6 Ide Smart Furniture untuk Menghemat Ruang di Apartemen

by

|

|

Banyak orang yang agak salah kaprah dengan kata “smart furniture”. Sebagian besar orang mengira bahwa smart furniture merupakan perabotan pintar yang cukup diperintah dengan suara alias voice control untuk melakukan fungsinya. Padahal definisi smart furniture tidak hanya terbatas pada perabotan dengan teknologi canggih saja.

Smart furniture adalah istilah yang disematkan untuk perabotan yang bersifat multifungsi dan dibuat dengan tujuan menghemat ruangan sambil tetap memaksimalkan fungsinya. Bagi yang tinggal di apartemen dengan luas terbatas, tentu smart furniture memiliki fungsi yang sangat membantu sehingga unit apartemen tidak terasa sempit. Bentuk-bentuk smart furniture biasanya unik dan didesain dengan kreatif sehingga membuat orang kagum saat mengetahui bagaimana penggunaan perabot pintar tersebut. Selain membantu menghemat ruangan, kamu juga bisa mendemonstrasikan bagaimana penggunaan smart furniture milikmu ke tamu yang baru pertama kali datang berkunjung, nih!

Apa saja contoh dari smart furniture? Sebenarnya, tanpa sadar sudah banyak orang yang menggunakan smart furniture, lho! Coba cek di bawah ini!

Sofabed

Ini adalah perabotan pintar yang paling banyak digunakan orang. Saat tidak digunakan, tentu saja sofabed berfungsi sebagai tempat duduk untuk bersantai nonton TV atau menerima tamu. Begitu ada tamu yang perlu menginap, sofabed tinggal dibuka dan dapat digunakan sebagai tempat tidur.

Bahkan ada beberapa sofabed yang bisa difungsikan sebagai tempat tidur utama. Tentu saja sofa ini akan berukuran lebih besar dan biasanya begitu dibuka bisa langsung digunakan sebagai tempat tidur untuk berdua. Saat siang hari dan tidak digunakan, sofa dilipat dan bisa berfungsi sebagai ruang menerima tamu atau ruang kerja. Begitu malam tiba, sofa tinggal dibuka saja menjadi tempat tidur.

Image result for sofa bed bunk bed
6sqft.com

Ada juga designer yang mencoba bereksperimen menciptakan sofabed yang bisa dibuka menjadi bunk bed alias tempat tidur tingkat. Ada dua teman yang datang menginap? Tidak masalah karena mereka bisa tidur di tempat tidur tingkat ini. Cocok nih untuk yang tinggalnya di apartemen studio!

Tempat tidur lipat

Image result for smart furniture bed
razode.com

Tempat tidur merupakan salah satu perabotan yang memakan tempat karena pasti ukurannya minimal satu meter ke atas. Oleh karena itu, salah satu smart furniture yang diciptakan agar ruangan bisa lebih lega adalah tempat tidur lipat. Tempat tidur ini bisa dilipat ke atas atau ke samping saat tidak digunakan sehingga ruangan di bawahnya bisa difungsikan untuk kegiatan lain seperti bekerja atau duduk-duduk santai. Bahkan ada juga yang menjualnya satu set dengan meja kerja dan rak buku sehingga saat dilipat naik, orang akan mengira tempat tidur ini hanyalah bagian dari lemari biasa yang menempel ke dinding.

Ranjang tingkat

Image result for bunkbed working space
homedit.com

Ranjang tingkat bukan hanya bisa digunakan untuk dua orang. Kalau hanya sendirian, tak masalah juga untuk memakai ranjang tingkat. Sekarang ada model ranjang tingkat yang bagian bawahnya bukan berupa ranjang, namun meja dan rak buku. Kamu bisa tidur di ranjang atas dan menjadikan bagian bawahnya sebagai ruang kerja mini. Lumayan kan menjadikan satu lahan bisa untuk tidur dan bekerja sekaligus?

Baca juga: Menggunakan Rak Gantung di Apartemen Sebagai Dekorasi dan Tempat Penyimpanan

Rak TV serbaguna

Image result for smart furniture tv stand
walmart.com

Beberapa orang sengaja menggantung TV di dinding agar tidak memerlukan rak TV penyangga sehingga lebih hemat tempat dan terkesan lebih luas. Hmm, padahal kalau kamu pintar memilih, maka rak TV juga berfungsi sebagai tempat menyangga dan mempercantik ruangan juga.

