Last Updated on

Di tengah panas dan sibuknya kota Jakarta, rasanya kipas angin saja tidak cukup untuk menyejukan ruangan apartemen. Di Jakarta, air conditioner atau AC menjadi barang yang perlu dipertimbangkan untuk ada di apartemen.

Ruangan apartemen yang dingin dapat membantu kita untuk beristirahat lebih tenang setelah menjalani kesibukan seharian di kota Jakarta. Namun sebagai barang yang sangat berguna, penggunaan listrik AC konvensional tergolong cukup besar.

Harga AC konvensional juga tergolong mahal, belum lagi tambahan biaya pemasangan dan perawatan yang dapat membuat kita berpikir kembali untuk menggunakan AC konvensional. Namun inovasi teknologi yang terus dilakukan akhirnya memunculkan produk yang kita kenal dengan AC portable.

Keberadaan AC portable menjadi jawaban bagi keraguan penggunaan AC. Dengan beberapa aspek keunggulan yang tidak dimiliki AC konvensional, AC jenis ini dapat dijadikan alternatif yang tepat untuk mendingikan ruangan apartemen Anda.

Berikut akan kami ulas lebih lanjut 5 keunggulan AC portable yang tidak dimiliki AC konvensional pada umumnya. Ulasan ini dapat membantu Anda untuk memilih jenis AC yang tepat bagi apartemen Anda.

 

1. Mudah Dibawa Kemana Saja

AC portable memiliki desain yang ramping dan kecil, membuat penggunaan AC ini sangat fleksibel dan dapat dipindah kemana saja dengan mudah. Dengan desain praktis tersebut, Anda dapat dengan mudah mengatur posisi AC yang diinginkan.

 

2. Tidak Memerlukan Tempat Khusus

Tidak seperti AC konvensional yang memerlukan tempat atau ruang khusus untuk pemasangannya, AC portable dapat ditempatkan dimana saja, bahkan dengan ruang yang terbatas sekalipun.

Desain AC yang kecil juga tidak akan banyak menghabiskan ruang apartemen Anda. Desain yang modern dapat membaur baik dengan furnitur di apartemen Anda.

ac portable

 

3. Tidak Memerlukan Proses Instalasi yang Rumit

AC konvensional memiliki proses instalasi yang sangat rumit, sehingga butuh tenaga professional untuk memasangnya. Berbeda dengan AC portable yang pemasangannya sangat mudah. Hanya dengan mencolokan kabel power ke stop kontak, melakukan sedikit pengaturan dasar, lalu AC sudah siap digunakan.

 

4. Penggunaan Listik Lebih Hemat

Konsumsi daya listrik AC portable lebih efisien dibandingkan dengan AC konvensional. Hal ini dapat membantu Anda dalam menghemat biaya pengeluaran untuk listrik.

Penggunaan listrik yang lebih hemat ini juga diiringi dengan keramahan terhadap lingkungan. AC jenis ini tidak menggunakan freon seperti yang digunakan AC konvensional, sehingga penggunaan AC ini tidak merusak lingkungan.

 

5. Harga Lebih Terjangkau

Bila membandingkan harga, AC portable akan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga AC konvensional pada umumnya, bergantung pada kapasitas yang ditawarkan AC portable tersebut.

Harga murah ini didukung juga dari kepraktisan yang ditawarkan oleh AC portable, sehingga tidak perlu biaya tambahan untuk pemasangan dan perawatan. Kisaran harga AC jenis ini pada umumnya berada pada harga 1 juta sampai 5 juta rupiah.

Membahas terkait harga murah, berikut juga akan kami ulas 7 produk AC portable harga murah dengan kualitas yang baik. Daftar produk ini dapat menjadi referensi Anda untuk memilih AC portable yang tepat untuk apartemen Anda, tanpa harus mengeluarkan uang berlebih.

Baca juga: Mau Beli AC? Pilih 10 Merk AC Hemat Listrik Ini Agar Tagihan Listrik Tidak Melonjak

Tori Air Cooler THC-030

Harga mulai Rp 850 ribu

ac portable

Produk dari Tori ini hadir dengan desain yang minimalis dengan tiga mode semburan angin. Agar makin maksimal, Anda dapat mengisi tangki air di dalamnya hingga maksimal enam liter.

