Banyak orang mulai tertarik untuk investasi apartemen, mungkin Anda salah satunya. Setelah membeli unit apartemen, Anda bisa menyewakannya kembali. Dengan begitu Anda bisa menerima pendapatan untuk jangka waktu beberapa tahun ke depan.

Misalnya saja, bila rata-rata jangka waktu sewa apartemen sekitar 2 sampai 3 tahun, berarti Anda menerima pendapatan yang lumayan besar selama jangka waktu ini. Uang sewa apartemen bisa Anda terima tiap tahun atau sekaligus selama jangka waktu sewa.

Memulai investasi apartemen bisa jadi hal menantang, tapi juga punya risiko besar. Setelah membeli apartemen, melakukan renovasi dan memasarkannya untuk menemukan klien, banyak investor malah mengalami kerugian, bukan  keuntungan.

Membeli apartemen sebagai investasi membutuhkan skill tersendiri. Tapi meski tidak punya pengalaman, Anda bisa meminimalisir risiko membeli apartemen yang salah dengan memperhatikan kriteria apartemen yang cocok untuk investasi.

Jadi ketika investasi apartemen untuk pertama kali perhatikan beberapa hal berikut:

Pilih Apartemen Yang Cocok Untuk Investasi, Kenali Kriterianya

Photo credit: europe-re.com

Lingkungan apartemen sudah Anda kenal

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika mulai mencari apartemen sebagai investasi adalah menentukan lokasinya. Investor baru sering mencari lingkungan yang sangat bagus dan lalu kecewa karena mereka tidak punya informasi yang cukup tentang harga properti di lingkungan tersebut.

Jadi meski ada kesempatan yang lebih baik di wilayah lain, Anda perlu mulai mencari apartemen di area yang Anda kenal dengan baik. Cari informasi untuk tahu berapa harga yang umum dan berapa banyak apartemen di area tersebut dengan kondisi yang bervariasi.

Tidak ada masalah dengan struktur bangunan

Meski Anda sudah siapkan anggaran untuk perbaikan, masalah struktur bangunan yang lebih besar di apartemen bisa berarti perbaikan yang panjang dan makan biaya besar serta berisiko membuat Anda kehilangan kesempatan investasi.

Jadi selalu periksa apartemen yang Anda minati bersama orang yang profesional untuk memastikan apakah struktur bangunannya punya potensi masalah. Cari tanda kerusakan struktur seperti retak pada dinding, lantai dan plafon.

Apartemen menyatu dengan lingkungan di sekitarnya

Setelah menemukan apartemen yang Anda inginkan, Anda perlu pastikan lokasinya berada di lingkungan yang tepat dan bangunan menyatu dengan sekitarnya. Pastikan juga lingkungan sekitar mendukung nilai dari properti Anda. Misalnya, tentu Anda tidak ingin memilih apartemen yang ada di lingkungan yang kotor atau kumuh karena ini akan menjadi pertimbangan penyewa.

Area parkir memadai

Periksa area parkir dan pastikan tersedia lahan parkir untuk tiap unit apartemen.

Tidak bising

Ada baiknya Anda mengunjungi apartemen yang Anda minati beberapa kali di siang maupun malam hari untuk mengetahui tingkat kebisingan baik di dalam unit maupun di lingkungan sekitarnya. Ada kemungkinan tetangga di kanan kiri unit Anda sangat berisik atau mengadakan pesta di tengah malam. Perhatikan dengan seksama hal ini sebelum memutuskan membeli apartemen.

Pilih Apartemen Yang Cocok Untuk Investasi, Kenali Kriterianya

Photo credit: invest-ab.com

Tingkat ketersewaan

Bila membeli apartemen sebagai investasi, perhatikan bagaimana tingkat ketersewaannya? Ini akan memberi Anda gambaran seberapa mudah atau sulit  untuk menyewakan apartemen Anda nantinya. Ini juga memberi Anda indikasi pemasukan sewa yang bisa Anda terima.

Dekat dengan transportasi umum

Akses ke transportasi umum penting bagi pemilik apartemen. Karenanya pastikan ada halte bus atau stasiun kereta dekat dari apartemen Anda.

Ingat, lokasi jadi pertimbangan penting, terutama lokasi yang menawarkan fasilitas dan akses ke transportasi umum.

Baca artikel lainnya tentang plus minus menggunakan jasa agen properti.

Investasi apartemen, pertimbangkan reputasi pengembang

Ini jadi pertimbangan penting lainnya yang perlu diperhatikan sebelum membeli apartemen. Anda bisa periksa reputasi pengembang dengan mempelajari riwayatnya, feedback dari para klien, serta memeriksa kualitas gedung apartemen. Ini untuk meyakinkan Anda kalau pengembang bisa dipercaya.

Dengan mengunjungi bangunan lain yang dibangun oleh pengembang yang sama, Anda bisa memutuskan standar kualitas yang diikuti oleh pengembang.

Harga

Harga apartemen bergantung lokasi, harga tanah, fasilitas yang disediakan, serta material bangunan yang digunakan. Bernegosiasi tidak berarti menetapkan harga lebih rendah, Anda juga perlu perhatikan harga apartemen di area tersebut.

Pembeli perlu lakukan survey tentang harga apartemen di lokasi atau area dimana ia berencana membeli apartemen. Tapi ada hal yang harus diingat sebelum memutuskan tentang harga, yakni fasilitas gedung, lokasi, serta kualitas konstruksi.

Anda perlu pahami, harga yang paling ekonomis bukan berarti yang terbaik.

Perlengkapan di unit berfungsi baik

Ketika memutuskan untuk membeli apartemen furnished, pastikan perlengkapan yang ada di unit berfungsi dengan baik. Apakah freezer dan lemari es cukup dingin dan aman untuk menyimpan makanan? Apakah kompor berfungsi dengan baik? Apakah pemanas air bisa menyediakan air panas untuk beberapa kali mandi tiap pagi? Apakah pendingin ruang bisa membuat ruangan Anda sejuk?

Rencana pembangunan di sekitar apartemen

Pengelola punya informasi tentang pembangunan baru yang akan terjadi di area tersebut. Bila ada banyak pembangunan apartemen baru atau shopping mall, kemungkinan ini berarti pertumbuhan areanya bagus. Tapi pertimbangkan perkembangan pembangunan yang bisa merusak harga properti sekitarnya. Misalnya, menyebabkan hilangnya area hijau untuk beraktivitas. Pembangunan perumahan juga bisa jadi kompetisi untuk properti Anda.

 

Sudah siap untuk berinvestasi apartemen? Jendela360 bisa bantu Anda temukan apartemen yang tepat dengan cepat dan mudah.