Dengan pemilihan rak TV yang terkesan minimalis, maka ruangan tetap terasa lega. Selain itu rak TV berfungsi menyimpan dan menyembunyikan kabel benda-benda eletronik yang tersambung ke TV seperti DVD player, game console, dan lain sebagainya sehingga tidak terlihat dan menimbulkan kesan kabel berantakan.

Laci di bawah tempat tidur dan tangga

Image result for smart furniture under stair
pinterest.com

Smart furniture yang ini juga sudah banyak digunakan orang. Daripada kolong tempat tidurmu penuh dengan debu dan sarang laba-laba, lebih baik gunakan saja tempat tidur yang menyediakan laci penyimpanan di bawahnya. Lumayan banyak lho barang yang bisa ditampung di laci bawah tempat tidur. Apalagi kalau ruangan apartemen yang kamu tinggali tidak terlalu besar dan lemarimu sudah tidak muat lagi. Laci di bawah tempat tidur akan sangat membantu untuk menyimpan barangmu.

Beberapa designer memiliki ide untuk membuat ruang penyimpanan lebih banyak di bawah tempat tidur sehingga membuat ruang penyimpanan agak tinggi dengan tempat tidurnya di atasnya seperti sebuah panggung. Dengan begitu, pemilik harus menaiki dua atau tiga anak tangga untuk tiba di tempat tidur yang terletak lebih tinggi. Sebagai gantinya, ruang penyimpanan yang tersedia jadi lebih banyak dan menimbulkan kesan unik bagi yang melihatnya.

Begitu juga jika apartemenmu tipe loft dengan tangga yang menempel ke dinding. Ruang di bawah tangga bisa dimanfaatkan untuk menjadi lemari penyimpanan alas kaki, alat-alat kebersihan, dan gudang. Bahkan ada yang sengaja memasang laci di tiap anak tangga segala sehingga ruang penyimpanan menjadi semakin banyak.

Meja dan kursi serbaguna

Image result for table smart furniture
vieco.de

Mungkin kamu sudah pernah melihat contoh penggunaan meja serbaguna ini di vlog Kevin Hendrawan saat episode home tour. Apartemen Green Pramuka City yang ditinggali Kevin menggunakan beberapa smart furniture seperti tempat tidur lipat dan meja yang bisa diatur ketinggiannya ini. Saat ingin dijadikan meja makan, Kevin tinggal menarik sedikit mejanya ke atas dan ketinggian mejanya akan pas untuk dijadikan meja makan. Setelah selesai makan, meja tinggal dilipat turun lagi sehingga cocok untuk menjadi meja tamu. Dengan penggunaan meja ini, Kevin tak perlu membeli meja makan lagi sehingga lebih hemat tempat. Beberapa versi meja multifungsi lain adalah meja makan untuk dua orang yang bisa ditarik memanjang sehingga cukup untuk makan empat atau enam orang.

Ada juga beberapa model meja pintar lain yang memiliki fungsi berbeda. Mulai dari laci susun yang jika dibuka ternyata bisa menjadi meja kerja, lemari yang juga berfungsi sebagai dapur, dan lain sebagainya. Versi lebih canggihnya lagi, beberapa meja bahkan dilengkapi dengan colokan listrik sehingga tak perlu jauh-jauh mencari colokan untuk mengisi daya smartphone atau laptop. Bekerja atau bersantai bisa lebih mudah dengan meja ini.

Bukan hanya meja, ada banyak juga kursi smart furniture yang unik. Ada kursi yang begitu dibuka ternyata bisa dipecah menjadi beberapa kursi lagi, kursi yang ternyata merupakan bagian dari tempat tidur lipat, kursi yang juga berfungsi sebagai rak buku, hingga kotak penyimpanan barang yang didesain cukup kuat untuk diduduki. Kamu tinggal menentukan mana perabotan yang sesuai dengan kebutuhan dan luas apartemenmu.

Nah, sudah lebih memahami definisi smart furniture, bukan? Setelah melihat-lihat beberapa contoh perabotan pintar pada artikel di atas, kira-kira mana yang cocok untuk digunakan di apartemenmu?

 

Artikel Lainnya