever Indonesia

perusahaan di Surabaya

Alamat: Jl. Rungkut Industri IV No.5-11, Kutisari, Kec. Tenggilis Mejoyo, Kota SBY, Jawa Timur 60291
Peluang Karier: https://www.unilever.co.id/careers/

PT. Unilever Indonesia Tbk merupakan anak perusahaan dari Unilever yang dulunya bernama Lever Zeepfabrieken N.V. Pada tahun 1981, PT. Unilever Indonesia Tbk melepas sahamnya sebesar 15% di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya.

Unilever memiliki reputasi yang baik dalam hal pengelolahan limbah mereka. Di tahun 2005, mereka memperoleh pengharagaan Energi Globe Award karena telah mengolah sampah mereka di desa-desa dekat daerah Sungai Brantas, Surabaya.

Produk-produk yang diproduksi Unilever sudah sangat dekat dengan masyarakat. Menemukannya juga tidaklah sulit. Produk seperti Close-Up, Clear, dll bahkan tersedia di warung dekat rumah Anda.

Baca juga: 7 Apartemen Bintang 5 di Surabaya yang Setara Hotel Mewah

9. PT. Istana Tiara

Alamat: Jl. Buntaran No.8, Manukan Wetan, Kec. Tandes, Kota SBY, Jawa Timur 60186

PT. Istana Tiara adalah salah satu perusahaan di Surabaya yang bergerak di industri suku cadang sepeda motor. Perusahaan ini telah beroperasi sejak 25 tahun yang lalu. Produk-produk yang mereka hasilkan antara lain suku cadang, pasokan dan alat penerang atau lampu.

10. PT. Gunawan Dianjaya Steel Tbk

Alamat: Jl. Margomulyo No.29 A, RT.001/RW.01, Greges, Kec. Asemrowo, Kota SBY, Jawa Timur 60183

PT. Gunawan Dianjaya Steel Tbk bergerak di bidang logam dan produk turunannya. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1989 di Surabaya ini telah melantai di BEI dari tahun 2009 lalu.

Pada tahun 2018, perseroan memutuskan untuk merger dengan PT. Jaya Pari Steel Tbk yang juga berasal dari Surabaya.

11. PT. Campina Ice Cream Industry Tbk

Alamat: Jl. Raya Rungkut Industri II No.15, Tenggilis Mejoyo, Kec. Tenggilis Mejoyo, Kota SBY, Jawa Timur 60292
Peluang Karier: https://digitalcv.id/campina/

PT. Campina pertama kali didirikan pada 22 juli 1972 dengan nama CV Pranoto. Produknya sudah sangat familiar di tengah masyarakat Indonesia saat ini. Pada tanggal 19 Desember 2017, PT. Campina Ice Cream berhasil melantai di BEI dengan kode perdagangan CAMP.

12. PT. Wismilak Inti Makmur Tbk

Alamat: Jl. Dr. Soetomo No.27, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60264
Peluang Karier: https://www.wismilak.com/id/karir

Selain Sampoerna, perusahaan rokok lain yang mampu mencetak laba besar di Indonesia adalah PT. Wismilak Inti Makmur Tbk. Perseroan yang berdiri pada tahun 1962 ini telah melantai di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2012 lalu, dengan kode WIIM.

Baca juga: 10 Apartemen di CBD Surabaya Murah dengan Beragam Pilihan

13. PT. Darmi Bersaudara Tbk

Alamat: Jl. Nginden Intan Barat V No.10, Ngenden Jangkungan, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60224

PT. Darmi Bersaudara Tbk adalah perseroan yang bergerak di bidang perdagangan kayu. Telah melantai pada tahun 2019, perusahaan ini menjadi emiten ke-20 yang berhasil mencatat sahamnya di BEI pada tahun tersebut.

Daftar perusahaan di Surabaya sebenarnya tidak berhenti sampai di sini. Masih ada puluhan, bahkan ratusan perusahaan di Surabaya yang belum dibahas dalam artikel. Akan tetapi, jika Anda perlu mengetahui gambaran perusahaan di Surabaya, ke-13 perusahaan di atas sudah lebih dari cukup. Ternyata, banyak perusahaan di kota pahlawan yang namanya tidak asing di telinga kita.