Memiliki usaha bisnis sampingan karyawan bisa menjadi strategi yang bagus untuk Anda yang tertarik mencoba berwirausaha. Anda bisa mencoba membuka bisnis yang Anda inginkan tanpa harus takut tidak memiliki pemasukan sama sekali jika bisnis tersebut gagal.

Ada banyak pilihan usaha yang cocok dijadikan bisnis sampingan karyawan. Beberapa mungkin sesuai dengan minat dan modal Anda, tetapi yang lainnya tidak. Berikut adalah daftar bisnis sampingan karyawan yang dapat Anda coba untuk memperoleh pemasukan tambahan.

1. Tutor

bisnis sampingan karyawan

Ada banyak orang yang membutuhkan tutor atau bimbingan belajar, mulai dari siswa, mahasiswa, hingga kalangan umum seperti karyawan dan lainnya. Jenis bimbingan yang dibutuhkan pun juga sangat beragam, seperti bimbingan mata pelajaran umum, bimbingan bahasa inggris, bimbingan komputer, dsb.

Karena banyaknya jenis bimbingan yang dibutuhkan, Anda bisa lebih mudah memilih jenis bimbingan apa yang sesuai dengan keahlian Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memilih cara untuk memberi bimbingan. Umumnya, Anda bisa memilih antara datang ke tempat murid tersebut atau meminta murid untuk datang ke tempat Anda.

Saat ini, Anda sudah bisa mengajar online melalui internet. Jadi, Anda bisa lebih mudah lagi dalam memberi bimbingan kepada murid Anda karena Anda bisa melakukannya kapan saja dan dari mana saja.

2. Penulis

ide bisnis sampingan

Jika Anda memiliki minat dalam menulis, menjadi penulis freelance bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk Anda. Untuk memulai bisnis sampingan ini, yang Anda butuhkan hanyalah komputer atau laptop dan koneksi internet. Dengan semua itu, Anda sudah bisa mulai mencari klien di situs freelance yang kini sudah dapat Anda temukan dengan mudah di internet.

Tentu menjadi tantangan tersendiri dalam menemukan klien pertama Anda. Begitu Anda sudah bisa membangun portofolio freelance dan menyempurnakan gaya penulisan, Anda akan siap untuk menjalankan bisnis menulis dengan lancar.

Baca juga: 5 Bisnis Online yang Menjanjikan di Era Digital Ini, Mau Mencoba?

3. Blogger

Mungkin terdengar sama seperti pilihan bisnis sampingan karyawan sebelumnya, tetapi kedua hal tersebut bisa menjadi hal yang berbeda. Untuk menjadi blogger, Anda tidak harus mencari klien seperti saat Anda menjadi penulis freelance.

Anda bisa mendapat penghasilan tambahan sebagai blogger dengan mengandalkan Google Adsense yang bisa Anda gunakan untuk menawarkan jasa iklan di website Anda.

Anda hanya perlu membuat tulisan Anda semenarik mungkin agar banyak pembaca yang tertarik untuk berkunjung ke situs atau blog Anda. Semakin banyak pengguna internet yang berkunjung dan membaca tulisan Anda, semakin banyak pula uang tambahan yang bisa Anda dapatkan.

4. Web Developer

Web developer atau yang berarti pengembang web sedang banyak dibutuhkan saat ini, termasuk web developer yang bekerja sebagai freelance. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan pengembang web yang berbakat untuk membantu mengintegrasikan fitur baru, meningkatkan fungsionalitas, hingga memperbaiki bug.

Jika Anda bisa mengoperasikan banyak jenis program komputer seperti HTML, CSS, Ruby, atau Javascript, Anda bisa lebih mudah menemukan klien yang membutuhkan jasa Anda. Setelah berhasil mendapatkan klien, secara bertahap Anda bisa mengembangkan bisnis sampingan karyawan ini.

Baca juga: 30+ Peluang Bisnis 2019 Modal Kecil Untung Besar

5. Desain grafis

bisnis sampingan karyawan

Untuk Anda yang kreatif dan suka membuat desain digital baik offline menggunakan aplikasi di komputer dan smartphone atau online melalui situs desain di internet, menjadi desainer grafis bisa menjadi pilihan untuk bisnis sampingan karyawan. Saat ini, ada banyak sekali pekerjaan yang tersedia di internet untuk para desainer grafis freelance. Dari situs-situs tersebut, Anda dapat menemukan perusahaan yang membutuhkan jasa Anda tanpa harus seharian bekerja di kantor.

