Bersama pasangan Anda berencana untuk pindah ke apartemen. Tapi Anda berdua punya perbedaan tentang hunian yang diinginkan. Lalu bagaimana berkompromi dan adakah daftar prioritas yang perlu dibuat?

Memilih apartemen bersama pasangan bisa jadi hal yang rumit. Sulit untuk menentukan hunian yang persis sesuai dengan yang Anda berdua inginkan, terutama karena ada banyak sekali variabel pertimbangannya. Berikut ini langkah dalam memilih apartemen bersama pasangan:

Buat daftar prioritas terpisah

Anda perlu tahu apa yang Anda inginkan. Ini mungkin pertanyaan sederhana tapi ketika memilih hunian sebagai tempat tinggal, pertanyaan ini bisa banyak jawabannya. Tapi semakin jelas apa yang Anda cari, akan lebih mudah membuat keputusan bersama.

Anda dan pasangan bisa duduk terpisah untuk menulis hal yang Anda inginkan dari sebuah apartemen. Mulailah dengan menuliskan apa saja yang Anda ingin ada di apartemen. Tapi tetap pertimbangkan anggaran yang Anda sediakan. Berikutnya, bagi item menjadi “penting” dan “bagus bila ada”. Jadi misalnya, bagus bila ada bak mandi, tapi bukan jadi keharusan. Anda mungkin merasa sangat penting untuk punya dapur moderen. Susun daftar “penting” ini dan buat urutannya dari sangat penting hingga kurang penting.

Mau Pilih Apartemen Bersama Pasangan Tapi Beda Maunya? Cek Tips Berikut Ini!

Photo credit: wisebread.killeracesmedia.netdna-cdn.com

Bandingkan daftar Anda dan pasangan

Selanjutnya, bersama pasangan lihat daftar masing-masing. Beritahuakn prioritas Anda. Khususnya, bicarakan urutan bagian penting yang Anda inginkan. Dengan begitu Anda bisa tahu kenapa pasangan ingin tinggal di pusat kota. Dan Anda berdua bisa lebih fleksibel dibanding sebelumya. Anda berdua belum membuat keputusan final saat ini, hanya berbagi informasi tentang apa yang Anda masing-masing inginkan.

Baca artikel lainnya tentang tips menyimpan sepatu di apartemen.

Lakukan riset

Bicarakan berapa besar anggaran yang Anda siapkan untuk pindah ke apartemen baru. Bicarakan aspek finansial dari pindah ke apartemen bersama pasangan karena ini jadi aspek yang bepengaruh pada hubungan Anda.

Pastikan Anda memberitahu berapa banyak pemasukan yang Anda siapkan untuk membayar sewa. Ada baiknya lakukan riset pada area yang akan Anda tinggali, dan lihat seperti apa kondisinya. Bicarakan rencana Anda untuk membagi pengeluaran rumah tangga. Anda bisa bicara juga dengan penasihat keuangan.

Lihat apartemen bersama pasangan

Sebelum membuat keputusan, sebaiknya Anda berdua melihat-lihat banyak apartemen dan luangkan waktu melihat lingkungan sekitarnya. Melihat tempat baru jadi cara bagus untuk mendapat kejelasan tentang apa yang penting untuk Anda.

Mau Pilih Apartemen Bersama Pasangan Tapi Beda Maunya? Cek Tips Berikut Ini!

Photo credit: inhabitat.com

Mungkin Anda awalnya mengira dapur moderen sangat penting, tapi mulai berubah pikiran ketika melihat harga sewa untuk apartemen dengan fasilitas ini. Ini juga jadi cara untuk melihat kondisi apartemen. Akan ada apartemen yang Anda rasa tidak pas meski sudah memenuhi keinginan Anda. Dan Anda akan temukan apartemen yang Anda rasa cocok, meski tidak memenuhi prioritas Anda.

Jangan terlalu serius

Mencari apartemen bisa melelahkan, jadi ada baiknya tidak terlalu serius di proses pencariannya. Anda bisa jadi karakter berbeda selama melihat apartemen. Bila pasangan ingin apartemen di pusat kota, minta ia tunjukkan ke Anda betapa indahnya suasana di tengah kota, lalu tantang diri Anda untuk menunjukkan ke pasangan keseruan kehidupan di pinggir perkotaan.

Saling barter

Meski sudah berusaha yang terbaik, Anda mungkin masih dapati tidak ada kesepakatan tentang item di daftar keinginan Anda. Bila ini yang terjadi, coba saling barter. Kembali ke daftar Anda, dan lihat apakah ada di bagian kategori “penting” yang bisa Anda pindahkan ke kategori “bagus bila ada.” Mungkin Anda bisa hilangkan keinginan untuk  kamar tidur kedua bila pasangan ingin view yang indah. Anda bisa juga berkompromi tentang perdebatan antara tinggal di tengah kota VS pinggir kota dengan tinggal di area diantara keduanya.

Mencari apartemen dan menemukan yang sesuai keinginan kadang sulit. Coba terus ingatkan diri Anda, ini adalah tentang mencari tempat yang bisa disebut rumah. Ini tentang petualangan baru dan ini merupakan langkah besar bagi Anda berdua. Nikmati prosesnya.

 

Apa prioritas Anda dan pasangan ketika mencari apartemen? Jendela360 siap membantu temukan apartemen ideal untuk Anda dan pasangan dengan cepat dan mudah.