Waktunya mengecat kios. Memberi warna pada kios Anda adalah kegiatan menyenangkan ketika memulai usaha. Akan tetapi, ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Setiap warna menciptakan kesan yang berbeda pada kios dan pelanggan Anda.

Jika salah pilih, warna bisa saja merubah mood pelanggan. Bukannya betah berbelanja, mereka malah ingin cepat-cepat keluar dari kios Anda. Jadi, seperti apa warna cat kios yang menarik? Warna apa yang sesuai dengan bisnis Anda? Akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Tips Memilih Warna Cat Kios

Mengapa memilih warna cat kios yang tepat begitu penting? Berdasarkan data yang dikutip dari KISSmetric, warna turut mempengaruhi keputusan pelanggan dalam membeli produk. Bahkan 85% dari pelanggan mengaku, warna adalah alasan utama mereka ketika membeli sesuatu.

Yang dimaksud warna di sini bukan saja warna kemasan, tetapi juga warna display toko yang ada di sekitarnya. Tentu warna-warna yang dipilih harus serasi dengan produk yang dijual. Agar bisa memilihnya dengan bijak, berikut adalah tips-tips memilih warna cat kios yang dapat Anda terapkan.

  1. Kenali warna-warna umum yang biasa digunakan pada ceruk bisnis Anda. Contohnya, kios perlengkapan bayi biasanya menggunakan warna pastel yang mirip dengan kamar bayi pelanggan-pelanggan mereka. Warna ini sangat membantu dalam memvisualisasikan produk ketika diletakkan di dalam kamar anak.
  2. Jika kios Anda belum beroperasi, coba bayangkan susunan produk-produk Anda di dinding. Warna-warna apa yang nantinya akan tercipta dari susunan produk tersebut? Jika sudah tahu, pilih warna cat yang melengkapi produk kios. Jangan malah memilih warna yang membuat produk tidak terlihat, atau malah membuat display terlihat norak.
  3. Cobalah bereksperimen dengan satu warna cat pada satu bagian dinding saja. Anda dapat mencoba berdiam diri di ruangan itu dalam beberapa hari. Bagaimana kesannya? Jika Anda rasa kurang cocok, maka perlu diganti. Minta juga pendapat kerabat lainnya soal hal ini.
  4. Pilih warna cat kios sesuai target pasar. Misalnya, jika bisnis Anda menyasar kalangan muda, warna yang bisa dipilih adalah warna-warna yang dinamis dan mampu menciptakan suasana ceria. Warna-warna hangat yang kontras dengan produk cenderung menarik perhatian mereka. Sedangkan untuk pelanggan dewasa lebih cocok dengan warna-warna dingin dan minim kontras.
  5. Sesuaikan warna cat dengan logo bisnis Anda. Jika Anda memiliki logo, pastikan warna cat kios yang digunakan tidak bertabrakan dengan warna logo.
  6. Jangan berlebihan menggunakan warna cerah. Warna cerah memang dapat menciptakan kesan yang ceria, namun jangan berlebihan dalam menggunakannya. Salah-salah, pelanggan Anda malah merasa terusir dengan kehadiran warna tersebut.
  7. Beri warna gelap pada langit-langit kios. Ini berlaku jika kios Anda memiliki ukuran yang besar. Warna gelap pada langit-langit akan menciptakan kesan bersahabat dan intim.

Baca juga: 13 Tips Menyewa Ruko yang Cocok untuk Bisnis Anda

Warna-Warna Cat Kios yang Menarik

Tidak semua warna cat cocok diterapkan pada kios. Semua tergantung dari bisnis yang Anda geluti, target pasar, hingga warna kios-kios lain di sekitarnya. Jika Anda belum menentukan warna cat yang menarik untuk kios, berikut adalah beberapa pilihannya.

1. Merah

Warna merah dapat menciptakan kesan mendesak. Tidak heran jika warna ini sering dipakai ketika ada diskon besar-besaran. Merah juga mampu menarik perhatian pelanggan dan biasanya digunakan untuk menonjolkan ruangan-ruangan tertentu.

Namun perlu diingat, terlalu banyak menggunakan warna merah juga tidak baik, karena dapat mengganggu pelanggan dan justru menciptakan efek sebaliknya. Cara paling bijak adalah menggunakan warna merah di area-area tertentu saja. Gunakan cat merah pada tempat-tempat yang ingin Anda tonjolkan untuk menarik perhatian.

2. Oranye

warna cat kios yang menarik

Warna oranye sering dipandang sebagai warna yang cerah (vibrant) dan penuh energi. Terkadang, oranye juga dianggap sebagai warna yang agresif.

Tidak ada salahnya untuk mengecat kios dengan warna oranye. Malahan, warna oranye dipercaya sebagai warna yang memicu pelanggan untuk bertindak. Tentunya perlu disesuaikan dengan produk yang Anda jual dan target pasarnya.