Jangan khawatir tentang kurangnya latar belakang terlatih dalam desain grafis. Dengan kemunculan alat yang semakin mudah digunakan seperti Canva, Visme, dan bahkan Adobe Creative Suite yang lebih intuitif, Anda bisa dengan mudah meningkatkan kemampuan dalam membuat desain digital.

6. Fotografer

bisnis sampingan karyawan

Dibayar untuk mengambil foto adalah cara yang bagus untuk mengubah hobi fotografi Anda menjadi bisnis sampingan karyawan. Dengan menjadi fotografer freelance, bukan hanya mendapat uang tambahan, Anda juga bisa menambah koleksi foto sekaligus membantu orang lain mengabadikan momen spesial mereka.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan menjadi fotografer untuk acara-acara kecil, misalnya acara ulang tahun dan sebagainya. Setelah Anda sudah berhasil mendapat beberapa klien, Anda bisa mengembangkan bisnis ini dengan menjadi fotografer untuk acara yang lebih besar seperti acara pertunangan dan pernikahan.

7. Admin sosial media

Menjadi admin sosial media kini juga bisa menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan. Dengan perkembangan media sosial yang makin pesat setiap harinya, makin banyak perusahaan yang membutuhkan orang yang tahu bagaimana caranya menarik perhatian para pengguna sosial media lainnya.

Jika Anda termasuk orang yang suka menggunakan sosial media setiap harinya, maka pekerjaan ini bisa menjadi bisnis sampingan karyawan yang tepat untuk Anda. Karena terbiasa menggunakan sosial media, Anda akan lebih mudah mengetahui bagaimana caranya membuat orang lain tertarik untuk berkunjung ke halaman sosial media klien Anda. Anda juga diharapkan bisa membuat iklan yang lebih tepat berdasarkan pengalaman Anda sebagai pengguna sosial media.

8. Penjual Online

Jika Anda termasuk orang yang suka berwirausaha dan ingin membuka bisnis Anda sendiri, Anda bisa memulai usaha Anda sebagai bisnis sampingan karyawan. Anda bisa memulai dengan menjual barang-barang praktis baik dalam hal produksi  maupun penjualan, sehingga Anda bisa menjalankan bisnis tanpa harus meninggalkan pekerjaan di kantor.

Sebagai contoh, Anda bisa menjadi reseller atau penjual sambung barang-barang fashion seperti baju dan hijab hingga aksesoris lainnya seperti topi, tas dan perhiasan.

Barang-barang seperti ini akan lebih mudah disimpan dan dikirim kepada pembeli dibandingkan dengan jenis barang lainnya seperti makanan dan minuman. Usaha untuk menjalankan bisnis ini juga tidak terlalu merepotkan bagi yang masih memiliki kewajiban lain di kantor.

9. Pengemudi Moda Transportasi Online

Untuk Anda yang memiliki kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil, Anda bisa menjadi pengemudi moda transportasi online. Menjadi pengemudi tidak mesti mengaktifkan aplikasi selama satu hari penuh. Anda bisa mengaktifkannya kapan saja sesuai keinginan.

Anda bisa menjadi pengemudi ketika sedang tidak bekerja di kantor seperti saat hari libur atau akhir pekan. Atau, Anda juga bisa mengaktifkan aplikasi sebagai pengemudi saat akan berangkat atau pulang kerja. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan uang tambahan yang bisa dimanfaatkan untuk menutupi biaya transportasi ke kantor sehari-hari.

Baca juga: Ingin Cari Uang Tambahan? 7 Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan Ini Bisa Anda Lakukan!

Apapun jenis bisnis yang Anda pilih, memulai bisnis sampingan karyawan dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang Anda butuhkan. Bahkan, bisnis tersebut bisa saja berubah menjadi bisnis utama jika Anda mau fokus untuk mengembangkannya. Selain itu, jika Anda memilih bisnis yang disukai, Anda juga bisa merasa lebih nyaman dan tidak terpaksa ketika melakukannya.