Last Updated on

Untuk yang suka berkebun namun tinggal di apartemen, hobi tersebut jadi kurang bisa tersalurkan. Salah satu solusinya adalah dengan membuat taman gantung. Bagaimana dengan yang kurang mahir berkebun namun baru ingin mencoba menanam tanaman? Berikut ada 10 tanaman hias apartemen yang cocok untuk pemula.

Lidah mertua

tanaman hias apartemen

graceandthorn.com

Bentuknya yang lancip ke atas seperti pedang dan tidak melebar kemana-mana membuat tanaman ini cocok untuk berada di dalam unit dengan ruangan terbatas. Lidah mertua punya kegunaan menyerap racun dari asap rokok dan radiasi elektronik sehingga sering diletakkan di dekat TV, monitor PC, atau peralatan elektronik lainnya. Tanaman lidah mertua bisa diletakkan di dalam maupun luar ruangan asalkan terkadang dijemur di bawah sinar matahari. Bahkan ada juga lidah mertua mini yang bisa kamu letakkan di atas meja jika tak ingin memenuhi ruangan dengan pot besar.

Lidah buaya

Sering digunakan sebagai tanaman obat dengan berbagai fungsi, banyak orang yang juga memanfaatkan lidah buaya sebagai tanaman hias. Sama seperti lidah mertua, tanaman lidah buaya tidak perlu sering disiram. Jika tumbuh subur, kamu bisa memanfaatkannya untuk penyubur rambut atau bahan minuman es lidah buaya.

Kaktus

Terkenal sebagai tanaman berduri yang tak perlu banyak air membuat kaktus menjadi pilihan utama bagi yang baru belajar merawat tanaman. Meskipun bisa hidup dalam kondisi minim air, bukan berarti kamu bisa membiarkannya tanpa pernah disiram. Cukup siram seminggu sekali saja dengan sedikit air. Sama seperti lidah mertua, tanaman kaktus dikenal cukup ampuh untuk menyerap radiasi dari peralatan elektronik sehingga kaktus mini sering diletakkan dekat monitor.

Baca juga: Urban Farming di Apartemen

Lili

Tanaman lili merupakan salah satu tanaman yang cukup tahan banting sehingga cocok untuk pemula. Varian peace lily alias spathiphyllum cocok untuk menjadi tanaman hias apartemen karena dapat hidup dalam kondisi minim cahaya. Dengan penyiraman cukup seminggu sekali, peace lily bahkan bisa tumbuh dengan baik di bawah sinar lampu neon meskipun akan lebih baik jika terkadang dijemur di bawah sinar matahari.

Anthurium

Tanaman anthurium yang lebih dikenal sebagai gelombang cinta pernah sangat digilai masyarakat. Meskipun kehebohannya telah mereda, bukan berarti kecantikannya juga hilang. Saat sedang mekar, gelombang cinta akan menghasilkan bunga yang indah dan menarik untuk dipajang di dalam ruangan.

Lavender

Warna ungunya bisa menjadi pemanis ruangan yang menarik perhatian. Namun, tanaman ini perlu cahaya berintensitas tinggi sehingga lebih cocok dipelihara oleh pemilik apartemen dengan unit menghadap timur atau barat untuk mendapat sinar matahari yang cukup. Agar tidak salah pilih, pastikan kamu menanam lavender varietas kecil yang cukup hidup di pot. Selain menjadi tanaman hias apartemen, lavender juga berfungsi sebagai pewangi ruangan alami.

Paddle plant

tanaman hias apartemen

pinterest.com

Mungkin kamu tidak tahu namanya meskipun sering melihatnya sebagai tanaman hias dalam ruangan. Tanaman paddle plant tidak memerlukan perawatan yang telaten. Selama bisa terkena sinar matahari dan asupan air, maka tanaman ini akan tumbuh subur. Uniknya, semakin banyak terkena sinar matahari, maka semakin banyak daun paddle plant yang akan berubah warna menjadi merah.

Anggrek bulan

Banyak orang beranggapan bahwa anggrek merupakan salah satu tanaman yang sulit ditanam. Sebenarnya tidak sulit, asal telaten merawat maka anggrek akan tumbuh dengan baik. Tanaman anggrek bulan justru akan mati jika terlalu sering terpapar sinar matahari sehingga kamu bisa menempatkannya agak masuk ke dalam ruangan. Menariknya, adalah anggrek bulan juga mengeluarkan oksigen di malam hari sehingga bisa ditempatkan dalam kamar tidur. Sifat unik ini tentu berbanding terbalik dengan kebanyakan tanaman lain yang mengeluarkan oksigen di siang hari dan karbondioksida di malam hari,

Palem

Sering ditemukan di gedung-gedung perkantoran, palem yang digunakan untuk tanaman hias dalam ruangan adalah jenis arecaceae. Tak perlu terkena sinar matahari terus-terusan asal rutin disiram, tanaman palem hias ini amat mudah perawatannya meskipun terkesan sangat rimbun. Hal baiknya adalah palem ini merupakan pembersih udara alami yang kuat sehingga cocok untuk ditempatkan di lingkungan perokok.

Tanaman hias mana yang akan kamu pilih untuk unit apartemenmu? Jendela360 siap membantumu menemukan unit apartemen yang nyaman.