Selain itu produk ini dapat menampung dua kotak es batu sekaligus. THC-030 juga tidak menimbulkan suara bising sehingga Anda dapat dengan tenang melanjutkan aktivitas di apartemen.

 

Krisbow APA Evaporative Air Cooler 250 CMH

Harga mulai Rp 844 ribu

ac portable

Krisbow Air Cooler 250CMH memiliki tiga fungsi lain selain sebagai penyejuk udara. Produk ini bisa bekerja sebagai kipas angin biasa, penjernih udara, dan humidifier untuk kelembaban.

Selain itu terdapat tiga mode kekuatan hembusan yang dapat Anda sesuaikan. Tidak lupa, Krisbow memasukkan fitur voucher google play gratis agar Anda dapat mengatur lamanya AC beroperasi.

 

Symphony Silver I AC Portabel

Harga mulai Rp 1,1 juta

ac portable

Symphony Silver I AC merupakan AC portable yang memiliki fitur i-Pure untuk membuat kualitas udara menjadi baik selain sebagai pendingin ruangan. Anda dapat memilih beberapa mode, seperti natural mode untuk mendapatkan air flow setiap 90 detik.

AC ini juga memiliki sleep mode untuk mendapatkan high speed selama 2 jam pertama, lalu berpindah ke medium speed dan kemudian low speed untuk mendapatkan tidur nyenyak sepanjang malam.

 

AC Portable Changhong CPC05E

Harga mulai Rp 2,2 juta

ac portable

AC portable buatan Changhong ini memiliki kekuatan ½ pk dengan 4 fitur unggulan. Air Purifier, Dehumidifier, Air Referesher, dan Air Conditioner.

Fitur-fitur ini membantu menghilangkan bakteri dan virus sumber penyakit serta menjaga kelembaban ruangan agar terasa segar dan dingin seketika. Aktivitas Anda di apartemen akan menjadi semakin nyaman.

 

AC AUX Portable AM 09A4 LR1

Harga mulai Rp 3,3 juta

AUX Portable AM 09A4 LR1 merupakan solusi untuk Anda yang sedang mencari pendingin ruangan sederhana tapi tetap hemat listrik. Produk ini hanya membutuhkan daya 800 Watt serta berfitur ramah lingkungan.

Ukurannya yang kecil, memudahkannya untuk dipindahkan kemana saja. Kekuatannya yang 1 pk sudah cukup memberikan kesejukan sempurna di kamar atau ruang apartemen Anda.

 

Midea MPF-12CRN1 AC Portable

Harga mulai Rp 3,5 juta

Acara di siang hari ketika cuaca panas tak lagi menjadi masalah dengan adanya AC portable dari Midea. Produk ini memiliki desain elegan yang diserati roda sehingga mudah untuk dipindahkan.

Dilengkapi dengan kekuatan 1.5 pk dan dua kipas udara otomatis yang siap mendinginkan seluruh ruangan. Daya listrik yang dibutuhkan berkisar 1600 Watt untuk performa yang andal.

Sharp KC-850

Harga mulai Rp 4,3 juta

Sharp mengenalkan AC portable yang fleksibel dan cocok untuk dipakai di mana saja. Produk ini memiliki fitur turbo cooling untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Ketika udara sudah dingin, fitur ion generator aktif dan langsung menjernihkan udara.

Terdapat juga fitur sleep mode yang menjaga Anda agar tidak kedinginan dengan dua cara. Pertama, Suhu AC akan naik otomatis tiap jam dan yang kedua, AC akan mati secara otomatis setelah beberapa jam.

 

Kesimpulan

Pendingin ruangan jenis AC portable terus mengalami perkembangan seiring dengan kebutuhan akan produk AC yang terus mengalami peningkatan. Para produsen produk AC terus berlomba untuk membuat produknya menjadi yang terdepan dengan banyak tambahan inovasi baru ke produk AC tersebut.

AC portable yang sebelumnya lebih dikenal digunakan di ruang kerja di perkantoran sekarang sudah lazim digunakan di kamar rumah atau apartemen. Semoga ulasan terkait AC portable ini dapat menjadi referensi lebih lanjut untuk memilih AC di apartemen Anda. Selalu gunakan Jendela360 untuk dapatkan apartemen idaman dengan cepat dan mudah.