3. Kuning

warna cat kios yang menarik

Kuning adalah warna yang pertama kali diterima oleh retina mata kita. Warna ini cocok digunakan pada kios yang menjual barang-barang keperluan hiburan. Pasalnya, warna kuning memancarkan kegembiraan dan kebahagiaan.

Penggunaan warna kuning pun sangat fleksibel. Anda bisa mengecat warna dasar dinding kios dengan kuning atau memberikan aksen pada bagian-bagian tertentu saja untuk menarik perhatian. Sama halnya dengan warna merah, kuning juga tidak boleh sembarangan digunakan. Supaya tidak menyebabkan sakit mata dan mengganggu pelanggan.

Kuning juga termasuk warna cat toko pembawa hoki dari sisi fengshui. Alasannya, warna kuning menampilkan energi positif berupa keceriaan dan kebahagiaan. Inilah yang mengundang keberuntungan bagi pemilik kios.

4. Hijau

Hijau biasa diasosiasikan dengan kekayaan dan uang. Dalam hal berbelanja, hijau dapat melambangkan kesepakatan yang menguntungkan bagi penjual dan pembeli. Warna ini juga dinilai menyehatkan karena sangat mudah diproses oleh mata.

Pasalnya, warna hijau ada di lingkungan alam sekitar kita. Dikelilingi oleh warna ini akan membuat suasana menjadi lebih rileks, baik secara fisik maupun mental. Bahkan, dalam ajaran fengshui, hijau dipercaya sebagai pereda amarah, cemas dan juga stress.

Baca juga: Panduan Memulai Bisnis Coworking Space, Cocok untuk Pemula

5. Biru

warna cat kios yang menarik

Biru melambangkan kepercayaan dan keamanan. Warna ini biasa dipakai pada tempat-tempat seperti bank dan department store. Anda juga bisa menggunakan warna biru pada dinding kios jika Anda ingin menciptakan rasa aman pada pelanggan.

Dari sisi fengshui, penggunaan warna biru hanya dianjurkan di beberapa sisi kios saja. Sudut yang dicat warna biru haruslah menghadap ke timur, tenggara dan utara jika ingin mendatangkan keberuntungan.

6. Biru Muda

Jika Anda ingin menciptakan kesan yang nyaman dan rileks di dalam kios, Anda dapat memilih warna biru muda. Kesan ini akan didapat pelanggan-pelanggan Anda begitu mereka masuk ke dalam kios. Biasanya, biru muda digunakan untuk kios-kios yang bergerak di bidang kecantikan, seperti salon atau butik.

Untuk menciptakan kesan yang lebih hangat lagi, Anda dapat melengkapi warna biru cerah ini dengan tone warna lainnya. Salah satunya yang cocok adalah dengan merah muda cerah.

7. Merah Muda

Warna merah muda atau pink memiliki sifat feminin dan romantis. Cocok digunakan untuk kios-kios yang menjual parfum atau pakaian dalam. Warna merah muda mampu menarik pelanggan yang notabenenya adalah wanita untuk masuk. Mereka akan betah berbelanja di sana.

8. Ungu

Jarang ada yang menggunakan warna ungu untuk mengecat kios. Padahal, ungu dapat memberi kesan menenangkan dan menyejukkan. Jika Anda menjual produk-produk kecantikan di kios Anda, warna ini patut dicoba.

Ungu juga memiliki arti yang bagus dalam ranah fengshui. Sifat-sifat yang dimiliki warna ini adalah kekayaan, kemewahaan dan elegan. Tidak heran jika banyak raja dan ratu pada masa lalu yang menggunakan warna ungu yang sulit didapat ini.

9. Hitam

warna cat kios yang menarik

Bagi masyarakat luas, hitam dianggap sebagai lambang dari kuasa dan kemewahan. Stereotip bagi warna ini juga ditujukan bagi sifat-sifat maskulin. Karena sifatnya yang kuat ini, hitam sangat cocok digunakan untuk kios-kios yang menjual barang-barang mahal atau high-end.

Baca juga: 9 Bisnis Sampingan Karyawan dengan Modal Rp. 0

10. Putih

Putih melambangkan awal yang baru dan sangat umum digunakan pada kios-kios yang menjual pernak-pernik pernikahan atau perlengkapan bayi. Makna lain dari warna putih adalah kesucian dan kesegaran.

Memilih warna cat kios yang menarik bukan cuma perkara selera, tetapi juga strategi bisnis Anda ke depannya. Anda perlu memilih warna cat yang membuat pelanggan betah berlama-lama di kios. Mau warna cat kios kecil atau besar, semua tergantung dari jenis produk yang Anda jual hingga target pasar yang Anda tuju.